Ukuran Tekanan Ban Mobil Suzuki Karimun Estilo

10
Ukuran Tekanan Ban Mobil Ideal Rekomendasi Pabrik

Ukuran Tekanan Ban Mobil Ideal Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Menjaga ukuran tekanan ban mobil merupakan peraawtan ringan yang dapat dilakukan siapa saja untuk menjaga kondisi ban selalu optimal. Jika ukuran kurang dari rekomendasi pabrik maka hasil yang didapatkan adalah Karimun Estilo Pemirsah yang lebih boros belum lagi resiko ban yang cepat rusak dan jika tekanan berlebih maka bantingan kendaraaan jadi lebih keras dan daya cengkaram ban berkurang.

Akibat tekanan ban mobil kurang:

Jika ukuran tekanan mobil kurang dari yang telah ditentukan maka dapat menyebabakan  kerusakan pada pelek. Bagaimana mungkin? Yang sering terjadi ketika ban yang kekurangan tekanan akibat jarang di cek menghantam lubang dengan keras, menyebabkan tidak kuatnya ban menahan tekanan berlebih secara seketika sehinnga kontak antara bibir velg dan aspal tidak terhindarkan. Hasilnya kontur  bibir pelek yang rusak bahkan bisa menyebabkan velg pecah.

Tekanan ban mobil yang kurang juga dapat dapat memperpendek umur ban. Logikanya, karena bobot mobil yang besar maka ban yang lebih kempes akan mendapat tekanan lebih besar pada permukaan yang lebih luas sehingga menyebabkan gaya gesek terhadap jalan menjadi lebih besar yang tentu akan diikuti dengan suhu ban yang lebih tinggi. Jadi wajar saja ban yang kekurangan angin akan lebih cepat aus atau lebih cepat habis permukaannya bila digunakan secara terus-menerus.

Akibat lainnya adalaha kerusakan yang akan terjadi pada side wall ban. Karena jika tekanan ban kurang maka dinding ban akan tertekuk terus sehingga side wall ban akan menjadi pecah-pecah. Hal ini akan membuat kebocoran halus dimana ban akan selalu kekurangan angin lebih cepat.

Ukuran tekanan ban mobil ideal sesuai rekomendasi pabrik

Tekanan Maksimal Ban Mobil

Tekanan Maksimal Ban Mobil Tubles Berbeda-beda

Untuk menjaga tekanan ban mobil Suzuki  Karimun Estilo anda tidaklah sulit, sebenarnya para produsen mobil telah menghimbau mengenai pentingnya untuk memantau hal yang satu ini. Anjuran ini tertera jelas di buku manual pemilik kendaraan dan untuk memudahkannya biasaya juga terdapat stiker sepsifikasi angka tekanan ideal yang terdapat di pilar tengah mobil sebelah kanan(dekat pintu pengemudi). Di sana disebutkan  tekanan ban untuk Suzuki  Karimun Estilo adalah 33 psi atau 230 kpa. Gunakan alat pengukur tekanan ban yang paling akurat. Terlebih bagi pengguna ban Dunlop SP10 yang rawan bunting, maka menjaga kondisi pressure ban ideal sangat penting. Untuk penggunanan keluar kota dan membawa beban lebih berat dari yang biasanya disarankan untuk sedikit menambah tekanan ban menjadi 34-35 psi, jangan takut ban meletus karena pabrikan ban biasanya memberikan toleransi tekanan maksimal hingga 44 psi.

Satuan Tekanan Standard Internasional

Terkadang kita bingung satuan yang digunakan untuk tekanan ban dari pabrik mobil dan pabrik ban yang digunakan adalah berbeda. Satuan ukuran tekanan untuk ban kendaraan yang lazim digunakan di Indonesia adalah Psi, namun terkadang alat ukur tekanan tidak menampilkan satuan Psi, agar tidak bingung berikut tabel konversi satuan tekanan ban standard internasional yang biasa kita jumpai.

Table Konversi Satuan Tekanan

Table Konversi Satuan PSI – BAR – KPA

 

Topik: Roda | Tagged tabel konversi satuan tekanan, tekanan ban karimun estilo, tekanan angin ban mobil karimun estilo, satuan tekanan angin, tekanan ban mobil.

10 comments
  • Syarifullah
    November 22, 2016

    Admin.. saya makai karimun estilo 2008, dan kaki2 masih standar. Misalnya mau saya ceper, kira batasan aman, brp centi ya?


    • MasMun
      November 22, 2016

      Nggak ada patokan pastinya.


  • Dicky
    November 21, 2016

    Tanya : mas mun kl utk karimun kotak brp ya ukuran tekanan angin ideal ban dpn & blkngnya? Tks


  • Agung DN
    July 14, 2016

    Masmun tanya ya.. tekanan angin untuk jenis sedan selama ini yg depan 31 & belakang 30 psi gmn ya? harus dirubah tdk ya? Tks


    • MasMun
      July 16, 2016

      Ditambah dikit saja mas Agung, jadi 33 psi.


  • moko
    March 11, 2015

    Terimakasih infonya

    Tanya :
    Ukuran tekanan ban depan dan belakang apakah semuanya sama 33 psi?


  • barodi auza
    February 24, 2015

    info ini sangat kami butuhkan terus, trims


    • MasMun
      February 24, 2015

      Terimakasih, semoga bermanfaat ulasannya mengenai tekanan ban mobil yang ideal :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+