Belajar Mengemudi di Tanjakan Dengan Mobil Manual

86

Salah satu hal yang paling ditakuti oleh pemula adalah belajar mengemudi di tanjakan dengan mobil manual, sehingga yang akan muncul adalah perasan tegang, telapak tangan basah atau bahkan berpikir akan terjadi sesuatu yang negatif. Ya memang mengendarai mobil dengan transmisi manual di tanjakan tidak semudah mobil matik, karena itu beberapa pemula yang enggan bersusah payah belajar mengemudi dikondisi seperti ini lebih memilih mobil matik yang jauh lebih mudah tentu dengan alasan lain yaitu kepraktisan. Bagaimana tidak susah, ketika kita belum fasih memainkan ketiga pedal kita di tuntut harus mengoperasikannya dengan cepat jika tidak maka mobil akan lebih dahulu mundur dari pada maju ke depan.

Belajar Mengemudi di Tanjakan Dengan Mobil Manual

Belajar Tanjakan Dengan Mobil Manual

Tapi tetaplah mobil manual memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mobil matik, termasuk ketika mobil berhenti di tanjakan. Mobil manual lebih cepat melaju di kondisi tanjakan curam, belum lagi ketika akan menyalip di jalan raya jenis mobil ini lebih sigap, dan tentu konsumsi bahan bakarnya lebih hemat. Karena itu tidak salah jika anda tetap belajar tanjakan menggunakan mobil manual. Ada caranya yang dapat memermudah anda dalam belajar mengemudi dalam kondisi mobil berhenti di tanjakan.

Yang perlu anda perhatikan dan faktor yang sangat penting dalam kondisi mobil berhenti di tanjakan adalah jangan panik. Itu faktor utama, ketika anda panik, hafalan anda tentang harus menekan pedal gas dan melepas pedal kopling akan buyar, maka yang mungkin akan terjadi adalah mesin hanya meraung kencang dan mobil justru mundur karena anda tidak melepas pedal kopling karena kondisi psikologis anda tegang.

Untuk jalan kembali dalam kondisi mobil berhenti ditanjakan ada dua pilihan cara, yaitu menggunakan rem kaki atau menggunakan rem tangan. Kita akan bahas satu persatu teknik tersebut beserta keunggulan dan kelemahannya. Namun sebelumnya Mas_Mun akan memberi bocoran singkat (dan tips yang memudahkan), bahwa untuk pemula akan lebih mudah jika menggunakan rem tangan.

Belajar Mengemudi di Tanjakan Dengan Rem Kaki

Urutan ketika menggunakan rem kaki untuk menghadapi kondisi ini adalah:

  1. Kaki kanan injak rem kaki, kaki kiri injak pedal kopling hingga dalam. Pastikan posisi presneling masuk ke gigi 1.
  2. Pindahkan kaki kanan ke pedal gas dengan cepat. Kaki kiri lepas kopling perlahan.

Tips penting: Anda tidak perlu khawatir hingga menginjak pedal gas dalam-dalam, tanamkan dalam pikiran bawah sadar anda bahwa menginjak pedal gas sedikit saja sudah cukup.

Kemudian tips penting lainya adalah perhatikan pedal kopling. Masing-masing mobil memiliki setelan kopling yang berbeda, ada mobil manual yang baru bisa berjalan setelah kopling dilepas 1/2 injakan, ada yang sudah bisa bergerak maju jika injakan pedal kopling sudah dilepas 1/4-nya saja. Nah kalau anda sudah hafal seberapa dalam ketinggian pedal kopling ketika dilepas mobil akan berjalan, ingat terus hal itu.

Sehingga ketika kaki kanan sudah melepas pedal rem maka kaki kiri segera mengurangi injakan pedal kopling hingga posisi injakan yang anda hafal tadi, diikuti kaki kanan menambah injakan pedal gas sedikit demi sedikit. Sekali lagi tanamkan pada ingatan anda menginjak pedal gas sedikit demi sedikit, tidak perlu panik.

Mobil Berhenti di Tanjakan Gunakan Gigi Satu

Mobil Berhenti di Tanjakan Gunakan Gigi Satu

Yang sering terjadi ketika anda lupa atau panik adalah dalam waktu yang sedemikian singkat anda bingung kenapa mobil tidak berjalan maka ditambahlah injakan pedal gas hingga dalam padahal anda lupa melepas kopling, dan ketika anda ingat lalu melepas pedal kopling yang terjadi adalah mobil akan loncat karena gas terlalu besar. Jadi selalu ingat, di awal gas tekan sedikit demi sedikit sambil posisi kopling dilepas hingga mobil dapat bergerak.

