Suzuki Karimun Karimun Estilo Atau Wagon R

24
perbedaan-karimun-estilo-wagon-r

Antara karimun Estilo Atau Wagon R. Pilih mana?

Beberapa orang bimbang dalam memilih Suzuki Karimun Estilo atau Wagon R, apa saja perbedaan Suzuki Karimun Wagon R dengan Karimun Estilo? Jika dibandingkan dengan Estilo generasi awal 1100 cc 4 silinder cukup banyak perbedaannya, namun jika dibandingkan dengan New Karimun Estilo 3 silinder maka perbedaannya hanya mencakup body dan interior saja. Apa saja bedanya? Dan ingat harga bekas karimun Estilo(2011-2012) dan harga baru Wagon R yang masuk dalam program mobil murah Indonesia berselisih hingga 30 juta-an.

Beberapa hal diantaranya adalah:

  • Interior Karimun Estilo atau Wagon R

    Interior Suzuki  Karimun Wagon R dan Karimun Estilo memiliki perbedaan yang signifikan di bentuk dan warna. Untuk Dashbaord bentuknya jauh berbeda, shift knob, door trim, dan jok belakang. Dashboardnya  berubah total dari karimun Estilo, sekarang bagian ini didominasi warna hitam dan beige. Selain itu dashborad Wagon R lebih tinggi dan dan tampak lebih sederhana tanpa banyak lekukan, berbeda dengan dashboard Karimun Estilo.

    Perbandingan Dashboard Karimun Wagon-R  dan estilo

    Perbandingan Dashboard Karimun Wagon-R dan New Karimun Estilo

    Keunggulan Karimun Wagon R terdapat indikator petunjuk pindah gigi di panel speedometernya tujuan dari indikator ini adalah memandu pengendara agar mencapai cara mengemudi yang seefisien mungkin, cara kerjanya adalah indikator akan menunjukan tanda panah ke atas untuk pindah gigi ke posisi lebih tinggi dan panah ke bawah yang menandakan untuk menurunkan presneling ke posisi lebih rendah . Namun indikator ini tidak bisa terlalu di andalkan di jalan yang tidak datar(menanjak), indikator sederhana ini hanya bekerja berdasarkan putaran mesin sekitar 2000rpm, jika Suzuki  Karimun Wagon R melewati tanjakan terjal tentu tidak akan kuat naik jika harus mengoper gigi ke posisi lebih tinggi mengikuti petunjuk indikator ini. Kemudian tempat duduk, jok depan Wagon R serupa dengan Honda Brio, dibuat ramping dan meninggi hingga menyangga kepala, terasa lebih nyaman daripada jok New karimun Estilo.

    Interior Suzuki Karimun Estilo

    Interior Suzuki Karimun Estilo

    Interior Suzuki Karimun Wagon R

    Interior Suzuki Karimun Wagon R

    Jok belakang Wagon R belum dilengkapi head rest, bagi orang dewasa yang duduk di baris belakang terasa janggal karena sandaran jok hanya menyanggah hingga bagian tengah punggung, dari segi keamanan pun kursi tanpa headrest sangat berbahaya ketika terjadi pengereman mendadak. Volume kabin tentu lebih luas, karena bentuknya yang mengotak seperti generasi pertama ini sangat terasa di bagian atas dan ruang kaki penumpang yang cukup lega, namun bagasi lebih sempit karena posisi jok lebih mundur ke belakang di banding “kakaknya”, So bagasi karimun estilo lebih lega. Walaupun body-nya terlihat lebih besar, namun jika mencermati spesifikasinya lebar dan panjang kesuluruhan kedua karimun ini tidak berubah, kesan besar Wagon R muncul karena bentuk body yang lebih tinggi dan mengotak.

  • Fitur

    Lupakan fitur-fitur unggulan di Karimun Estilo seperti electric mirror, head lamp adjusment yang dapat mengatur ketinggian sorot lampu depan layaknya mobil eropa, power window di kaca belakang, head rest belakang, jok belakang yang dapat dilipat rata dan pemanas(siapa yang membutuhkan pemanas interior untuk kendaraan di Indonesia).
    Sebagai gantinya Suzuki menambahkan gear shift indicator untuk mengingatkan anda memindahk gigi(tentu bukan untuk di tanjakan dan turunan), tempat penyimpanan di bawah kursi penumpang depan, itupun hanya untuk tipe GX, Dilago dan GS. Pada Wagon R electric mirror hanya terdapat pada tipe GS.
    Speaker Suzuki Karimun Estilo hanya memiliki dua buah yang terletak di pintu belakang, sedangkan Wagon R terdapat empat buah namun hanya untuk tipe GX, Dilago dan GS. Untuk Imobilizer kedunya telah dilngkapi teknologi tersebut, inilah salah satu keunggulan product Suzuki di Indonesia, selain Karimun Ertiga, Swift dan Splash telah dilengkapi fitur keamanan mobil ini.

