Tips Atasi Kendala Transmisi Karimun Estilo

72

Suzuki Karimun Estilo automatic tidak pernah diluncurkan oleh Suzuki Indomobil(SI) karena yang tersedia untuk city car yang pernah menjadi produk andalan SI hanya satu varian yaitu transmisi Karimun Estilo manual berpenggerak roda depan. Tentu menjadi pertimbangan berat bagi Suzuki jika harus memasangkan transmisi otomatis pada mesin kapasitas kecil di Karimun Estilo. Untungnnya transmisi manualnya dan pedal koplingnya terasa ringan(mungkin lebih tepatnya terlalu ringan) sehingga membuat pengemudi tidak terasa capek jika harus menghadapi kemacetan lalulintas.

Tuas transmisi Karimun Estilo

Tuas transmisi Karimun Estilo 5 percepatan.

Hanya saja ada beberapa kendala ringan pada transmisi Suzuki karimun estilo ini, yaitu ketika pindah gigi sepertinya sudah masuk, tapi ternyata baru setengah masuk sehingga kadang menimbulkan bunyi gesekan antara dua roda gigi. Biasanya terjadi ketika memindahkan gigi transmisi ke posisi mundur. Namun ternyata itu bukan kerusakan, memang karakter bawaannya seperti itu. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah:

  1. Pastikan kopling telah anda injak hingga dalam, karena terkadang kita tidak sadar hanya menekan kopling setengah lalu sudah memindahkan posisi gigi transmisi, sehingga terjadi gesekan antara roda gigi karena masih saling terhubung.
  2. Ganti oli transmisi lebih sering. Jika di buku manual perawatan kendaraan dikatakan penggantian oli presneling setiap 20.000 kilometer, untuk menghindari kendala ini anda bisa ganti setiap 10.000 atau 15.000 kilometer.
    Kapasitas oli transmisi Suzuki Karimun Estilo adalah dua setengah liter, merek yang saya anjurkan adalah bawaannya Suzuki(SGO) karena selama ini saya gak ada kendala selama memakainya. Sayangnya anda tidak bisa membelinya di luaran secara eceran, karena hanya tersedia dalam kemasan besar 25 liter di bengkel resmi Suzuki. Oh iya kekentalanya 75/80.

Jika Perpindahan Gigi Transmisi Karimun Estilo Sulit:

  • Pelumas kurang -> Tambahkan oli gearbox.
  • Free travel pedal clutch tidak tepat -> Setel.
  • Disc clutch cacat atau patah -> Ganti.
  • Clutch pressure plate rusak -> Ganti clutch cover.
  • Synchronizer ring aus -> Ganti.
  • Chamfered tooth pada sleeve atau gear aus -> Ganti sleeve atau gear.
  • Gear shift control shaft joint bush aus -> Ganti.
  • Shift shaft cacat -> Ganti.

Topik: Mesin | Tagged oli transmisi karimun estilo, cara memindahkan gigi mobil manual, oli transmisi suzuki estilo, karimun estilo automatic, oli standar karimun estilo.

72 comments
  • Dani dwi putra
    November 3, 2016

    Mas Mun,, Terimakasih sebelum ny,, sy mau tanya, apakah kanpas kopling karimun estilo 2007 bisa di ganti sama kampas kopling set Karimun kotak? Soal ny harga ny terpaut 50%, dan dari bengekel spart juga ada yg menawarkan seperti itu


    • MasMun
      November 14, 2016

      Kemungkinan besar bisa mas Dani,, karena kode awalan mesinnya sama.


  • gerald
    October 31, 2016
    • (1)MasMun karlo saya mengalami hal yg sama seperti pak Aswad padahal ban belakang gk ngunci itu kenapa ya MasMun? Terus MasMun kemarin karlo saya terobos banjir lagi utk kedua kalinya dalam satu bulan -_-
    • (2) memang kabin karlo bisa kemasukan airya mas mun kalo lewat banjir karna karlo¬†saya karpetnya semua basah terutama depan habis lewat banjir.
    • (3) Terus yg terakhir kenapa keesokan hari setelah nerobos banjir mobilnya kayak nyendat nyendat gitu dan kayak mau mati mesinnya tapi gk sempat dan getarannya terasa bgt . Pdhl sblmnya saya taruh injector cleaner dan cairan yg ditaruh ke oli mesin Sudah gk getar dan nyendat nyendat lagi . Tapi tadi pagi mslhnya kambuh lagi padahal Sudah ganti busi,bersihin filter udara,ganti oli transmisi tp ttyp sama. Mohon bantuannya MasMun. ^_^

