Menghitamkan Pilar Kaca Karimun Estilo

2

Pilar kaca berwarna hitam sudah biasa pada jenis mobil sedan, tujuan pastinya apa Mas_Mun juga nggak tau tapi yang jelas mobil jadi terlihat lebih elegan apalagi jika kaca film yang digunakan juga berwarna gelap, cocok jadinya. Mobil sedan di Indonesia pun juga demikian tampak lebih elegan dengan pilar berwarna hitam, contohnya Honda All New Civic , Corolla Altis terbaru, atau yang kategori bukan sedan seperti Honda All New Jazz pilarnya pun sudah berwarna hitam.

Pilar Honda Jazz Warna Hitam

Pilar Honda Jazz, Civic dan Corolla Altis Berwarna Hitam

Begitu pula dengan pilar kaca Suzuki Karimun Estilo yang di tanah kelahirannya sana, India, juga sudah berwarna hitam dari pabriknya, layakanya milik Honda Jazz, tapi sayangnya lagi-lagi jurus downgrade Suzuki Indomobil dilakukan untuk bagian ini sehingga warna pilar kaca Karimun Estilo di Indonesia cukup sewarna dengan warna bodynya, miris. Terinspirasi oleh Suzuki Karimun estilo di India kenapa gak iseng-iseng coba menghitamkan bagian ini? Yah walaupun mobil kecil, berharap bisa tampil sedikit elegan mosok gak boleh. :D

Putar otak, cari-cari jalan keluar diantaranya adalah menggunakan plasti dip, yaitu cat semprot yang kalau kita sudah bosan bisa kita keletek tanpa merusak warna body aslinya. Solusi lainnya dengan stiker. Pilihan menggunakan stiker akhirnya dipilih karena lebih simpel dan murah. Tanya-tanya ke tempat cutting stiker, ternyata bahan stiker yang bagus bernama Oracal berwarna hitam dof harganya Rp 100.000 per meter, wuih mahal juga. Tenang aja, ternyata yang dibutuhin cuman 20cm, kok dikit banget? Karena lebar 1 rol stiker ini cukup panjang mencapai 120cm dan karena pilar yang ingin kita lapisi stiker ini memang permukaannya tidak luas alias sempit. Jadinya untuk menebus 20cm stiker dof Oracal cukup ditukar dengan selembar uang dua puluh ribuan. :D

Harga Stiker Oracal Hitam Dof

Harga Stiker Oracal Hitam Dof Seratus Ribu Per Meter

Untuk pengerjaan menempel stiker Oracal pada body mobil sebaiknya diserahkan kepada ahlinya, namun kalau ingin belajar bisa dicoba sendiri untuk menempel Oracal ke pilar kaca Karimun Estilo. Peralatan-peralatan yang dibutuhkan:

  • Pisau cutter
  • Gunting
  • Sparyer berisi air sabun
  • tisu
Pilar Kaca Karimun Estilo Oracal Hitam

Pilar Kaca Karimun Estilo Dilapisi Oracal Hitam

Cara menempel stiker Oracal ke body mobil sebenarnya sih gampang, berikut langkah-langkahnya:

  1. Gunting bahan stiker mendekati ukuran bidang yang ikin kita lapisi
  2. Semprot menggunakan air sabun bagian body mobil yang ingin kita tempel(pilar kaca), tujuannya adalah supaya bisa kita geser ketika posisi stiker tidak pas.
  3. Gunakan tisu untuk merekatkan stiker dengan sempurna, yaitu untuk mengeluarkan gelembung udara dan cairan sabun.
  4. Setelah posisi pas dan stiker menempel dengan body, potong bagian sisi yang tidak rapih. Yang menjadi patokan untuk bagian pilar kaca adalah celah antara pilar dengan karet kaca potong stiker mengikuti alur itu, untuk bagian celah antara pilar pintu depan dan belakang lebihkan sedikit potongan agar stiker bisa dilipat dan ditempel ke sisi sebaliknya.
  5. Kalau sudah oke biarkan sehariaan agar sisa cairan sabun di balik stiker mengering.
Body Suzuki Karimun Estilo Stiker Oracal

Body Suzuki Karimun Estilo Sesudah Menggunakan Stiker Oracal

Selamat mencoba. :D

 

Topik: Body | Tagged , karet pintu mobil jazz yang di kaca, gambar suzuki estilo 2010 coklat, stiker karimun, modif stiker karimun estilo, pintu warna hitam dip.

2 comments
  • arf
    April 20, 2016

    g pake heat gun atau hairdriyer dan pemanas lainnya ya mas_mun?


    • MasMun
      April 20, 2016

      Nggak mas Arif, cuman pakai korek gas aja. Untuk manasin stiker yg didaerah tekukan biar lentur waktu pemasangan. Dipanasin 1-2 detik pakai api korek.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+