Electrical Power Steering Karimun Wagon R dan Estilo

44
setir karimun estilo

Kemudi Karimun Estilo dan Wagon sama ringannya.

Pertama kali saya mengemudikan Suzuki Karimun Estilo terasa ringan sekali, sehingga terasa seperti mengemudikan bom-bom car, karena sebelumnya saya terbiasa membawa Toyota Kijang yang memiliki bobot, ukuran body, dan ban yang lebih besar. Ternyata yang membuat putaran setir Karimun Estilo maupun adiknya, Wagon R terasa ringan selain karena tubuhnya yang kecil adalah fitur Electric Power Steering.

Power steering adalah fitur yang lazim pada sistem kemudi mobil modern. Sebagaimana kita tahu fitur ini menjadikan setir lebih ringan ketika diputar sehingga pengemudi lebih nyaman dan tidak cepat lelah ketika mengemudikan kendaraannya. Mungkin kita sudah terbiasa dengan power steering(PS) jadi tidak terlalu menghiraukan fitur ini, tapi coba deh sesekali mengemudikan mobil tua yang belum dilengkapi power steering, ampun deh beratnya muter setir apalagi kalau lagi parkir. Pada awalnya PS menggunakan sistem hidraulis alias oli bertekanan yang memanfaatkan putaran mesin untuk menggerakkan pompanya, jadi pada power steering hidraulis seperti pada umumnya ada belt yang menggerakkan pompa power steering, nah pemanfaatan putaran mesin untuk menggerakkan pompa ini  bisa mengkonsumsi tenaga mesin hingga 1 dk.

EPS Suzuki Karimun

Rangkaian EPS Suzuki Karimun

Namun kini  teknologi ini berkembang dengan sistem power steering elektris yang sudah mulai familier di mobil pribadi. Pada awalnya di Indonesia Honda Jazz generasi pertama yang pertama menerapkannya, kemudian di susul Toyota Yaris, Vios, Nissan Serena, Juke, Suzuki Swift dan Karimun(Wagon R maupun Estilo). Pada sistem Electrical Power Steering(EPS) ini tak lagi memakai pompa oli bertekanan tinggi, fitur ini mengandalkan motor listrik yang bertugas meringankan putaran setir yang mengandalkan sumber arus listrik dari aki. Keunggulan Electrical Power Steering adalah tidak mereduksi tenaga mesin karena tidak memiliki pompa oli hidraulis. Kemudian EPS akan otomatis off ketika di atas kecepatan 60km/jam, mengapa? Karena semakin tinggi kecepatan mobil maka putaran setir akan semakin dikit dan semakin ringan. Jadi kalau EPS tetap menyala setir akan terlalu ringan dan akan berbahaya ketika memutar setir.

Keterangan Electical Power Steering Karimun Estilo - Wagon R

Keterangan Electical Power Steering Karimun Estilo – Wagon R

Sistim Electrical power steering (EPS) terdiri dari P/S control module, torque sensor, motorz  dipasang ke steering column. Cara kerja pada sistem Power Steering Wagon R dan Karimun Estilo ini adalah P/S control module membaca jumlah dan arah gaya yang diberikan lingkar kemudi sesuai sinyal dari torque sensor dan kecepatan kendaraan, kemudian memberikan insturksi menghidupkan motor P/S untuk membantu meringankan putaran setir.

Indikator EPS Karimun

Indikator EPS

Gejala awalnya biasanya bisa terdeteksi dari lampu di indikator EPS di panel speedometer Karimun anda, lalu setir terasa berat dan terasa kedutan ketika dibelokkan. Namun jika setir terasa lebih berat dari biasanya ketika diputar padahal indikator EPS tidak menyala bisa jadi aki anda sudah minta diganti karena aki sudah tidak sempurna lagi menyuplai arus ke motor/dinamo EPS(aki sudah lemah juga bisa ditandai dengan nyala lampu yang redup dan susah di stater).

