Belajar Parkir Mobil Paralel Untuk Pemula

2

Bagi pengemudi pemula hal yang paling ditakutkan adalah ketika berhenti di tanjakan dan memarkirkan mobil. Di artikel terdahulu Mas_Mun telah memberikan tips bagaimana jika mobil berhenti di tanjakkan, nah sekarang waktunya membahas belajar parkir mobil untuk pemula dengan posisi paralel yang lebih susah dari parkir slot seperti di mall-mall.

Bagaimana Cara Parkir Mobil Yang Benar

Bagaimana Cara Parkir Mobil Paralel Yang Benar

Kebetulan Mas_Mun menemukan video di Youtube yang memberikan visualisasi agar lebih mudah belajar parkir, namun skil untuk memarkir mobil tentu terasah seiring semakin banyaknya kita melakukan latihan. Di video tersebut menurut Mas_Mun sudah memberikan pondasi pemahaman yang baik akan arah putaran setir dan kapan harus maju dan mundur namun pada kenyataannya parkir paralel tidak semudah itu. Seringnya tidak bisa dalam sekali mundur maka langsung posisi rapih.

Sedikit tips dari Mas_Mun untuk pemula yang belajar parkir berdasarkan pengalaman pribadi ketika belajar parkir 17 tahun yang lalu:

  1. Jam terbang akan mengasah feeling anda tentang rasio putaran setir dan arah kendaraan. Seberapa setir di putar dan berapa jauh mobil akan berbelok. Ini yang perlu diasah.
  2. Belajar membagi konsentrasi antara “memainkan” putaran setir dan kaki-kaki di pedal gas-rem-kopling. Bagi yang sudah mahir ini adalah tugas otak bawah sadar, alias tidak perlu dipikir lagi. Seperti ketika naik sepeda ketika berhenti maka kaki langsung turun, tidak perlu dipikir lagi. Tapi bagi pemula harus bisa membagi konsentrasi di tangan dan kaki.
  3. Jangan menghafal teknik yang ada di video tapi berusahalah untuk memahami, kenapa setir diputar ke kanan untuk posisi ini, kenapa setir diputar ke kiri untuk posisi lainnya. Hafalan anda akan buyar ketika duduk di balik kemudi, tapi pemahaman akan logika parkir yang dapat membantu anda memutar setir ke arah yang benar.
  4. Di video pada detik ke 44 ada tips untuk melihat mobil lain dari kaca segitiga kecil di belakang, pada prakteknya itu sulit dilakukan. Mas_Mun berikan tips ampuh untuk pemula yang baru belajar parkir, yaitu: Di spion perhatikan posisi ban belakang. Jika ban belakang sudah berada sejajar dengan ujung pojok kendaraan lain maka posisi aman dan setir dapat diputar hingga mentok, tapi setelah itu jangan lupa diluruskan.
    Di sinilah keuntungan bagi mobil yang telah menggunakan elektrik mirror, sehingga kaca spion bisa disetel arahnya untuk melihat roda belakang dari dalam kabin.
  5. Perbanyaklah latihan parkir mobil, untuk meminimalisir resiko bisa dilakukan di tanah lapang dengan balok kayu yang diletakkan berdiri seolah-olah sebagai mobil lain yang sedang parkir.
  6. Sebisa mungkin memutar setir dalam posisi mobil berjalan walaupun mobil hanya berjalan pelan. Dengan metode ini komponen mekanisme setir di roda depan jadi lebih awet terutama steering rack dan tieroad, karena dalam posisi mobil berhenti membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk memutar setir karena gesekan ban dengan aspal juga lebih besar.

Video Youtube dari Parkingtutorial

Topik: Mengemudi | Tagged , cara parkir mobil, belajar parkir mobil, cara parkir mundur, cara parkir mobil mundur, cara belajar parkir mobil.

2 comments
  • Fifi
    November 12, 2016

    Mas parkiran Mobil rumah saya kondisinya turunan jadi kalo mau mundurin harus nanjak. Saya terhitung masih pemula dan smpe sekarang masih belum bisa ngeluarin Mobil dari parkiran karna semua org dirumah ga ada yg berani ngajarin saya takut nabrak tembok katanya. Ada tips dan trik ga mas untuk mundurin mobil diparkiran yg nanjak Karna saya pengen bgt bisa mas. Makasih


    • MasMun
      November 14, 2016

      Wah ngeri juga ya mbak Fifi kalau buat pemula apalagi kalau tempat parkirnya sempit. Gini mba Fifi, ketika kita nyetir(belum terlalu lancar) sebenarnya otak kita membagi dua fokus pikiran. Fokus yang pertama adalah memikirkan arah mobil(putaran setir) dan fokus yang kedua adalah laju mobil(pedal gas, rem dan kopling).

      Kalau sudah lancar kedua fokus itu sudah dalam tahap pikiran bawah sadar, nggak usah dipikir juga nanti akan refleks sendiri. Nah bagi yang belum lancar nyetir apalagi dalam kondisi parkir yang sulit hal yang utama adalah harus dihilangkan dulu rasa ketakutannya. Rasa takut atau khawatir nabrak harus dihilangkan karena kalau tidak menambah beban pikiran untuk fokus pada 2 hal tadi(mengontrol arah dan laju mobil).

      Jadi tinggal bagaimana caranya untuk mengurangi rasa takut yg muncul? Bisa disiasati, misal kalau nggak yakin waktu parkir apakah akan tembok atauu tidak ya turun dari mobil untuk liat langsung jarakknya. Kalau parkir mundur dan menanjak supaya tidak takut bagaimana? Bannya diganjel kayu supaya tidak kagol ketika belum lancar memainkan pedala gas dan kopling.

      Semoga membantu, kalau ada yang kurang jelas silahkan ditanykana lagi. :D


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+