Kekurangan menggunakan rem kaki ini adalah waktu respon memindahkan kaki di pedal harus cepat, jika tidak maka mobil akan segera mundur.

Belajar Mobil di Tanjakan Menggunakan Rem Tangan

Cara alternatif lainnya lebih mudah bagi pengemudi pemula yang belajar mobil di tanjakan adalah menggunakan rem tangan sebagai pengganti rem kaki di tanjakan. Urutannya ketika menggunakan teknik ini adalah:

  1. Kaki kanan stand-by di pedal gas, kaki kiri menginjak pedal kopling secara penuh.
  2. Posisi presneling masuk gigi 1, dan tangan kiri anda bersiap melepas rem tangan yang aktif.
  3. Untuk mulai berjalan injak pedal gas sedikit demi sedikit sambil kurangi injakan pedal kopling. Turunkan rem tangan perlahan.
  4. Ketika sudah berjalan pastikan rem tangan sudah benar-benar tidak aktif.

Dengan menggunakan rem tangan ini membuat mobil tidak menyentak ketika mulai berjalan di tanjakan, hal itu disebabkan kaki kanan anda lebih dapat mengontrol pedal gas karena sudah stand-by dari awal di posisi pedal gas. Dan posisi mobil tidak mundur sedikit pun karena terbantu rem tangan.

Tips penting: Singkronkan antara tangan anda melepas rem tangan dengan kaki kiri melepas pedal kopling. Ingat di posisi injakan pedal kopling seberapa dalam mobil dapat mulai berjalan(yang dijabarkan dicara pertama). Cara ini lebih mudah bagi pemula yang baru belajar mengemudikan mobil, karena jika hanya sedikit anda melepas rem tangan mobil tidak langsung mundur dan lebih kecil kemungkinan untuk panik karena posisi kaki kanan sudah berada di pedal gas sejak mobil belum berjalan.

Kekurangan menggunakan rem tangan adalah anda harus memastikan rem tangan anda benar-benar pakem, karena rem tangan hanya mengandalkan kedua roda belakang jadi tidak sepakem rem kaki yang mengandalkan rem pada keempat roda. Terkadang pada kondisi tanjakan extrim dan muatan penuh, rem tangan mobil tidak mampu untuk benar-benar menjaga mobil untuk dalam posisi diam.

Kesimpulan:

Teknik manapun yang anda pilih, anda harus rutin berlatih. Berlatih setiap hari dalam seminggu pun belum tentu langsung dapat mahir karena pada praktiknya belajar mengemudi mobil manual di tanjakan bukan hanya hafalan teori yang dapat dihafal dalam waktu singkat. Anda perlu memainkan feeling anda dalam teknik melepas kopling dan menambah injakan pedal gas, hal tersebut adalah pikiran yang sudah tertanam dalam bawah sadar bukan sekedar ingatan teori yang dapat lupa.

Untuk itu anda perlu terus berlatih mobil di tanjakan dalam jangka waktu yang cukup dan itu tidak akan terlupakan jika anda praktekkan terus-menerus. Jika anda sudah sedikit mahir, bawa saja mobil baru anda untuk beraktifitas agar anda semakin sering belajar menghadapi tanjakan dan itu akan semakin memperlancar kemampuan anda. Yang terakhir untuk pemula dalam belajar mengemudikan mobil sebisa mungkin tidak berganti-ganti mobil karena setelan kopling dan ketinggian rem tangan masing-masing mobil berbeda, padahal feeling anda untuk menyesuaikan belum terasah. Jadi sebisa mungkin jangan ganti-ganti mobil ketika anda masih belajar.

Topik: Mengemudi | Tagged , cara mengemudi mobil manual di tanjakan, cara menyetir mobil di tanjakan, cara mengemudi mobil di tanjakan, belajar nyetir mobil di tanjakan, cara mengemudi di tanjakan.

86 comments
  • mashudi
    October 27, 2016

    Mas kmarin aku waktu ditanjakan tidak curam pake gigi 2,mesin kok kyak g kuat akhirnya sya berhenti….itu ap yg salahh…,apa gas terlalu dalam bisa berpengaruh


    • MasMun
      October 28, 2016

      Walaupun nggak curam kalau pelan ya harus turun ke gigi 1.


