Mengenal Mesin Suzuki Karimun Estilo K10B

40

Note: Mesin Karimun Wagon R dan Suzuki Celerio juga menggunakan mesin K10B.

Suzuki karimun Estilo pada awal kelahirannya di tahun 2007 menggunakan mesin F10d empat silinder, kemudian selang dua tahun kemudian pada 2009 meluncurlah New karimun Estilo dengan mesin K10B. dengan hany tiga silinder. Untuk mengurangi bobot kendaraan, Suzuki menggunakan mesin yang silindernya terbuat dari bahan alumunium. Mesin ini menjadi andalan produk city car Suzuki yang memiliki basis produksi di India termasuk yang juga di pasarkan di Indonesia. Seluruh mesin Suzuki yang memiliki kode dengan awalan huruf “K” merupakan jenis mesin modern yang terkenal irit bahan bakar. Suzuki New karimun Estilo merupakan varian Suzuki yang pertama kali menggunakan mesin seri K di Indonesia, setelah itu meluncurlah Suzuki Splash dengan mesin K12M(4 silinder), dan suzuki Ertiga dan new Swift dengan mesin K14(4slinder) dan Wagon R dengan mesin yang sama dengan Karimun Estilo.

suzuki karimun k10b

Mesin Suzuki k series 3 Silinder, tanpa vvt naturaly aspirated

Dalam proses pembuatanya mesin ini cukup ramah lingkungan, proses pembuatannya tanpa menggunakan material yang berbahaya bagi lingkungan seperti cadmium, merkuri dan kromium. Dan hampir 85% material yang digunakan pada mesin seri K Suzuki ini dapat didaur ulang, jelas saja karena material mesin ini menggunakan bahan alumunium pada blok mesin dan kepala silindernya. Keunggulan utama mesin yang menggunakan material ini adalah lebih ringan daripada mesin yang menggunakan bahan besi, alumunium juga membuat mesin lebih tahan lama dan stabil performanya di suhu tinggi sekalipun. Namun bukan berarti mesin berbahan aluminimun tanpa kekurangan, jika pada mesin ini terjadi lecet di liner silinder(dinding ruang silinder) yang menyebabkan bocornya kompresi mesin, maka anda harus mengganti secara utuh blok silinder mesin dan tidak bisa di oversize seperti mesin keluaran terdahulu yang menggunakan material besi, namun lecetnya dinding silinder mesin ini jarang sekali terjadi selama anda memperhatikan penggantian oli dan cairan pendingin mesin/air radiator di Suzuki Karimun Estilo.

Teknologi mesin seri K ini mengguankan double over head camshaft (DOHC)/camshaft ganda yang masing-masing menggerakan 2 katup masuk dan 2 katup buang untuk tiap silinder sehingga total memiliki 12 katup pada mesin K10B milik Suzuki ini dengan rasio kompresi 10:1. Mesin ini memiliki karakter yang presisi, sehingga oli yang digunakan juga sangat encer SAE 5w-30 dan tidak perlu melakukan penyetelan klep ketika tune-up karena sudah menggunakan komponen shim di kepala silinder. Konstruksi mesin ini membuat karakter mesin jadi lebih bertenaga dan memiliki torsi kuat diputaran atas. Mengenai Oli, saya pribadi sangat menganjurkan menggunakan oli rekomendasi pabrik, SGO dengan spek seperti disebutkan di atas dan kapasitas Oli mesin 3 liter pada penggantian berkala.

Untuk melakukan pembakaran pada mesin, Suzuki sudah menerapkan smart distributorless ignition. Artinya jika pada mesin dahulu(Karimun Kotak) terdapat satu koil yang dihubungkan dengan distibutor untuk membagi pembakaran untuk 4 silinder, maka pada mesin New Karimun Estilo ini setiap silinder di mesin K-Series ini memiliki koil(total 3 koil) pengapiannya sendiri-sendiri dan tidak lagi memakai distributor. Sehingga membuat pembakaran di mesin semakin sempurna. Untuk saluran buang seluruh model K-Engine sudah dilengkapi dengan catalytic converter, yang berperan untuk memecah molukul beracun pada gas buang, untungnya musuh utama catalytic converter ini sudah tidak terdapat lagi di Indonesia, yaitu besin bertimbal.

catalytic converter Karimun Estilo

karimun estilo 3 silinder catalytic converter pada saluran buang

Oke, itu semua tentang hal teknis. Bagaimana dengan penggunaan mesin K10B Suzuki new Karimun Estilo untuk penggunaan harian? Menghasilkan tenaga  sebesar 68PS di rpm 6000-an membuatnya dapat meraih top speed hingga 175km/jam dengan muatan penuh di jalan tol. Anda yang memandang kecil mobil ini akan sedikit terkejut dengan kemampuan tarikannya yang enteng diputaran mesin menengah ke atas. Top speed tersebut bisa diraih berkat final gear ratio 4,105 yang lebih kecil dari Karimun Wagon R 4,388. Sehingga “nafas” dikecepatan tinggi dapat lebih panjang dibandingkan karimun Wagon R.