    • MasMun
      October 31, 2016

      1. Sudah pernah kami ulas mengenai Mobil Suzuki Karimun Menerobos Banjir dan ketinggian maksimal yang diperbolehkan.
      2. Bisa, coba dibaca artikel pada tautan di atas(poin 1).
      3. Bersihkan tangki bensin dan filternya.


  • Aswad
    October 22, 2016

    Mas Mun. Mau nanya nih. Karlo 2010 saya saat sy mundurin sering kayak tertahan gitu, kaya ngerem. Padahal gigi mundur dah masuk. Rem tangan juga udah dilepasin. Itu kira2 pengaruh apa ya?


    • MasMun
      October 25, 2016

      Coba di cek roda belakangnya pak apa bisa berputar bebas, di cek dengan cara di dongkrak terus diputar(rem tangan dalam kondisi tidak diaktifkan). Kalau tidak berarti rem belakangnya ngunci.


  • mul
    October 14, 2016

    Mas Mun…salam kenal
    Saya mau tanya kenapa karlo th 2012 saya agak seret atau keras maupun geser ke kanan dan kiri tuas transmisinya, kira2 apanya yg rusak ya..Mas? Tks.


    • MasMun
      October 15, 2016

      Sudah pernah ganti oli presneling?


  • Sendy steven
    October 11, 2016

    Selamat pagi mas mumun…

    Saya mau bertanya neh mas,kenapa yah munlo saya (th 2012),di gear 3 sampai gear 5 ketika saya mau naik kecepatan agak ngeden gtu mas???jadi saya harus bertahap menginjak pedal gas nya ,baru kecepatan bertambah…biasanya,kalau sekaligus saya injak pedal gas ,itu tidak ngeden sma skali mas..pikir saya hanya di gear 3 saja sperti itu,ternyata di gear 4 ,5 jga sperti itu…tlong masukan nya yah mas mun untuk kendala di munlo saya…saya kwatir ,itu gejala kampas kopling yang sudah menipis mas…tapi org bngkel pun tdak bsa memvonis bhwa itu kmpas kopling mas…saya service selalu rutin mas,maaf tapi bkan di dealer resmi suzuki nya…pergantian oli mesin,filter oli,dan oli transmisi slalu tepat saya ganti sesuai tanggal yg dberikan kepada munlo saya…saya sangat btuh masukan dari mas mumun untk mngtahui gejala munlo saya…sblmnya trims yah mas sdah mau membantu…siang mas…


    • MasMun
      October 15, 2016

      Begini kondisi nggak naik kecepatannya itu putaran mesinnya naik juga nggak? ganti giginya ketika putaran mesin berapa RPM mas? Harus di cek langsung mas, Lokasinya dimana mas? Kalau di Jkt bisa kami bantu cek-kan.


  • Arif oka
    October 2, 2016

    Mas, saya minat sama karimun estilo 2010 warna item di bali, harga mentok di 73. Kira2 mahal gak itu ?
    Trs tanya masalah ketersediaan spare part susah gak ya ? Soalnya temen saya banyak yg bilang sparepart susah krn estilo buatan india.


    • MasMun
      October 3, 2016

      Karimun estilo di Bali harga segitu menurut saya nggak mahal mas, pasarannya bekas Suzuki Karimun di Bali setahu saya memang masih tinggi karena banyak peminatnya. Betul beberapa part Karimun Estilo made in India, tapi beberapa sudah buatan lokal juga. Spare part Suzuki bisa dibeli di seluruh jaringan bengkel resmi Suzuki dan jaringan Shop part SGP.

      Saat ini masih tersedia banyak sekali, coba iseng2 aja main ke bengkel resmi tanya pura-pura mau beli Part :D


  • yanto
    August 13, 2016

    Mohon tanya Om, aku mau beli kartilo 2007 abu2 melalic minta 75 jt nego plat K kemahalan apa ndak ya, suwun


    • MasMun
      August 14, 2016

      Tambahin dikit(sekitar 3-4juta) sudah dapat yang tahun 2012 pak Yanto, kalau berminat bisa hub no telepon saya dibagian bawah web ini.


