Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online Melalui SMS

50

Setelah kita selalu membahas tentang teknis maka pada artikel kali ini Mas_Mun akan menekankan tips membeli mobil bekas dari sisi legalitasnya. Sisi legal merupakan hal yang sangat penting selain kondisi fisik kendaraan itu sendiri, banyaknya kasus pencurian kendaaraan bermotor, pemalsuan STNK dan BPKB membuat kita perlu mewaspadai mobil bekas yang ingin kita beli. Cara yang paling valid adalah dengan melakukan cek fisik di Kantor Samsat di mana STNK dan BPKB mobil tersebut di terbitkan, namun ternyata ada cara yang sederhana dan cepat untuk melakukan cek plat nomor kendaraan yaitu secara online melalui SMS atau internet melalui website.

Cek Nomor Plat Kendaraan lewat Sms

Cek Nomor Plat Kendaraan lewat Sms

Namun sayangnya belum semua daerah mempunyai fasilitas cek plat nomor kendaraan online ini. Sepertinya fasilitas ini masih merupakan inisiatif dari masing-masing Polda untuk memulai sehingga belum seluruh provinsi memiliki fasilitas cek plat nomor online yang tentunya sangat memudahkan masyarakat. Saat ini tercatat baru enam provinsi yang mendukung cek plat nomor kendaraan online, yaitu Polda Metro jaya, Jawa Barat,  Jawa Tengah,  Jawa Timur, Kepulauan Riau dan D.I. Yogyakarta. Namun karena tidak terpusat dalam satu sistem sehingga untuk melakukan cek stnk online atau surat kendaraan ini caranya berbeda-beda.

Berikut ini cara awal untuk memastikan keabsahan legalitas mobil bekas melalui SMS dengan mudah:

  • Daerah Jakarta – Polda Metro Jaya

    Untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya dengan plat kendaraan B yang beralamat di Provinsi DKI Jakarta, caranya: METRO<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 1717 Misal akan mengecek nomor polisi B 1234 ABC, maka ketik: METRO B1234SFD  (ketik plat nomor tanpa spasi).

  • Daerah Jawa Barat – Polda Jabar

    Untuk wilayah hukum Polda Jabar plat kendaraan D, Z, T, E  dan F termasuk di dalamnya kendaraan  plat nomor B yang beralamat di Depok dan Bekasi, caranya: poldajbr<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 3977 Misal akan mengecek nomor polisi D 1234 AB, maka ketik: poldajbr D1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).

  • Daerah Jawa Tengah – Polda Jateng

    Untuk wilayah hukum Polda Jateng dengan plat kendaraan G, H, K, R, AA dan AD caranya: jateng<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 9600 Misal akan mengecek nomor polisi AD 1234 AB, maka ketik: JATENG AD1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).

  • Daerah Jawa Timur – Polda Jatim

    Untuk wilayah hukum Polda Jatim dengan plat kendaraan L, M, N, P, S, W, AE dan AG, caranya: JATIM<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 7070 Misal akan mengecek nomor polisi L 1234 AB, maka ketik: JATIM L1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).
    **UPDATE: Saat ini untuk Wilayah Jawa Timur pengecekkan dapat dilakukan via laman web Dispenda Prov Jatim di: www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.

  • Daerah Kepulauan Riau – Polda Kepri

    Untuk wilayah hukum Polda Jatim dengan plat kendaraan BP, caranya: KEPRI<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 9969 Misal akan mengecek nomor polisi BP 1234 AB, maka ketik: KEPRI BP1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).

  • Daerah D.I. Yogyakarta – Polda DIY

    Untuk wilayah hukum Polda DIY dengan plat kendaraan AB, caranya: DIY<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 9600 Misal akan mengecek nomor polisi AB 1234 AB, maka ketik: DIY AB1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).

Cek STNK Online Dari Hp

Cek STNK Online Dari Hp

Pada pengecekkan melalui SMS kita akan mendapat keterangan tentang merek kendaraan, jenis, warna, tahun, dan masa STNK. Untuk cek stnk online melalui sms akan di kenakan biaya Rp 1000/sms. Jadi jika sudah dapat kendaraan bekas yang cocok, jangan lupa cek melalui SMS, namun memang untuk lebih pastinya sebaiknya datang langsung ke Samsat untuk pengecekan BPKB. Paling tidak bila anda sudah cek melalui SMS atau online dan mendapat keterangan bahwa nomor polisi kendaraan tersebut tidak terdaftar maka sebaiknya segera urungkan niat untuk membeli mobil bekas tersebut atau anda bahkan dapat melaporkan ke pihak berwajib.

