Ban Mobil Murah Namun Berkualitas

36

Ketika harus mengganti ban bawaan Suzuki Karimun Estilo yang bunting cukup sedih juga, padahal kondisi alur atau kembangangannya masih cukup tebal. Dan kebayang donk biaya yang akan dikeluarkan untuk mengganti ke-empatnya, karena memang sebaiknya penggantian ban mobil dilakukan secara keseluruhan dan dengan ukuran yang sama semua. :(

Si karet bundar dengan harga terjangkau

Si karet bundar dengan harga terjangkau

Sempat bingung juga setelah membanding-bandingkan harga di internet akhirnya menemukan merek ban mobil murah dan berkualitas. Dipilihlah GT Radial tipe Champiro Eco. Kenapa memilih merek ini? Karena jauh beberapa tahun sebelumnya pernah juga mengganti “alas kaki” Honda Accord Cielo dengan GT Radial, pada saat itu ketika dibandingkan dengan merek lain harganya termasuk yang termurah tapi ternyata awet dan tidak ada masalah selama dipakai beberapa tahun hingga akhirnya mobil tersebut dijual.

Lalu bagaimana ban GT Radial untuk Karimun Estilo ini? Ukuran si karet bundar standard  Suzuki Karimun Estilo dengan lebar 155 ternyata sudah jarang ada di pasaran, walaupun ada tapi hanya tersedia merek buatan Korea yang dari sisi harga sebetulnya lebih murah, namun karena tidak ingin bertaruh dengan kualitas saya tidak berani memutuskan untuk memilih merek tersebut. Ukuran yang jamak dijumpai untuk kendaraan tipe city car saat ini adalah dengan lebar 165 hingga 175, akhirnya dipilihlah merek GT Radial dengan lebar 165(lebih lebar dikit dari bawaan standard).

Ketika dibandingkan harganya ternyata GT Radial termasuk murah jika dibandingkan merek yang bagus dan terkenal lainnya. Apa parameter ban mobil yang bagus? Secara sederhana adalah merek tersebut sudah dipercaya oleh pabrikan mobil untuk digunakan sebagai komponen standard(OEM) pada produk mobil mereka.

Alur Tapak Ban Untuk Menyalukan Air

Alur Tapak Ban Untuk Menyalukan Air

Contoh untuk roda Karimun Estilo dengan diameter 13 inch, berikut ini adalah perbandingan harganya:

  • Harga ban Bridgestone Techno 165/70 R13 -> Rp 551.000
  • Harga Dunlop SP65i 165/65 R13  -> Rp 532.000
  • Harga ban Goodyear GT3 165/65 R13 -> Rp 480.00
  • Harga Gt Radial Champiro Eco 165/65 R13 -> Rp 380.000

Ketika sudah terpasang di mobil Mas_Mun memperhatikan kembang ban GT Radial tipe Champiro Eco ini memiliki alur kembang yang cukup lebar dan dalam pada bagian tengah, ternyata ini berfungsi sebagai jalur air ketika melewati  genangan air sehingga ban bisa menapak lebih sempurna di aspal.

Kode Ban Mobil Tanggal Produksi

Kode ban mobil menandakan tanggal produksi

Sedikit tips bagi para pemirsah yang ingin mengganti “si karet bundar” sebaiknya perhatikan 4 digit kode ban mobil yang menandakan waktu produksinya. Kode yang terdapat pada sisi luar tersebut biasanya terbingkai garis. Dua digit pertama menandakan minggu produksi dan dua digit terakhir menandakan tahun produksi. Pada contoh gambar terpampang angka 1714, yang berarti diproduksi pada minggu ke 17 tahun 2014.

Jadi anda dapat mengetahui apakah “si karet bundar” tersebut adalah produk baru atau yang sudah bertahun-tahun menumpuk di gudang toko ban. Sebaiknya pilihlah yang benar-benar masih baru diproduksi bukan yang telah berumur tahunan.

Topik: Roda | Tagged , , , ban mobil murah berkualitas, merk ban mobil murah berkualitas, ban mobil paling murah, merk ban mobil murah, merk ban mobil termurah.

36 comments
  • Gilang
    October 29, 2016

    Mlm masmun, karlo sy aga bising kedengeran suara gesekan ban dengan jalan. Sy udh ganti karet su, trus cek kaki kaki, kata teknisi semua normal. Trus sy coba ke tmpat spooring katanya jg normal. Nah pas lg diem sambil ngopi, teknisinya bilang “coba ganti ban, karna ban sy sudah kadaluarsa jd keras bannya tra ngaruh ke suspensi jd aga keras kerasanya”. Prtanyaan sy, apa mungkin pengaruh dari ban kadaluarsa mas?


    • MasMun
      October 31, 2016

      Halo mas Gilang, bisa bunyi muncul akibat tapak ban yang sudah tipis atau karet ban yang sudah mengeras. Ciri-ciri bunyi yang ditimbulkan oleh tapak ban adalah:

      • Bunyi gemuruh mengikuti kecapatan mobil, semakin cepat bunyi semakin berisik biasanya sangat kencang di kecepatan 40-60 km/jam
      • Bunyi berubah-ubah begitu permukaan aspal jalan juga berubah(biasanya jika aspal kasar maka lebih berisik).

