Agar Aki Mobil Awet Hingga Lima Tahun

38

Aki mobil sebagai sumber kelistrikan merupakan komponen yang vital, perannya bertambah penting karena mobil-mobil saat ini sudah menggunakan sistem injeksi dan komputerisasi yang mengandalkan arus listrik DC(arus searah). Bagaimana bensin dipompakan dari tangki, kemudian bensin dikabutkan dan bagaimana pembakaran di dalam mesin semuanya memanfaatkan listrik dari aki. Sehingga jika berbicara tentang aki atau accu mobil jangan hanya membayangkan kelistrikkan lampu, AC dan klakson saja. Bahkan saat ini power steering pada beberapa mobil, seperti Suzuki Karimun Estilo sudah mengandalkan electric power steering yang juga memanfaatkan listrik DC.

Rawat Aki Mobil Agar Awet

Rawat Aki Mobil Agar Awet Hingga 5 Tahun

Kali ini Mas_Mun akan berbagi pengalaman bagaimana aki mobil di Kijang Innova(merek GS tipe Hybrid) tahun 2009 bisa bertahan hingga 5 tahun padahal lebih sering “mendekam” di garasi,  juga di Corolla Altis dan Suzuki Karimun Estilo(merek Sonic) 2011 yang saat ini sudah berumur 4 tahun masih sehat tanpa kendala. Jadi mitos di kalangan pedagang yang mengatakan bahwa produk aki saat ini berumur pendek terbantahkan.

Sebelum membahas bagaimana perawatan accu basah sebagai mayoritas jenis accu yang digunakan saat ini, Mas_Mun juga akan membandingkan bagaiamana mobil yang dulu pernah di miliki sering sekali minta ganti komponen sumber kelistrikan ini. Kedua mobil terdahulu yang sempat dimiliki adalah Honda Accord Cielo tahun 1994 dan BMW 318i tahun 1996. Yang perlu Pemirsah ketahui kedua mobil ini bisa minta ganti aki hingga dua kali dalam setahun, bukan bermaksud menjelekkan kedua merek mobil tersebut, namun kedua mobil tersebut memiliki dua kesamaan yaitu lebih sering berdiam di garasi dan telah mengalami modifikasi di sektor audio walaupun bukan modifikasi audio yang ekstrem.

Jadi apa yang membuat aki di sebuah mobil bisa lebih awet sementara di mobil lainnya leih cepat minta ganti? Bagaimana cara merawat aki mobil yang benar? Dari kejadian selama ini Mas_Mun menarik kesimpulan yang membuat aki mobil awet hingga lima tahun. Agar lebih mudah dibuatlah list apa yang perlu dilakukan dan tidak dilakukan agar komponen tersebut lebih awet.

Hal yang dilakukan:

  1. Mengecek air aki, jangan hanya mengandalkan service rutin di bengkel untuk mengecek ketinggian cairan tersebut, paling tidak sebulan sekali.
  2. Jika mobil lebih sering “mendekam” di garasi anda perlu menjalankan mobil minimal seminggu sekali dengan durasi paling sebentar setengah jam, bukan hanya sekedar di panasi di garasi.
  3. Memastikan semua pintu tertutup rapat(termasuk pintu bagasi) dan lampu telah mati ketika mobil diparkir.
  4. Memastikan alternator berfungsi(men-charge) dengan normal dengan melihat lampu indikator bergambar accu tidak nyala di panel instrument ketika mesin hidup.
  5. Tidak mengaktifkan alaram ketika mobil parkir di garasi dalam waktu berhari-hari agar arus aki tidak tersedot dalam jangka waktu yang lama.
Lampu Indikator pengisian arus listrik ke accu

Lampu Indikator pengisian arus listrik bergambar accu

Hal yang tidak dilakukan:

  1. Memodifikasi kelistrikan mobil(khususnya audio).
  2. Mendengarkan musik berlama-lama di mobil pada saat mesinnya mati.

Dari point-point yang harus dilakukan di atas sebenarnya hampir tidak ada perlakuan ekstra untuk membuat aki mobil kita lebih awet, yang perlu sedikit usaha adalah mengecek air aki dan menambahkannya jika kurang. Itu pun tidak setiap minggu. Jangan hanya mengandalkan pengecekkan di bengkel resmi yang mengikuti interval service rutin berkala karena pada kenyataannya sebelum waktunya service berkala tiba air aki sudah berkurang karena hawa panas di ruang mesin, apalagi jika anda menggunakan mobil untuk operasional sehari-hari. Hal itu beberapa kali Mas_Mun alami, air sudah berkurang padahal jadwal service masih jauh dan sel accu basah yang rusak karena kekeringan berpengaruh siginifikan terhadap kondisi aki.

