Mengenal Suspensi Belakang Karimun Estilo

22
Suspensi Belakang Karimun Estilo

Suspensi Belakang Karimun Estilo Dengan Shock absorber Tipe Gas.

Suspensi belakang Suzuki Karimun Estilo  pada spesifikasi tertulis: Coil spring, Gas filled shock absorber with 3-link rigid axle and isolated trailling arm. Nah lo apaan tuh? Hehe, initnya suspensi belakang menggunakan pegas atau per spiral dengan sokbeker/shock absorber yang berisikan gas bukan cairan, wajar jika melewati jalan rusak karimun Estilo berbunyi jes jes jes, seperti suara ban bocor (Note: Struktur suspensi yang sama persis juga digunakan pada Karimun Wagon R).

Stopper Karimun Estilo

Struktur Suspensi Belakang Karimun Estilo Tampak Samping

Nah kalau isolated trailling arm dan rigid axle tuh apa donk? Trailling arm sesuai namanya dia berfungsi sebagai lengan yang memungkinkan mengayun-nya as roda belakang, gerakan  yang memungkinkan di sini adalah gerekan vertikal naik dan turun dan ditahan oleh per spiral. Semakin keras per maka daya untuk menekannya semakin besar, alias bantingannya kurang lembut jika melewati jalan rusak apalagi jika mobil hanya diisi 1 orang. Tapi kalo per semakin empuk, maka mobil akan terasa limbung jika menikung pada kecepatan tinggi selain itu as roda mudah terkena dengan stoper. Apa itu stopper? Stopper berbentuk karet untuk menahan jika jarak main(naik-turun) as roda sudah melewati jarak aman, sehingga as roda tidak mentok dengan sasis  mobil tapi ditahan oleh stopper ini. Kalau as roda sudah menyentuh stoper artinya tidak ada jarak main lagi pada suspensi. Hal yang memungkinkan ini terjadi adalah:

  • Beban kendaraan yang terlalu berat
  • Melewati jalan rusak atau bergelombang dengan muatan yang  penuh
As roda belakang

Solid Axle – As roda yang saling terhubung

Rigid Axle atau Solid Axle adalah as roda belakang karimun estilo saling terhubung. Sistem ini jamak ditemui pada mobil sejak periode 80-an, dari Starlet, Forsa, dan Corolla. Jadi tidak indpenden, jika salah satu sisi roda belakang naik/turun akan berpengaruh pada roda di sisi lainnya. Keuntungan suspensi belakang dengan tipe ini adalah kesederhanaan, sehingga minim perawatan. Kekurangannya adalah di kenyamanan dan pada kecepatan tinggi.

Lateral Rod Suspensi Belakang

Lateral Rod Suspensi Belakang Mencegah Gerakan Menyamping

Satu lagi pada suspensi belakang karimun estilo ada batang besi miring yang disebut dengan Lateral Rod atau Panhard Rod. Fungsinya adalah sebagai penahan agar as roda tidak bergerak ke kiri dan kanan. Karena suspensi dirancang hanya untuk bergerak naik-turun, maka Panhard rod ini yang menahan agar tidak bergerak ke kiri-kanan, sedangkan trailling arm juga berfungsi untuk menahan gerakan maju-mundur. Sebenarnya secara mekanis tugas trailling arm cukup berat, selain memungkinkan suspensi belakang naik turun, juga menahan agar as roda belakang tidak bergerak maju-mundur, pada mobil dengan gerak roda belakang trailling arm berfungsi sebagai pendorong antara gardan dan sasis kendaraan sehingga putaran dari roda dapat menggerakkan mobil. Karena Karimun Estilo berpenggerak roda depan maka trailling arm Karimun tidak menjalankan tugas terkahir tersebut sehingga tidak diperlukan trailling arm yang sangat kuat.

The track bar or Panhard bar is a simple device, consisting of a rigid bar running sideways in the same plane as the axle, connecting one end of the axle to the car body or chassis on the opposite side of the vehicle.

As Trailing Arm Sasis Karimun Estilo

As Trailling Arm Menempel Pada Sasis Karimun

Karakter suspensi belakang Karimun Estilo cukup empuk bahkan terlalu empuk, perhatikan ketika parkir bagian belakang terlihat nungging namun ketika diisi 2 orang maka langsung ambles. Mungkin Suzuki men-set suspensi dengan karakter tersebut  karena body belakang Karimun Estilo yang sangat enteng, bobot kendaraan yang hanya 850kg itu terpusat di roda depan ketika tanpa penumpang. Jika suspensi belakang yang minim tekanan menggunakan suspensi keras akan sangat tidak nyaman. Mas_Mun sendiri merasakan redaman suspensi belakang Suzuki Karimun Estilo terasa mantap justru ketika membawa 2 Galon air mineral di bagasi atau ketika ada penumpang di kursi belakang.

Topik: Roda | Tagged , , , stopper mobil, stopper shock mobil, suspensi karimun estilo, stopper per mobil, sistem penggerak karimun kotak.

22 comments
  • Franz cristian
    July 9, 2016

    Mau tanya mas,panjang shock karimun kotak maximalnya brp cm ya ?


    • MasMun
      July 16, 2016

      Maaf saya nggak hafal detailnya mas. :(


  • goes nick
    May 26, 2016

    Mas sy pegang karimun estilo 2007.knapa ya suspensi depan agak tdk nyaman ?apakah sy perlu ganti shockbreakernya ?


  • irawan
    May 3, 2016

    MasMun,

    Apakah Shockreker karimun estilo bisa digunakan di karimun wagon R, saya mau ganti depan belakang karena terlalu limbung akibat jalan tidak rata dan bergelombang (dibalikpapan banyak yang bergelombang). Renacana mau pake kayaba excel-g untuk karimun estilo/kotak.


