Memasang Filter AC Suzuki Karimun Estilo

22
Filter Ac Suzuki Karimun Estilo

Filter Ac Suzuki Karimun Estilo – Sakura CA1605

Filter AC atau biasa disebut juga sebagai filter kabin berfungsi untuk menyaring udara yang didinginkan dan dihembuskan dari lubang ventilasi AC, sayangnya Pemirsah tidak akan menemui Filter AC pada Suzuki Karimun Estilo maupun adiknya Karimun Wagon R karena dari pabrik memang belum dilengkapi, padahal fungsinya cukup vital bagi kebersihan sirkulasi udara di kabin mobil imut kita ini.

Setiap mobil ber-AC menggunakan blower yang biasanya berada di bagian bawah dashboard sebelah kiri(bagian penumpang depan), hampir semua blower AC mobil terletak di bagian ini. Blower ini berfungsi menghisap udara dari bawah dashboard penumpang depan untuk didinginkan dengan cara melewatkan udara tersebeut melalui evaporator. Evaporator ini sebagai ujung tombak pendingin udara di kabin, namun jika udara yang dihisap untuk didinginkan melalui evaporator ini mengandung debu atau partikel kecil lainnya maka tentu lama-kelamaan evaporator ini akan tertutup kotoran yang menumpuk sehingga AC menjadi tidak dingin lagi atau yang paling parah udara tidak dapat melewati saluran pendingin ini karena evaporator tersumbat oleh kotoran yang lambat laun menumpuk. Karena itulah filter AC atau filter kabin pada Suzuki Karimun Estilo sangat dibutuhkan, sehingga sistem AC bisa tahan lama karena udara yang disalurkan lebih bersih dan Pemirsah yang berada di dalam mobil tentu lebih sehat dengan udara yang lebih bersih.

Kipas Blower Karimun Estilo

Kipas Blower Karimun Estilo

Untuk memasang filter AC pada Suzuki Karimun Estilo dapat menggunakan komponen milik Honda Jazz generasi awal. Dipasaran tersedia filter kabin berwarna putih dan tipe karbon yang berwarna gelap, claim-nya sih yang tipe carbon lebih bagus dan pastinya harganya juga lebih mahal. Mas_Mun cukup pakai Filter AC tipe biasa(warna putih) merek Sakura dengan kode CA1605 untuk New Karimun Estilo Cokelatnya, untuk harganya di toko spare-part Rp 90.000 dan di toko online kebanyakan dibanderol diatas Rp100.000.

Bagaimana cara pasang Filter AC atau Filter Kabin di Suzuki Karimun Estilo, berikut langkahnya:

  1. Lepas laci dashboard, dengan cara menekannya kearah dalam(arah panah), kemudian untuk bagian AS-nya cukup tarik laci ke arah luar dengan sedikit tenaga.
    Filter Kabin Suzuki Karimun Wagon R

    Filter Kabin Suzuki Karimun Wagon R

  2. Anda akan melihat lubang kotak Blower AC yang bagian bawahnya berbentuk bulat. Pada Karimun estilo slot untuk filter AC / filter kabin sebenarnya sudah tersedia hanya saja masih tertutup rawat dan tutup itu paten. Sehingga anda harus melubangi tutup tersebut dengan rapih, gunakan pisau cuter atau pisau tajam lainnya. (Warna Kuning Bagian yang dilubangi dengan pisau).
    Filter Kabin Karimun Estilo

    Filter Kabin Karimun Estilo

  3. Siapkan filter AC anda, perhatikan bagian yang terdapat tulisan harus menghadap keluar slot filter AC. Coak sedikit bagian kanan bawah filter AC karena pada slot rumah filter Ac terdapat jendolan kecil di bagian kanan bawah. Masukkan filter ke Slot, pasang tutup-nya karena tidak ada kunciannya gunakan lakban untuk merekatkan potongan tutup tadi dengan rumah blower AC.
    Cabin Filter Suzuki Karimun Estilo

    Cabin Filter Suzuki Karimun Estilo

Kini udara AC anda bisa lebih bersih. Saran Mas_Mun sebelum memasang filter AC Suzuki Karimun Estilo, lebih baik bersihkan dulu saluran AC-nya(service AC) sehingga komponen yg ada didalamnya seperti evaporator dan blowernya benar-benar sudah bersih, baru setelah itu pasang filter AC-nya.

Topik: Interior | Tagged , filter ac karimun estilo, ac karimun estilo, cara membersihkan filter ac karimun estilo, cara membersihkan ac karimun estilo, tutup ac estilo.