Kalau accu soak kehabisan daya karena lupa mematikan lampu saja masih bisa di setrum/charge, tapi sel accu yang rusak akibat kekeringan itu akan memberikan dampak kerusakan yang permanen. Sehingga agar awet jangan sekali-sekali sampai kekurangan cairan, cukup mengisinya dengan air destilasi atau air mineral biasa.

Membuka tutup datar dengan uang logam

Membuka tutup datar dengan uang logam

Terkadang yang jadi masalah adalah bagaimana membuka tutup aki pada mobil jika menggunakan model datar seperti milik Suzuki Karimun Estilo. Untuk membukanya Mas_Mun mencoba menggunakan obeng minus ternyata bentuk pipih obeng kurang lebar untuk membukanya, malah bikin “bocel” tutup datar tersebut. Putar akal, ternyata solusinya cukup dengan uang logam 500 yang warna emas atau koin 1000 rupiah untuk membukanya.

Kemudian yang terakhir, jika mobil Pemirsah lebih sering parkir di garasi dalam jangka waktu yang lama memanaskan mesin seminggu sekali selama 5-10 menit tidaklah cukup untuk mengisi kembali daya aki. Bawalah jalan-jalan minimal setengah jam dalam interval seminggu sekali untuk memastikan pengisian arus listrik ke aki bisa optimal, selain itu keuntungan jika anda membawa jalan-jalan adalah suhu mesin juga akan mencapai suhu optimal sehingga air radiator mobil juga bersirkulasi total dan permukaan ban paling bawah yang bersentuhan dengan lantai garasi juga berubah, jadi tidak hanya satu sisi terus yang bersentuhan dengan lantai garasi.

Ternyata untuk menjadikan aki awet hingga lima tahun bukan hal yang mustahil bukan? Tidak peduli mereknya yang sering muncul di iklan TV atau nggak, yang terpenting bagaimana kita merawatnya.

 

Topik: Kelistrikkan | Tagged , , aki mobil yang bagus, harga aki karimun estilo, aki karimun estilo, merk aki mobil yang bagus, tutup aki mobil.

38 comments
  • arif
    October 23, 2016

    MAS mau tanya, aki kering sama aki basah lebih bagus mana ya?


    • MasMun
      October 25, 2016

      Sama saja, kalau males ngecek air aki pilih aki kering kalau senang merawat mobil pilih yang basah . Tipe kering lebih murah tapi perlu rutin mengecek keetinggian air, untuk umur pakai sama saja.


  • Yustio
    September 14, 2016

    Mas, mau nanya nih…mobil saya kamrimun kotak 2000. Waktu pertama beli itu terpasang aki g force bisa bertahan 3 th, setelah itu sy ganti dengan GS bertahan 18 bulan…lalu sekarang yuasa, baru 16 bulan sudah mati, sempat saya strum tapi cuma kepake 1 bulan sdh mati lagi. Kira-kira penyebabnya apa ya mas ? mobil tergolong jarang dipake, paling seminggu sekali atau 2 x dpake ke kantor. apa harus balik ke g force lagi ya? maaf bukan maksud iklan. cuma saya bingung mau pilih merk aki apa …


    • MasMun
      September 14, 2016

      Pertama, ini subjektif ya: Merek aki terkenal dan lebih mahal nggak menjamin umur aki lebih panjang mas Yustio. Kedua, nah yg ini objektif nih karena menyangkut technical: Mobil yang jarang dipakai memang umur aki-nya biasanya akan lebih pendek, karena jarang terjadi pengisian arus listrik ke accu mobil.

      Saran saya:
      1. Cari toko Aki yang dilengkapi alat pengecekkan arus listrik, minta dicek charging dan cranking-nya dalam batas normal atau tidak. Kalau normal berarti kelistrikan mobil tidak ada masalah.
      2. Karimun Kotak-nya sering diajak jalan-jalan mas, dua kali seminggu sebenarnya cukup asal jarak dan waktu tempuhnya lumayan. Kalau cuman dipanasin dan dipakai 10-15 menit arus yang dihasilkan untuk meng-charge accu/aki belum cukup banyak.

      Semoga membantu.


  • MASAYU
    July 12, 2016

    Aki mobil manual yaris tahun 2010, aki pernah soak dan dicas.. tiap hari dipakai 1 jam an kecuali hari sabtu (ga dipanasin) tp sering soak lg.. knp ya? apakah perlu aki baru?


    • MasMun
      July 16, 2016

      Kemungkinan memang cell aki-nya sudah rusak dan memang sudah waktunya ganti. Jika cell-nya sudah rusak maka tidak akan lama menyimpan listrik.


  • verra
    July 7, 2016

    Mas_mun saya mau nanya…
    Mobil saya estilo kepuaran 2011
    Di waktu pagi saya mau menghidupkan mobil tp ternyata nggak jadi tapi saya kontaknya dalam keadaan On sampai malam
    Mobil saya sudah nggak bisa dinyalain bahkan untuk menaikan kacanya saja sudah gak bisa…
    Kira² solusinya apa yaa?