Bagaimana dengan torsi yang dihasilkannya? Torsi sebesar 90Nm dihasilkan mesin karimun ini pada putaran 3500 rpm, torsi yang sebenarnya cukup untuk kendaran berjenis city car tapi sayangnya torsi sebesar itu baru dihasilkan pada rpm cukup tinggi. Anda tidak perlu khawatir dengan kemampuan torsi 90Nm, serius, angka segitu sudah cukup kuat untuk menjalankan Suzuki Karimun Estilo di tanjakan, saya sudah membuktikannya di tanjakan Nagrek, Jawa Barat dengan muatan penuh(kalo boleh di sebut overload. 4 dewasa, 2 balita, dengan bagasi penuh sesak) tidak ada kendala sama sekali asalkan anda tahu caranya.

Karakter Suzuki Karimun

Tarikan enteng Suzuki Karimun Estilo dan Wagon R

Bagaimana jika Suzuki karimun tidak kuat nanjak di tanjakan curam? Tekniknya adalah dengan menjaga putaran mesin Suzuki karimun estilo anda agar tetap berada di atas 2000 rpm, anda akan kepayahan jika menjalankan Suzuki Karimun dengan putaran mesin rendah di tanjakan, jadi sebisa mungkin jangan pernah berhenti di tanjakan curam dengan Suzuki Karimun. Kalau pun terpakasa maka cara paling ampuh adalah dengan mematikan AC mobil Suzuki Karimun anda(AC mereduksi tenaga hingga 8dk untuk menggerakan kompresornya), jika itu masih belum kuat maka injak gas hingga mesin meraung di atas 2000rpm kemudian lepas kopling perlahan. Berbagai macam tanjakan curam di Jawa Barat, Jogja, Jawa Timur atau mungkin parkiran mall sudah pernah saya lalui asalkan tadi, menjaga putaran mesin di putaran tinggi. Kalau masih belum berhasil kemunkinan kampas kopling Karimun anda yang sudah mulai tipis atau kondisi mesin karimun sedang dalam kondisi  yang “kurang sehat”.

Satu lagi sedikit keluhan jika anda baru saja memiliki mobil ini, yaitu suara mesin 3 silindernya yang agak kasar, jumlah silinder ganjil menyebabkan mesin lebih bergetar dan berisik dibandingkan mesin 4 silinder, karena ketidak seimbangan ketika 2 piston naik dan yang turun hanya 1 piston, berbeda dengan mesin 4 silinder yang imbang(2 turun, 2 naik). Namun anda akan terbiasa jika sudah lama mengendarainya, atau anda dapat menambahkan peredam pada firewall dan lantai mobil Suzuki karimun Estilo anda.

Topik: Mesin | Tagged , kelebihan dan kekurangan suzuki karimun estilo 2007, mesin karimun estilo, kekurangan suzuki karimun estilo, mesin karimun, kelemahan suzuki karimun estilo 2007.

40 comments
  • Jasa Permana
    September 14, 2016

    mas mun mau tanya nih,kalo Kopling set Karlo 2010 sama kopling set karlo 2007-2008 sama ngga ya…??
    Thanks Sebelum dan sesudah nya…..


    • MasMun
      September 27, 2016

      Kalau dari kode part-nya beda mas, tapi kalau dari bentuknya mirip.


  • Suffi
    September 4, 2016

    Mas mun mau nanya… Saya baru ngambil karimun estilo 2010, apa memang karakter mesinnya beda dengan avanza ya mas… Soalnya saya bandingkan dengan jarak tempuh yang sama mesin karimun kenapa jauh lebih cepat panas dibanding avanza…??


    • MasMun
      September 4, 2016

      Halo pak/bu Suffi sudah jadi ambil Suzuki karimun ya? Mengenai karakter dari segi panas mesin, sebenarnya panas atau nggak itu relatif pak/bu dan kalau yang jadi patokan adalah tangan kita maka hasilnya sangat subjektif. Ketika mesin baru saja hidup sebenarnya sirkulasi cairan pendingin mesin malah otomatis ditutup oleh thermostat loh, tujuannya justru supaya mesin cepat panas sehingga mencapai suhu optimal.