Untuk tips perawatan Electric Power Steering sebenarnya cukup mudah, yaitu:
1. Pantau kesehatan aki anda, jika sudah agak lemah sebaiknya langsung ganti.
2. Jangan lakukan modifikasi kelistrikan mobil yang bisa memicu konslet pada EPS.
3. Waspada terhadap air beberapa komponen motor EPS di sejumlah mobil salah satunya Suzuki Swift terletak di ruang mesin. Untungnya untuk Karimun Estilo motor EPS-nya terletak didalam kabin tepatnya di bawah setir sehingga lebih aman dari percikan air.

Topik: Roda | Tagged , harga electric power steering suzuki karimun, power steering karimun estilo, harga power steering karimun wagon r, elektrik power steering karimun, harga eps karimun.

44 comments
  • Ilham
    October 14, 2016

    Met Sore Mas Mun… Saya mau tanya: Saya punya Estilo tahun 2007 kalau sudah kecepatan tinggi 60 km ke atas kenapa saya rasakan setirnya mau banting atau oleng ke arah kanan ???


    • MasMun
      October 15, 2016

      Coba di spooring dan balancing dulu, sekalian dicek suspensi depannya. Biasanya setelah sprng blncng masalah selesai, kalau setir masih ngebuang berarti ada masalah di kaki-kaki depannya.


  • verga bablaz
    September 29, 2016

    Masmun mau tanya indikator eps sya awal starter kadang tdak mati jadi hrus matikan trus starter lg smpai indikator eps mati.dya bawa k bengkel power d restart katanya balik lg jd hrus ganti eps computernya.kira2 brp hrga eps computerx punya karimun kotak th 2000.mohon solusix.thanks


    • MasMun
      September 30, 2016

      Saya nggak hafal pastinya bang,, tapi yang pasti di atas 2 jtua kalau modul EPS-nya. Setirnya berat nggak kalau di putar?


  • Suffi
    August 8, 2016

    Mas mun… Saya mau nanya… Saya baru ngangkat karimun estilo tahun 2009 generasi ke dua, kalo stir di putar ke kiri atau ke kanan ada bunyi satu putaran tek… Tek… Di putar lagi tek.. Tek… Lg itu kenapa ya… Sama mau tanya kalo pas oper perseneling dan injak kopling keras dan gigi satu harus rpm tinggi dulu baru kuat ditanjakan curam… Kalau tidak mesin mati… Itu kenapa ya mas… Mohon pencerahan… Terima kasih…


    • MasMun
      August 12, 2016

      Untuk setir yang bunyi ketika diputar ada beberapa kemugkinan penyebabnya dan harus dicek langsung. Kopling keras kemungkinannya kampas kopling sudah habis dan waktunya ganti, dan itu berhubungan dengan mobil tidak kuat menanjak.


  • Habibie
    August 4, 2016

    Halo MasMun. PS Karimun wagon r gx saya bunyi “krek ktek krek” ketika dibelok belokkan setirnya. Itu terjadi kalo mobil udah dibawa jalan nonstop lebih dari sejam (mesin sudah panas) pedahal temperatur mesin normal. Kalo pagi disaat mesin masih dingin suara2 tsb tidak ada. Mohon pencerahannya MasMun. Thx.


    • MasMun
      August 12, 2016

      Power steering tidak ada hubungannya dengan mesin dingin atau panas pak Habibie. Perlu dipastikan terlebih dahulu bunyi itu muncul dari bagian mana.


  • gerald
    August 3, 2016

    Mas mun apakah untuk karimun Wagon R type GA sama sekali tidak dilengkapi hydiraulic power steering(PS) atau electric power steering (EPS)?


    • MasMun
      August 5, 2016

      Belum mas Gerald, Wagon R type GA belum menggunakan power steerig tipe apapun.