  • fery
    October 22, 2016

    Nice inpoh pak,makasih lah pokoke


  • ade
    October 14, 2016

    Wah sma donk sma sya baru belajar jg.. Tp lama” bisa agak lancar.. Karna bwa mobil stiap hari aja.. Jd tambah skill jg si.. Klo tanjakan si msh agak gerogi.. Untuk mengatasi grogi saat menyetir apa ya pak?


    • MasMun
      October 15, 2016

      Perbanyak latihan aja mas,, kalau sudah banyak jam terbangnya nanti grogi hilang sendiri karena sudah biasa.


  • wandy
    August 28, 2016

    Sy baru 2 minggu belajar bawa mobil. Momen yg plg mendebarkan adalah jalanan macet saat menanjak. Krn blum bisa hilangin kepanikan Sy blum pernah berhasil maju sempurna tanpa mundur dulu. Jadi yg sy lakukan slalu nyalakan lampu hati2 nya spya mobil diblkg gue jaga jarak.. meski gitu ttp aja mobil dblkg pd klakson2. Tambah panik deh


    • MasMun
      August 29, 2016

      Santai aja mas Bro baru 2 minggu belajar kalau kagok pasti,, cuekin saja yang nglakson. Udah bener langkahnya nyalain lampu hazard, atau kalau mau ditambahin tulisan “Jaga Jarak, Sedang Belajar”.


  • FIKRUL HUDA
    August 22, 2016

    Mas Aku sering mengalami mesin mati saat down shift kopling ke gigi satu di tanjakan curam. pas mau nginjak kopling saya gugup dan cepat2 angkat kopling karena takut mobil mundur . dan kalo mati langsung panik soalnya di tanjakan dan di jalur cepat jawa bali depan blakang truk tronton. gimana teknik downshift di tanjakan ?


    • MasMun
      August 22, 2016

      Kalau curam turunin giginya(down shift) sebelum masuk tanjakan.


  • mmadno
    August 14, 2016

    Wah, bermanfaat sekali titipsnya…. Maturnuwun


    • MasMun
      August 14, 2016

      Sama-sama, Semoga bisa tambah lancar belajar mengemudinya.


  • anggi
    July 20, 2016

    Tutorialnya sangat berguna, terima kasih ya mas Mun. Saya masih deg2an juga kalau lewat tanjakan yang macet. Saya biasa menggunakan rem tangan, saat mau jalan angkat kopling pelan2 sampai ada getaran, kaki siap injak gas dan lepas rem tangan apabila tanjakannya curam. Apabila tanjakan sedang saya pakai rem kaki + kopling, saat mau jalan angkat kopling pelan2 sampai ada getaran lalu pindahkan kaki kanan ke gas :)


    • MasMun
      August 12, 2016

      Perbanyak jam terbang mas/mbak Anggi, nanti lama-lama pasti bisa.


  • danang
    July 12, 2016

    Wah trimakasih mas mun ini sangat bermanfaat bgt buat pamula spti aq…sekali lgi THANK’S


  • Arya
    July 3, 2016

    Mas, nanya. Kalo saat tanjakan curam, kita gunakan teknik kombinasi bisa boleh ngak, yaitu rem kaki dan rem tangan sama2 digunakan,. Soalnya buat jaga2 kalo tiba2 mesin mati, rem tangan tetap bekerja, dan rem kaki kondisi mesin mati akan los. Kira2 ada efeknya ngak. Trims


    • MasMun
      July 16, 2016

      Secara praktek susah mas Arya untuk membagi konsentrasi rem tangan dan rema kaki berbarengan, tapi kalau bisa ya silahkan saja dipraktekkan.


  • Alex
    June 24, 2016

    Terima kasih tips nya.
    Sebagai pemula, dgn sedan Nissan Sunny 1997, selama ini saya lebih mengandalkan teknik 1/4-1/2 kopling saat siap2 akan jalan untuk menghadapi kondisi stop and go baik di tanjakan macet maupun non tanjakan yg macet. Resiko kampas kopling lebih cepat aus memang, tapi masih lebih baik daripada nabrak kendaraan di depan/belakang yg menyebabkan ganti rugi yg cukup besar juga.
    Tapi saya akan coba kedua teknik yg mas sebutkan, walaupun tampaknya, prakteknya mungkin teknik lama akan tetap saya gunakan sampai mahir dgn teknik baru.
    Yang seru, di tanjakan macet, kemudian akan putar balik di U-turn dengan kondisi ramai dari kedua arah : lengkap dgn angkot dan sepeda motor….


