Mengecek Ketebalan Kampas Rem Pada Mobil

17

Kampas rem mobil merupakan salah satu komponen vital dalam rangkain sistem pengereman mobil. Fungsinya sebagai ‘ujung tombak’ penghenti laju pada mobil, bayangkan jika semua komponen sistem pengereman mobil telah berfungsi normal dari minyak rem yang baru diganti, jalur selang/piping yang normal, piringan cakram yang masih bagus namun kampas rem telah habis karena luput dari pengecekkan.

Perbandingan Kampas Rem tipis dan tebal

Perbandingan Kampas Rem tipis dan tebal

Itu sebabnya di bengkel resmi manapun dari Suzuki, Toyota atau pun Honda prosedur penggantian berkala minyak rem pada mobil tidak hanya mengganti cairan hidraulik tersebut, namun juga dilakukan pengecekkan dan pembersihan pada komponen-komponen rem mobil. Utamanya adalah komponen kampas rem cakram dan tromol. Tapi bagaimana jika kita ingin mengetahui kondisi ketebalannya, apakah harus dibawa kebengkel untuk sekedar mengecek ketebalan kampas rem?

Disc Brake Pada Bagian Roda Depan

Untuk mengetahui kondisi ketebalan kampas rem apakah masih tebal atau sudah mulai tipis bisa dilakukan dari pengamatan suara yang muncul ataupun secara visual pada komponen penghenti laju kendaraan berjenis cakram (disc brake) di bagian roda depan. Untuk mengetahui ketebalan kampas cakram secara mudah adalah dengan mengamati suara yang muncul pada saat mobil berajalan. Jika selalu muncul suara mendecit pada roda padahal pedal rem tidak diinjak maka salah satu yang patut anda curigai adalah kampas cakram bagian depan.

Ketebalan Kampas Rem Cakram

Intip Ketebalan Kampas Rem Cakram

Namun untuk mengetahui secara pasti ketebalan kampas rem cakram depan anda dapat mengintipnya dari celah velg, namun jika velg yang dipakai menggunakan model tertutup anda perlu melepas roda terlebih dahulu, maka setelah itu ketebalan kampas akan terlihat jelas.

Pada awal artikel ini Mas_Mun menyertakan foto contoh kampas rem mobil Suzuki yang sudah tipis karena pemakain dan yang tebal dalam kondisi baru. Pemirsah dapat menggunakan gambar tersebut untuk patokan apakah kampas yang digunakan pada mobil anda masih termasuk tebal atau sekiranya sudah perlu dilakukan penggantian.

Ganti kampas rem belakang teromol mobil

Ganti kampas rem belakang tromol mobil jika sudah tipis

Drum Brake Pada Bagian Roda Belakang

Lalu bagaimana untuk pengecekkan kampas rem tromol (drum brake) yang biasa terdapat pada rem belakang mobil? Untuk mobil yang masih menggunakan penghenti laju model tromol pada bagian belakang pengecekkan agak sedikit repot karena perlu membuka rumah tromol agar dapat terlihat langsung, namun bukan berarti tidak dapat diprediksi sama sekali.

Ketebalan kampas rem tromol pada mobil dapat diprediksi jika muncul suara mendecit ketika kita menginjak pedal rem, jika hal tersebut terjadi maka biasanya kampas sudah mulai menipis. Rem tromol pada mobil Suzuki memiliki sistim penyetelan celah kampas secara otomatis, sehingga celah kampas rem ke rumah tromol akan tetap terjaga sepanjang waktu, sehingga dalam kondisi normal bunyi hanya akan muncul ketika pedal rem diinjak. Namun jika dalam keadaan mobil berjalan selalu muncul suara berdecit padahal pedal rem tidak diinjak hal tersebut justru menandakan kampas cakram bagian depan yang sudah mulai menipis atau bahkan ada salah satu piston rem yang macet.