  • Ryo
    July 26, 2016

    Mobil saya karimun Estilo 2012, mau ganti kopling 1 set kena 1,8jt di bengkel non resmi kemahalan gak ya? Klo kemahalan harusnya kena berapa? Terima kasih sebelumnya..


    • MasMun
      July 27, 2016

      Kalau ganti di bengkel resmi Rp 2,3 juta(termasuk PPN 10%). Kalau mahal atau murah ya relatif, tinggal disimpulkan saja pak selisih 500.000 itu bagaimana kira-kira.


  • agidio
    July 18, 2016

    Mas Mun,
    saya mau ganti shift knob karimun estilo, tapi kok keras banget ya?apa memang shift knob aslinya dipermanenkah?soalnya ada yg bilang shift knob karimun estilo jadi satu sama batangnya jadi kalo mau ganti harus sama batang2nya?apakah benar?


    • MasMun
      July 18, 2016

      Nggak benar terpisah kok, Shift Knob New Karimun Estilo sama kayak Wagon R bukan menggunakan sistem ulir, tapi ditancapkan. Jadi untuk melepasnya mau nggak mau ya perlu dirusak(dipecahin) shift knob lamanya.


      • agidio
        July 19, 2016

        Berarti gabisa diganti sama knob universal ya? harus knob asli atau punya wagon R ya? (karena ga ada ulirnya)


        • MasMun
          July 20, 2016

          Bisa aja mas asalkan yg universal(misal shif knob replika Momo) bisa masuk ke besi tuas transmisi nanti tinggal di-lem pakai Dextone aja. Nanti kalau mau ganti lagi mau nggak mau ya harus dirusak shft knb yang lamanya.


  • Rahman
    June 24, 2016

    Lampu malam suka mati pada mobil suzuki karimun estilo th 2007, padahal sy sdh ganti skring dan rumah skring


    • MasMun
      June 24, 2016

      Lampu utama/depan ya mungkin maksudnya? Mati sebentar terus hidup lagi atau mati karena putus?


  • bambang
    April 16, 2016

    salam kenal masmun, karimun saya koplingnya terasa jegluk jadi untuk lepas kopling secara perlahan susah, solusi agar bisa halus bagaimana ya masmun?
    terimakasih sebelumnya


    • MasMun
      April 18, 2016

      Salam kenal pak Bambang. Jegluk itu maksudnya bagaimana pak?


      • bambang
        April 19, 2016

        jegluk jadi waktu melepas perlahan dari bawah enteng,sampai diatas nyendal keras, jadi seperti kalau diijak agak keras tiba-tiba ringan, seperti anjlok begitu masmun.. jadi saat dilepas kopling perlahan memang enteng,,saat sudah mulai masik putaran mesin terasa nyendal kuat jadi kalau tidak terbiasa saat melepas kopling bisa kaget dan mesin akan mati.. begitu masmun,,bagaimana?


        • MasMun
          April 19, 2016

          Kemungkinan karena ketebalan kampas koplingnya sudah berkurang jadi tuas koplingnya perlu di setel ulang. Kalau kampas koplingnya belum aus banget tinggal di setel saja pak Bambang. Tutorialnya ada di sini: Cara Setel Kopling Mobil Suzuki Karimun.


  • jojo
    March 9, 2016

    Mas,mau tanya,oli tranmisi nya 75/80 ato 75/90 yang bagus,trm kasih


    • MasMun
      March 12, 2016

      Ikut spek standard saja Om,, 75/80.


  • Hasan
    February 24, 2016

    Masmun, minta pencerahan ya, saya baru punya si mumer wagon r gs 2015, berapa lama waktu untuk panaskan mesin klo pagi, agar bisa siap pakai, maklum mas belum ngerti mesin si mumer, btw ditempat mas jual spoiler atas copotan untuk si mumer ga mas, trims mas


  • Nikko
    February 9, 2016

    Slm knal MasMun, newbie numpang nanya ni.. Hehe
    Td sore sya coba gnti knob persneling sendiri.. Stlh berhasil sya copot kok dlmnya g ada uliran baut ya? Ato emg modelnya beda sm yg laen&knob persnelingnya hrs pake khusus punya karimun estilo? Maturnuwun sblmnya..