    • MasMun
      June 24, 2016

      Pakai rem tangan saja mas lebih santai dan halus. Kemudian kalau Tanjakan macet, putar balik U turn, kondisi ramai mending jalan terus aja deh kalau belum lancar banget. Saya bayanginnya aja ngeri kalau misalkan masih belajar. Hehehe :)

      Btw Nissan Sunny itu sedan ukurannya lumayan besar loh, kalau baru belajar sudah langsung bawa sedan hebat loh itu.


      • Alex
        June 25, 2016

        Selama latihan sebelum di jalan raya, saya fokus pada 2 hal : menguasai 1/4/-1/2 kopling dan U-turn, latihan dengan menganggap kondisi ramai/antri. Setelah beberapa kali latihan dan cukup yakin, baru saya berani ke jalan raya. Karena pada praktek sehari-hari, rute dgn U-turn dng kondisi ramai seperti itu harus dihadapi juga.
        Mengenai Nissan Sunny itu, saya sudah ukur dimensinya : panjang, lebar, tinggi, dsb. Saya juga telah ukur jarak antara dashboard dgn ujung paling depan (kira2 1.5 meter). Tapi walaupun sudah diukur, tetap juga alami lecet di ujung kanan-depan saat keluar mundur dari garasi dan dari tempat parkir di Mall, karena salah perhitungan…

        Tapi untungnya, belum pernah senggol kendaraan lain, walaupun jarak cukup sempit, padahal masih pemula…


        • MasMun
          June 26, 2016

          Wajar kalau baret di ujung bemper mas, jangan langsung di cat dibiarkan saja dulu. Anggap aja sebagai biaya latihan mengemudi, hehe. Tinggal memperbanyak jam terbang aja kalau sudah sepeti itu, nanti lama-lama lancar sendiri deh.


  • Toton
    June 24, 2016

    Mas bagaimana cara jalan merayap di tanjakan agar halus pake gigi 1 ato 2


    • MasMun
      June 24, 2016

      Kalau merayap kurang dari 10km/jam Wajib gigi 1 apalagi kalau mobilnya cuman 1000 Cc, bisa nggak kuat nanjak kalau pakai gigi 2. Nanti tingal main kopling saja biar halus, PRINSIPNYA injak kopling berbanding terbalik dengan kecepatan. Misalkan masih berjalan pelan injak kopling 1/4 agar mobil tidak endut-ndutan(menyendal), sampai ketika benar-benar mau berhenti injakan pedal kopling terus ditambah semakin dalam.


  • Toton
    June 24, 2016

    Mas mw nanya menstabilkan jalan mobil merarap di tanjakan bagaimana. Baik nya menggunakan gigi 1 ato 2 saat merayap, kadang kl nginjak gas agak dlm nyelonong tkt nabrak dan di rem mendadak tkt mati… bgaimana agar halus merayap nya. mksh sebelum nya mas


    • MasMun
      June 24, 2016

      Sudah dijawab ya dieprtanyaan satunya.


  • asep
    June 18, 2016

    Mf mas mun sy mo nya nih mas,ktika di stop di tnjkn trus sy gunkn rem tngn.pas mo jln ketika mobil udh mulai brgtar trus mleps rem tngn’y pln2 ap skligus aja mas?…


    • MasMun
      June 22, 2016

      Sekaligus mas Asep sambil lepas pedal kopling.


  • mas agus
    June 15, 2016

    Tips mbantu bgt,mas.bner smua tuh.sy masih suka panik,grogi,jg keringetan kl ngliat tanjakan.modal nekat plus ati2 ja jdny.blom pnh ketemu macet di tanjakan semacam nagreg atau malangbong garut tu sih,mas.terimakasih,maturnuwun byk utk tutorialnya..


    • MasMun
      June 16, 2016

      Semoga cepat lancar mas Agus.