22 comments
  • mfiq
    August 22, 2016

    sdh d praktekan… dn hasilnya.. hembusan ac ny terasa lbh soft dn segar dbanding sebelum memakai filter ac… trm ksh atas artikelnya ya…mas_mun sangat membantu…


  • Rahman
    July 23, 2016

    Maaf mau tanya mas mun,filter cabin merk kyoto type 1910 kira-kira pas ga untuk new estilo trim’s


    • MasMun
      July 25, 2016

      Coba diukur saja mas tebal: 29 mm, panjang 184 mm, lebar 178 mm. Lebarnya kurang dikit nggak papa, yang Filter cabin Honda Jazz agak lebih lebar jadi masuknya agak seret.


  • ANOM
    May 23, 2016

    MAS KARIMUN NEW ESTILLO SAYA BAU KENCING TIKUS KALAU AC DI NYALAKAN. KIRA 2 GIMANA CARA MENGHILANGKAN N TIDAK TERJADI LAGI BAU KENCING TIKUS . MAKASIH


    • MasMun
      May 24, 2016

      Service AC untuk membersihkan salurannya, terutama Evaporator. Setelah bersih baru kemudian pasang filter agar saluran selalu bersih.


  • aan
    April 16, 2016

    Masmun mau tanya begitu nyalain ac estilo ada bunyi dengung yang berisik dan av jadi kurang dingin. Sepertinya ada kotoran yng nyangkut. Cara bersiinnya gimana ya?


    • MasMun
      April 16, 2016

      Apa naruh tisu atau kertas di laci dashboard? Kemungkinan kipas/blower AC-nya kotor atau bisa juga kompresor AC-nya sudah bermasalah(Misal oli kompresor bocor). Coba switch kipas AC dinyalakan di posisi 2 tanpa mengaktifkan(menyalakan) tombol AC, kalau dalam posisi seperti ini bunyi berarti blowernya. Tapi jika bunyi hanya muncuk ketika tombol AC aktif(nyala) berarti ada kemugkinan di komponen AC lainnya.


  • tjetje
    March 4, 2016

    Saya baru beli KWR GL 2nd. Sempet kaget, waktu baca artikel ini bhw KWR tdk dilengkapi filter AC :).
    Makasih om, semua artikel-nya saya baca kalo ada waktu luang.


  • arif
    November 30, 2015

    jadi tutup tempat filter ac harus dilubangi persegi panjang ya mas? kemudian di lakban g untuk nutupinnya


  • jugil
    August 3, 2015

    om kalo buka bearing rode depan gimana yaa ommm


    • MasMun
      August 4, 2015

      Punya pengalaman “negebengkel”? Kalau nggak mendingan jangan, prosesnya harus lepas piringan cakram, kaliper rem, wheel hub, tie rod dan knuckle.


  • wahyu
    July 29, 2015

    Om udah pernah service sendiri ac nya gk?bersihkan evaporator dan komponen ac yg lain..mohon di share ya om… :)


    • MasMun
      July 30, 2015

      Belum pernah, paling ganti filter kabin saja karena AC masih dingin dan nggak ada bau-bauan.


  • Yhoga
    May 11, 2015

    Om untuk karimun estilo 4cylinder sama ga yah ukurannya, klo dilihat digambar sih cara memasangnya sama ketika pertama kali masang di bengkel ac, yaitu dengan memotong slot yg sudah ada sebelumnya. Tp saya ragu ketika di toko online autor*tary ada filter ac merk K*oto yang sudah ada untuk karimun estilo. Mohon pencerahannya om


  • Mas Nur
    April 9, 2015

    alhamdulillah dah sukses praktekin tutor pasang filter AC, tapi berhubung CA1605 gak ada, akhirnya searhing di web sakurafilter.com ukuran mendekati dapet 4 tipe. pilihan jatuh ke CAC 1402.

    Awalnya gak masuk harus pangkas pegangannya sama dibelah vertikal bbrp sirip kanan. akhirnya sukses jg.


    • MasMun
      April 12, 2015

      Mantap Om,,, nanti rutin dibersihhin pakai kompresor ya om filter AC Karimun-nya, ya 6bulan sekali lah.


  • yurizal
    March 23, 2015

    di karimun wagor r dah ada filter ac om


    • MasMun
      March 23, 2015

      Eh yang bener, Udah ada ya? Punya om Yurizal yang tipe apa om?


      • sukapepaya
        July 3, 2015

        Di wagon udah ada om, tipe gl.


        • MasMun
          July 4, 2015

          Iya sudah ada Om, makanya sy coret tulisan Wagon R-nya :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+