    • MasMun
      February 10, 2016

      Bentuknya besi di ujung tuasnya cuman garis-garis datar gitu. Knob aslinya kendor nggak kalau dipasang lagi?


      • Nikko
        February 10, 2016

        Ujung tuasnya bintik2 kasar masmun.. Knob aslinya udh pecah2 g layak pake.. Msl dipasang sih bisa, tp muter2&bisa cpt klo g hati2..
        Smntra ini pake knob m*mo murahan biasa trs lubangnya sya bor lalu dibkn flat biar bsa masuk&g ngrusak tuasnya.. Kalo ada info jual knob khusus karimun estilo sya mau dong masmu, yg pntng hrg msk akal&g mahal2 bgt.. Hehe


  • Angga
    January 21, 2016

    Mas kalau wagon R pas gigi mundurnya itu sering bunyi Grek kayak suara gigi beradu seperti tanpa nginjak kopling itu kenapa ya? transmisi selain mundur normal2 aja. apa oli transmisinya harus diganti? udah 20ribu Km sih belum diganti. tapi pas pertama kali beli juga udah begitu tapi kadang-kadang.


    • MasMun
      February 5, 2016

      Mas angga ketika pindah gigi pastikan pedal kopling sudah tertekan hingga mentok dan ketika memasukan tuas presneling ke gigi mundur lebih pakai perasaan, karena kalau baru masuk setengah ketika pedal kopling dilepas maka gear akan beradu. Kalau sudah kilometer segitu sebaiknya diganti.


  • Dwi Darmatin
    January 4, 2016

    Dear mas Mumun saya ada kendala sbb :

    Saya pemilik Karimun Estilo 2007 ,Jika memindahkan gigi posisi berhenti ke gigi 1 sangat susah, sekalinya masuk pas mobil jalan suka balik sendiri ke gigi netral, Jika pindah gigi posisi jalan kegigi 1 juga susah, harus beberapa kali , jika 1 kali terdengar bunya greet, keras seperti gigi beradu, jika mau oke itu tuas gigi harus di teken terus kekanan , sampai mobil jalan dan over gigi ke gigi 2 terima kasih salam

    Dwi


    • MasMun
      January 4, 2016

      Halo mas Dwi, Kemungkinan kopling sudah kurang bagus, atau kalau kopling sudah dipastikan masih bagus selanjutnya bisa cek ring synchronesh gigi 1 & hub assy-nya.

      Semoga membantu.


  • yanti
    November 30, 2015

    Salam kenal mas,saya naksir mobil karlo th 2008 pembelian th 2009.kondisi bagus, km 42000,hanya saja di bagian pintu bagasi tdk bisa berfungsi lagi, harga matinya di 73jt kira” kemahalan tidak mas? Trima kasih


    • MasMun
      November 30, 2015

      Harga segitu bisa dapat Suzuki Karimun Bekas tahun 2010 ke atas Bu.. Bisa dilihat di daftar halaman Jual Karimun Estilo bekas. Selain itu pintu bagasi yang tidak berfungsi ada kemungkinan(tapi tidak selalu) bahwa mobil tersebut pernah mengalamai tabrakan dari belakang.


  • Fery S
    October 11, 2015

    Mobil saya Karimun Estilo th 2009. Skrg kalo ACnya dinyalakan, suara di bagian mesinnya jadi kasar,bukan mendengung seperti dulu. Bunyinya seperti “ngeeeeek” keras, kalo AC di matikan, suara mesinnya halus normal. Performa mesin jg baik2 aja. Tapi memang AC menjadi kurang dingin. Kira2 apa ya masalahnya, trus kalo service menghabiskan biaya berapa ???


    • MasMun
      October 18, 2015

      Kemungkinannya dua mas Fery, Kompresor AC-nya atau magnet clutch dari kompresor-nya. Tahun 2009 karena masa peralihan, mobilnya yang 4 silinder atau yang 3 silinder ya mas?


