Menyetel Kabel Kopling Mobil Suzuki Karimun

17
setel kopling karimun estilo

Baut penyetelan kopling karimun estilo tertutup plastik putih.

Kopling Mobil Suzuki Karimun Estilo ini menggunakan tipe dry single disc, tipe ini sama persis seperti yang digunakan pada kopling Suzuki Karimun Wagon R. Artinya adalah ini tipe kering yang kampas/plat kopling tidak terendam oli dan hanya terdiri dari satu kampas layaknya sistem transmisi mobil kebanyakan saat ini. Namun yang sedikit membedakannya adalah untuk menggerakan mekanisme di sistem ini, tidak menggunakan sistem hidraulis melainkan langsung di gerakkan menggunakan kabel atau kawat/sling, layaknya sepeda motor. Hihihi,,, simple ya, tapi bedanya kalo sepeda motor menggunakan tangan di mobil ya pasti menggunakan kaki. Sebenarnya bukan hanya Suzuki Karimun Estilo saja sih yang menggunakan sistem seperti ini, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun menggunakan sistem kabel juga, yang jelas cara ini biasanya diterapkan pada kendaraan bertransmisi manual dengan kapasitas mesin yang kecil.

Sebetulnya Kopling mobil Karimun Estilo selama ini tidak ada penyakit bawaan, karakter pedal kopling yang ringan sudah dari pabriknya membuat kaki kiri tak cepat pegal. Dan jika melihat buku manual perawatan kendaraan, tidak ada bagian yang perlu diganti untuk jangka waktu tertentu, termasuk kabel koplingnya nggak ada anjuran harus diganti setelah sekian puluh ribu kilometer, penggantian komponen kopling mobil dilakukan pada saat kampas kopling habis, penggantian yang dilakukan di bengkel resmi Suzuki biasanya meliputi plat/kampas, rumah kopling atau clutch cover, kabel kopling dan bearing. Loh kok banyak banget spare part yang diganti? Karena proses mengganti plat/kampas termasuk pekerjaan yang lumayan besar, harus melepas suspensi kiri depan dan turun gearbox maka sebaiknya penggantian komponen yang berkaitan dilakukan secara keseluruhan.

Jika anda merasa kedalaman pedal kurang pas anda bisa mengatur kedalaman injakan kopling Karimun estilo anda sendiri sesuai dengan gaya mengemudi anda, seberapa dalam biasanya anda menginjak pedal paling kiri tersebut sehingga anda bisa merasa lebih nyaman. Ada orang yang menginjak tidak terlalu dalam ada yang merasa tidak yakin jika menginjak pedal tidak sampai dalam.

kopling Karimun Wagon R

Kopling Karimun Wagon R dan Karimun Estilo sama persis.

Nah kedalaman injakan pedal kopling Karimun Wagon R atau Estilo bisa anda setel dengan mudah, berikut caranya:

  1. Siapkan kunci berukuran 14mm
  2. Lepaskan penutup plastik di ujungnya, plastik ini memiliki fungsi sebagai pengunci baut agar tidak berputar. Cara melepasnya cukup tarik perlahan ke arah ujung drat.
  3. Setel baut menggunakan kunci 14mm. Putar ke kanan untuk mengurangi jarak main pedal kopling, putar ke kiri untuk menambah jarak main pedal kopling sehingga pedal lebih dalam untuk diinjak. Lakukan proses ini secara trial and error, jadi setelah memutarnya anda harus mencoba menginjak pedal. Sesuaikan dengan gaya anda sehingga lebih nyaman.

Perlu menjadi perhatian ketika menyetel pedal kopling agar jarak main jangan terlalu pendek sehingga kopling dalam kondisi menekan terus(yang menyebabkan kampas kopling mobil jadi cepat habis dan tenaga mesin tidak tersalurkan secara sempurna ke roda), juga jangan terlalu dalam ketika meyetel jarak pedal sehingga ketika pedal sudah ditekan full pun kampas kopling belum tertekan secara total sehingga menyulitkan perpindahan gigi karena tenaga mesin masih tersalur dari mesin.

Sesuai fungsinya kopling mobil bertugas untuk meneruskan putaran mesin ke gearbox(dan gearbox akan meneruskan putaran mesin ke roda melalui drive saft) maka lama-kelamaan kampas akan habis. Hal itu biasanya ditandai dengan injakan pedal kopling mobil keras atau bergetar.