      • mas agus
        June 17, 2016

        Masih suka panik&hilang konsentrasi,mas Mun.gmn tips ngilangin gugup,panik gt ya.mohon di share ya…terimakasih,Tuhan memberkati


        • MasMun
          June 18, 2016

          Halo mas Agus latihannya sudah berapa lama? Panik itu sebenarnya kan indikator dari kemampuan medan yg kita hadapi dan kesadaran akan kemampuan kita yang belum cukup memadai. Kalau saya bilang jangan panik- jangan panik, percuma karena nggak akan berpengaruh. Solusinya:
          1. Kalau belum terlalu lancar jangan lewat tanjakan terjal dan macet dulu, karena pasti akan panik.
          2. Perbanyak latihan untuk mengenal karakter mobil dan membiasakan gerak kaki& tangan, puluhan bahkan ratusan jam latihan itu yang akan membuat kita lancar dan dengan sendirinya kita sadar kemampuan kita sudah meningkat. Kalau sudah begitu panik akan hilang dengan sendirinya.


  • Faizal
    June 12, 2016

    Pas nanjak jalan rame, salah nginjek mobil loncat dikit trus mesin mati. Udah gitu diklaksonin mulu ama orang dari belakang. Disitulah saya merasa leuleus….


    • MasMun
      June 16, 2016

      Yang sabar aja Bos namanya juga baru belajar.


  • dini damayanti
    May 30, 2016

    Walaupun udah 3 taun pake mbl wara wiri di jln ttp takut klau sm tanjakan, sy msh blm bs dgn teknik rem tangan, blm bs mulus, takut mbl loncat kedepan akibat menekan pedal gas kegedean. Pake teknik rem kaki jg takut koplingnya cepet abis, trus lumayan pegel jg ya klau ditanjakan nekan kopling terus, baiknya gmn ya?


    • MasMun
      May 30, 2016

      Kalau takut lama bisanya mbak Dini. Coba dipaksakan perbanyak latihan di jalan/waktu yang lengang.


  • awan
    May 28, 2016

    Misi mas, mau nanya, kalau di tanjakan, saya masih belum lancar, udah bbrp kali belajar mindah kaki kanan secepatnya dari rem ke gas, hasilnya mobil tetep mundur sedikit bbrp cm terus maju, kira2 saya sudah aman belum ya kalo mau jalan ke jalan raya


    • MasMun
      May 28, 2016

      Aman mas,, mundur sedikit itu normal asal tetap tenang aja. Normalnya orang kalau berhenti ditanjakan pasti memberi jarak lebih dengan mobil yang ada di depannya.


  • Uyun
    May 24, 2016

    Mas, saya pernah parkir di tempat menanjak, hand rem saya angkat, posisi gigi N, begitu mesin mati mobil meluncur ke bawah dan rem kaki macet..untung berhenti sblm menabrak pagar.Knapa ya mas dan bgmn mencegah terjdi lagi.thx


    • MasMun
      May 24, 2016

      Karena rem mobil menggunakan booster yang memanfaatkan kevakuman dari mesin. Pemahaman sederhananya begini mbak Yuni: Jika mesin mobil mati rem kaki hanya bisa bekerja sekitar 2X injakan saja, untuk bisa aktif lagi ya mesin harus dihidupkan lagi. Semua mobil seperti itu kok mbak.

      Saran saya bawa mobilnya ke bengkel untuk cek hand rem(rem tangan) apakah kampas belakangnya sudah habis atau hanya perlu disetel saja. Karena untuk kondisi tanjakan dan parkir fungsi rem tangan cukup vital.


      • Uyun
        May 24, 2016

        Makasih mas atas sharing ilmunya..
        Besok coba saya bawa ke bengkel, soalnya mmg habis dibawa ke dataran tinggi jd mungkin kampasnya habis.


        • MasMun
          May 25, 2016

          Sama-sama mbak Uyun.


  • Harrry
    May 5, 2016

    Kenapa kalau nyetir mobil kurang bawaanya stres takut kalau ada apa-apa? Mungkin jam terbang belum lama baru kursus 12 jam mengemudi.


    • MasMun
      May 10, 2016

      Betul mas Harry, karena masih kurang “jam terbang”. 12 jam itu masih sedikit sekali coba diperbanyak latihan di lalulintas yang tidak padat terlebih dahulu.


  • Fandy
    April 29, 2016

    Terima kasih mas mun atas bantuan informasinya kebetulan saya baru beli mobil sudah 3 bulan saya berlatih ditempat kosong trek lurus dan tanjakan sedikit demi sedikit sudah bisa, dan baru 1x saya bawa jalan ke tempat yang padat merayap alhamdulillah ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan, hanya saja saya belum ketemu trek tanjakan yang padat merayap. saya sedang berlatih konsentrasi supaya tidak panik. sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas informasi artikelnya yang sangat berguna untuk pemula.


