Belajar Cara Parkir Mundur Bagi Pengemudi Pemula

4
Belajar nyetir mobil manual yang benar

Belajar nyetir mobil manual yang benar

Artikel ini ditujukan bagi pemula untuk belajar parkir mundur dari sisi teori berdasarkan pengalaman penulis ketika belajar dan mengajari kerabat dekat mengemudi.

Yang namanya mengemudi pasti ke arah depan, pandangan lurus ke depan menghadap kaca depan yang lebar. Tapi masa iya mobil selalu berjalan ke depan? Ada kalanya mobil perlu mundur ke belakang, biasanya ini dilakukan ketika mengahadapi jalan buntu yang tidak mungkin untuk berputar, pada saat parkir mundur atau ketika mencari alamat dan ternyata sudah terlewat di belakang. Caranya ya gampang tinggal masukan presneling ke gigi mundur(R) dan injek gas beres deh. Emang segampang itu cara belajar parkir mundur?

Cara parkir mundur pantau bagian depan

Cara parkir mundur pantau bagian depan

Jawabannya iya kalau hanya ingin berjalan mundur, tapi kalau ingin teknik parkir mundur yang rapih dan terarah tentu ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Beberapa kali Mas_Mun mengajarai kerabat dan saudara cara mengemudi mobil manual yang benar dan ketika mengharuskan untuk mundur mereka hanya berfokus pada salah satu kaca spion saja akibatnya di sisi yang satunya tanpa diduga mobil menyenggol trotoar atau kendaraan lainnya.

Untuk pemula yang masih grogi ketika memarkirkan kendaraanya Mas_Mun berikan beberapa tips cara parkir mundur ataupun mengemudi mundur untuk yang jalan lurus.  Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi ketika belajar nyetir mobil manual lebih dari 15 tahun yang lalu dan ketika mengajari kerabat/saudara untuk menyetir selama ini:

  • Ketika memundurkan mobil di jalan yang lurus anda tidak dapat menjadikan kelurusan posisi setir sebagai patokan, sebaiknya anda harus berfokus pada kedua spion sebagai patokan. Pusatkan perhatian anda pada kaca spion kiri dan kanan, sesekali perhatikan juga spion tengah. Jangan hanya fokus pada kaca spion di salah satu sisi saja.
  • Ketika mengemudi mundur refleks kita tidak sebaik ketika kita mengemudi normal ke arah depan, wajar saja karena segalanya serba terbalik. Karena refleks tubuh yang lebih lambat itulah maka ketika mengemudi mundur seharusnya kecepatan mobil jangan terlalu cepat. Dalam keadaan pedal kopling terbebas(tidak diinjak) dan presenling dalam posisi R maka mobil akan melaju mundur dengan cukup cepat dan perlu respon yang sigap.Sebaiknya dalam posisi mundur injak pedal kopling setengah dan kaki kanan stand by untuk berpindah-pindah antara di posisi pedal gas dan rem.Bukan hal yang mudah bagi pemula untuk membagi konsentrasi antara mengarahkan mobil dengan fokus kebelakang dan mengimabangi injakan pedal gas, kopling dan rem. Tapi ketekunan berlatih sehingga meningkatkan jam terbang dapat memperlancar anda mengemudi mobil manual.
  • Teknik parkir mundur perhatikan spion bergantian

    Teknik parkir mundur perhatikan spion bergantian

    Ketika anda harus melakukan parkir mundur, dengan posisi harus berbelok mentok atau mematah ke satu arah, maka perhatikan juga bagian ujung depan mobil. Misalakan anda ingin berbelok mundur ke kanan maka jangan lupa bagi perhatian anda ke ujung depan mobil sebelah kiri, karena bagian depan yang berlawanan itu biasanya rawan menyenggol tembok atau kendaraan lain. Jika bagian depan hampir mengenai objek lain maka putaran setir perlu anda kurangi atau bahkan maju lagi terlebih dahulu sambil mengurangi putaran setir(setir diarahkan ke posisis lurus).Lagi-lagi membagi konsentrasi pandangan ke belakang, injakan pedal kopling dan sisi ujung depan mobil bukanlah hal mudah bagi pemula yang baru mengemudikan mobil tapi akan mudah seiring semakin banyak latihan dalam mengemudi mundur.

Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar menyetir, jika ada pertanyaan silahkan utarakan melalui form komentar. :)

Topik: Mengemudi | Tagged , cara memundurkan mobil, cara memundurkan mobil bagi pemula, cara memundurkan mobil manual, belajar parkir mundur, cara parkir mundur yang benar.

4 comments
  • indra
    July 21, 2016

    mas, smp skrg saya blm dpt feelnya bwt patokan parkir mundur biar lurus sm garis. kadang saya liat di spion udah lurus sm garis, setir jg lurus. tp pas turun, trnyata msh miring dikiiit, ga sejajar banget dgn garis parkir.
    meskipun ga keluar garis, dan membahayakan mobil sebelah, tp rasanya msh kurang sempurna cara parkir saya.
    jadi gimana caranya biar bs lurus sejajar dgn garis, soalnya spion kan cembung. ato miring dikit gpp yg ptg ga ganggu mobil lain?
    makasih…


    • MasMun
      July 25, 2016

      Bisa pakai cara berikut, Kalau spion mobil sudah electric coba ketika belajar parkir mundur arah kaca spion agak diturunkan, nanti yang jadi patokan garis parkir di sebalah kanan kiri mobil. Kalau sudah dalam posisi imbang(kanan-kiri) dan sejajar tinggal diluruskan saja setirnya.


  • zakkan
    May 14, 2016

    matur suwun mas


    • MasMun
      May 14, 2016

      Sama-sama, semoga cepat mahir belajar parkir mobilnya. :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+