Update: pengecekkan melalui sms dan online melalui web saat ini telah dilengkapi info pajak tahunan kendaraan bermotor(PKB), biaya bea balik nama(BBN2) dan biaya asursansi Jasa Raharja(JR). Jadi bagi anda yang ingin mutasi kendaraan bekas saat ini bisa dapat gambaran berapa biaya mutasi yang dikeluarkan. Biaya tersebut adalah biaya yang dibyarakan untuk di SAMSAT kota tujuan mutasi kendaraan dan belum termasuk biaya cabut berkas di SAMSAT kota asal dan biaya biro jasa(jika tidak ingin mengurus sendiri).

Topik: Mobkas | Tagged , cek plat nomor kendaraan via internet, Cek plat nomor, cek nopol, cari nomor polisi, cek nomor polisi.

50 comments
  • virja moehammad
    November 28, 2016

    Kok saya udah sms 3 kali ke 1717 dengan kode plat daerah jakarta (B) tapi ga ada balasan yah, soalnya saya ingin mengetahui nama dan alamat pemilik kendaraan, tolong masukannya


    • MasMun
      November 30, 2016

      Sistem-nya lagi hang,, biasa itu. Bisa dicoba lagi keesokan harinya.


  • adhitya
    November 25, 2016

    mas..sya cek no kendaraan saya kok tidak terdaftar..tp klo nomor kendaraan lama(sblum balik nama) bisa. itu kenapa..no skrg terdaftar di tang-sel


    • MasMun
      November 30, 2016

      Plat nomor mobil / motor Tangsel/Tangerang yang masuk provinsi Banten nggak bisa di cek di database Polda Metro.


  • Malik
    September 20, 2016

    Saya sudah kirim sms ke 1717 (no pol Jakarta), tidak dibalas ya, apakah ada pergantian nomor. Saya mencoba di 2 no pol kendaraan saya. Untuk yang via website, ketika saya masukkan no pol, website error (500 Internal Server Error)


    • MasMun
      September 23, 2016

      Biasanya sistem-nya samsat online suka error pak, kalau kayak gitu saya coba keesokan harinya sudah bisa lagi.


  • supar
    September 20, 2016

    Saya cek plat provinsi jateng kirm ke 9600 kok langsung gagal knapa pak


    • MasMun
      October 25, 2016

      Sistemnya suka eroor pak, sama yang Jakarta pun kadang begitu. Untuk pengecekkan plat nomor online jika erorr bisa dicoba lagi keesokan harinya.


  • frankie
    August 30, 2016

    kalo sy beli mobil bekas, tapi udah tangan ke tiga, berdasarkan apa pegangan sy terhadap penjualnya.


    • MasMun
      August 30, 2016

      Kalau masih pakai BKPB yang model lama (warna biru) masih bisa diketahui tangan keberapa, tapi kalau sudah pakai BKPB model terbaru tidak bisa karena setiap pindah tangan kepemilikan mobil akan ganti bpkb baru.


  • rudIu
    August 29, 2016

    Klo misal daerah gorontalo


    • MasMun
      August 29, 2016

      Untuk daerah Gorontali Kami belum punya infonya pak Rudi, tapi bapak bisa mendatangi samsat untuk pengecekkan langsung.


  • Ade
    August 19, 2016

    Mas,kalau jawabannya tidak tersedia gimana?


    • MasMun
      August 20, 2016

      Kemungkinannya dua, mobil itu pakai Nopol palsu atau data base samsat-nya lagi error. Kalau niat dan sudah cocok dengan mobil bekas inceran datangin Samsat di mana mobil tersebut terdaftar, minta cek bantuan.


  • Pinto
    August 3, 2016

    Untuk daerah sumbar/padang mas mun


    • MasMun
      August 5, 2016

      Maaf belum dapat infonya pak Pinto untuk pengecekkan nomor polisi kendaraan plat Sumatra Barat.


  • Oki
    August 1, 2016

    Mas Mun sy mau tnya, nopol mobil sy B668KL knp di cek ke 1717 tdk ada balasan ya…
    Terima kasih


    • MasMun
      August 2, 2016

      Coba dicek di lain hari mas,, sistem online samsat suka down. Biasanya kalau nopol mobil tidak terdaftar tetap akan ada balasan.


  • Citra
    July 19, 2016

    Kalo mau cek no plat, melalu nama pemilik bisa ga masmun? Motor sy dibawa kabur beserta STNK. Sy lupa no plat sy karna motor baru 1 bln..


    • MasMun
      July 20, 2016

      Nggak bisa mbak Citra, saran saya coba ke Dealer tanya plat nomornya berapa dan kalau sudah wajib segera lapor ke kantor polisi terdekat dengan tkp.


  • Ricky
    July 3, 2016

    Sy ud cek yg 1717 dan kirim ke 3977 tidak ada balasan bgaimna itu pak dan saya sudah cek onlen ternyata nopol tersebut tidak tersedia, bagaimana itu pak? Terima kasih.


    • MasMun
      July 16, 2016

      Ya berarti mobil tersebut tidak terdaftar, bahaya itu kalau masih tetap ingin dibeli.


