Cara Mencuci Mobil Yang Benar

12
Cara Cuci Mobil yang Benar

Cara Cuci Mobil yang Benar

Cuci steam mobil di tempat car wash memudahkan kita menjaga kebersihan mobil, pekerja yang banyak, alat yang lengkap dan tempat yang luas tentu membuat kita semakin yakin. Belum lagi saat ini mulai banyak bermunculan tempat cuci mobil otomatis yang semakin mempersingkat waktu. Namun apakah itu semua menjadi jaminan pengerjaan yang sempurna?

Beberapa kali Mas_Mun selesai mencuci mobil di tempat cucian mobil timbul scratch atau baret halus. Awalnya tidak yakin kalau itu ditimbulkan dari tempat cuci mobil tersebut, tapi stelah beberapa kali diamati ternyata memang benar. Baret halus itu timbul ketika pegawai cucian mobil menarik selang hingga mengenai ujung bumper, belum lagi spons/busa kotor yang digunakan untuk menyabuni body mobil. Alhasil baret baru justru muncul lagi.

Bersihkan Bagian Bawah Mobil Terlebih Dahulu

Bersihkan Bagian Bawah Mobil Terlebih Dahulu

Sejak saat itu sebisa mungkin saya mencuci mobil sendiri, hitung-hitung sekalian berolahraga rutin, hehe. Ya, jika ada waktu alangkah baiknya untuk cuci mobil sendiri, selain untuk menghindari baret kita juga lebih tau detail bagian mana yang perlu dibersihkan. Perinsip dasar mencuci mobil yang benar menurut saya, yaitu: Jangan mencuci ketika matahari sedang terik, sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari. Yang kedua adalah pastikan lap yang anda gunakan bersih agar tidak membaret body, jangan gunakan busa/spons karena pori-pori spons dapat menyimpan butiran pasir halus.

Berikut urutan mencuci mobil yang benar:

  1. Cuci bagian bawah(kolong) mobil terlebih dahulu, body mobil jangan dibasahi dulu. Bagian tersebut meliputi ban, ruang spakbor roda, balik bumper dan bagian bawah pintu yang sering terkena cipratan air dari roda depan. Gunakan sikat untuk membersihkan
  2. Bilas bagain kolong mobil dengan menyemprotkan air bertekanan.
  3. Jika bagian kolong mobil sudah bersih baru kemudian siram seluruh body. Sambil menyiram body bersihkan dengan telapak tangan bagian body yang kotorannya tebal. Biasanya bagian yang sangat kotor adalah bagian bawah pintu kanan kiri dan pintu bagasi. Tujuannya agar kotoran tebal dapat rontok dan sedikit lebih bersih agar ketika menggunakan lap pasir kasar tidak menempel di lap.
  4. Campur air dengan shampo mobil, bersihkan menggunakan dengan lap chamois(Kanebo).
  5. Bilas dengan air dengan cara menyemprotnya. Mulai dari bagian yang tertinggi yaitu atap mobil kemudian ke bagian yang lebih rendah. Jangan lupa semprot juga bagian celah-celah pintu terutama celah pintu bagasi bagian atas karena pada bagian tersebut biasanya busa tertinggal.
  6. Kemudian lap untuk mengeringkan, gunakan lap chamois lainnya yang khusus untuk mengeringkan. Saya memprioritaskan bagian yang dilap terlebih dulu adalah kaca depan, kap mesin dan lampu utama. Kenapa? Untuk meminimalisir resiko baret halus dari lap yang sudah kotor, jika kap mesin dan kaca depan baret halus sangat sayang karena bagian tersebut yang paling luas bidangngnya dan terekspose secara jelas.
  7. Setelah body mobil keseluruhan kering, baru bagian yang tersembunyi seperti celah pintu, pintu lubang pengisian bensin, ruang mesin dan velg.
  8. Khusus Karimun Estilo sebaiknya bawa jalan-jalan dulu mobil setelah di cuci untuk terhindar dari resiko rem teromol belakang yang lengket karena lembab.

Semoga bermanfaat. :)

 

Topik: Body | Tagged cara steam mobil, tutorial cara memberi air radiator mobil suzuki karimun, cara mencuci mobil, urutan yang benar mencuci mobilbdi cars wash, cara cuci mobil.

12 comments
  • satrio
    September 20, 2015

    Mas Mun, apakah ada usulan ttg anti karat? Wagon-R anti karat dari pabrik cuma tipis (kata mekanik Suzuki). Perlu ditambah?

    terima kasih.


    • MasMun
      September 29, 2015

      Halo Om Satrio, apa kabar? Maaf baru sempet bales nih. Anti Karat yang bagus bisa coba produk Tuff Kote Dinol atau Ziebrat om, nanti disemprot ke seluruh kolong mobil dan akan permanen. Biasanya semua merek anti karat akan memberikan garansi yang panjang.


  • Andra
    July 21, 2015

    Mas Mun, tips untuk mencuci area mesin mobil dan sekitarnya (dibawah kap mesin) sebaiknya menggunakan apa dan urutannya seperti apa?
    Ditunggu artikelnya, karena Estilo saya banyak debunya setelah melewati area Cilegon.
    Kadang ada juga area basah2 yang ternyata kencing tikus, sepertinya tikus senang tidur dsitu. Gimana tipsnya untuk menangkal.

    Thanks


    • MasMun
      July 23, 2015

      Sebenarnya ruang mesin jangan dicuci om karena riskan… Nanti sy buatkan artikel cara membersihkan mesin.. Di bagian mana yg sering dikencingin tikus om Andra?


      • Andra
        July 24, 2015

        Di bagian mesin Mas saya kurang tau namanya tapi begitu buka kap mesin ya yang di tengah2 itu, suka ada bercak basah.
        Trz bagian agak ke bawah sebelah kiri, letaknya sebrang washer reservoir.


        • MasMun
          July 24, 2015

          Karlo-nya generasi pertama atau kedua Om andra? Airnya banyak?


        • Andra
          July 27, 2015

          Generasi akhir Mas, tahun 2010. Airnya sih ga ada, cuma bercak air aja. Begitu dcium, bau pesing.


        • MasMun
          July 27, 2015

          Disebelah mananya itu Om Andra (kalau kita menghadap ruang mesin)?


        • Andra
          July 29, 2015

          klo kita buka kap mesin, posisinya itu di cover mseinnya Mas yang ada tulisan Suzuki. Disitu kan ada stick oli yah, nah tepat di sebelah atas stick oli nya, ada bagian yg menonjol disitu Mas.


        • MasMun
          July 29, 2015

          Kalau itu sih biasanya air yang netes dari celah kap mesin ketika kap dibuka mas Andra. Karimun Estilo saya juga gitu, misalkan habis dicuci air belum masuk tapi begitu kap mesin dibuka air jadi menetes ke atas box filter udara(yang berwarna hitam itu).


  • Supriyono
    June 15, 2015

    sebagai tambahan, untuk menghindari risiko rem tromol belakang yang lengket yaitu dengan menonaktifkan handbrake dan menggantikannya dengan memasukkan gigi 1 ketika posisi mobil parkir dan mesin sudah mati.


    • MasMun
      June 17, 2015

      Setuju,,, menonaktifkan rem tangan ketika parkir apalagi kalau habis dicuci atau baru saja melewati banjir. :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+