Pengganti Foglamp Suzuki Karimun Estilo

7
Foglamp Suzuki Karimun Estilo

Sekilas Seperti Foglamp Suzuki Karimun Estilo SGA

Ketika di-launching Suzuki Karimun Estilo belum dilengkapi foglamp atau lampu kabut, karena Suzuki hanya memasarkannya dalam satu tipe standard tanpa aksesoris apapun. Dalam perjalanannya Suzuki secara resmi melaunching aksesoris resmi yang dilabeli SGA, yaitu Suzuki Genuine Accessories dan lampu kabut menjadi salah satu item produk SGA tersebut.  Kemudian di dealer juga ditawarkan unit Suzuki Karimun Estilo yang sudah full dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris tersebut dari side skirt, spoiler, foglamp dan side body moulding tentunya dengan harga lebih mahal. Sedangkan FogLamp Suzuki Karimun Estilo sendiri dulu dijual dengan harga 800 ribuan lengkap dengan kabel, relay, dudukan foglamp dan tombol sakelar. Sekarang untuk pembelian foglamp di bengkel resmi sendiri harus inden lama terlebih dahulu terutama untuk di wilayah selain ibu kota.

Nah karena untuk mendapatkan lampu kabut Karimun Estilo pakai inden lama segala belum lagi harganya yang diatas rata-rata lampu kabut original Toyota, solusinya bisa memanfaatkan reflektor yang ditempelkan pada bumper depan tempat lampu itu biasa berada. Reflektor bisa pake apa aja, tadinya mau pakai reflektor belakang punya Avanza Veloz tapi kebetulan Mas_Mun nemuin reflektor yang cocok di Ace Hardware, produknya buatan Korea terdapat pilihan warna merah, kuning dan putih, harganya cuman Rp 60.000-an. Setelah Mas_Mun pasang yang warna putih pada New Karimun Estilo sekilas bisa menyerupai foglamp terutama pada malam hari karena dapat memantulkan cahaya lampu dari depan, lumayan dari pada tampil polos, hehe. :D

Reflektor Lampu Kabut Karimun Estilo

Reflektor Pengganti Lampu Kabut Karimun Estilo

Cara pasang reflektor pengganti lampu kabut Karimun Estilo:

  1. Bolongi dudukan lampu kabut di bumper Karimun Estilo yang berbentuk bulat, lubangi dengan pisau cutter. Buat ukuran lubang lebih kecil dari pada diameter reflektor, lubangi sekitar 1 cm lebih kecil dari diamter reflektor gunanya untuk lem agar permukaan reflektor dapat menempel dengan bumper.
  2. Kasari bagian bumper yang ingin di lem dengan reflektor agar lem menempel sempurna, bisa pakai lem besi Dextone yang bahannya campuran hitam-putih. Berikan lem dengan bentuk membulat pada reflektor cukup di sisi belakang bagian luar karena bagian tengahnya tidak akan menempel dengan bumper yang telah di bolongi.
  3. Tempel reflektor tadi, tahan beberapa menit dan diamkan. Diameter reflektor ini lebih kecil dari foglamp SGA Suzuki Karimun Estilo sehingga terlihat tidak terlalu besar.

Kenapa bumpernya harus dibolongi, bagaimana jika tidak dibolongi? Bentuk bulatan bumper pada bagian foglamp cembung ke depan sedangkan reflektornya rata jadi kalau tidak dibolongi tidak akan menempel sempurna, bisa saja sih pakai lem yang banyak kemudian ditempel tapi dari sisi samping jadi tidak terlihat rapih.

Selamat mencoba :D

Topik: Body | Tagged , , harga fog lamp karimun estilo, fog lamp karimun estilo, foglamp karimun estilo, cara pasang fog lamp karimun estilo, harga bumper karimun estilo.

7 comments
    • MasMun
      July 16, 2016

      Harga bkap mesin Suzuki Karimun 2012 Rp 2.137.000 dalam kondisi baru dan belum dicat. Kalau penyoknya tidak parah sebenarnya bisa diperbaiki di bengkel body repair tanpa perlu diganti.


  • Andra
    July 24, 2015

    Siang Mas, bemper depan ane agak sedikit mencelat keluar dari dudukannya karena pernah nyenggol. Gimana cara rapetinnya ya, karna saya teken2 dorong2 ga mw masuk. Apa harus bongkar smua dulu?
    Kalo bongkar smua, artinya saya sekalian ganti fog lamp kiri karna mati dan ada air ngambang gitu, sumbernya dari mana ya?
    Kalo sbelah kanan nyala normal dan ga ada airnya.

    Thanks


    • Andra
      July 31, 2015

      Mas Mun, pertanyaan saya yang ini belum di respon.

      Thanks


    • MasMun
      August 2, 2015

      Harus dilepas dulu bempernya itu Om Andra, karena pengaitnya(plastik) di dudukan body lepas.

      Foglamp kemasukan air mungkin dari celah dudukan bohlam yg ada dibagian belakang lampu, coba dilihat apa bohlamnya putus. Kalau sdh ganti bohlam dan rumah lampunya dikeringkan coba dikasih sealent(lem kaca) dicelah belakang foglamp.


  • Hendro
    June 30, 2015

    Salam kenal mas mun, nama saya hendro dari sidoarjo, 2 hari selalu beli karimun estilo 2010 ex wanita, kendaraan bagus, km 36.000, saat saya bawa ke kantor jaraknya kira2= 15 km dan jalan padat sekali, ternyata yg saya rasakan kopling terlalu dalam dan tenaga lemah| berat sekali terutama kalau habis berhenti dan mau jalan lagi dengan menggunakan gigi satu karena lalin padat. Sebelum kendaraan saya beli telah dicek oleh mekanik kopling dalam keadaan masih bagus, mesin kering, knalpot keluar air, namun menurut pemilik lama mobil tersebut sejak beli setahun lalu tidak pernah servis,mohon petunjuk dari maksimum apa penyebabnya ? Tolong dibalas


    • MasMun
      July 1, 2015

      Saran saya servie rutin sekalian ganti oli mesin, oli gearbox, busi dan saringan udara pak(jadwalnya seharusnya msh di 40.000km). Pak Hendro kalau boleh tau sebelumnya pernah pakai mobil apa? Karakter tenaga mesin ber-CC kecil seperti karimun memang tidak muncul diputaran bawah, jadi perlu digas sedikit samapai diatas 1000rpm baru lepas injakan koplingnya.

      Untuk kopling Karimun Estilo bisa disetel sendiri ketinggiannya jika mungkin dirasa terlalu dalam: Cara setel kopling Suzuki Karimun Estilo


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+