  • Wenni
    July 9, 2016

    Sore, pak.
    Saya mau tanya.
    karimun saya thn 2000, steer nya berat terus nah pas di jalan yg gak mulus, si steer dan ban tuh kerasa nya ga enak, padahal udah diperbaiki ke ahli power steering.
    Memang ada masalah dari EPS nya, tp setelah diperbaiki balik lagi steer nya berat. Padahal lampu EPS ga nyala.
    Itu kenapa ya?
    EPS nya harus diganti kah atau gimana ya?
    T_T
    Mohon dibalas.
    Terima kasih


    • MasMun
      July 19, 2016

      Halo bu Wenni dalam sistem steering agar roda dapat berbelok EPS hanyalah sub bagian yang membantu untuk meringankan putaran setir, tapi masih ada bagian lain seperti steering rack, column, sturt, dll. Kalau setir-nya berat dan EPS normal ada kemungkinan bagian lain yang bermasalah atau hanya masalah sepele seperti baut plunger yang terlalu kencang dan tinggal di setel saja.

      Komplain saja ke bengkel spesialis power steering-nya bu Wenni, biasanya kan mereka kasih garansi setelah perbaikan.


  • jimmy
    July 8, 2016

    Saya mau tanya karimun GA mau di pasang EPS apa bisa dan biaya nya sekitar brp ya?


    • MasMun
      July 16, 2016

      Wagon R GA jika ingin pasang power steering electric akan banyak sekali penggantian partnya dan jadi tidak efisien, jauh lebih efisien dengan mengganti mobilnya dengan Wagon R tipe GL yang sudah menggunakan EPS.


  • dila
    June 8, 2016

    masmun sya mau nanya, saya baru beli estilo 2010. kalo dipake belok kanan kok ada bunyi mendengung dr bawah. kira2 apanya itu ya?


    • MasMun
      June 16, 2016

      Bisa dari bearing roda atau dari as roda-nya mbak Dila.


  • roy patrick
    May 26, 2016

    Mas mun sy mau nanya…sy pake karimun estilo 2010 setiap jalan engga halus/keriting bunyi bluduk² knp ya?stir getar dan power stering terasa berat buat belok klo parkir…terima kasih


    • MasMun
      May 28, 2016

      Kemungkinan masalah ada di Cek Rack Steer-nya pak.


  • asep
    May 19, 2016

    mau nanya pak. kalau speksifikasi motor elektrik nya apa ya ??


    • MasMun
      May 28, 2016

      Mereknya SONA, 48200M79 F61.


  • Agus Sulaeman
    April 10, 2016

    Salam MasMun . . . sy baru sekitar 2mng ganti Karimun Estilo th2007,setelah baca artikel ini sy langsung cek Estilo saya ternyata stirnya masih hidrolik belum EPS.
    Mohon pencerahan kenapa estilo sy stirnya ga EPS?
    Sy khawatir ada kelainan dengan estilo sy. maklum beli second kan kita ga tau apa yg terjadi dengan estilonya dari 2007 s/d 2016 sekarang hehe . . . .


    • MasMun
      April 18, 2016

      Semua Suzuki Karimun dari generasi kotak estilo hingga wagon R sudah menggunakan elektrik power steering. Jika sudah tidak pakai tekonologi itu lagi kemungkinan besar sudah diubah jadi hydraulic.


  • marsa
    April 5, 2016

    maaf mau tanya gan.. ane pakai suzuki estilo 2007 kok setirnya kalau kecepatan agak tinggi suka magel ya agak berat di belokkan ya. makasih


    • MasMun
      April 6, 2016

      Di kecepatan tinggi EPS otomatis akan mati/ tidak bekerja bu. Tapi di kecepatan tinggi seharusnya setir tidak berat, coba dicek dulu tekanan bannya apa kurang?


  • Ardian
    February 19, 2016

    mau tanya pak,
    saya punya wagon r gs baru
    ada masalah dikit
    Setir tidak mau kembali ke posisi lurus setelah berbelok seperti mobil pada umumnya, apakah memang seperti ini ya?


    • MasMun
      February 20, 2016

      Memang seperti itu karakteristik mobil yg menggunakan electric power steering. Perlu dibantu tangan untuk meluruskan setir setelah berbelok.