  • Exterior dan Mesin

    Pada body jelas berubah pada mesin tidak ada yang perubahan pada spesifikasinya, namun Suzuki meng-claim menseting ulang ECU pada mobil ini. Perubahan utama terasa pada transmisi, Final gear Wagon R lebih besar daripada new Karimun Estilo yang berarti Wagon R lebih ringan untuk jalan menanjak dan kondisi jalan Stop and Go seperti Jakarta. Bagaimana dengan “kakaknya”? Untuk jalan bebas hambatan nafas Karimun Estilo lebih panjang dan lebih irit untuk kecepatan tinggi karena putaran mesin tidak terlalu tinggi dengan final gear ratio yang lebih kecil. Namun harus diakui getaran mesin Suzuki Karimun Wagon R lebih minim daripada Estilo, walaupun menggunakn mesin 3 silinder yang sama namun Suzuki melakukan improvement dengan memberikan engine mounting yang lebih besar.

    Perbandingan transmisi Karimun

    Perbandingan transmisi Karimun. Atas – Estilo, Bawah – Wagon R.

    Dimensi Karimun Wagon R

    Data dimensi Karimun Wagon R

    Dimensi karimun Estilo

    Data dimensi karimun Estilo

     

  • Suspensi

    Untuk roda-roda terasa Wagon R sedikit lebih nyaman ketika melewati jalanan rusak, karena bentuk Arm-assy/lengan ayun suspensi bagian depan yang telah berbentuk segitiga serta telah menggunakan cross member pada sasis bagian depannya. Sedangkan lengan ayun suspensi depan Karimun Estilo hanya berbentuk batang lurus dengan satu dudukan ke chasisnya, bentuk seperti ini sudah diterapkan sejak zaman Suzuki Carry dan Karimun Kotak. Namun Karimun Estilo telah dilengkapi stabilizer pada roda depannya sedangkan “adiknya” tidak dilengkapi batang stabilizer.

Topik: Mobkas | Tagged , , kelebihan dan kekurangan karimun estilo, spesifikasi karimun estilo, spesifikasi suzuki estilo, spesifikasi suzuki karimun estilo, kelemahan suzuki karimun kotak.

24 comments
  • Sumarsono
    September 12, 2016

    Man Mun, selamat malam.
    Mhn info, barangkali ada informasi karlo di bandung spt yg di jogja ?
    Trmksh


    • MasMun
      September 13, 2016

      Selamat malam pak Sumarsono, email-nya valid kan pak? Biar kami info lewat email. Terima kasih.


  • Roy
    August 13, 2016

    Mau nanya om…saya punya wagon R 2015..mau saya coba naik ke bromo..apa kuat yah nanjaknya…dengan kondisi penumpang full 4 orang..thx


  • rizki
    July 20, 2016

    mas mumun saya mau tanya lebih baik beli estilo atau karimun kotak keluaran pertama ya. karna saya suka karimun kotak bagasi lebih luas dan kursi bisa di lipat sebelah untuk kursi blkngn mohon petunjuk mas heeee


    • MasMun
      July 21, 2016

      Pilih Karimun Estilo atau Karimun Kotak? Kalau mengutamakan akomodasi dan ukurannya yang lebih besar pilih karimun kotak. Kalau mengutamakan fitur, tenaga, lebih irit bbm pilih Karimun Estilo dengan konsekuensi ukuran kabin lebih terbatas.


  • irawan
    May 2, 2016

    Mas mumun, KWR type GA mau ganti shockbreker depan & belakang, karena terasa limbung akibat kontur jalan dikota saya (balikpapan) banyak yg bergelombang. Mohon info nya


    • MasMun
      May 10, 2016

      Sudah di jawab di post mengenai suspensi belakang ya mas Irawan.


  • Yoga
    January 27, 2016

    Mas mun,apa spare part wagon r bisa dipake di estilo?? Secara karlo udah gak diproduksi lg takutnya spare part gak diproduksi lg…trimakasih bang


    • MasMun
      February 5, 2016

      Beberapa, utamanya mesin banyak sama. Tapi saya nggak khawatir, Suzuki Katana yang sudah nggak diproduksi saja masih ada spare partnya sampai sekarang.