    • MasMun
      May 10, 2016

      Halo mas Irawan kebetulan sy belum pernah coba untuk subtitusi shockbreaker Wagon R ke Estilo atau sebaliknya, tapi untuk shock belakangnya kemungkinan besar sih bisa. Tapi yang jelas kalau untuk subtitusi dengan milik Karimun Kotak perlu dimodifikasi(bubut) karena lebih panjang.


  • ayup
    March 28, 2016

    Mas Mun mau tanya untuk shockbreaker belakang karimun estilo 2007,kan bisa diganti merk Kayaba Excel G dan Kayaba Ultra. Boleh di share seri yang mana mas? Terima kasih


    • MasMun
      March 30, 2016

      Saya nggak hafal seri-nya mas Ayup, bilang saja ke yang jual merek mobilnya.


  • Aab Abdullah
    January 5, 2016

    Mas mumun Karlo saya th 2008, saya pengen tanya..kenapa ya kalau dijalan yang tidak mulus,karlo saya ada bunyi gluduk – gluduk …? mksh …


    • MasMun
      January 6, 2016

      Biasanya muncul di sekitar roda depan bisa bushing racksteer yg aus, kaliper rem yg kendor, atau karet suport shockbreaker depan.


  • MUHAMAD YUSUF
    July 8, 2015

    Mas mau tanya..saya baru pegang karimun estilo tahun 2009, kemarin pas ganti oli di kasih tahu soft breaker depan sudah bocor. Mohon saran merk apa dan berapa harganya untuk spare part tersebut. Terima kasih.


    • MasMun
      July 9, 2015

      Halo mas Muhamad. Shockbreaker depan Karimun Estilo yang orisinal(SGP) adalah tipe gas harganya Rp 730.000. Untuk merek aftermarket atau yang non-ori bisa coba merek Kayaba dan harganya bisa lebih murah.


  • Wiwid
    June 20, 2015

    Om MasMun, gimana membedakan apakah per/SA belakang mumun yg sudah lemah dan harus ganti? Karet stopper kemakan, di tikungan agak terasa limbung, diisi 2 org dewasa di belakang cukup ambles.

    Trims.


    • MasMun
      June 22, 2015

      Taunya karet stopper rusak apa sudah diintip mas Wiwid? Kalau per lebih awet, biasanya yang kena duluan adalah Shockbrekernya. Kalau mau ganti yang agak keras bisa pilih merek Kayaba dan harganya juga lebih murah dr yg Ori.


  • Iffan
    June 11, 2015

    Mas, mau tanya.. ketika kondisi jalan jelek, atau ketika kondisi mobil sedang direm/dikurangi kecepatannya, dari arah ban belakang kanan kok bunyi semacam ketukan ya?.. tuk..tuk..tuk… tapi kalau melaju jalan mulus dengan kecepatan suara itu hilang… tapi kalau direm bunti ketukan tapi tidak berirama… dari arah ban belakang kanan mas… sudah saya perbaiki ke bengkel resmi suzuki tapi tetep aja ada bunyi itu… bisa kasih pencerahan mas? makasih


    • MasMun
      June 12, 2015

      Halo om Iffan, waktu di bengkel resmi rem belakangnya di bongkar nggak? Bunyi tuk..tuk..tuk terdengar jelas dari posisi pengemudi?


  • alfando
    May 25, 2015

    Mau tanya mas, karimun estilo saya ko bantingannya keras yah. Ketika lewat lubang mobil tidak meredam malah seperti membanting. Apa itu dari shock apa dari per ya? Terima kasih


    • MasMun
      May 25, 2015

      Kemungkinan besar Shock-nya itu Om Alfando.


  • Andra
    April 17, 2015

    Mas Mun, boleh tau kira-kira berapa harga sokbreker belakang sepasang untuk merk kayaba ataupun yang lainnya?

    Thanks


    • MasMun
      April 20, 2015

      Sokbreker belakang Karimun Estilo bisa pakai Kayaba Excel G sekitar 500-600ribuan, Kayaba Ultra sekitar 400ribu Om.


  • Andra
    April 6, 2015

    Mas Mun tanya dong, sok kanan belakang Karimun Estilo 2009 saya sepertinya sudah mati karena bila kena polisi tidur kesannya seperti mentok. Beda dengan kiri belakang.
    Benar mati kah sok saya?
    Apabila ganti apakah bisa sebelah kanan aja atau harus sepasang?
    Mohon rekomendasi merek dan harganya ya.

    Satu lagi, ketika jalan dan kena jalan bergelombang/lobang suka bunyi krekek krekek dari kanan belakang tersebut. Apakah karena sok nya atau ada karet2 yang kendor ya?

    Thanks


    • MasMun
      April 12, 2015

      Bisa jadi shockbreakernya mas. Sebaiknya ganti shock sekaligus sepasang. Merek shocbreaker aftermarket yang bagus bisa coba merek Kayaba lebih murah daripada ori bawaan Suzuki.

      Untuk suara krekk-krekk, langkah pertama saran saya coba di cuci steam dulu Karimun Estilo-nya mas Andra, pastikan bagian Per spiral belakang dan as lengan ayun(trailing arm) benar-benar bersih, cek juga kondisi shock breaker belakang dengan mengayunkan mobil caranya dng duduk dibagasi belakang apakah muncul bunyi-bunyian, jika muncul bunyi jess,,, itu wajar karena shockbreaker asli karimun estilo bertipe gas.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+