      Kalau gejala yang ditimbulkan tidak seperti itu, perlu dicurigai bagian laher atau bearing roda sebagai penyebab timbulanya buyi atau suara gemurah yang terjadi di mobil.


  • Sabila
    October 27, 2016

    Mas mun, saya punya estilo 2007, karena beli second jadi udah hancur-hancuran bannya. Saran mau ganti ban keseluruhan dan kl ada tempat/bengkel yang bisa gantinya ya mas mun. Lokasi sekitar bintaro, tangsel. Makasih mas.


    • MasMun
      October 28, 2016

      Ya mapun mbak Sabila,, bengkel ban dari Bintaro ke arah Rempoa banyak banget. Bengkel atau toko ban banyak yang perlu disiapin tinggal dananya saja. :D :D


  • inyonge
    September 24, 2016

    Sy punya Imun Estilo 2008 type full optional dg ukuran velg/ban 185/55 – R14 – Champiro BAX2 GTRadial.
    Rencana mo ganti dg velg Agya dg ukuran ban/velg 175/65 – R14 – Dunlop.
    Mohon saran MasMun, bisa nggak rencana ini sy eksekusi ??
    Apa plus minus nya dari sisi kenyamanan dll, klo sy ganti dengan ukuran 175/65-R14 ??

    Terimakasih sblmnya.


    • MasMun
      September 26, 2016

      Ada yang pernah curhat Karlo pakai ban standard AGYA mentok ban depannya ketika belok mentok, mungkin karena terlalu tebal harusnya kan kalau velg ukurannnya lebih besar sebaiknya pemilihan profil ketebalan ban ikut turun. Btw pakai yang 185/55 R14 sekarang nggak mentok waktu belok?


  • Bernardus Ardityo
    September 19, 2016

    Mas Mumun, saya barusan beli second Karimun Estilo 2010. Sama yg punya sebelumnya 2 ban pakai campiro buat belakang dan 2 ban depan pakai dunlop..pada saat spooring balancing, atas saran teknisinya ban di putar jadi ban depan dunlop dan champiro, belakang juga begitu.. Apakah bisa mas? Mohon pencerahan ya.. Terimakasih


    • MasMun
      September 27, 2016

      Iya itu namanya di rotasi dan memang sebaiknya seperti itu, nggak ada masalah kok malah bagus tujuannya agar aus-nya merata.


  • ulil
    August 16, 2016

    Masmun.. karimun estilo biar enak dibawa kenceng tapi stabil pas nya pake velg dan ban ukuran berapa ya mas?


    • MasMun
      August 18, 2016

      Pakai Velg R15 bekas Splash, ban bisa pakai 175/50 atau 175/55 R15.


  • Cepi sopyan
    August 11, 2016

    Sore.. mas mun, mau tanya ni mobil saya karimun wagon r rencana mau ganti velg ke R14 or R15, kalo misalkan Lebar Velg nya 5.5 atau 6.5 bisa gak masmun?


    • MasMun
      August 12, 2016

      5,5 bisa mas, kalau utk 6,5 saya belum pernah nyoba tapi kemungkinan bisa asalkan offset-nya sama dng standar-nya dan ban tdak terlalu tebal.


  • Jalaluddin
    July 4, 2016

    Masmun….mobil saya honda civic vtis 2002 pake ban uk 195/60 R15…apakah bisa menggunakan ban yg sedikit lebih tinggi 195/65


  • Henry
    July 3, 2016

    Kalu saya ganti ban Suzuki Estilo saya (th 2012) ban nya yg lama Dunlop SP10 ganti dg ban Bridgestone atau GT yg ukuran 165 / 70 apakah cocok & bisa berfungsi / berjalan dg baik nggak ya ???


    • MasMun
      July 16, 2016

      Bisa, tidak ada masalah pak Henry.


  • chan
    June 29, 2016

    Mas Nanya mobil saya hyundai Atoz, apakah kekurangan menggunakan ukuran ban 155? apakah saya wajib segera ganti ke ukuran yg lebih besar? nuwun


    • MasMun
      July 1, 2016

      Kekurangannya kurang stabil di kecepatan tinggi(rute tol), tapi kalau lebih banyak untuk dalam kota tidak ada masalah sama sekali.


  • wandy ciky
    February 26, 2016

    siang mas mun,saya baru punya wagon r gl mo gnti ban bgusnya ukran brpa y,biar gak cungkring ma ketinggian. pelek ttp bawaan pabrik bgusnya dicat warna apa ya mobil saya warna silky silver. oh y,kondisi jalan tmpat saya bnyk yg kriting dan lubang.
    Atau klo ada saran lain biar mobil lbih enak dipandang dan nyaman digunakan.
    Makasih mas pencerahannya.


