Fitur Child Safety Lock Pada Pintu Belakang Mobil

0

Sebagai keluaraga bepergian menggunakan mobil memang cara yang paling praktis dan ringkas dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Pernahkah ketika berpergian dengan mobil Pemirsah membawa anak-anak di kursi belakang dan kedua orang tuanya berada di kabin depan? Sudah kodratnya jika anak-anak suka iseng mencoba hal baru tanpa berpikir panjang, sehingga tidak menutup kemungkinan ketika mobil melaju si kecil mencoba untuk membuka pintu, mungkin Pemirsah beranggapan akan aman-aman saja karena pintu sudah dikunci dari dalam menggunakan central lock. Tapi bagaimana jika pengunci pintu juga dibuka oleh si kecil dari dalam? Untuk mengantisipasi hal tersebut maka pabrikan menyediakan fitur kunci pengaman anak atau child safety lock di setiap pintu belakang mobil.

Di China pernah ada rekaman kejadian bagaimana anak kecil membuka pintu di mobil yang sedang berjalan:

Child safety lock merupakan tuas kecil di pintu yang berfungsi untuk menonaktifkan handel pintu bagian dalam, jadi ketika fitur ini aktif dan kita ingin membuka handel pintu dari dalam maka pintu tidak dapat terbuka(bahkan ketika pengunci pintu sudah dibuka dari central lock). Satu-satunya cara adalah dengan membuka dari handel pembuka di bagian luar pintu.

instruksi aman air bag mobil

Instruksi keamanan Air Bag di mobil – kredit: Safecar(dot)org

Fitur Child safety lock hanya tersedia pada kedua pintu belakang, kenapa? Karena sesungguhnya posisi menempatkan anak balita di dalam mobil paling aman berada pada tempat duduk belakang. Pabrikan telah merancang hal tersebut dengan dilengkapinya dengan tombol untuk menon-aktifkan power window di semua pintu kecuali pintu pengemudi. Terlebih jika mobil anda telah dilengkapi air bag, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakan dan air bag mengembang justru akan membahayakan nyawa si anak yang berada di depan sehingga pabrikan selalu memberi peringatan untuk tidak mendudukkan anak balita di posisi kursi depan.

Fitur Child Safety Lock Pada Pintu Mobil

Fitur Child Safety Lock Pada Pintu Mobil

Berikut cara mengaktifkan Child safety lock di pintu belakang:

  1. Buka pintu belakang, anda akan melihat tuas kecil lazimnya berwarna putih tapi untuk beberapa mobil di Indonesia ada yang berwarna hitam(Seperti pada Kijang Innova).
  2. Geser tuas pengunci pada posisi “Lock” maka fitur ini aktif dan anda tidak akan bisa membuka dari handel bagian dalam.
  3. Untuk menonaktifkannya geser ke posisi “Free”.

Penting:

Pastikan anda sudah meng-aktifkan Child Safety Lock dan menon-aktfikan Power Window pada pintu belakang ketika membawa anak kecil duduk di belakang.

Topik: Body | Tagged , , , cara buka pintu belakang avanza, cara membuka pintu belakang avanza, cara membuka pintu mobil innova, Cara membuka pintu belakang mobil Avanza, cara buka pintu belakang innova.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+