      Kalau mesin sudah mencapai suhu/panas yang optimal maka konsumsi bahan bakar akan lebih irit, nah masalahnya suhu optimal itu mungkin bagi tangan kita terlalu panas tapi sebetulnya normal. Bagaimana tau normal atau tidaknya? Selama indikator panas mesin tidak menyala berarti suhu mesin normal.


      • Suffi
        September 4, 2016

        Eh mas mun masih inget aja… Iya mas… Jadi saya ambil… Sama mau nanya lagi ni mas… Jadi sepanjang indikator ga hidup itu aman2 aja ya mas… Trus mau nanya lg ni mas… Kalo sebelumnya orang yg punya pake oli sae 10W saya ganti ke standardnya sae 5W masalah ga mas…


        • MasMun
          September 6, 2016

          Nggak masalah pak/bu, tapi sebaiknya pakai oil flush dulu sebelum dimasukin oli mesin yang baru. Cairan oil flush berfungsi untuk menghilangkan sisa oli lama yang ada di dalam mesin dan jangan lupa setiap ganti oli ganti juga filternya.


  • gerald
    August 27, 2016

    Mas mun maaf tanya lagi semoga tdk bosan ya hehe . Mas mun jadi gini kemarin saya lagi di jalan saya lihat mobil sx4 org lain waktu jalan keluarin air banyak dan cepat banget kayak keran air tapi mesinnya gak mati . Kira kira mas mun bisa kasih tau gak masalahnya apa soalnya saya penasaran masa knalpot bisa keluar air banyak banget . Thx mas


    • MasMun
      August 29, 2016

      Kalau air keluarnya dari knalpot biasanya embun, tapi itu biasanya hanya ketika baru awal-awal mesin hidup. Kalau netes terus dari bagian sekitar bawah dinding firewall itu air buangan AC. Diluar kedua cairan tersebut, harusnya nggak ada yang keluar dari bawah mobil.


  • nufus
    August 7, 2016

    Mas mun ane baru pake estilo 2011, getarannya sblh kiri terasa banget. Apakah engine mounting-nya udah aus ya? Gmna cara liat secara fisiknya.. kilometer uda 39000.


    • MasMun
      August 12, 2016

      Bisa jadi mas, kalau dicek langsung nanti bisa keliatan kalau posisi blok mesinnya sudah agak turun.


  • abi dody
    July 30, 2016

    Masmun..sy punya karlo 2007 4 silinder. Kmren mendadak overheat..dan skrg hrs pake ac klo mau g overheat. Pas sy denger2 lg klo mesin nyala dan tanpa ac biasanya ada bunyi klick dan kipas mutar sendiri scr otomatis. Tp skrg tidak ada lg. Apakah mesin panas gara2 kipas otomatisnya atau apa? Krn klo ac dinyalain kipas muter. Tolong mas mun…ini emergency sekali


    • MasMun
      July 30, 2016

      Kalau seperti itu gejalanya kipas radiator mobil tidak bermasalah tapi komponen yg meng-triger untuk kipas dapat otomatis hidup yang bermasalah. Coba di cek sekring dan relaynya terlebih dahulu, letaknya dibagian kanan ruang mesin(letak koktak sekring Karimun Estilo). Sekringnya 30 ampere detailnya ada digambar tentang kotak sekring, untuk relay ada di kotak yang sama dibagian pojok paling kanan.

      Kalau keduanya nggak ada masalah berarti ECT(engine coolant temperature) sensor-nya yang bermasalah.


  • Detyo estillo
    July 23, 2016

    Mas mun mau tanya nih,kebetulan saya dikasih saudara oli lumayan merk bagus namun vicosity 10_40,karlo saya tahun 2012 apakah dengan pemakaian viscositu tersebut aman unztuk mesin karlo saya,sejauh ini saya rasakan mesin kok lebih halus dan lebih terasa irit dibanding saya pake oli yg biasanya..5w-30


    • MasMun
      July 25, 2016

      Kalau lebih halus iya tapi kalau lebih irit saya tidak yakin. Sebaiknya tetap pakai yg 5W-30 seperti anjuran pabrik mas Detyo.


