Ban Dunlop Karimun Estilo Rawan Bunting?

6
ban dunlop karimun estilo

Ban Dunlop Karimun Estilo buatan Jepang

Suzuki New Karimun Estilo menggunakan ban original euipment manufacturing(OEM) Dunlop SP10 berdiamater 13 inch dengan profil lebar 155 dan tebal 65. Walaupun Karimun Estilo adalah mobil CBU dari India alias diproduksi di India tapi bannya buatan Jepang. Di dunia otomotif sesuatu yg made in Japan biasanya sangat teruji kualitasnya, karena Jepang terkenal dengan standardnya yang ketat, bagaimana dengan ban Dunlop Sp10 Karimun Estilo ini?

Sayangnya banyak kasus benjol atau bunting terjadi pada ban Dunlop Sp10 bawaan Karimun Estilo yang made in Japan ini. Tentu pertanyaannya bukan siapa yang membuntingi. Bunting yang di maksud adalah permukaan ban Dunlop Sp10 benjol akibat dari kawat/benang yang berada di dalam karet ban terputus. Kalau dibiarkan akibatnya bisa fatal, yaitu pecah ban. Ketika beberapa rekan sharing tentang ban Dunlop-nya yang bunting saya berpikir paling sebabnya tekanan ban yang kurang. Tapi pada akhirnya saya juga mengalaminya, padahal tekanan ban Karimun Estilo rajin dipantau alias tekanan ban selalu terjaga di 2.3kg/cm2 atau 33psi. Sekilas sewaktu saya cek ban yang benjol/bunting hanya satu tapi setelah mobil di dongrak dan ban dilepas semuanya ternyata yang bunting 3 ban! Padahal alur kembang ban masih tebal alias ban masih bagus dan kalau sudah bunting ban tidak bisa diapa-apain selain ganti baru.

Sangat disayangkan sekali ban masih tebal, masih bagus belum pernah ada tambalan tapi harus ganti karena bunting. Itu sial yang pertama, sial yang kedua adalah ban Dunlop tipe dan ukuran ini sudah discontinued alias tidak diproduksi lagi, jadi misalkan salah satu ban Dunlop Karimun Estilo anda ada yang bunting untuk gantinya silahkan cari merek lain kalaupun ingin bertahan dengan merek Dunlop, yang ada hanya Dunlop tipe Touring dengan profil yang sedikit berbeda yaitu 165/65 R13. Jika mengganti ban tidak disarankan satu ban berbeda sendri, kalaupun berbeda sebaiknya di pasang  berbeda antara yang depan dan belakang.

alur ban dunlop tebal

Ban dunlop masih tebal sisi lain benjol

Bagi pemilik ban Dunlop Sp10 yang belum benjol atau bunting selain menjaga tekanan ban sebaiknya sebisa mungkin menghindari lubang, karena ban benjol disebabkan putusnya benang di dalam karet ban yang biasanya terjadi akibat benturan keras. Kalaupun terpaksa mengganti gantilah dengan ban ukuran serupa.

Alternatif ban pengganti Suzuki Karimun Estilo ring 13 yang serupa atau mendekati ukuran aslinya:

  • GT Radial Champiro Eco 165/65 R13
  • Hankook Kinergy 155/65 R13
  • Dunlop Touring 165/65 R13 (Dunlop lagi :( )
  • Accelera 165/65 r13
  • Achilles Platinum7 165/65 R13
ban karimun GT Radial

Ban karimun Estilo akhirnya ganti pakai GT Radial

Solusi lainnya kalau mau hemat bisa ganti ban Dunlop Karimun Estilo dengan ban copotan mobil baru yang melimpah di pasaran saat ini dan masih dalam kondisi bagus, harganya kalau pinter-pinter nawar hanya sekitar Rp. 200.000-an:

  • Ban Datsun Go merek Strada(satu pabrik dengan Achilles) 155/70 R13
  • Ban Karimun Wagon R merek GT Radial 145/70 R13

Topik: Roda | Tagged , ukuran ban karimun estilo, ban karimun estilo, harga ban karimun estilo, ukuran ban karimun, harga ban mobil karimun.

6 comments
  • eyik
    December 5, 2015

    Maaf mas kalau ban yg cocok untuk karimun wagon ukuran brp?
    Kpengen pake tapak lebar tapi velg tetep yg standar…


    • MasMun
      December 6, 2015

      Lebar ban bisa menggunakan 165 atau maksimal 175 pak.


  • syamsul rijal
    October 6, 2015

    Maaf mas.. saya lagi cari ban yang cocok untuk mobil estilo saya.. kira2 klo pake GT Radial 165/70 cocok gak?thanks


    • MasMun
      October 6, 2015

      Saya pakai Gt Radial Champiro Eco yang 165/65 R13 mas, Alhamdulillah sampai sekarang awet dan gak ada masalah. Ulasannya ada di sini mas Ban mobil murah berkualitas.


  • ropik
    July 28, 2015

    Maaf gan sedikit ngasih masukan,Ban bunting itu karena proses produksi nya dan bahan yg digunakan pd ban tersebut. Semakin murah itu ban maka saya dpt pastikan semakin singkat proses produksinya dan jg semakin sedikit bahan yg di pakainya. Coba agan timbang bobot ban merek yg satu dgn yg lainnya pasti ada perbedaan. Trims


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+