    • MasMun
      May 10, 2016

      Sama-sama mas,,, semoga cepat lancar belajar nyetir-nya.


  • anik
    April 21, 2016

    Wahhhh masmun…….thank ya,artikelnya brmnfaat.


    • MasMun
      April 21, 2016

      Sama-sama mbak Anik semoga bermanfaat. :D


  • Winata
    April 8, 2016

    Mau tanya. Apa bener mundurin mobil terlalu jauh akan putusin tali kopling ??


  • Lare bumen
    March 27, 2016

    Maturnuwun infone mas.sangat sangat berguna buat gambaran sebelum praktek langsung, Maturnuwun.


    • MasMun
      March 28, 2016

      Sama-sama, semoga bermanfaat.


  • Anang
    March 19, 2016

    Bermanfaat sekali mas artikelnya, tp sy mau tanya nih, knp kdg klo dibelokan leter L mesin kok gemetar ya, apa sy pke gigi msh trllu tinggi kdg gigi 3 kdg gigi 2, apa perlu ngurangi ke gigi 1 ya sblm belok, mobil sy udah tua sih thn 89, makasih mas, mklum msh pemula :D


    • MasMun
      March 21, 2016

      Ketika belok mobil butuh tenaga lebih dibanding ketika berjalan lurus, karena itu gigi perlu diturunkan ketika sedang berbelok apalagi kecepatan juga menurun ketika mobil belok.


  • Rani
    March 16, 2016

    Trims bangetz info sharingnya sangat bermanfaat u pemula.


  • Sigit
    March 12, 2016

    Cara nya gmn mas mun pas keadaan lagi menanjak tiba2 jalan macet padat merayap trus cara mengatasinya gmn


    • MasMun
      March 14, 2016

      Ya tinggal diikuti saja petunjuk diatas, pakai rem tangan biar mudah. Kalau sudah takut duluan ya nggak akan mulus stop and go di datanjakan, kalau belum lancar ya dilancarin dulu jalan yang kosong. Dulu saya belajar di jalan tanjakan yang kosong dulu juga kok, kalau sudah mahir prakteknya baru ke jalan umum yang ramai kalau perlu ke parkiran gedung bertingkat biar tambah lancar.

      Ingat, menyetir itu tentang praktek dan kebiasaan Bukan tips dan hafalan. Semoga lancar. :)


  • nizam
    March 7, 2016

    wah senangnya berbagi ya, sama mas bro. aq juga gak canggih amat dlm berkendaraan mesti tiap hari melaju p/p 80 km. cuma kondisi menanjak sangat berbeda, sangat berbeda. apalagi bawa anak2 naek mall. aku pernah salah ganti dari gigi 2 mau pindah ke gigi 1 krn g konsen jadi 3, keringat dingin. anak2 tak suruh turun. akhirnya ingat rem tangan membantu….hadeuhhhh pengalaman jarang2 tempat kami menanjak apalagi rapat spt di puncak


  • alam
    February 17, 2016

    mohon maaf om masmun, kemaren tanpa izin dlu, maklum gak kepikiran mas, dan sya baru di dunia blog. tapi sya senang masmun langsung correct ke saya…maaf sblmya ya om…


    • MasMun
      February 18, 2016

      Hehe, nggak papa mas Alam. Btw blog-nya cepet banget updatenya sourcenya dr mana aja mas? Itu link di footernya di hapus saja, kurang bagus efeknnya.


  • herwin lal
    February 11, 2016

    tutorial yang sangat berguna.. mmg hal ini menjadi momok khususnya utk mobil manual bagi pengemudi baru.,,, sayapun pada awal2 mengemudi kagok / perasaan gak tenang kalo pas lewat tanjakan dan macet… tapi pengemudi memang harus mengetahui semua teknik berkendara disegala medan. Kuncinya harus latihan, baca dan pahami sperti artikel diatas.. dengan kemauan dan kesabaran pasti berhasil.. yang penting harus hati2 . pasti bisa deh..


  • dinta
    January 26, 2016

    Makasih tutorialnya masmun. Bermanfaat skali. Walopun sampai dengan saat kadang masih deg2an kalo ada lampu merah dijalan yg pada posisi nanjak.. Tp dengan ketenangan hati in sha alloh kecemasan bisa teratasi..


