Rem Suzuki Karimun Estilo Kurang Pakem?

16
rem karimun estilo cakram berventilasi

Rem depan Karimun Estilo menggunakan cakram berventilasi

Karimun Estilo menggunakan rem cakram berventilasi untuk roda depan dan tromol(drum brake) di bagian roda belakang. Menggunakan sistem hidraulis yang memanfaatkan carian minyak rem sebagai penggerak piston di keempat rodanya. Namun untuk rem tangan/rem parkir pada roda belakang menggunakan kawat/kabel sebagai media untuk mengaktifkan rem belakang. Secara spesifikasi sebenarnya sudah cukup mempuni tapi mengapa rem Suzuki Karimun Estilo masih terasa Kurang Pakem?

Beberapa keluhan pengguna Karimun Estilo termasuk saya adalah rem-nya yang terasa kurang pakem, bahkan ketika di launching pada tahun 2009 lalu Suzuki Indomobil mengundang wartawan untuk test drive terjadi tabrakan beruntun pada mobil test drive karimu estilo yang dikemudikan wartawan. Untuk solusi masalah rem ini ada yang menyarankan untuk mengganti kampas rem depan dengan komponen after market dari Bendix tipe Metal King. Tapi selama ini saya belum menggantinya karena kampas rem bawaan New Karimun Estilo saya masih tebal selain itu saya sudah menemukan solusi yang sederhana.

Skema rem karimun estilo

Skema rem Suzuki Karimun Estilo

Sebab rem Suzuki Karimun Estilo kurang pakem menurut analisa saya yang awam ini mungkin karena booster rem yang memang kurang besar. Sejatinya di negara asalnya, India, Karimun estilo menggunakan fitur ABS pada sistem remnya. Namun seperti biasa mobil-mobil yang dijual di Indonesia sering di downgrade oleh pabrikan, termasuk Suzuki New Karimun Estilo. Sunat sana-sunat sini, ABS hilang, defoger kaca belakang hilang, Airbag juga dihilangkan. Padahal harga Karimun Estilo di Indonesia cukup tinggi dibandingkan dengan di negara asalanya. Nah untuk mengantisipasi fitur ABS yang berfungsi untuk menghindari bahaya roda mengunci ketika rem mendadak mungkin suzuki sengaja memasang booster rem yang berukuran kecil sehingga kemungkinan roda mengunci jadi lebih kecil, tapi efeknya ya rem karimun jadi terasa kurang pakem.

rem belakang karimun estilo

Jalur hidraulis rem belakang karimun estilo

Solusinya sebenarnya adalah dengan menekan pedal rem lebih kuat. Ketika menggunakan Toyota saya bisa menginjak pedal rem cukup dengan ujung jari jempol dan telunjuk kaki karena memang harus diakui remnya lebih pakem dan sensitif, namun karena butuh tekanan lebih di pedal selama menggunakan karimun estilo saya menginjak rem dengan kelima jari kaki saya. Bahkan untuk berpergian jauh keluar kota saya memilih menggunakan sepatu karet karena tekanan yang dihasilkan untuk menginjak pedal rem Karimun lebih besar dengan ujung sepatu(saya terbiasa nyetir dengan kaki nyeker :D ).

Topik: Roda | Tagged harga booster rem suzuki karimun, harga kampas rem depan karimun estilo, bushing steer karimun kotak sama dengan estilo, booster rem merk sunnyco karimun, spesifikasi rem mobil karimun estilo.

16 comments
  • sumarina
    October 20, 2016

    Mas mun mau tanya nih. Harga master cylinder rem karimun estilo tahun 08 berapaya? Punya saya sepertinya rusak karena saat pedal rem dilepas tapi remnya tetap tdk bs lepas jadi waktu jalan bunyi suara chit chit yang besar. Thx


    • MasMun
      October 25, 2016

      Belum tentu master cylinder-nya juga, kalau kasus-nya seperti itu bisa jadi piston kaliper rem-nya macet. Sebaiknya dicek dulu jangan langsung di vonis, nanti kalau sdh ganti ternyata bukan master-nya yang rusak gimana donk?


