Ketika Rem Teromol Karimun Estilo Ngunci

0

Ada satu kebiasaan yang harus di waspadai sehabis menyuci Mobil Karimun Estilo kesayangan anda jika tidak ingin rem teromol Karimun Estilo anda ngunci dan mobil akan sulit digerakkan. Jangan langsung memarkir Suzuki Karimun Estilo anda setelah di cuci dengan posisi rem tangan aktif. Rem tangan karimun estilo memanfaatkan rem belakang yang bertipe teromol(drum brake). Kampas rem yang basah jika bersentuhan dengan rumah rem teromol(rem tangan diaktifkan) dalam jangka waktu yang lama biasanya akan lengket, akibatnya ketika rem tangan telah dilepas maka kampas rem tidak mau berbalik walaupun per-nya sudah menarik, kampas rem tidak bisa lepas dari rumah teromol karena menempel.

rem tromol karimun

Rem tromol Karimun Estilo

Solusinya untuk menghindari hal rem belakang suzuki karimun estilo ngunci sebaiknya anda tidak langsung memarikirkan kendaraan anda setelah di cuci, bawalah jalan dulu keliling komplek sambil injak rem beberapa kali untuk mengeringkan rem teromol. Rem teromol yang basah lebih lama mengering daripada rem cakram yang basah karena strukturnya yang tertutup sehingga sekalinya basah dia akan lembab dan lama mengering. Atau kalau terpaksa langsung parkir setelah mencuci, parkirlah tanpa mengaktifkan rem tangan. Anda dapat mengganjal roda sambil memasukkan presneling ke gigi satu atau gigi mundur.

Rem karimun estilo ngunci ketika parkir bisa juga di sebabkan sehabis menerobos genangan air banjir dan setelah itu tidak lama kemudian anda langsung parkir, tidak beda dengan kasus ketika roda tidak bisa bergerak setelah mobil dicuci sehari sebelumnya. Setelah menembus genangan air yang ketinggiannya hingga merendam rem ada baiknya anda membersihkan rem dengan cara menyemprotnya menggunakan air bertekanan agar tidak ada kotoran yang menempel.

skema rem tromol

Skema rem tromol Suzuki New karimun Estilo

Bagaimana jika rem tromol Suzuki Karimun Estilo sudah terlanjur ngunci sehingga roda belakang tidak bisa digerakkan?

  • Masukkan presneling ke gigi 1, tekan gas agak tinggi dan lepas kopling sehingga mobil agak menyentak. Biasanya setelah itu roda bisa berputar.
  • Jika anda sudah mencobanya beberapa kali dan tetap belum bisa maka lepas roda yang tidak bisa digerakkan dan pukul-pukul agak kencang dengan palu sisi luar dari teromol tersebut. Anda harus sedikit tega untuk memukul-mukul bagian dari Karimun anda sendiri, untuk mengurangi lecet pada rumah tromol anda bisa melapisi palu dengan kain.

Info tambahan:

Dulu ketika Karimun Mas_Mun sudah bisa kembali jalan setelah menerapkan cara seperti di video di atas(cukup dipukul tanpa menyemprotkan cairan penetran) kebetulan adalah jadwalnya untuk servis berkala dan ganti minyak rem, FYI jadwal penggantian minyak rem mobil Suzuki Karimun Estilo sesuai dengan peutjunjuk manual book adalah setiap kelipatan 20.000 kilometer. Prosedur ganti minyak rem di BeRes ternyata tidak hanya menguras dan mengganti minyak rem-nya saja, tapi mengecek sistem rem secara keseluruhan termasuk membersihkan daleman rem teromol yang tertutup itu. Setelah di cek ternyata seal piston rem teromol belakang yang seminggu lalu ngunci itu sudah koyak dan akhinya di ganti dengan biaya parts sekitar Rp 30.000-an (kalo gak salah). :D

Topik: Roda | Tagged , karimun ga bisa gerak, hand rem ngunci karena basah, cara buka tromol belakang karimun, cara buka tromol belakang suzuki karimun estilo, cara buka tromol karimun.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+