Cara Mengganti Bohlam Lampu Mobil Suzuki Karimun

23
Lampu Belakang Mobil Suzuki Karimun

Lampu Belakang Mobil Suzuki Karimun

Salah satu pembaca setia karimunestilo.com adalah seorang wanita hebat yang entah gemar atau karena terpaksa cukup mengerti tentang teknik mobil. Beberapa kali kami berdiskusi mengenai part subtitusi untuk city car Suzuki Karimun, hingga cerita beliau mengenai belanja part sendiri, ke bengkel bubut dan berurusan langsung dengan mekanik bengkel langganannya. Nah kalau untuk mengganti bohlam lampu mobil saja para pria harus ke bengkel resmi Suzuki malu donk sama salah satu pembaca Wanita tersebut. Hehe :D

Sebenarnya cara mengganti bohlam lampu mobil sendiri cukup mudah, namun yang penting adalah siapkan dulu bohlam penggantinya yang sesuai dengan spek. Berikut ini harga part bohlam lampu H4 original Suzuki Karimun Estilo:

  • Harga Lampu utama mobil: Halogen tipe soket H4 60/55W Rp 510.000,-
  • Senja depan: Tipe T5 model tancap – Harga Rp 17.000,-
  • Rem belakang: 21/5 Watt – Harga Rp 73.000,-
  • Lampu mundur: 16 Watt – Harga Rp  29.000,-
  • Lampu plat nomor belakang – Harga Rp 17.000,-

 

Lampu Utama

Lampu utama atau headlight Suzuki Karimun Estilo menggunakan tipe H4 yang memiliki 3 kaki. Spesifikasi bawaan standar menggunakan 60/55 Watt, bagi yang ingin menggantinya dengan yang watt lebih besar harap dipertimbangkan dampanya pada reflektor, karena semakin tinggi daya-nya maka panas yang dihasilkan juga semakin besar. Resikonya adalah reflektor yang meleleh atau bisa juga mika lampu yang lambat laun akan menguning.

Jika ingin mengganti lampu utama mobl yang lebih terang dengan harga lebih terjangkau alternatifnya bisa menggunakan lampu tipe LED. Kita akan bahas pemasang LED untuk lampu utama mobil di artikel yang akan datang.

Cara Lepas Bohlam H4 Mobil

Cara Lepas Bohlam H4 Mobil

Langkah-langkah penggantian bohlam H4 untuk lampu utama mobil:

  1. Lepas soketnya dengan cara menarik ke belakang sambil sedikit menggoyang-goyangkannya.
  2. Lepas karet penutupnya dengan cara menariknya perlahan.
  3. Lampu H4 terkunci di belakang reflektor oleh besi stainless kecil. Tekan penguncinya sambil sedikit digeser agar terlepas dari penguncinya.
  4. Lepas bohlam lama dan siapkan bohlam baru. Ingat: Jangan pegang Kaca pada bohlam H4.
  5. Pasang kembali semuanya.

 

Lampu belakang

Lampu belakang terdiri dari rem, sign dan mundur, untuk menggantinya Pemirsah perlu melepas rumah reflektor lampu belakang. Cara melepasnya mudah, cukup melepas baut (+) pada rumah lampu kemudian menariknya ke arah belakang. Oh iya spesifikasi bohlamnya adalah:

  • Bohlam lampu rem menggunakan kapasitas 21/5 Watt.
  • Bohlam lampu sign(belok) menggunakan standard untuk lampu sign yang model ‘tancap’.
  • Bohlam lampu mundur berkapasitas 16 Watt.
Letak Lampu Plat Nomor Mobil

Letak Lampu Plat Nomor Mobil

Penerangan Plat Nomor

Plat nomor belakang menggunakan dua buah lampu yang tersembunyi di balik bemper belakang. Untuk mengganti bohlamnya yang model tancap perlu melepas mika penutupnya yang berbentuk kubah(setengah bola), caranya putar berlawanan arah jarum jam kemudian tarik ke bawah.

High Mount Stop Lamp

Suzuki Karimun Estilo dari generasi awal sudah menggunakan stop lamp ketiga yang terletak di balik kaca belakang. Untuk mengganti bohlamnya cukup membuka dua baut plus yang ada di body plastik rumah lampu.

Topik: Kelistrikkan | Tagged , , , cara melepas bohlam lampu mobil, harga lampu depan karimun estilo, cara mengganti lampu mobil, Ganti lampu mobil, mengganti lampu mobil.

23 comments
  • warief
    October 24, 2016

    Mas Mun, mau tanya
    lampu utama NKE saya kok ada kabutnya ya bagian dalamnya…seperti ada udara dingin masuk kedalam rumah lampu utama, itu kenapa dan saya harus bagaimana betsihkannya?

    Mau tanya lagi fungsi lampu kecil pada bagian lampu utama yg berada dipinggir dekat grill itu untuk apa dan cara pakainya gimana ya?

    Terimakasih Mas Mun


    • MasMun
      October 25, 2016

      Bisa taruh silica gel di dalam karet penutup soket bohlam-nya atau kalau sudah parah bawa ke spesialis lampu minta di sealent ulang antara mika dan reflektornya.

      Lampu kecil di dekat grill memang tidak berfungsi(tidak ada bohlam-nya).


  • gerald
    September 24, 2016

    Mas mun itu harga diatas harga part suzuki originalya? Karena saya beli lampu rem bagian kanan di toko accesoris per buahnya cuma 10.000 . Terus mas mun sepertinya sensor pintu terbuka di bagian bagasi sudak rusak sepertinya . Jadi mksdnya gini kan lampu kabin saya atur ke door jadi begitu slh satu pintu terbuka lampu kabin akan menyala . Namun saat saya buka pintu bagasi lampu kabin tdk nyala dan saat pntu bagasi terbuka saya tekan tombol lock di remote alarm tidak bunyi. Gimananih Mas, emergency nih.