  • Andi
    June 16, 2016

    Misi om mumun…
    Saya pake karlo 2007, krn mesin krg enak trus sy bawa ke bengkel utk stel klep,akhirnya sama bengkel d stel kerapatan klep 0.2mm, akhirnya suara nglitik ( kasar ). Trs sy bw ke bengkel lg saya suruh ngrapetin jd 0.15mm suara agak halus tp belum tes keiritannya..
    Yang mau sy tanyakan.berpa ukuran kerapatan klep yg ideal utk karimun estilo 4 silinder ? Dan apa efeknya ke mesin apabila setelan klep terlalu rapat dan apa efeknya kalo terlalu renggang ?
    Matursuwun


    • MasMun
      June 24, 2016

      Ketika mesin dingin ukuran celah klep mesin Suzuki Karimun Estilo 4 silinder: 0.13-0.17 mm(intake & exhasut).


  • Arifin
    June 15, 2016

    Mlm bang mun mau nanya bisa cc in harga sperpart karimun estilo 2007 dari kampas rem kopling dll yang sering musti di ganti ada niat cari karimun soale bang makasih


    • MasMun
      June 16, 2016

      Di periksa dulu saja dibengkel apa yang sekiranya sudah perlu diganti.


  • Abdul Kholiq Anwar
    April 7, 2016

    MasMun kira2 berapa biaya untuk perbaikan overhaul gearbox tersebut.


    • MasMun
      April 9, 2016

      Wah saya nggak hafal tarifnya pak, coba hubungi bengkel resmi Suzuki saja minta info biayanya.


  • Abdul Kholiq Anwar
    April 4, 2016

    Numpang nanya Mas Mun
    Saya baru beli karlo 2011 saat transmisi pindah ke gigi 3 terdengar suara ” krek ” dan hanya pada posisi gigi 3 itu kenapa ya.
    Makasih infonya.


    • MasMun
      April 6, 2016

      Bunyi krek indikasinya ada sisa putaran pas gigi di masukkan. Kalau kasusnya cuma di gigi 3, berarti ada problem di mekanisme gigi 3. Harus di cek keausan ring sinchronize-nya, hub set high gear dan gear gigi 3-nya. Dnm itu hanya bisa dilakukan kalau overhaul transmisi/gear box.


  • Wahyu
    March 23, 2016

    Mas mun ..maaf ganggu lg nih. Semoga ga bosen jwb pertanyaan saya. Karlo saya kmren ada masalah di rpm mesin nya agak ngaco…seperti ngayun naik turun sendiri. Trus saya bawa ke bengkel untuk d tune up termasuk bersihin busi dan semprot injector cleaner. Saya bawa pulang rpm memang udah enak ga nyendal2 lagi. Tapi yg jadi pertanyaan sekarang,udah beberapa hari ini kalau pagi saya panasin rpm ga “meraung” seperti biasanya, rpm naik dlu trus perlahan turun idle. Itu kenapa ya mas? Apakah normal? Trm ksih


    • MasMun
      March 24, 2016

      Throttle body City Car Suzuki Karimun
      Kemarin throttle body-nya di bongkar juga nggak atau cuman di semprot saja? Kalau dalam kondisi mesin dingin rpm tidak naik kemungkinan IAC-nya tidak bekerja.


      • wahyu
        March 26, 2016

        iya mas kemarin ikut di bongkar. kalau IAC itu apa ya mas? cara setting nya apakah perlu ke bengkel atau bisa di seting manual sendiri. Mohon pencerahannya.


        • MasMun
          March 28, 2016

          IAC nggak bisa diseting, bawa kebengkel lagi aja mas minta dicek bagian itu sudah terpasang benar atau malah sudah tidak bekerja.


  • Oka
    November 2, 2015

    MasMun,

    istri saya pakai karlo2011, belakangan sering mati sendiri saat lepas kopling dengan Ac on. Saya coba sendiri ternyata rpm kadang turun dulu mencapai 500 sebelum kemudian naik… Kadang langsung naik setelah gas ditekan.Kadang lansung turun dan mati. Saya selalu service di bengkel resmi, injectornya sdh dibongkar dan dibersihkan. Tetapi kambuh lagi…BBM yg saya pakai premium 2x full tank diselingi pertamax 1x full tank. kira2 masalahnya apa ya mas…karena sekarang istri ga berani pakai AC..kacian kepanasan…


    • MasMun
      November 9, 2015

      Tekniknya harus langsung dibarengi dengan injek pedal gas mas Oka ketika lepas pedal kopling. Solusinya bisa juga minta bengkel setel RPM iddle/stasioner mesin ke 900rpm. Oh iya AC-nya normal kan dinginnya dan nggak ada bunyi berisik ketika AC dinyalakan?