Daftar Harga Kampas Rem Mobil

Berikut ini adalah daftar harga kampas rem mobil Suzuki:

  • APV – Depan: Rp 475.200, Belakang: Rp 373.200.
  • ERTIGA – Depan : Rp 305.800, Belakang: Rp 305.800.
  • Karimun Estilo – Depan: Rp 113.600, Belakang: Rp 596.300.
  • Karimun Wagon R – Depan: Rp 95.700, Belakang: Rp 172.700.
  • Neo Baleno dan SX4 – Depan: Rp 919.000, Belakang: NonABS: 514.700v/ WithABS: 911.400.
  • Splash – Depan: Rp 877.300, Belakang: Rp 523.000.

(Angka yang tertera adalah harga spare part original Suzuki atau SGP)

Topik: Roda | Tagged , , harga kampas rem mobil, kampas rem mobil, ketebalan kampas rem tromol, kanvas rem mobil, harga kampas rem ertiga.

17 comments
  • Dani dwi putra
    October 31, 2016

    Mas,, kanpas rem depan karimun estilo apakah sama dengan kanpas rem Futura?


    • MasMun
      October 31, 2016

      Saya kurang tau juga mas, belum pernah nyocokin.


      • Dani dwi putra
        November 1, 2016

        Siap mas,, ini liat liat di online shop soal ny di tulis. Kanpas rem futura ,t120ss,karimun,, No part n berapa sih untuk Karimun estilo 2007,, maklum di cikampek sedikit sekali toko s part Suzuki


  • Yan silet
    August 16, 2016

    Mas mun inta info,, knpa ya karimun estilo yg bru sy beli th 2007,suara gemuruh didepan keras sekali,, dan jk di ganti kaki depan brpa etimasi biayanya,,?


    • MasMun
      August 18, 2016

      Estimasi biaya tentu bisa diprediksi setelah mengecek kerusakannya mas Suriyanta. Kalau dari suara gemuruh kemungkinannya bisa bearing roda depan, laher atau dari ban yang tidak rata.

      Harus di cek langsung terlebih dahulu.


    • Dani dwi putra
      November 2, 2016

      Senasib kita om,, sy sudah ganti tie rod dan ball joint tetap masih gemuruh kalo melindes jalan aspal kasar,, bikin sedih


      • MasMun
        November 3, 2016

        Deteksi kerusakannya nggak akurat berarti mas, suruh bengkelnya cek karet support, rack steer dan kaliper rem juga. Masalahnya bunyi di roda depan cuman berkutat di situ-situ saja.


  • supriono
    August 7, 2016

    Unt kampas rem suzuki splash apa bisa digantikan dgn pny mobil suzuki yg lain?


    • MasMun
      August 12, 2016

      Bisa pake punya Suzuki Swift generasi pertama. Punya original Splash memang agak mahal harganya.


  • yusuf
    July 20, 2016

    apa sih perbedaan sepatu rem yg abs dan non abs


  • Ali
    May 29, 2016

    Masmun… tolong dibantu dong, saya pengen beli karimun estillo 2011, di mobkas daerah jakarta timur.. km 66.000 tpi saya blm paham mesin tkt di bohongi.. bisa minta tolong untuk pengecekan lebih dalam lgi.


    • MasMun
      May 30, 2016

      Bisa mas Ali, tapinya hanya sabut dan minggu krn hari biasa kami kerja. Bisa minta no Hp-nya(tidak akan kami tampilkan)?


  • Edwin
    February 18, 2016

    Mau nanya mas, untuk kampas rem blkg estilo apa bisa di substitusi dgn milik wagon R ?


    • MasMun
      February 25, 2016

      Belum tau mas, perlu di coba langsung.


  • ben
    November 3, 2015

    biasanya berapa ribu km harus ganti om?


    • MasMun
      November 9, 2015

      Tidak ada patokan mas, tergantung cara mengemudinya. Kalau agresif tentu jadi lebih cepat habis kampas remnya.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+