Step by Step Pemasangan Side Body Moulding Suzuki Karimun

2
Side Body Moulding Karimun Estilo

Side Body Moulding Karimun Estilo

Aksesoris side body moulding belum terdapat pada Suzuki Karimun Estilo standard atau bahkan pada Karimun Wagon R. Sebagaimana kita tahu Suzuki Indomobil memasukkan Karimun Estilo dari India dalam keadaan polos sehingga hanya menyediakannya sebagai aksesoris original Suzuki(SGA), padahal di negaranya sana bagian ini merupakan aksesoris standard untuk semua Estilo.

Jika dilihat dari fungsinya sekilas mungkin hanya sebagai pemanis, tapi sesungguhnya side body moulding juga berfungsi sebagai pelindung tambahan. Misalkan orang yang parkir di sebelah mobil anda membuka pintu mobilnya dengan lebar tanpa pakai mikir, sehingga menyenggol body samping mobil anda dengan keras. Nah disinilah fungsi side body moulding, sehingga cat body samping mobil terlindung dari baret akibat benturan dari pintu mobil yang parkir di sebelah kita.

Side Moulding SGA Suzuki Double Tape

Body Moulding Suzuki-SGA Telah Dilengkapi Double Tape

Cara pasang side body moulding Suzuki Karimun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah namun kalau tidak mau repot bisa minta dipasangkan ke bengkel body repair. Foto pemasangan side moulding berikut ini dilakukan di bengkel body repair karena berbarengan dengan pemasangan spoiler Karimun Estilo.

Berikut langkah-langkah proses pemasangannya:

Mengepaskan dengan lekukan body

Mengepaskan Dengan Lekukan di Sisi Luar Pintu

Side Body Moulding Karimun EstiloMenarik Garis Lurus Untuk Patokan

Langkah 1: Membuat patokan kelurusan

1. Pemasangannya cukup berpatokan pada lekukan pada pintu mobil, namun agar tidak miring dapat menggunakan alat bantu berupa benang atau selotip.

Permukaan Cat Diamplas Halus Agar Sedikit Kasar

Langkah 2: Amplas halus bagian yang sudah ditandai

2. Jika sudah pas tandai bidang tempat menempelnya plastik moulding, kemudian amplas permukaan cat menggunakan apmlas halus. Alasannya agar double tape lebih erat melekat(Lihat cat mobil mulus diamplas rasanya nggak tega). :(

Pemasangan Pada Pintu Mobil

Langkah 3: Lepas double tape sedikit demi sedikit

3. Ini proses yang paling penting yaitu menempelkan side body moulding ke body. Ternyata ada triknya. Lepas double tape perbagian sedikit demi sedikit, katanya alasannya jika ditempel seluruhnya secara bersamaan maka ketika ada yang tidak pas sudah tidak bisa digeser lagi. Nah Sebelum menempelkannya ke body, masing-masing sisi(atas-bawah dan kanan-kiri) double tape dibuka sedikit, tujuannya agar ketika ingin merekatkan tinggal ditarik saja lapisan tape yang sudah dibuka sedikit tadi.

Body Moulding SGA Terpasang Pada Pintu Mobil

Ketika sudah terpasang pada pintu mobil

4. Kalau sudah tekan secara merata agar lebih merekat. Setelah terpasang body jadi terlihat tidak terlalu polos. Oh iya, komponen side body moulding Suzuki Karimun Estilo berbahan plastik ABS ini hanya tersedia dalam warna hitam jika ingin warnanya serasi dengan warna mobil tentu perlu untuk dicat terlebih dahulu. Agar biaya cat-nya lebih hemat maka sebaiknya pengecatan dibarengi dengan pengcetan bagian lainnya, misalkan spoiler.

Topik: Body | Tagged , , cara pasang list body mobil, aksesoris pemanis karimun wagon r, fungsi list body pada mobil, fungsi list body mobil, body muolding estillo.

2 comments
  • john
    July 10, 2016

    sungguh di sayang kan sampai harus di amplas body nya, itu namanya merusak mobil, kalau saya sendiri memakai double 3m VHB original dari pada bawaan doubletape 3m kw an yang gak tahan kena hujan & panas, sampai sekarang saya lebih suka masang sendiri urusan aksesoris mobil jamin 100% lebih rapi dari pada bawa ke bengkel body repair


    • MasMun
      July 16, 2016

      Double tape 3M memang nggak diragukan lagi, tapi harganya itu pak. :)
      Mungkin bengkelnya ragu dng kualitas double tape-nya sehingga sampai diamplas.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+