  • Denie
    August 20, 2015

    Maaf Mas_mun
    mau tanya kalau rack steer itu cakupannya apa saja ya, terus harganya berapa.
    NKE saya 2011 sudah ganti tierod, long tierod, karet support, karet balancing,shockbreker depan.
    kalau jalan suasana mobil adem tidak ada suara gluduk, gluduk tapi setelah 30 menit muncul suara gluduk gluduk. kenapa ya?
    pada saat jalan timbul bunyi gluduk gluduk saya atur posisi mobil berhenti terus saya goyangkan stir ke kiri dan kanan ada bunyi trek trek trek.
    Mohon pencerahannya.


    • MasMun
      August 29, 2015

      Racksteer itu bisa ganti dalemannya aja nggak harus satu set. Coba di cek bushing rack steer-nya mas Denie, saran saya bawa ke bengkel resmi Suzuki mereka sudah hafal solusi buat “gejala” kayak gini.


  • adhitiya kusuma
    August 16, 2015

    Om kalo di yogya beli oli mesin sgo untuk NKE selain di dealer di mana ya?ada rekomendasi toko gak om?trims.


    • MasMun
      August 17, 2015

      Coba di Sarinah Motor mas, mereka distributornya Suzuki Genuine Part. Kira-kira 500 meter sebelah utara Borobudur Plaza.


  • rifki destia
    August 15, 2015

    Mas sya minta info nya dong dmn sya bisa dapat gearbox karimun estilo yah.sya punya karimun estilo th.2007 gearbox nya jebol.sya cri dmn2 part bya gk ktmu.krna ktnya produk india utk part nya


    • MasMun
      August 16, 2015

      Karimun Estilo memang produk India, jadi susah untuk cari part bekasnya. Sebaiknya beli spare part-nya yang rusak saja di bengkel resmi Suzuki.


  • andree
    August 12, 2015

    Saya punya wagoon R GS 2014…apakah mesin wagoon r selalu bermasalah dalam rpm kecil?? Karena setiap lagi macet mesin suka mati tiba – tiba dan setiap mau di pakai harus mesin harus selalu di panasin lebih dari 20 menit agar mesin tidak mati – mati saat di gunakan

    Tks bgt sblmnya


    • MasMun
      August 12, 2015

      Kondisi normal seharusnya tidak begitu mas Andree. Coba dikomplain ke bengkel resmi saja kan masih dalam masa garansi.


  • imam
    August 7, 2015

    sy sudah hampir empat tahun pakai karimun 2007..mesin tidak ada masalah tp selalu masalah dikaki2 sm as roda..as roda sy skrg putar kekanan bunyi..mw ganti blm ada budget..efek jangka panjangnya apa om bila as roda atau tierod tidak dganti?thanks


    • MasMun
      August 7, 2015

      Kalau dibiarkan dikhawatirkan kurasakannya malah bisa merembet hingga ke rack steer.


  • fikar
    July 5, 2015

    Salam kenal Mas_Mun…
    Saya baru nebus Karlo keluaran 2012 km 19000an. Rencananya saya mau bawa ke Beres dl. Kira-kira service apa2 aja yg harus ane lakukan? Soalnya Karlo ane ga ada buku servicenya. Di ilangin sm yg punya kmarin. Trus Mas_Mun Kalo ganti oli Transmisi di Beres biasanya habis berapa duit om? Terima kasih… :)


  • feys
    July 2, 2015

    Mas Mun, Knp ya stir karlo sy skrg agak berat, kayak ada yg mengganjal, pdhl Indikator panel lampu EPS normal, brarti EPS nya ga masalah kan? Trs kaki depan kanan kalo melewati jalan keriting berbunyi duk2, terasa ke stir. Knp ya? Mksh Pencerahannya :)


    • MasMun
      July 4, 2015

      Coba di cek tieroad, rack steer, karet support dan rebound shockbreaker depannya Om Feys.


  • Hasan
    June 15, 2015

    maaf gan..sekedar minta informasi..saya mempunyai karimun estilo 2007.. bila di isi penumpang lebih dari 4…di bagian belakang ketika ada jendulan/lubang bunyi srok / bunyi gesekan ..apa pengaruh saya ganti palek dan ban ukuran besar..mkash


    • MasMun
      June 17, 2015

      Iya betul, apalagi per belakang Karimun Estilo cukup empuk jadi jika diisi muatan full resiko gasruk setelah ganti velg. Kalau mengganti velg sebaiknya perhatikan juga ukuran offset. Ukuran offset standard velg di KarLo adalah 45.


