Ganti Wiper Karimun Estilo kaca lebih bersih

2
ganti wiper karimun estilo

Ganti wiper Karimun Estilo jika sudah getas

Akhir tahun sudah mulai masuk musim hujan, komponen utama yang harus dipastikan berfungsi dengan baik apalagi kalau bukan Wiper. Komponen ini sangat fital ketika hujan, pernah suatu waktu keluar kota malam-malam dan kondisi wiper sudah selayaknya diganti karena wiper tidak bersih menyapu air, sisa air yang tidak bersih di kaca itu menyebabkan bias ketika tersorot lampu mobil dari arah berlawanan sehingga sangat berbahaya. Apalagi jalan diluar kota dimana penerangan jalan kurang sehingga gelap maka yang diandalkan hanya cahaya dari mobil dan terlihat bias karena sapuan wiper tidak bersih. Pada saat seperti itu yang bisa Mas_Mun lakukan adalah mengoleskan kaca depan bagian luar Karimun Estilo dengan tembakau rokok dan itupun harus sering-sering agar kaca bisa lebih jernih.

Bilah wiper tipe frameless

Bilah wiper tipe frameless

Keesokannya langsung cari wiper pengganti Karimun Estilo, ternyata yang sedang nge-trend saat ini adalah wiper jenis frameless yang tidak menggunakan frame dari bahan besi tapi menggunakan bahan plastik tebal. Tapi setelah baca-baca review-nya ternyata wiper jenis frameless ini tidak cocok untuk semua mobil, wiper jenis ini hanya akan bekerja dengan baik pada mobil yang memilik kaca depan relatif datar dan tidak terlalu melengkung(biasanya sedan eropa). Akhirnya nyari merek Bosch tipe Grphite Plus tapi di toko nggak ada yang ukuran 12inch, oh iya ukuran wiper Karimun Estilo belang/tidak sama yaitu 21inch untuk di bagian pengemudi dan 12inch yang di depan penumpang. Akhirnya ditawarin Hella Wiper Blade Premium, harganya lebih murah daripada Bosch. Sempet juga ditawarin jenis refill blade yaitu hanya karet bilah wiper-nya saja tanpa frame, lebih murah memang tapi saya tidak yakin kualitasnya dan kalau dipasang di frame bilah wiper-nya belum tentu pas juga.

Berikut langkah-langkah cara ganti wiper Suzuki Karimun Estilo:

  1. Pengait wiper Karimun Estilo adalah tipe hook atau cantelan yang ujungnya nekuk. Pastikan bilah wiper merek apapun yang anda beli cocok untuk pengait tipe ini.
    Pengait wiper Karimun Estilo

    Pengait wiper Karimun Estilo tipe hook

  2. Ganti wiper Karimun Estilo yang lama dengan dengan cara menekan bagian bergaris-garis di bagian pengait bilah wiper sambil mendorong bilah wiper ke arah pangkal gagang wiper(arah bawah).
    Cara pasang wiper Suzuki Karimun

    Cara pasang wiper Suzuki Karimun

  3. Pasang wiper dengan arah berlawanan seperti melepas, dorong ke arah ujung pengait jangan lupa perhatikan sisi karet menghadap ke bawah ketika bilah wiper sudah disejajarkan dengan gagang wiper.
    Pasang Wiper pengait jenis Hook

    Dorong bilah wiper hingga mentok ujung

Autobild ngadain  test bilah wiper terbaik di halaman Mana Wiper Aftermarket Terbaik? Hasil yang paling disarankan pada tes tersebut adalah Hella tipe Razor Hybrid tapi harganya lebih dua kalinya dari Hella tipe Premium yang saya pake. So far selama ini sudah lebih dari setahun masih bersih sapuan airnya. Bagus nggak harus mahal :D

Topik: Body | Tagged , , wiper karimun estilo, ukuran wiper karimun estilo, wiper suzuki estilo, harga wiper karimun estilo, Ukuran wiper karimun wagon r.

2 comments
  • eric
    October 13, 2016

    Mas_Mun untk new karlo saya yg seperti mas mun pakai beli nya di mana ya mas mun.. Dan harga nya berapa. Tks sebelumnya


    • MasMun
      October 15, 2016

      Maksudnya gimana mas Eric?


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+