  • syamsul
    January 25, 2016

    mau nanya mas .. selain oli ,apa aja yang wajib rutin di ganti agar mesin karimun estilo awet? terimakasih


    • MasMun
      February 5, 2016

      Perlu dilakukan perawatan berkala atau service rutin mas Syamsul. Nanti ada komponen yang rutin diganti setiap jarak tempuh tertentu seperti oli, busi, air radiator, minyak rem, saringan udara dan lain-lain. Untuk lengkapnya sudah kami ulas di halaman berikut mas: Service Berkala mobil Suzuki.


  • jugil
    November 2, 2015

    Masmun sy punya karlo 2008 servis rutin saya ajak lari 100km. Rpm sentuh 3000 apakah masih wajar….atau ada masalah dimesin saya pernah pake avanza lari 100km rpm masih dikisaran 2500..trims


    • MasMun
      November 9, 2015

      Normal mas Jugil. Kalau dibandingkan dengan Avanza jels berbeda, kan CC mesinnya beda dan otomatis gear ratio-nya juga beda. Tapi Rpm segitu normal untuk dikecepatan 100km/jam.


  • Aldino
    September 24, 2015

    MasMun, saya baru saja punya karlo 2008. Minta advisenya kenapa konsumsi bensinnya cm mentok di 1:10km yah? Padahal busi, filter udara, fiĺter oli dan oli baru diganti. Tuneup jg sdh pakai injection cleaner. Thanks


    • MasMun
      September 26, 2015

      Asapnya ngebul nggak mas Aldino ketika di kendarai. Konsumsi bbm mobil kecil irit seperti Karimun Estilo sebenarnya bisa lebih dari angka tersebut, tapi juga tergantung kondisi mesin, lalulintas dan cara mengemudi.


  • abdurahim
    March 2, 2015

    gan ane mau tanya ada tips ga buat mengatasi drop nya putaran mesin new karimun estilo bila AC di on kan. mohon pencerahanya


    • MasMun
      March 6, 2015

      Mas di bagian ruang mesin ada yang namanya komponen Idle up. Komponen itu fungsinya untuk ‘membaca’ apakah kompresor AC sedang berfungis atau tidak. Ketika kompresor AC aktif akan mengkonsumsi tenaga mesin sehingga putarasn mesin jadi turun. Fungsi Idle Up itu untuk menaikan putaran mesin kembali ke posisi normal.

      Memang biasanya putaran mesin akan turun beberapa detik ketika kompresor AC aktif, tapi sehabis itu akan kembali naik. Nah mungkin komponen Idle Up di Karimun mas Abdurahim bermasalah. Monggo di cek kebengkel, bilang saja tolong dicek-kan bagian tersebut.

      Semoga membantu.


      • Toni Mulyono
        September 26, 2016

        Mas Mun yg baik,mau nanya saya pergi ke sukabumi dg new karimun estilo thn 2012,pas tanjakan tinggi sekali saya coba dengan gigi 2 tdk kuat,trs sy ulangi lg dengan gigi 1 tp RPM nya sdh mencapai diangka 6,apakah kejadian itu normal atau akan merusak mesin? tks atas pencerahannya…


        • MasMun
          September 26, 2016

          Biasanya itu tanjakan curam yang panjang mas, di jawa timur saya pernah juga ngalamin seperti itu. Mau masuk 2 msih terlalu terjal, tapi masuk 1 terlalu kuat dan itu normal mas, saran saya kalau kondisi gitu ditahan aja rpm-nya dibawah 4000 dengan gigi 1.


        • Toni Mulyono
          September 26, 2016

          iya betul mas,sekitar 200meter,tp kl masih disekitar 4000 ga kuat mas,seperti mau berhenti,jadinya saya injak gas trs sampai ke 6000,itu gmn mas?
          trs cara nya menahan RPM gimana caranya mas?


        • MasMun
          September 27, 2016

          Sebenarnya kuat mas Toni, kenapa saya bisa bilang seperti itu? Karena torsi terbesar yang dihasilkan mesin Karimun Estilo justru berada pada putaran mesin 3500 rpm. Apa artinya? Artinya kemampuan menanjak paling kuat justru berada pada putaran mesin tersebut dan torsi-nya justru akan kembali menurun ketika berada diatas putaran 3500 rpm apalagi hingga 6000 rpm.

          Cara menahannya tinggal manjaga injakan pedal gas saja, jangan ditekan hingga pol melainkan ditahan ketika sudah berada di putaran mesin 3500 rpm.


        • Toni Mulyono
          September 28, 2016

          Baik tks mas mun atas petunjuknya,sangat bermanfaat buat saya,akan saya coba kembali jika saya ke sukabumi lg.


        • MasMun
          September 28, 2016

          Sama-sama mas Toni. :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+