  • anhar
    July 1, 2016

    Mas mun klo mobil plat DK 463AB saya cari tdi katanya belum terdaftar di jateng.padahal tdi sya lht dari jateng. Itu apa mobilnya kosong apa gimanaya …
    Mksihh…


    • MasMun
      July 1, 2016

      Plat DK ya terdaftarnya di Bali donk mas,, bukan di Jateng. Orangnya mau bawa ke Jateng ya bebas nggak perlu daftar ke Jateng.


  • amin mustofa
    June 12, 2016

    Sy dr jateng pak, mau tanya . sy mau beli motor yg stnk sudah telat pajak sejak 2011, ap masih bs byar pajak pak, soalnya denger isu dr temen kalo udah telat smpe 5 thn bs di blokir . mohon responya dan terimakasih.


    • MasMun
      June 15, 2016

      Kalau seperti itu sebaiknya pemiliknya langsung yang perpanjang pak, jadi lebih baik bapak bayar harga motor itu + biaya perpanjangan tapi biar pemilik lama yang ngurus. Karena repot harus cek fisik + butuh ktp asli.


  • m saifuddin
    May 24, 2016

    apakah dengan mengecek plat no mobil saja di 1717 sudah pasti no rangka dan no mesinnya benar


    • MasMun
      May 24, 2016

      Secara data yang ada di samsat benar.


    • MasMun
      May 13, 2016

      Terima kasih update-nya, Betul mas Darwis.


  • indra
    April 23, 2016

    saya domisili di sby mau coba cek tatus plat nomer kendaraan yg disarankan dgn cara sms JATIM(spasi)nomer plat kirim ke 7070 sdh di coba sampai beberapa kali tidak ada balasan dari 7070 …apa mungkin ada perubahan nomer tujuan…mohon bantuan infonya….trima kasih


    • MasMun
      April 27, 2016

      Pengecekkan wilayah Jawa Timur nomor tujuan 7070 katanya saat ini sudah berubah ke 9600 mas Indra, tapi saya coba ternyata juga tidak bisa dan justru bisa ketika dicek melalui web Dipenda Provinsi Jatim, monggo sudah saya update tambahkan link ke web Dipenda pada artikel di atas.

      Semoga membantu.


  • akira
    April 20, 2016

    sya mau beli mokas tpi sbelumnya sya cek nopolnya scara online..kok blum terdaftar pak??BPKBnya ada tpi stnk.nya hilang kata penjualnya


    • akira
      April 20, 2016

      kalo.nopol terblokir apakah masih bsa di cek.scara online pak?


      • MasMun
        April 20, 2016

        Dicoba saja pak, biasanya untuk beberapa kasus jawbannya tidak terdaftar.


    • MasMun
      April 20, 2016

      Saran saya jangan pak,, beresiko kalau seperti itu. Taua kalau untuk lebih pastinya ajak penjualnya datang ke Samsat bersama-sama untuk cek lebih lanjut.


  • ali
    April 12, 2016

    utk wilayah DKI kok tidak bisa ya..? stetelah kirim ke 1717 jawabnnya “pengecekan kendaraan METRO 1717 sementara tidak bisa dilakukan”


    • MasMun
      April 12, 2016

      Sepertinya memang lg trouble dari sananya Pak(server), dicoba lagi aja besok pak.


  • mohan
    April 12, 2016

    cek stnk lewat sms polda jabar tidak bisa bos


    • MasMun
      April 12, 2016

      Kayaknya memang lagi masalah dr pusatnya, yg Polda Metro Jaya(Jakarta) lagi nggak bisa juga tuh.


  • Izal
    April 1, 2016

    Om Pakde Agan MASMUN, Saya Mau Tanya Klo Mau Ngecek NOPOL Pilihan Kita Sudah/Belum Terpakai Sama Orang Bagaimana.? Thanks Before


    • MasMun
      April 1, 2016

      Nah kalau itu harus ke samsat setempat Gan.


  • cakki
    March 30, 2016

    bisa gak kalo kita cek berdasarkan dari no rangka atau no mesin ?


  • heri
    January 14, 2016

    Cara melihat pemiliknya bagaimana soalnya saya habis ditabrak lari


    • MasMun
      January 14, 2016

      Lapor ke Polisi Pak, lapor ke Polres atau Polda jangan ke Polsek supaya cepat di Follow Up.


  • wijayanto
    November 2, 2015

    saya sms gak ada balasan kebetulan saya sms ke 7070 sampek sekarang gak ada balasan


    • MasMun
      November 9, 2015

      Itu tergantung Samsat-nya Pak. Kadang layanannya sudah tidak ada tapi tidak disosialisasikan. :(


      • Sri nissia rosita dewi
        September 8, 2016

        Ms kalau ingin melacak plat motor nma pemilik&alamat bisa tidak, Terima kasih.


        • MasMun
          September 10, 2016

          Bisa kalau ada kenalan orang Samsat dimana kendaraan tersebut terdaftar, kalau secara online ya tidak bisa bu Sri.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+