Lampu Bagasi Karimun Estilo Kecil Tapi bermanfaat

2
Lampu bagasi di bagian samping

Bagasi Honda Jazz yang dilengkapi lampu dari pabriknya.

Resikonya mobil kecil dengan fitur terbatas tentu banyak hal-hal sederhana yang kadang terasa sulit, salah satunya adalah lampu bagasi. Terkesan simple banget ya padahal lampu ini menurut saya sangat diperlukan. Sering pulang malam nurunin tas, plastik belanjaan, atau mainan anak dari bagasi yang karena nggak ada lampunya jadinya gelap banget. Eh besok paginya ternyata ada belanjaan makanan yang tercecer di bagasi padahal harusnya sudah langsung dimasukin kulkas malamnya. Lihat Honda Jazz yang ada lampu bagasinya kayaknya enak nih kalau bisa nambahin lampu bagasi  buat Karimun Estilo.

Sadar akan masalah maka mulai deh cari solusi. Setelah berpikir panjang, maka terbesit rencana untuk membuat lampu bagasi tambahan karimun Estilo dengan cara menarik kabel dari lampu kabin depan lalu memasangnya di plafon belakang dengan cara membolongi plafonnya, pastinya kabel disembunyikan di balik plafon. Jadi ada dua lampu kabin seperti mobil-mobil MPV-nya Toyota. Resikonya ketika membuat lubang di plafon kalo nggak rapih bisa berabe, harus beli palfon baru. :(

lampu bagasi nissan march

lampu lemari led bisa untuk bagasi nissan march, karimun estilo, splash, dll

Ketika mau beli kabel di toko listrik nggak sengaja ngeliat lampu led kecil warna putih, tanya ke penjual ternyata itu lampu buat lemari. Jadi seperti lemari pakaian di hotel berbintang, yang ketika dibuka otomatis lampunya menyala. Tapi yang ini lampunya kecil dan tidak membutuhkan kabel untuk sumber listrik karena hanya mengandalkan 3 buah baterai seukuran batrei jam. Dari pada repot-repot narik kabel dari lampu depan belum lagi perlu ngelubangin plafon akhirnya dibelilah lampu led lemari buat itu coba dipasang jadi lampu bagasi Karimun Estilo. Setelah Trial and error ternyata posisi lampu paling pas diletakkan pada bagian bawah dan posisi magnet sebagai sensor(untuk nyala-mati) ditempel di pintu bagasi dekat pengunci pintu bagasi. Lampu led sudah dielngkapi doubel tape tapi kurang kuat supaya lebih kuat bisa dilem dengan lem tembak di sekeliling lampu atau ganti doubel tape-nya menggunakan produk 3M. Walaupun pencahayaannya nggak bisa menyebar rata karena posisinya di bawah tapi ini posisi paling ideal karena tidak mudah tersenggol ketika memasukkan barang besar ke bagasi.

lampu bagasi karimun estilo

Letak lampu bagasi karimun estilo

letak sensor lampu bagasi karimun

Sensor lampu diletakkan pada kuncian pintu bagasi.

Jadilah lampu bagasi Karimun Estilo dengan lampu kecil yang otomatis mati-hidup ketika pintu ditutup seharga Rp 5.000. Kalau malam hari nurunin barang jadi nggak kegelapan, tentunya tips ini bisa diaplikasikan di mobil-mobil yang belum dilengkapi lampu bagasi seperti Nissan March, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuk Splash, dll. Oh iya kalau mau nyari di internet ternyata banyak juga yang jual, silahkan googling saja “lampu lemari led”.  :D

 

Topik: Interior | Tagged , , bagasi karimun estilo, fungsi lampu bagasi pada mobil, kenapa lampu bagasi jazz tdk mau mati, bikin lampu plafon agya, tiang bagasi karimun.

2 comments
  • satrio
    June 8, 2015

    Ide bagus, tapi apakah baterenya nggak cepat soak? Saya punya pengalaman kalo taruh lampu senter di dalam mobil batere-nya cepat soak. Mungkin krn temperatur dlm mobil tidak stabil (siang panas tinggi, malam dingin) berpengaruh thd umur batere.


    • MasMun
      June 8, 2015

      Kalau ganti batrei nggak sampai sepuluh ribu rupiah, itupun dua bulan lebih :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+