Busi Suzuki Karimun Estilo dan Cara Menggantinya

8
Busi Suzuki KR6A10

NGK KR6A – 10 untuk semua mesin seri-K Suzuki

Berdasarkan tes yang dilakukan media nasional Kondisi busi sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Dari test yang dilakukan menggunakan Dyno-test untuk mengukur tenaga mesin menunjukan bahwa busi yang sudah jelek dan di ganti baru dengan komponen original maka tenaga mesin bisa pulih hingga 10dk, artinya bahwa ada penurun sebesar 10 tenaga kuda ketika komponen pengapian tersebut sudah tidak optimal melakukan pembakaran di ruang bakar. Habis baca itu artikel, Mas_Mun nginget-nginget kapan terakhir kali ganti ya? Modyar… ternyata belum pernah padahal kilometer mobil udah 30.000. Jadwal penggantian busi Suzuki New Karimun Estilo adalah setiap 20.000 Kilometer jika mengikuti petunjuk buku manual service kendaraan. Selama ini Service Advisor(SA) Be-Res Suzuki kok ya nggak ngingetin, ketauan kalau SA Suzuki hanya mengandalkan buku perawatan berkala saja, nggak hafal jadwal penggantiannya. Hiks :(

Busi Suzuki Karimun Estilo KR6A10

Gambar Busi Suzuki Karimun Estilo NGK KR6A – 10

Kemudian Mas_Mun calling beres Suzuki tanya harga busi mobil perbuahnya, tersebutlah nominal Rp 36.000. Kebetulan pas lewat dekat toko spare-part langganan ada plang SGP yang artinya toko tersebut disuplai untuk memasarkan spare part SGP, tanya di situ harganya ternyata RP30.000. Akhirnya beli di toko spare-part bukan di bengkel resmi suzuki, lumayan ngirit RP 18.000. Oh iya businya adalah busi NGK KR6A-10 yang telah di kemas dengan label SGP berwarna biru. Usut punya usut ternyata busi ini digunakan pada seluruh mesin moderen Suzuki, yaitu K-Series engine yang digunakan New Karimun Estilo, Karimun Wagon R, Splash, Ertiga dan All New Swift pakai busi standard tipe ini. Sedangkan untuk busi Suzuki Karimun Estilo generasi pertama 4 silinder menggunakan Busi NGK DCPR7E berjumlah 4.

Untuk mengganti Busi Suzuki Karimun Estilo, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka cover mesin/box saringan udaranya, pada New Karimun Estilo lepaskan kabel gas yang melintang di atasnya dari tiga dudukan yang menjepitnya, kemudian buka dua kleman berwarna chrome untuk membebaskan dengan bagian belakangnya, kemudian copot selang karet yang menuju gril depan, jika sudah terlepas angkat box saringan udara ke atas(dengan sedikit tenaga) agar terlepas dari kepala silinder mesin.
    Box Saringan Udara New Karimun Estilo

    Lepas Box Saringan Udara New Karimun Estilo

  2. Lepas baut yang mengunci ignition coil, jika sudah lepas soketnya goyan perlahan sambil tekan kaitan penahan dibagian atasnya. Angkat semua koil.
  3. Lepaskan busi lama, pasang dengan yang baru. Jika terlihat longgar atur kerenggannnya dengan batas 0.8 – 0.9 mm. FYI: busi baru sudah ditest dan diatur kerenggannya di pabrik.
  4. Pasang kembali koil dan box- saringan udara, jangan lupa rapihkan kabel gas yang melintang di atasnya.
Kunci Busi Las lebih kuat

Kunci Busi diLas dengan besi lebih kuat

Gampang kan Pemirsah? Selama proses penggantiannya kendalanya hanya satu, untuk melepasnya dari kepala silinder mesin keras sekali, sampai patah kunci busin yang digunakan padahal ukuran busi ini hampir mirip dengan busi motor bebek . Akhirnya kunci busi yang patah dibawa ke tukang las untuk dibikin gagang yg lebih kuat dan agak panjangan dikit, setelah kunci-nya jadi baru bisa dilepas akhirnya.

Penting: Penggantian busi sebaiknya dilakukan pada waktu mesin dingin.

Topik: Mesin | Tagged , , busi karimun estilo, harga busi suzuki ertiga, harga koil karimun estilo, ganti busi karimun estilo irit, harga busi mobil karimun.

8 comments
  • Adink
    December 13, 2015

    Mas_mun mau tanya, harga koil karlo 2007 brpan ya, saya mau ganti koilnya, dah bocor semua, jadi nyetrum kalo dipegang


    • MasMun
      December 22, 2015

      Harga koil suzuki karimun estilo generasi pertama mesin 4 silinder Rp 899.000 perbuah, total yang terpasang dimobil dua buah.
      Sedangkan koil untuk Suzuki Karlo generasi kedua mesin 3 silinder Rp 515.000 perbuah, total yang dibutuhkan di mesin mobil perlu tiga buah.


  • satriyo
    December 11, 2015

    terimakasih Om MasMun atas informasi kunci businya.

    Kalo berkenan ada pertanyaan lagi nih OM… carlo 2007 saya kemarin kehujanan terus nganggur sekitar 6 harinan tidak dipakai, ketika dipakai pagi hari pas di starter rpmnya tidak turun-turun seperti sebelumnya pada kisaran 800 an pada saat idle, sekarang pas idle naik turun dari 1500 – 2000 tidak stabil. Tapi klo di kasih beban jadi turun misalanya ac dihidupin, kira2 apa ya om pemecahanya? (maunya DIY sih om), trim sebelumnya.


    • MasMun
      December 14, 2015

      Apa suhu mesinnya sudah panas ketika idle putaran mesin di 1500-2000rpm? Kalau abnormal langkah pertama scoba bersihkan filter bensin, filter udara dan throtle body-nya.


  • sofyan
    November 19, 2015

    Om mas mun, klo untuk karlo 2007 langkah”nya sama atau tidak untuk pergantian businya?


  • Satriyo
    November 15, 2015

    Mas ukuran kunci busi karimun estilo 2007 (4 silinder) berapa ya ukuranya?. kemarin saya jalan2 ke Ac hardware amplaz malah bingung ukuranya. mohon jawabanya.

    terimkasih


    • MasMun
      November 19, 2015

      Ukuran kunci busi mobil Suzuki Karimun Estilo 16mm mas Satriyo :D


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+