Anda bisa mengetes apakah kampas kopling mobil bertranmisi manual sudah habis atau belum dengan cara sederhana berikut:

  1. Dalam kondisi rem tangan terlepas injak pedal kopling dan rem kaki hingga mentok.
  2. Masukkan presneling ke gigi 1.
  3. Lepaskan pedal kopling dan kaki kanan tetap menekan pedal rem hingga dalam.
  4. Jika mesin mobil mendadak mati berarti kampas/plat masih bagus. Namun jika tidak langsung mati, perlu anda curigai bahwa kampas sudah tipis. Semoga bermanfaat.

 

 

Topik: Mesin | Tagged , cara setel kopling mobil carry, harga kampas kopling karimun estilo, cara setel kopling karimun, cara menyetel kopling mobil carry, kopling karimun estilo.

17 comments
  • husein
    June 22, 2016

    trimakasi Infonya mas. Saya hanya menyimak semua komentar yang telah ada. soalnya saya juga punya karimun stilo 2011


  • Rahman
    June 13, 2016

    Mau tanya mas mun,estilo 2012 kalau jl di bawah 20km/jam keadaan ac hidup suara menggelitik kira-kira apa ya..mas mun mohon penjelasanya


    • MasMun
      June 16, 2016

      Kalau AC hidup memang menambah beban kerja mesin, terlebih bila kecepatan 20km/jam pakai gigi 2 tapi seharusnya tetap tidak ngelitik. Ngelitik bisa disebabkan karena kualitas bahan bakar yang buruk atau kondisi mesin yang kurang sehat(misal: akibat terlalu banyak kerak karbon di ruang bakar mesin). Perawatan mesinnya selama ini bagaiman mas Rahman?


      • Rahman
        June 20, 2016

        selama ini perawatan aku rasa rutin mas mun di dealer, cuman bbm masih menggunakan premium biasa. kira-kira begitu mas mun, mohon penjelasanya, trima kasih.


        • MasMun
          June 22, 2016

          Yang sekarang pakai bensin premium dipakai sampai hampir habis dulu mas Rahman, setelah itu coba ganti pakai Pertamax atau Shell Super. Kalau masih ngelitik kemungkinan kerak karbon diruang bakarnya sudah tebal.


  • hari
    March 28, 2016

    Mas mun saya mau tya..mobil karimun saya klau pke ac berat banget..apalagi gigi dua nya kenapa yah mas mun..makasih


    • MasMun
      March 30, 2016

      Memang akselerasi mobil akan lebih berat dalam kondisi AC menyala, apalagi Karimun cc-nya kecil. Perawatan mobilnya selama ini bagaimana, karena jika mesin tidak dalam kondisi fit tentu akan jadi berat banget tarikannya.


  • fauzi
    February 16, 2016

    Ijin bertanya masmun, mobil sya karimun estilo kalo langsung gas ful suka ngempos, gasnya besar tapi gak bisa lari, pengennya di ayun gas baru bisa lari, kira2 ada kendala apa yah mas? Trim’s


    • MasMun
      February 18, 2016

      Kalau seperti itu kemungkinan besar koplingnya sudah waktunya ganti.


  • Budi
    January 14, 2016

    Terima kasih banyak ilmunya Mas Mun, semoga Allah menggantinya dg yg lbh baik. Di tunggu Thread yg lainnya


    • MasMun
      January 14, 2016

      Amien,,, Sama-sama mas Budi.


  • Denny
    January 10, 2016

    Terima kasih ilmunya , sangat bermanfaat sekali.


  • Jugil
    November 11, 2015

    Mas mun mobil sy karlo 2008 ada mslh di kopling ada suara gradak kasar kalo diinjak koplingnya suaranya ilang suara itu timbul kalo sudah 1 jam ketas mobil hidup….


    • MasMun
      November 25, 2015

      Bisa beberapa kemungkinan penyebab. Dipastikan dulu volume oli tansmisi OK & rutin dilakukan penggantian. Kemungkinan noise bisa dari input bearing, untuk lebih pastinya bs dilakukan pengecekan ke beres dengan menggunakan stetoskop sehingga akan lebih valid menganalisa bunyi tersebut dari dalam transmisi atau dari bagian yang lain.


  • Karyadi
    August 6, 2015

    Mohon infonya harga plat kopling karlo 2011 dan jasa pasangnya, terima kasih Masmun.


    • MasMun
      August 7, 2015

      Halo mas Karyadi. Untuk ganti kopling Suzuki Karimun Estilo harga spare part-nya sekitar: Rp 1,1 juta meliputi kampas kopling, rumah kopling, kabel kopling dan bearing-nya.

      Untuk ongkos jasa penggantian kopling di bengkel resmi Suzuki sekitar Rp 850ribu, sedangkan di bengkel umum sekitar Rp 500ribu-an.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+