  • gracello
    June 2, 2015

    Mas, lebih bagus pake oli mesin merek apa dan jenis apa yang cocok untuk karimun wagon r ?


  • gracello
    June 2, 2015

    Blog ini memang memperluas wawasan mengenai karimun estilo dan sejenisnya. Keep up your good job pak .


  • Wahyu Dwi W
    May 15, 2015

    Dear Mas Mun
    Saya mempunyai estilo tahun 2008, baru baru ini muncul masalah stir ketika diputar kekiri ataupun kekanan bunyi “duk” satu kali dan saat pedal kopling diinjak juga berbunyi tetapi bila dipakai beberapa saat bunyi kopling tersebut hilang
    Terima kasih
    Salam,
    Wahyu Dwi W – Pasuruan


    • MasMun
      May 18, 2015

      Bunyi “duk” Ketika setir diputar bisa disebabkan beberapa faktor mas Wahyu Dwi seperti steering rack, ball joint, strut bearing ataupun tierod. Jadi harus diperiksa secara keseluruhan. Begitu juga dengan kopling yg berbunyi bisa jadi as tuas kopling di gearbox, bearing ataun rumah matahri kopling.


  • kusmanto
    March 20, 2015

    saya punya karimun estilo tahun 2009 , ada masalah kalau awalan jalan ada bunyi getar dari kenalpot pernah saya cek ternya karet suport ada yang lepas setelah dibetulin kok masih ada bunyi tersebut, apa ya penyebabnya..tolong agan…yg pernah punya pengalaman sahringnya..tks.


    • MasMun
      March 20, 2015

      Mas Kusmanto,, coba mobil Karimun Estilo-nya di bawa ke tempat cuci steam mobil. Nah kan mobilnya di naikin tuh, terus coba diintip kolong mobilnya liatin deh jalur knalpotnya dari bawah mesin sampai kebelakang. Mungkin ada karet lainnya yang lepas atau bahkan ada baut sambungan pipping knalpot yang kendor.


  • herman
    February 14, 2015

    mas mun,,,, saya mempunyai karimun estilo 2011
    permasalahan yang saya hadapi sekarang adalah timbulnya suara dengung pada roda depan
    pada kecepatan diatas 40 Km/jam dan sangat mengganggu kenyamanan. mohon bantuan info penyebabnya dan cara mengatasinya,,,

    terima kasih,,


    • MasMun
      February 17, 2015

      Apakah baru ganti ban? Kalo tidak coba cek bearing/lahernya Om Herman.


  • feys
    February 2, 2015

    Mas Mun pakenya Premium atau pertamax?


    • MasMun
      February 8, 2015

      Saya pakenya premium Om Feys, Syukur selama ini gak ada masalah di mesin.


  • Tina
    January 16, 2015

    Saya memiliki karimun estilo generasi pertama, bensin tipe apakah yg sesuai ? Amankah mencampur premium & pertamax ?

    Terima kasih. . .


    • MasMun
      January 20, 2015

      Tentu Pertamax/ Shell lebih baik dari premium, tapi di isi premium pun juga tidak apa-apa. Sebaiknya. Jangan mencampur premium dengan pertamax, kalo mau menghemat isi bergantian antara pertamax dan premium jangan dng mencampurnya.

      Bensin premium sekarang sudah tidak mengandung timbal, jadi sudah aman untuk catalyc converter karimun estilo.


      • Nia kurniatk
        October 30, 2016

        Mas mun mu tny karlo saya kalo di jln rusak ada bunyi2 gluduk2..tp kalo d jln mukus ga biasa z adem,udah ke bengkel resmi suzuki katanya kudu ganti OH Rack (tie rod) tp udah di ganti toe rodnya..tp msh gluduk-gluduk jg ntu knp ya mas mun?


        • MasMun
          October 31, 2016

          OH Rack itu bukan hanya tie rod-nya saja mbak Nia, tapi perlu di bongkar rack steer nya juga. Kalau Tie Rod masih bagus bisa juga komponen bushing rack steer nya mbak, kalau seperti ini harus di cek langsung.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+