    • MasMun
      February 5, 2016

      Diperbanyak latihan aja mbak Dinta, nanti kalau sudah terbiasa sudah refkles sendiri kok nggak perlu mikir apalagi pake deg-degan lagi. Banyak-banyak aja latihan ditanjakan sepi mungkin di hari minggu atau pas malam hari. :D


  • Sony
    January 12, 2016

    Thanks, artikel yg sangat berguna buat newbi seperti saya, sekarang2 kalo lewat tanjakan masih horor, apalagi harus berhenti ditengah2 :D


    • MasMun
      January 13, 2016

      Banyak latihan aja Mas,, nanti kalau feeling gas dan lepas koplingnya udah dapet bisa santai kok :)


  • agnes
    December 15, 2015

    ketika berhenti di tanjakan, persneling di netralkan dulu kah? kemudian ketika ingin jalan ubah ke posisi 1 lagi atau bagaimana? saya pernah menarik rem tangan pada saat posisi persneling 1, hasilnya mobilnya jalan. Bisakah mengubah posisi persneling ke 1 tapi rem tangan masih aktif? Mohon bantuannya. Terimakasih.


    • MasMun
      December 15, 2015

      Betul kalau berhenti lama persneling dinetralkan dulu, kemudian baru ketika ingin jalan masukkan ke posisi 1. Tidak ada masalah mengaktifkan rem tangan ketika memasukkan presneling ke posisi gigi 1, tapi ingat selama rem tangan aktif pedal kopling harus di injak.

      Melepas pedal kopling harus berbarengan dengan melepas(menon-aktifkan) rem tangan, itu yang perlu banyak latihan Kakak. :)


  • ugay
    December 11, 2015

    Kalau pake rem tangan d waktu tanjakan sambil lepas kopling gpp ya gan


    • MasMun
      December 11, 2015

      Kan sudah dijelaskan dengan detail caranya di atas, yang terpenting pastikan rem tangannya pakem :)


  • jengmini
    December 2, 2015

    mas mun yang baik hati….mo nanya nie, kmrn saya ditanjakan mau belok kanan, krn khawatir ada mobil lewat saya tahan nggak jadi jalan. mgkn krn grogi saya lupa kopling saya injak terus dan gas juga saya injak. akibatnya mobil gakjalan malah muncul asap dari kap depan. saya minta bantuan orang ternyata koplingnya panas krn lama diinjak. mas mun gimana caranya agar bisa melalui tanjakan dengan mulus? saya belajar dgn panduan mas mun di artikel ini. tp utk waktu tertentu suka lupa krn grogi takut nabrak. makasih ya mas mun….


    • MasMun
      December 2, 2015

      Asap atau bau gosong timbul dari kopling yang selip, sebabnya karena posisi setengah injakan pedal kopling dalam waktu yang lama. Seperti yang sudah dibahas sebab buyarnya konsentrasi kita karena Grogi, solusinya santai saja jangan tegang kalau kesulitan di tanjakan cukup berhenti saja sambil menyalakan lampu hazard.


  • Patrick
    November 23, 2015

    Mas mau tnya kalau menggunakan rem tangan dalam keadaan menanjak setelah itu lepaskan rem tngan trs masuk gigi itu membahayakan mesin mbl itu sndiri atau gak misalkan hal2 yg tl terduga rem tangan ya blong? Dan efektif mana di jalan menanjak pakai rem kaki atau tangan


    • MasMun
      November 24, 2015

      Membahayakan kenapa? Intinya begini, pakai rem tangan atau kaki ketika menanjak itu sama saja hanya saja menggunakan rem tangan biasanya akan lebih smooth(halus) karena sejak masih berhenti kaki kanan sudah stand by di pedal gas.

      Tapi mas Patrick harus dipastikan kemampuan rem tangannya dan setelan ketinggian rem tangan.


  • Adrian
    November 3, 2015

    Info yang SANGAT BERGUNA untuk pemula seperti saya gans.
    Terima kasih atas infonya (y)


    • MasMun
      November 9, 2015

      Sama-sama mas Adrian, senang bisa membantu. :)


  • barkat
    October 31, 2015

    Mas mun, nanya, kenapa perseneling suzuki karimun saya agak keras,bagaimana cara memperbaikinya. Trimakasih


    • MasMun
      November 9, 2015

      Kalau perpindahan gigi sulit bisa coba diganti oli gearboxnya dulu mas.


