Cara Mendongkrak Mobil Karimun Estilo Yang Aman

0

Sebagian orang mungkin pernah melakukan hal ini, namun tidak semuanya paham bagaiamana cara mendongkrak mobil yang aman bagi kita sendiri dan bagi mobil kita. Sederhana sih artikel ini cuman saya ingin sharing ada hal yang perlu ditekankan agar tidak berakibat fatal ketika mendongkrak Karimun Estilo atau mobil apapun, karena saya pernah menganggap enteng dan akibatnya mobil meluncur ke depan padahal salah satu roda sudah posisi terangkat untungnya kondisi roda belum dilepas. Fiuhhh :(

Berikut ini langkah demi langkah cara mendongkrak dan melepas ban mobil:

  1. Parkir mobil dalam kondisi rata kemudian dongkarak mobil dengan titik dongkrak seperti yang telah ditentukan oleh pabrikan, karena menggunakan sasis dengan struktur monocoque pabrikan Suzuki menentukan 4 titik sebagai tumpuan dongkrak yang aman pada sasis(ditandai warna biru).
    titik aman dongkrak pada sasis

    Titik aman sasis Karimun Estilo untuk didongkrak.

  2. Ganjal bagian roda yang berlawanan, misal anda akan mendongkrak ban kiri belakang maka ganjal bagian roda kanan depan. Saya pernah lalai melakukan hal ini ketika dongkrak sudah tinggi dan ban terangkat tiba-tiba mobil bergerak padahal sekilas permukaan tanah tidak miring. Ini hal yang saya sebut fatal, untungnya roda belum di lepas. Kemudian letakkan ban cadangan di bawah mobil pada bagian yang akan didongkrak yang berfungsi sebagai pengaman.
    ganjal ban berlawanan

    Ganjal ban yang berlawanan.

  3. Naikan dongkrak sedikit biarkan ban masih tetap menyentuh tanah tapi sebagian bobot mobil sudah tertumpu di roda. Jika anda langsung meninggikan posisi hingga roda menggantung maka anda akan sedikit kesulitan ketika melepas baut.
    dongkrak karimun estilo

    Cara mendongkrak Suzuki Karimun Estilo

  4. Kendurkan seluruh baut roda dengan urutan menyilang(hanya di kendurkan saja, tidak langsung dilepas). Perhatikan angka pada gambar berikut.
    urutan lepas baut roda

    Urutan melepas baut roda, dengan cara menyilang.

  5. Jika baut sudah kendur semua, baru naikkan ketinggian dongkrak hingga ban tidak menyentuh tanah.
    posisi dongkrak mobil karimun

    Posisi dongkrak, roda di bawah mobil sebagai pengaman.

  6. Lepas semua baut roda(juga dengan urutan menyilang) dan ganti dengan roda cadangan yang tadi diletakkan dibawah mobil sebagai pengaman. Ketika roda cadangan sudah terpasang jangan lupa letakkan roda yang baru dilepas tadi dibawah mobil sebagai antisipasi pengamanan jika dongkrak terlepas.

Topik: Roda | Tagged langkah langkah mendongkrak mobil, cara mendongkrak mobil, cara dongkrak karimun estilo, gambar bukak baut karter kariun estilo, dongkrak mobil karimun estillo.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+