    • MasMun
      July 16, 2016

      Coba Aki-nya di copot kemudian dibawa ke toko aki untuk di charge.


  • Marissa
    July 2, 2016

    Mas mun mau tanya, saya baru seminggu beli NKE 2011, kalau dipakai gigi 1 ac on nyendal2 banget kadang mati, posisi mobil pelan. sudah ganti kompresor baru soalnya pemilik lama jarang pakai katanya ada yang buntu. Itu normal apa tidak mas mun?


    • MasMun
      July 16, 2016

      Nyendal-nyedalnya di Rpm berapa mbak? Untuk mobil ber-kapasitas mesin kecil seperti Suzuki Karimun, Toyota Agya, Hyundai Atoz, dll tekniknya ketika akan jalan dari posisi berhenti pedal gas perlu diinjak sedikit sebelum melepas pedal kopling agar mesin tidak mati.


  • MasMun
    April 25, 2016

    Nggak perlu mas biasa saja, yg penting kalau lepas aki kutub minusnya dulu dana kalau pasang positifnya dulu.


  • Denni
    February 4, 2016

    mas mun pas ac hidup estilloku agak kasar bunyi mesinnya…kira2 itu hal biasa ato ada masalah ya…estiilo ku taun 2007


    • MasMun
      February 5, 2016

      Wajar mas Denni, terutama awal ketika baru nyala dan ketika kompresor AC bekerja. Tapi jika suara dari ruang mesin sudah terlalu kasar dan AC tidak dingin segera matikan AC karena kemungkinan besar kompresornya bermasalah. Kalau AC mobil sudah tidak terasa dingin tapi masih terus-menerus dihidupkan kerusakan akan semakin memperparah.


  • Budi
    January 13, 2016

    Mas mun mau tanya bohlam headlamp yg bagus buat KARLO 2007 merk & daya brp ya? Soalnya yg skrg kurang terang. Apalagi yg lampu dekat. Terima kasih, informasinya sangat membantu


    • MasMun
      January 13, 2016

      Standardnya Lampu utama Suzuki Karimun Estilo Tipe H4 60//55W. Kalau mau ganti bohlam pastikan dulu reflektor dan mika lampunya masih bagus(tidak buram), nanti percuma kalau bohlamnya sudah ganti tapi reflektor dan mikanya ternyata sudah buram.


  • ike
    January 5, 2016

    slamat pagi om, mau tanya kalo mobil nggak di pake dg jangka waktu yg cukup lama kira2 10 bln gimana solusinya bila aki nya di cabut apa perlu kita buang airnya atau tidak


    • MasMun
      January 6, 2016

      Halo mas/mbak Ike jangka waktu 10 bulan terlalu panjang untuk membiarkan mobil terparkir di garasi, saran saya lebih baik dititipkan ke saudara atau teman dekat saja supaya tetap dipakai atau rutin dipanasi mesinnya.

      Sekali sudah terisi Aki tidak boleh dibuang isinya, mitos menguras air aki itu hanya kebiasaan tukang aki saja dan itu tidak memperpanjang umur aki sama sekali karena cell aki yang mengering justru malah akan rusak.


  • marley
    November 22, 2015

    Om Mau tanya nich….type accu untuk new karimun estilo yang bagus mana dari ns40 32 AP atau ns40z 35 AP…thank


    • MasMun
      November 24, 2015

      Haha,,, saya nggak hafal semua jenis dan merek aki mas Marley. Yang penting sesuaikan saja dimensinya dan arus(ampere) aki dengan bawaan yg dari pabrik.


    • Marley
      November 28, 2015

      Om MasMun maaf ni..ane nanya lagi.. klo standartnya dari pabrikan type akinya apa sich…& karimun estilo MasMun type n Merknya apa gto….soalnya ku beli mumun akinya NS40Z…takuynya bukan standartnya mumun…thank OM


      • MasMun
        December 2, 2015

        Sepertinya memang NS, accu merek apa aja nggak masalah asalkan ampere-nya sesuai.


  • Rahman
    October 16, 2015

    Mas mun mau tanya nih karimun estilo saya kalau ac hidup terasa nyendal-yendal,bagaimana mengatasinya supaya ga terasa atau mengminlisirlah, trim’s mohon penjelasanya.


    • MasMun
      October 27, 2015

      Gejalanya ketika mobil melaju kencang atau pelan mas Rahman?