  • bpk fito
    October 9, 2015

    Pak kenapa mobil saya suzuki splash thn 2010 kalau di ditanjakan gigi dua kok tarikannya lemah tenaganya kempes kayaknya, sama kalau jalan kena lobang sedikit suaranya glodakan terus lewat dijan kerikil gemuruh suaranya, apa yg harus dicek atau diganti. Trimsk


    • MasMun
      October 10, 2015

      Halo pak Fito, untuk menganalisa kerusakan pada mobil secara mendatail kami perlu melihat dan mencobanya secara langsung. Berdasar keluhan pak Fito bisa ada banyak sekali kemungkinan penyebabnya, misalkan kurang tenaga pada saat menanjak bisa karena pembakaran di mesin yang tidak sempurna bisa karena saringan udara kotor atau busi yg sudah tidak bagus, bisa kampas kopling atau mungkin hanya setelan kopling atau bahkan ada kerusakan di mesin.

      Banyak penyebabnya, saran kami sebaiknya dibawa langsung saja ke Bengkel Resmi untuk di konsultasikan terlebih dahulu pak Fito.

      Terimkasih.


  • Yudi
    July 11, 2015

    Permisi Mas Mun, mo minta pencerahan lg nih, Moga gak bosan. Kl NKE km dah 85 kampas kopling dah waktunya ganti belum? Untuk info mobil banyak saya pakai dalam kota, rata2 130 km per hari, maklum sawah jauh dr rumah… mohon pencerahanya mas Mun.


      • Idha
        September 4, 2016

        Met pagi mas mun, mau nanya klu bunyi2 pas mobilnya jalan di kolong kursi depan sopir


        • MasMun
          September 4, 2016

          Di kolong kursi depan supir tidak ada mekanisme yang bergerak bu, mungkin suaranya dari roda depan kanan? Coba cek tekanan anginnya apa kurang, kalau terdengar ketika melaju dikecepatan 50-60 km/jam kemungkinan dari roda-nya.


  • Yudi
    July 8, 2015

    permisi para suhu sekalian, mohon pencerahan. saya memakai NKE Th 2012, akhir² ini mesin terasa baget getarnya, sehingga d awal angkatan gas n kopling musti pas, kl g mesin jd mo mati spt angkatan pakai gigi 3. kira² knp n apa yg musti d ganti. maturnuwun sblmnya untuk pencerahanya…


    • MasMun
      July 9, 2015

      Coba di bawa service berkala dulu Mas Yudi, kemungkinan busi atau saringan udaranya sdh perlu ganti. Kalau habis service masih berat, ada kemungkinan koplingnya.


  • obet
    July 3, 2015

    om info karimunnya bagus nih, saya pemakai karimun kotak,beberapa kali pake karimun estilo nah,itu mesin emang bunyinya kasar ya reeer…reeer (kayak mesin jahit)hehehe kalo kita injek gasnya…maaf ya om pemakai estilo..ato estilo yg saya pake mesinnya jelek? tapi dari odometer seh belom banyak jalan dan oli mesin baru ganti masih bening.
    tapi untuk jalan emang enak tarikannya dibanding karimun kotak,suaranya aja yg lebih kasar..thanks


    • MasMun
      July 4, 2015

      Sebelumnya saya juga familier dng mesin 4 silinder, pas awal pake Karimun Estilo kaget. Pertama kaget tarikannya enteng bgt, kedua kaget pas gigi 2 digeber kok suaranya kayak mesin mobil drag. Ngungg… Tapi kalau stasioner/langsam justru nggak terlalu terdengar suara kasarnya kok, kedengeran jelasnya pas waktu diatas rpm 3000.


  • Herdy V
    May 10, 2015

    Met pagi mas mumun…, saya herdy dr jambi . saya mau nanya , karimun saya thn 2012 kmnya 50 rban .. apakah perlu ganti kopling ? soalnya saya rencana mau melakukan perjalanan jauh kira2 900km .. jambi _jakarta.makasih


    • MasMun
      May 11, 2015

      Halo Om Herdy menurut saya untuk pemakaian normal(tidak macet parah seperti Jakarta) Kilometer 50ribuan belum perlu ganti Kopling. Sebaiknya cek kopling dengan cara sederhana, ketika berhenti dan mesin menyala masukan presneling ke gigi 1, lepas kaki kiri perlahan dari pedal kopling dan kaki kanan menginjak pedal rem dalam-dalam. Jika mesin langsung mati maka kampas kopling masih tebal(bagus), jika tidak langsung mati bisa dipastikan kampas sudah mulai tipis.

      Silahkan di coba :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+