    • MasMun
      September 27, 2016

      Iya itu harga Be-Res jadinya memang mahal, ganti yg biasa aja nggak papa sih asal watt-nya sama nggak masalah.

      Untuk pintu bagasi kalau kondisi tertutup bisa terkunci kalau pakai alaram? Memang ketika buka pintu harusnya lampu nyala kalau di set di posisi door, kalau memang siwthc-nya yg rusak ganti aja. Kalau switch yg untuk pintu samping harganya cuman Rp 18.000 saja.


  • ian
    August 18, 2016

    tolong dirincikan nama soket yang ada di karlo mas mun :) tipe soket lampu stop apa/berapa? … lampu mundur? lampu sein? ada rencana ganti ke led, kata kawan” tipe soketnya beda”.. tolong pencerahannya


    • MasMun
      August 19, 2016

      Soket standard sama utk semua mobil jepang lampu sein dan rem pakai model putar, dan lampu senja(bentuk oval kecil) pakai model tancap. Untuk lampu sein dan rem kami menyarankan sebaiknya jangan diganti dengan warna-warna lain atau pun yg model kedip-kedip(LED utk rem), karena melanggar UU lalulintas dan membuat bingung pengendara di belakang kita.


  • sugian
    June 21, 2016

    mas mumun, kenapa ya lampu utama estilo 2007 sebelah kanan redup. soalnya pernah saya cek soket nya meleleh. apakah karena soket nya meleleh lampu nya redup.


    • MasMun
      June 22, 2016

      Kalau dari pengalaman kami lampu depan pada Karlo redup karena reflektor dan mika lampunya sudah buram pak. Tapi kalau soketnya meleleh tentu mempengaruhi arus ke lampu juga, kok bisa meleleh apa sudah pernah diganti pakai bohlam yang watt-nya lebih besar?


  • yadi
    May 2, 2016

    Masmun jika ingin beli stoplamp apa bisa beli satuan?dan belinya dimna yah?oiya saya mau tanya juga mengenai home servis dari masmun klo bisa minta nomor pic nya.terimakasih


    • MasMun
      May 10, 2016

      Bisa beli satuan, bisa beli di toko onderdil atau kalau mau bisa indent di kami. Nomor kontak sy kirim via email ya.


  • Deds
    April 11, 2016

    Mas mun kalo lampu jauh dua duanya mati kira2 apanya ya mas…? Karlo sy sdh pake headlamp 100w n relay…trims


    • MasMun
      April 18, 2016

      Kemungkinan Relay atau sekring-nya, karena kalau bohlam putus berbarengan kemungkinannya kecil.


  • Supri
    March 30, 2016

    Mau tanya harga headlamp karimun estilo tahun 2008 apa bisa beli per biji. Belinya dimana ya. Trm kasih


    • MasMun
      March 30, 2016

      Harga headlamp(rumah lampu) untuk karlo generasi pertama Rp 1.200.000. Bisa beli per buah(kiri saja atau kanan saja). Kalau mau order bisa di kami, inden kurang lebih seminggu.


  • wahyu
    March 26, 2016

    mas mun saya punya karimun estilo tahun 2007, untuk lampu utama saya rasa kurang terang jadi agak kurang PD kalau d buat jalan malam. Spek lampu dan kelistrikan masih standar. ada rekomendasi atau tambahan part yg bisa bikin penerangan depan jadi lebih terang? Karena ada teman yang menyarankan utk mengganti bolam merk Osram dan di tambah relay lampu? Apakah itu juga cukup membantu? terima kasih


    • MasMun
      March 28, 2016

      Ganti bohlam terutama tambah relay betul bisa membantu membuat lampu utama tambah terang, tapi dari pengalaman biasanya sumber masalah lampu depan mobil kurang terang pada karimun Estilo 2007(atau karlo generasi pertama lainnya) adalah reflktor dan mika-nya yang sudah buram.


  • Mfiq
    February 16, 2016

    Wahh…kebetulan sekali..estilo ku sdng brnasib sama,.lampu plat ny padam…siapp di praktekan..sebagai pria hrs bisa bongkar (pasang) sndiri….


  • erwin
    January 28, 2016

    mas mun… tolong kasih petunjuk mengganti lampu plat belakang, coz saya putar mika penutup yang berbentuk kubah itu sulit banget. Mohon tipsnya mas mun coz keburu risih benget.


    • MasMun
      February 5, 2016

      Kalau susah, rumah lampu yg bentuk kubahnya dilepas saja dari dudukannya. Caranya lepas bemper belakang, copot soketnya, dan geser rumah lampu ke samping.


  • RedEstilo
    December 17, 2015

    Mas Mun.. Kalo lampu senja cara bukanya gimana ya? Keliatannya terhalang sama rangka estilo. Rencana mo ganti sm LED T5, kira-kira support kah??


    • MasMun
      December 22, 2015

      Cara lepas bohlam lampu senja diputar ke kiri. Belum pernah nyoba apa bisa pakai lampu LED T5.


      • Tyna
        September 21, 2016

        om mun klo beli lampunya aja yg depan brp?soalnya mati lampunya,thanx


        • MasMun
          September 23, 2016

          Beli di toko spare part/ aksesoris aja mbak Tyna banyak yag jual, tinggal cari bohlam lampu utama soket H4. Harga merek Osram atau Philips satu set antara Rp 100-200 ribuan.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+