  • Vy
    October 3, 2015

    Saya mau tanya dong. Mobil saya splash nih. Nah baru2 ini saya bawa mobil dlm keadaan macet di lampu merah. Dan jalannya tanjakan lumayan curam. Biasanya di jln yg agak nanjak dikit, saya pake kopling 1/2 aja udh jalan. Tanpa harus menginjak gas. Tp pada saat di jln yg curam tanjakan kmaren saat sy melakukan hal sperti biasanya malah mundur. Dan menggunakan rem tangan tetap mundur. Hampir nabrak mobil belakang. Akhirnya ya dgn menginjak gas tp kayak yg mau loncat mobilnya hahaha. Gimana ya caranya biar halus, dan cara gampangnya. Karena pake kopling terkadang mundur juga, pake rem tangan mindur juga. Soalnya semakin curam itu jalan, semkin cepet mobil akan mundur


    • MasMun
      October 5, 2015

      Hai mbak Vy ketika mobil menghadapi tanjakan curam perlu perlakuan khusus. Dalam kondisi seperti yang dijabarkan itu tekniknya adalah dengan menginjak pedal gas lebih dalam dari biasanya(hingga putaran mesin +/- 2000 rpm) baru kemudian lepas pedal kopling. Kenapa sih kok butuh putaran mesin yang lebih tinggi untuk mulai jalan dari kondisi berhenti di posisi tanjakan curam? Karena semakin tinggi putaran mesin maka tenaga yang dihasilkan juga lebih tinggi, jadi sebetulnya bukan Suzuki Splash-nya mbak Vy yang tidak kuat nanjak tapi putaran mesinnya yang kurang.

      Kemudian untuk rem tangan memang tidak sepakem rem kaki ketika ditanjakan curam, karena rem tangan semua mobil saat ini hanya menahan kedua roda belakang beda dengan rem kaki yang menahan gerak seluruh roda. Sehingga ditanjakan curam rem tangan menjadi tidak terlalu pakem.

      Saran saya jika menghadapi tanjakan curam dan mengantri maka berhentilah terlebih dahulu sebelum tanjakan agar ketika dilewati tanjakan tersebut dalam kondisi tanpa antrian sehingga tidak perlu berhenti ditengah tanjakan, jika terpaksa berhenti maka gunakanlah rem kaki.


  • Henny lampard
    September 24, 2015

    Untuk teknik dengan rem kaki, apakah bisa melepas kopling 1/4 atau 1/2 dulu tapi kaki kanan masih direm setelah itu baru kaki kanan dipindah ke gas? Terimakasih


    • MasMun
      September 28, 2015

      Bisa mas dan setelah lepas kopling sedikit langsung pindahkan kaki kanan ke pedal gas. Yang penting tidak grogi ketika melakukannya. :)


  • Aan Satriya
    September 14, 2015

    thanks mas tipsnya, jadi tahu trik ketika tiba2 harus berhenti saat melewati jalan menanjak. Mungkin bagi pemula seperti saya memang lebih mudah pakai teknik dengan bantuan rem tangan, karena kalau harus berpindah cepat dari rem kaki ke gas khawatir menekan gas terlalu dalam.


    • MasMun
      September 16, 2015

      Betul terkadang bagi pemula yang baru belajar nyetir kondisi di tanjakan bikin grogi, akibatnya justru menginjak pedal gas terlalu dalam. Untuk teknik menggunakan rem tangan mobil di tanjakan sebetulnya justru lebih mudah, saya juga menggunakan teknik ini juga.


      • panjuel
        December 23, 2015

        klo mobil keluaran sekarang enak ga usah di gas juga jalan tinggal main kopling aja,yang susah kalo pake mobil keluaran dulu bingung ngatur kopling rem sama gas nya timingnya kudu pas kalo ga pas antara mesin mati ato mobil melompat,.ya ga brow..


        • MasMun
          December 24, 2015

          Tergantung mobilnya Mas Bro,, kalau mobil cc kecil seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun walaupun mobil baru karena CC-nya hanya 1000 nggak akan kuat naik kalau tidak langsung injek Gas perlahan. Memang betul kalau yang mesin CC besar yang utama tinggal main di kopling aja, gas belakangan bisa karena tenaganya udah ada sejak putaran mesin bawah.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+