  • mandacan
    September 7, 2015

    Mas Mun, mobil karlo th 2010 saya akinya sdh gak bisa di starter, mohon pencerahan sebaiknya bagaimana? kalo harus diganti apa msh ada yang sama merk sonic atau referensi gantinya dengan merk apa dan typenya? Terima kasih sebelumnya


    • MasMun
      September 8, 2015

      Sudah waktunya ganti mas, sudah 5 tahun kan? Termasuk awet aki bisa bertahan hingga 5 tahun. Ganti aki mobil yang bagus bisa pakai Yuasa, yang penting kapasitas Ampere-nya sama atau tidak beda jauh dari yang dipakai saat ini.


  • arif
    August 12, 2015

    Mas mun, merk air accu yg rekomendasi buat nambah?


  • satrio
    July 18, 2015

    Mas Mun, krn sdh pensiun saya hanya pakai Wagon R AGS bila perlu saja (kira2 1x seminggu). Agar aki tdk soak, saya berpikir utk tiga hari sekali di-charge pakai slow charger (ada dijual di Bukalapak) yg ada otomatis cut off bila aki sdh full. Apakah kiranya ini tidak akan merusak aki atau memperpendek umur aki?

    terima kasih


    • MasMun
      July 18, 2015

      Tidak usah om,, seminggu sekali dinyalakan asal ketika dipakai durasinya agak lama tidak papa. Misalkan dipakai muter-muter Jakarta ketika morning weekend selama satu-dua jam sudah cukup. Jangan dibikin pusing om Satrio, termasuk khawatir kalau mesin cepat rusak kalau digunakan di mode “D” selama masa inreyen. Selama pemakaian normal dan tidak ada modifikasi yakin aman deh, jika ada kerusakan kan tinggal komplain saja. :D


      • satrio
        July 20, 2015

        iya ya…terlalu khawatir nih.


  • Dayak
    July 16, 2015

    Selamat Pagi Om, saya mau Tanya dong kalau aki GS tapi yang Hybrid perawatannya Gimana? berapa bulan sekali harus dicheck, punya saya sudah satu tahun tidak pernah di Check tapi sering dipakai Dan sekarang akhirnya udah Rembes Kata tukang akinya. terima kasih om. :D


    • MasMun
      July 18, 2015

      Saya kurang paham maksudnya rembes itu gimana, hehe. Aki GS Hybrid itu masih perlu pengecekkan dan pengisian air aki. Pengecekkan dan penambahan air itu pekerjaan ringan loh, tapi kalau aki sampai kekeringan bisa berakibat fatal. Jika sel aki sampai kering bisa membuat aki cepat tekor, kemampuannya menyimpan arus listrik bisa jadi berkurang, kalau sdh begitu harus ganti aki lagi.

      Kalau bisa ketinggian air aki dicek paling tidak sebulan sekali om, supaya bisa lebih panjang masa pakainya.


  • andra
    May 31, 2015

    wah.. banyak info yang sebelumnya gak tau jadi tau..
    sangat bermanfaat.. mau numpang tanya.. saya terpaksa ninggal estillo sy di rumah dlm waktu yg lama.. sekitar sebulan.. kalau boleh tau tipsnya dong mas mun biar ketika mau di pakai lagi msh dllm keadaan normal.. perlukah kita copot akinya? thanks…


    • MasMun
      May 31, 2015

      Lamanya berapa minggu kira-kira Om? Kalau dari pengalaman saya sekarang jika hanya untuk seminggu atau dua minggu tidak perlu lepas Accu(kondisi mobil standard dan aki sehat).

      Yang perlu dilakukan ketika meninggalkan mobil dalam jangka waktu lama cukup:
      1. Jangan mengaktifkan alaram
      2. Jangan menarik rem tangan. Masukkan ke gigi 1 dan ganjal roda(Menghindari resiko rem mengunci).
      3. Pastikan pintu tertutup rapat, karena dulu pernah aki soak gara-gara pintu tidak rapat sehingga lampu kabin nyala terus.

      Semoga membantu :)


  • Eko Purwanto
    April 29, 2015

    Halo Mas..sy mau tny mslh kelistrikan foglamp ni..sy br sj ganti relay,fuse & terminal ring utk foglamp..awalnya stlh br sj diganti menyala keduanya (sblmnya kdg hdp lbh srg mati)..stlh plg dr bengkel kok satu foglamp tdk menyala,kira2 knp ya ? mhn saran & pncerahannya..tks


    • MasMun
      April 29, 2015

      Coba cek bohlam-nya apakah putus? Kalau pakai yg halogen jangan sentuh kacanya dengan tangan, gunakan pembungkus gabus bawaan untuk memasangnya, hindari kontak langsung dengan kulit/


  • eko auli yanuar
    April 8, 2015

    Terima kasih mas infonya.
    BTW, Artikel lainya juga bagus-bagus.


    • MasMun
      April 12, 2015

      Terima kasih, semoga infonya bermanfaat mas Eko.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+