    • MasMun
      February 26, 2016

      Jika menggunakan velg standar lebar tapak ban maksimal 175 atau sebaiknya yang 165 agar tidak terlalu lebar karena velg bawaan Wagon R nggak terlalu lebar. Untuk profil tingginya pilih yg 65 saja sama seperti yg ori. Untuk repaint warna velg bisa coba warna ‘gunmetal’ warnanya gelap, tapi tidak seperti warna hitam yang terlalu gelap.


  • Fajat
    February 18, 2016

    Mas mun, bawaannya ban pabrik itu udh tubles atau belum ya?


  • kristianto
    September 7, 2015

    Masmun, boleh info utk recomend range ban karimun?
    lalu bisakah menggunakan velg 14 atau 15?


    • MasMun
      September 8, 2015

      Untuk lebar saran saya sebaiknya lebar 175 mas, sebenarnya bisa saja pakai 185 tapi tarikan jadi lebih berat dan pasti berpengaruh ke konsumsi bahan bakar. Untuk profile tebal yang R14 bisa pakai 55 atau 60 sedangkan yang R15 bisa pakai profil ban dengan tebal 50 atau 55.

      Dengan begitu diameter velg bisa lebih besar tapi diamter lingkar terluar ban tidak berbeda jauh dengan ukuran ban standard Suzuki Karimun.


      • Kristianto
        September 30, 2015

        Apakah dengan ban 175/55-60/R14 atau 175/50-55/R15, ga gesrot depan blakang dan ga perlu ganti shock, mas ?


        • MasMun
          September 30, 2015

          Nggak mas dijamin, asalkan ukuran offset velg sesuai dng velg standard yaitu 45 atau kalau beda +/-5 lah.


  • aditya
    July 31, 2015

    Om Mumun, saya rencana ganti mau ganti ban yang sudah retak kecil dan ada 1 tambalan tapi Kembang masih bagus,..Kata temen mending pakein ban dalam aja jadi ban terseubut..
    Menurut Om mumun apakah recommend tersebut bisa dipertimbangkan?

    Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.


    • MasMun
      August 1, 2015

      Ban tubles dipakaikan ban dalam bisa dipertimbangkan untuk sementara, hingga “awal bulan” saja. :)
      Sebaiknya jangan karena akan kelenturan dan ke-empukkan ban tubles dan ban yang menggunakan ban dalam itu tidak sama, dan untuk kecepatan tinggi juga juga riskan apalagi kondisinya sudah retak.


  • ano
    June 28, 2015

    mas mun, dulu ganti ban gt radial eco di toko apa? mau ganti juga nih, domisili klaten. trims


    • MasMun
      June 28, 2015

      Di bengkel CV Rahmat Om. Lokasinya https://goo.gl/maps/yaTy4 Harga murah pinter-pinter nawar aja, tapi nggak usah spooring – balancing di situ, kurang bagus.


  • Muhammad Khanif
    June 11, 2015

    Mas Mun mohon bimbingannya,Kalau Karimun Estilo Saya 2007 apa bisa diganti Velg 14″ Dengan Lebar Ban 195/45/R14 tanpa harus mengganti Sockbreaker dan apakah dengan ukuran tersebut Power Stearing EPS tidak terasa berat dan tidak gesrot.?Mohon bimbingannya mas Mun, Terima Kasih.


    • MasMun
      June 11, 2015

      195 terlalu lebar Om,,, kemungkinan besar ban belakang gesrot fender dan ban depan kena dinding dalam spakbor ketika belok. Sebaiknya maks lebar 175 saja.


  • Andra
    June 5, 2015

    Itu harganya per PCS ya Mas? Artinya kalau beli harus 5 ya (4+1 Spare)?
    Ada info harga untuk ukuran 175/65 R13 Mas, karena yang saya gunakan saat ini ukuran 175.

    tanya juga untuk penggantian lampu kabin, karena punya saya mati. Cek di toko online, banyak dijual model LED dengan harga murah yaitu 25rb-45rb, apakah recommended karena saya mau beli

    Thanks


    • MasMun
      June 6, 2015

      Iya itu harga perbuah. Tips buat menghemat, belinya cukup 4 ban saja, yang ban serep pakai dari ban lama yang kondisinya dipilih terbaik dari yang ada. Untuk harga coba googling.

      Reomended, Lampu kabin model LED justru lebih terang tapi pastikan pilih yang sudah menggunakan fitting lampu yang sama. Untuk punya Karimun menggunakan model jept yang lurus(kaki kanan/kiri terpisah).


      • alung
        October 13, 2015

        mas, mengenai tips hemat dari mas mun,sebagai nubi user mau menanyakan, kalo misalkan ban baru dan ban lama (untuk serep) ukurannya berbeda apakah tidak masalah?
        (ex: ban baru 165/65 atau 175/65, ban lama 155/65)

        Terima kasih


        • MasMun
          October 17, 2015

          Kalau ban serep-nya hanya untuk temporary(sementara) saja ketika ada yang kempes, begitu sudah ditambal yang kempes dipasang lagi tidak masalah pakai ukuran belang. Saya juga begitu, ketika ganti ban semua dari ke-empat ban lama pilih satu yang paling bagus untuk dijadikan ban serep kemudian 4 yang terpasang baru dan sejenis semua. :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+