  • Abimanyu
    December 9, 2015

    Saya pengguna NKE 2010,Semua artikel disini sangat sangat membantu.
    Terimakasih banyak & sukses selalu buat mas Mun..


    • MasMun
      December 10, 2015

      Sama-sama, terimakasih atas doanya pak. :)


  • Budi gissmic
    October 20, 2015

    Saya punya karlo 2007 4 cilinder…setiap ac hidup kalo jalan trus lepas gas kok serasa ndut2 an ya mas mun…pernah browsing katanya ukuran puley ac kudu di ganti dg yg lebih kecil agar lebih ringan dan tdk membebani mesin…mohon pencerahannya mas mun..thx’s


    • MasMun
      October 27, 2015

      Ndut-ndutannya ketika bagaimana? apa pada saat melaju kencang atau lambat di gigi 1 mas Budi?


  • Benny
    July 21, 2015

    Mas Mun, saya pengguna karlo 2007, berapa kecepatan yg direkomendasikan bila kita berkendara di jalan tol krn karlo saya bila melewati 120 stirnya terasa gemetar. Adakah tempat penjual bemper depan yg custom dan berapa kisaran harganya juga berapa kisaran harga ori bekasnya. terima kasih mas


    • MasMun
      July 23, 2015

      Kalau saya pribadi di range 100-120kpj. Setir getar dikecepatan tinggi bisa disebabkan ban yg tidak balance, coba deh lakukan balancing pada roda.


  • satrio
    July 19, 2015

    Mas Mun, di Wagon R saya setelah dibawa jalan jauh, roda depan kanan terlihat sisa serbuk karbon di pelek nya. Sementara yg roda depan kiri tidak ada serbuk karbon. Sdh dibawa ke bengkel tapi masih aja kumat (mungkin krn bengkel buru2 mau pada lebaran).

    Apakah kemungkinan ini krn kanvas yang masih baru? Tidak berbahayakah atau perlu segera diperbaiki?

    Terima kasih


    • MasMun
      July 19, 2015

      Normal Om.. Velg depan jd berdebu hitam kan? Bahkan di mobil BMW seri 3 aja itu jd ciri khas.


  • ajura
    June 24, 2015

    masmun mksih info2 nya bermanfaat bwt sy pengguna baru karlo 2007.. mw tnya bolhkn..?? kbtuln sy bli secon..n kondisi jok nya kulutcaski..tpi udh pecah2.. ada yg bilng bsa dicat lg?/ semir kulit istilhnya..bner ga tuh mas n tmptnya dmn klo da n perkiraan biayanya brp? trims..


    • MasMun
      June 25, 2015

      Saya prediksi kemungkinan yang dipakai adalah kulit sintetis(Sy jg pakai sintetis), kalau sintetis sudah pecah-pecah sebaiknya ganti aja karena harganya kan nggak mahal, kalau di semir itu buat kulit asli Mas Ajura. Semir itu maksudnya di bersihkan dengan sabun kulit khusus dan di kasih pelembab khusus jadi nanti keliatan mengkilap seperti baru lagi.


  • Pieter
    March 16, 2015

    dear Pa Admin “Mas Mun”

    Semua yg disampaikan Mas Mus sangatlah bermanfaat, Trims ya atas kebaikannya memberikan informasi2 seputar karimun Estilo

    Salam, dan sukses selalu

    Pieter


    • MasMun
      March 16, 2015

      Terimakasih mas Pieter atas doanya, semoga Kami bisa terus membagikan info yg bermanfaat. :)


  • yadi
    January 6, 2015

    Salam Kenal Admin,
    infonya sangat bermanfaat, kebetulan saya menggunakan jasa Karlo tahun 2011.

    sukses selalu
    salam Karlo


    • MasMun
      January 8, 2015

      Terimakasih Om Yadi,, Sukses selalu :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+