  • Yuli wibowo
    January 30, 2016

    Mas mun..
    Karimun estilo saya kok eps nya bunyi kretek kretek kl di putar kekanan aja(ga keras keras amat sih,bunyinya ky dr bawah setiran)..kl ke kiri ga bunyi apa apa..kt orang bunyi dr gigi gigi elektik boxnya.mohon pencerahannya mas..tengkyu bgt.


    • MasMun
      March 21, 2016

      Gigi motor EPS hampir tidak pernah rusak karena bahannya resin+grease high quality, kecuali jika pernah kebanjiran.
      Coba cek lever contact plate klakson, ato bearing shaft coulom steer mungkin grease/gemuknnya kering.


  • yongki
    January 20, 2016

    Eps karimun2000 kadang nyala… jadi berat… klo baru brp pak? Tq


    • MasMun
      February 5, 2016

      Mahal pak, modulnya saja bisa 3 juta lebih. Belum motor electricnya dan lain-lain. Diperiksakan dulu saja pak, bagian apanya yang rusak.


  • ariawan
    December 20, 2015

    Mas mun, numoang nanya. Saya baru beli mobil second karimun estilo 2007 tapi kok di panel dasbord tidak ada lampu indikator EPS sama sekali saat kunci posisi on. Tapi tidak ada masalah dgn powersterring nya.


    • MasMun
      January 4, 2016

      Untuk Karimun Estilo generasi pertama memang belum menggunakan indikator. Jadi ketika Power Steering(P/S) control module mendeteksi masalah akan langsung disimpan pada P/S control module memory tetapi sistim P/S ini belum dilengkapi lampu indikator yang mengingatkan pengemudi akan adanya masalah.


  • Hafas
    November 11, 2015

    Mohon tanya, apakah sudah ada yang coba modifikasi electric PS karimun dipasang di forsa, terima kasih


    • MasMun
      November 12, 2015

      Setahu saya belum ada pak.


  • Viola Aurora S
    October 24, 2015

    Mas mw tanya harga utk pasang eps di karimun wagon r type ga itu brp y..?


    • MasMun
      October 27, 2015

      Waduh susah mas, jadi begini EPS di Karimun Estilo ataupun Wagon R itu berhubungan dengan kelistrikan untuk mesin salah satunya sensor kecepatan yang juga digunakan untuk input kelistrikan mesin. Jadi akan banyak sekali perubahan jika ingin memasang EPS baru, kalau mau keluar biaya banyak sih nggak papa tapi jd kurang ekonomis :(


  • endah
    October 15, 2015

    Mau tanya pak..saya punya karimun tahun 2000 kadang suka ada berat di setir tpi eps ga nyala.berat sendiri ilang sendirinya.itu kenapa ya


    • MasMun
      October 17, 2015

      Indikator EPS-nya nggak nyala sama sekali ya?


  • hadi
    October 14, 2015

    apakah eps karimun bisa buat mazda mr atau vantrend…????


    • MasMun
      October 15, 2015

      Rumit sekali kalau mau diaplikasikan jadi power steering Mazda Mr atau Mazda Vantrend pak Hadi. EPS di Karimun Estilo perlu sensor kecepatan digital sebagai input ke ECM/ECU mobil yang terhubung ke modul EPS, padahal ECM tersebut juga sebagai “otak” pembakaran di mesin jadi saling berkaitan, sedangkan Mazda MR atau Vantrend masih belum menggunakan ECM karena masih menggunakan karburator.

      Solusinya tetap lebih efisien pakai hydraulic power steering pak Hadi.


  • Ibam
    July 26, 2015

    Mas mun mobil saya generasi ke dua…kalo dari lampu eps gak ada masalah alias gak hidup waktu dijalankan,tapi setirnya rada berat…. itu kenapa ya????


    • MasMun
      July 26, 2015

      Coba di cek tekanan ban-nya mas Ibam diset di 32-33psi.


  • Asnawi
    June 28, 2015

    Mau tanya pak, apakah indikator eps ada di karimun 2007? Saya beli karimun second tp tdk pernah melihat indikator tersebut. Terima kasih


    • MasMun
      June 29, 2015

      Untuk Karimun estilo generasi tersebut belum ada Pak.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+