Ketika Karimun Estilo Melewati Banjir

4

Pada waktu tertentu musim hujan memberikan dampak banjir bagi beberapa kota di Indonesia. Berdasarakan catatan BMKG selama ini musim hujan mencapai titik tertingginya biasanya ketika di akhir tahun hingga bulan-bulan di awal tahun(november hingga februari). Nah bagi  pengguna mobil kecil dan rendah seperti Suzuki Karimun Estilo jadi bikin agak was-was nih. Bisa nggak ya mobil kecil sekelas Suzuki Karimun Estilo melewati banjir?

Karimun Estilo aman melewati banjir

Perhatikan ketinggian air agar Karimun Estilo aman melewati banjir

Jawabannya bisa. Serius? Iya serius. Yuk kita bahas dari aspek teknisnya, kalau kurang paham tentang aspek teknis Pemirsah dapat langsung baca di paragraph terkahir untuk langsung menuju tentang kesimpulan jika Karimun Estilo ingin menembus banjir.

Oke, aspek teknis yang pertama adalah Air Intake(saluran udara), saluran udara ini akan menuju ke mesin yang sebelumnya akan melewati saringan udara. Untuk pembakaran yang terjadi di dalam mesin tentu udara sangat diperlukan sebagai bahan pencampuran dengan bensin sehingga bensin yang masuk ke dalam mesin tidak dalam bentuk cair melainkan uap yang telah tercampur dengan udara(komposisi ideal perbandingan udara dan bensin adalah 14:1). Dalam kondisi normal yang dikompresi oleh piston di dalam mesin adalah campuran bensin dan udara dalam bentuk uap bensin tadi, namun jika yang dikompresi adalah air yang masuk melalui saluran udara maka yang terjadi adalah jebolnya mesin, lebih tepatnya bagian kepala silinder juga stang pistion dan piston. Jadi yang terpenting ketika Suzuki Karimun Estilo melewati banjir pastikan genangan air tidak mendekati ketinggian air intake, untungnya air intake karimun estilo agak tinggi, yaitu 70cm yang terletak di bagian sisi grill paling atas atau tepat dibagian paling rendah kap mesin depan(lihat gambar di atas).

Lubang Air intake New Karimun Estilo

Letak lubang Air intake dan air filter Suzuki New Karimun Estilo

Yang kedua mengenai ketinggian lubang knalpot, sebenarnya lubang ini relatif aman jika terendam banjir. Air tidak akan masuk kedalam lubang knalpot selama mesin menyala, karena gas buang menciptakan gaya dorong sehingga air tidak bisa masuk, asalkan knalpot karimun anda tidak bocor. Biasanya knalpot bocor pada bagian sambungannya yang berada di kolong mobil, bisa juga disebabkan oleh bagian yang keropos sehingga bolong umumnya bolong terdapat pada bagian paling rendah karena pernah beradu dengan permukaan jalan atau berbenturan dengan benda keras. Ujung knalpot Suzuki New karimun estilo(generasi ke-dua) yang sudah menghadap ke bawah menjadikannya lebih aman menerobos genangan air, sayangnya ujung knalpot estilo generasi pertama masih menghadap lurus ke belakang.

Yang ketiga adalah lubang Air outlet valve di bagian bawah kabin. Fungsi lubang ini adalah untuk lubang keluar udara dari kabin, Ketika pintu ditutup dan kaca semua dalam keadaan tertutup maka udara di dalam kabin tertekan nah lubang inilah tempat keluarnya udara dari dalam kabin sehingga tekanan udara dalam kabin tetap sama dengan yang diluar meskipun seluruh pintu dan jendela tertutup rapat. Lubang Air outlet valve pada umumnya terletak sisi kanan-kiri di balik bumper belakang mobil. Tapi eh tapi… di Suzuki Karimun Estilo lubang ini terletak di bawah pintu belakang sehingga posisinya cukup rendah. Pernah ada kejadian seorang rekan yang mencoba menerobos banjir, Karimunnya tetap hidup dan selamat namun karpet mobilnya basah karena air tembus dari lubang di bawah body.

air outlet valve karimun estilo

Air outlet valve di bagian bawah kabin Karimun Estilo

Jadi dengan tinggi ground clerance Karimun estilo 16,5cm dan air intake di posisi lebih tinggi dari ban sebenarnya Karimun Estilo masih aman untuk melewati banjir atau genangan air setinggi ban apalagi ECU(Electronic control Unit) sebagai pusat kelistrikan Karimun terletak di dalam kabin tepatnya di bagian dalam dashboard jadinya lebih aman, tapi air akan masuk ke kabin melalui lubang-lubang dibawah body atau air intake valve. Jadi walaupun mobil anda tetap akan hidup ketika melewati genangan setinggi ban tapi apa anda rela karpet dasar atau bahkan jok anda basah terkena genangan air yang kotor? :(

Jadi gimana pilihan terbaik jika karimun estilo anda secars tak terduga menghadapi genangan air banjir?

  1. Perhatikan ketinggian air dari mobil didepan anda, tidak ada salahnya berhenti pada posisi genangan air belum terlalu tinggi, hiraukan sejenak klakson mobil di belakang anda.
  2. Jika tinggi maksimal permukaan air kira-kira hanya setinggi setengah ban mobil, anda dapat dengan yakin melaluinya. Namun perlu diingat genangan air biasanya semakin ke tengah semakin dalam, tetap berhenti dalam posisi aman untuk mengamati mobil di depan anda lebih dulu.
  3. Kalau anda lihat semakin jauh semakin dalam lebih baik berhenti saja di bagian yang aman sebelum terlalu dalam. Ingat konpensasi biaya yang harus anda keluarkan untuk recovery Karimun anda yang terendam banjir cukup besar. Apalagi asuransi tidak akan meng-cover biaya penggantian mobil yang dengan sengaja menerobos banjir.

 

Topik: Body | Tagged , , letak filter bensin karimun estillo, cara bersihkan filter bensin karimun estilo, posisi filrer bensin karimun estili, cara membersihkan filter bensin karimun estilo, video karimun wagon menghadapi banjir.

4 comments
  • Edy Lim
    September 30, 2016

    mas mun lubang keluaran pada estilo kan dibawah kabin kalo yg wagon r dibagian mana ya mas?


    • MasMun
      October 25, 2016

      Untuk Karimun Wagon R saya tidak hafal mas, di bagian belakang ada tapi yg samping bawah coba di cek sendiri dekat as lengan ayun belakang.


  • gerald
    July 2, 2016

    Mas mun kalo air filter karlo yg generasi pertama apakah tingginya sama atau gimana mas?


    • MasMun
      July 16, 2016

      Kurang lebih ketinggiannya sama pak, lubang intake-nyas sama-sama dibalik grille depan bagian paling atas.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+