Menambahkan Speaker Belakang Suzuki Karimun Estilo

19
Door Trim Belakang Karimun Estilo

Door Trim Belakang Karimun Estilo

Ketika sedang asik nyeting head unit bawaan Suzuki Karimun Estilo bass, trebel luamanyan jugadari pada nggak ada audio, nyoba balance antara speaker kanan dan kiri ternyata oke. Pas nyoba speaker depan dan belakang, ketika diseting depan aja yang nyala oke, pas belakangnya kok nggak ada suaranya. Karena curiga tanpa pikir panjang langsung bongkar door trim belakang, ternyata Suzuki Karimun Estilo tidak dilengkapi speaker belakang. Welah dalah, banyak banget sih fitur yang disunat sama Suzuki Indomobil.

Kabel Speaker Belakang Karimun Estilo

Kabel Speaker Belakang Karimun Estilo

Untungnya instalasi kabel speaker belakang Suzuki Karimun Estilo sudah tersedia dari pabrikan, termasuk dengan dudukannya dan lubang untuk keluarnya suara di door trim. Untuk ukuran speaker sama dengan yang depan, yaitu 6 inch. Sebaiknya pilih jenis speaker coaxial, supaya rambatan suara bisa terdengar lebih merata, mulai nada tinggi hingga midbass. Sementara untuk mendapatkan efek di frekuensi rendah, bisa mengatur ulang melalui settingan equalizer atau level bass yang tersedia pada head unit JVC bawaan Karimun.

Panel Pintu Karimun Estilo

Panel Pintu Belakang Karimun Estilo Sudah Ada Dudukan Speaker

Sebelum memasang kedua speaker di panel pintu belakang, langkah pertama adalah membuka door trim dengan melepas dua buah baut dengan obeng kembang, jangan lupa lepas knob pengunci pintu dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Kemudian tarik sedikit sekeliling door trim sisi bawah dan kanan-kirinya hingga kancingannya terlepas, lepaskan door trim dengan cara mendorongnya ke arah atas.

Untuk memasang speaker belakang Suzuki Karimun Estilo bisa memanfaatkan adaptor berwarna hitam yang sudah terpasang, caranya cukup dengan melubangi bagian tengahnya agar dapat dimasuki speaker yang akan kita pasang.  Kemudian lubangi adaptor pakai mata bor pada keempat sisi secara simetris. Adaptor ini selain berfungsi sebagi dudukan speaker juga bisa mengurangi efek getaran berlebih pada pelat pintu, terutama ketika tercipta efek suara menggaung cukup panjang dari speaker.

Speaker Coaxial 6 inch Karimun Estilo

Speaker Coaxial 6 inch Karimun Estilo

Agar suara audio di Suzuki Karimun bisa terdengar lebih sempurna dan merata  selain memasang speaker belakang akan lebih baik jika menambahkan peredam pada keempat panel pintu dan atap, peredam juga dapat membuat seluruh kabin lebih kedap suara sehingga suara luar yang masuk ketika sedang mendengarkan musik dapat diminimalisir .

Topik: Interior | Tagged , , , audio karimun estilo, cara buka door trime karimun estilo 2007, ####################, speaker karimun wagon r, cara melepas speaker yg dipintu mobil.

19 comments
  • end
    September 24, 2016

    Mas, menurut review yang saya baca katanya kalau pakai FM modulator untuk memutar musik dari USB suaranya tidak jernih, masih ada noise. apakah benar?
    Untuk speaker belakang kalau di pasang speaker model mid bass 6″ kira2 ngangkat tidak?
    Line out soket RCA dibelakang head unit kenapa tidak keluar sinyal suara ya mas, apakah ada setingan atau hardware bermaalah?


    • MasMun
      September 26, 2016

      Tergantung lokasi mas,, kalau saluran gelombang FM-nya di skeitar wilayah tersebut padat bisa ada noise. Kalau mau ngejar suara yg jernih saran saya ganti Head unit. Midd bass berapa watt? Perlu diperhatikan juga ketebalan fisiknya loh, kalau terlalu terbal nanti ganjel door trim.

      Soket dibelakang Head Unit JVC? Itu dipakai untuk bluetooth adaptor.


  • firman
    September 11, 2016

    Mas mau tanya, sekarang kan sudah ada yg jual adapter usb to aux pada tape mobil, untuk membaca file mp3 dari flasdisk. Tapi dengan syarat perangkat nya sudah Support U-Disk Decode MP3, untuk tape karimun estilo th 2012 sudah support belum ya kira kira?


  • rahmi
    December 27, 2015

    Dear Mas_mun,
    Mohon advise-nya jika ingin menambahkan port usb pada audio bawaan estilo 2010
    apakah bisa, atau harus ganti tape mobilnya…

    Terima kasih,


    • MasMun
      December 30, 2015

      Menambahkan atau memodifikasi port USB untuk tape mobil JVC bawaan Suzuki Karimun agak repot mbak Rahmi, cara hemat untuk bisa memutar musik Mp3 dari usb di mobil bisa menggunakan USB Playaer. Seperti yang ada di Tokopedia: USB Player Mobil.


  • Nurdin
    November 25, 2015

    Mas Mun ketebalannya kok gak diulas, pengen ganti JBL GX602 infonya sampe 53cm, kira2 mentok gak ya? Takutnya pintu yg kliatan tipis gak support sama speaker tertentu.


    • MasMun
      November 25, 2015

      Hah ketebelan 53cm? 5,3cm mungkin maksudnya ya? Bisa mas kalau cuman ketebalan segitu.


  • Nurdin
    November 24, 2015

    mas Mun ada toleransi gak untuk ukuran speaker, soalnya dipasarang banyak ukuran 6,5 inch


    • MasMun
      November 24, 2015

      Ada jarak kosong sedikit ketika dipasang menggunakan speaker 6inch, tapi sy nggak tau apa itu muat kalau di isi yang ukuran 6,5 inch.


      • Nurdin
        November 25, 2015

        Ya sih klo aku perhatikan memang realnya 6 inch tapi ada toleransi juga dari produsen speaker dengan menyertakan bracketnya


  • Erwinyan
    September 29, 2015

    Mass admin , ane mau tanya nih.. kira2 biaya pemasangan speakernya tambahan di pintu belakang berapa yaa ??


    • MasMun
      September 29, 2015

      Hayo coba di baca komentar dibawah,, sebelumnya sudah ada yang nanya juga mas Erwin :)


  • agunx
    August 22, 2015

    Masmun brp harga spasang speaker coaxial 6inch tsb???tks


    • MasMun
      August 22, 2015

      Yang biasa sekitar Rp 250-300-an ribu om.


      • agunx
        August 26, 2015

        itu harga sepasang atau 1 buah mas??? tks


        • MasMun
          August 29, 2015

          Sepasang,, Tapi itu yang paling murah loh ya. Kalau yang mahal ada juga yg 1 juta untuk sepasang speaker Coaxial 6 inch.


  • Arman
    August 5, 2015

    MasMun, fungsi plastik bening dan lem ter/aspal di balik doortrim sebenarnya untuk apa?
    Kalau ingin menambah peredam di balik doortrim sebaiknya disebelah mana? plastiknya masihkah perlu?? tks


    • MasMun
      August 5, 2015

      Fungsi plastik bening itu untuk mencegah debu dan asap masuk melalui celah-celah door trim. Peredam pintu biasanya menggunakan jenis tar yang disemprotkan di permukaan plat pintu bagian dalam, untuk menyemprotkannya harus melepas doortrim terlebih dahulu.

      Setelah memasang peredam pastikan plastik dipasang lagi, jangan sampai dilepas.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+