Fungsi dan Cara Kerja Thermostat di Mesin Mobil

6

Thermostat adalah salah satu komponen dari sistim pendingin mesin yang terdiri dari tutup radiator, radiator, coolant reservoir, hose, water pump, kipas radiator dan thermostat itu sendiri. Jika berbicara mengenai pendingin mesin mobil maka bagian dominan yang paling diingat orang adalah radiator, padahal kerja radiator saling bahu-membahu dengan komponen lainnya dalam sistem pendingin yang jika salah satunya bermasalah akan berakibat pada timbulnya masalah overheat.

Thermostat Adalah Komponen yang Mengontrol Sirkulasi Cairan Pendingin

Thermostat Adalah Komponen yang Mengontrol Sirkulasi Cairan Pendingin

Mesin pada kendaraan tentu akan menghasilkan panas, panas itu baik sampai suhu tertentu namun jika sudah berlebih panas akan menyebabkan masalah pada mesin mobil. Karena itulah terdapat sistem pendingin yang menggunakan air sebagai medium yang menyerap dan memindahkan panas.

Gambaran proses sederhana sirkulasi air dalam sistem pendingin sebagai berikut:

  1. Air dipompa oleh water pump ke arah mesin.
  2. Di mesin air melewati jalur yang sudah tersedia, jalur tersebut biasa disebut dengan water jacket.
  3. Air pendingin dengan suhu panas keluar mesin melewati selang dan masuk ke radiator bagian atas.
  4. Terjadi pengurangan suhu air/coolant di dalam radiator, hal itu terjadi karena air melewati jalur kisi-kisi kecil yang begitu banyak di radiator. Panas dari kisi-kisi itu berpindah ke udara(terjadi perpindahan kalor) dibantu oleh kipas yang terpasang di balik radiator untuk mendinginkannya.
  5. Suhu air akan akan turun setelah melalui kisi-kisi di radiator kemudian keluar dari selang radiator bagian bawah dan dipompakan kembali kedalam mesin untuk kembali menurunkan suhu mesin.

 
Itu proses sirkulasi yang terjadi ketika mesin sudah mencapai suhu(panas) optimal, lalu bagaimana jika suhu mesin belum mencapai suhu optimal alias masih dalam kondisi dingin seperti pada saat kondisi mesin baru saja menayala?

Ketika mesin baru saja menyala suhunya belum mencapai suhu kerja optimal sehingga proses sirkulasi cairan pendingin mesin tidak berjalan seperti pada langkah-langkah di atas. Dalam kondisi mesin masih dingin sirkulasi cairan pendingin mesin(coolant radiator) di tutup atau di block agar tidak bersirkulasi melewati radiator, tujuannya? Ketika cairan pendingin tidak bersirkulasi memasuki radiator maka proses pelepasan kalor dari cairan pendingin tidak terjadi sehingga mesin akan cepat mencapai suhu panas optimal.

Disitulah salah satu fungsi dari Thermostat pada mesin mobil, yaitu untuk mengatur buka tutup sirkulasi cairan pendingin mesin. Ketika suhu cairan pendingin mesin belum mencapai suhu optimal maka sirkulasi air menuju radiator akan tertutup sehingga mesin akan cepat mencapai suhu optimal. Jika suhu sudah mencapai 85-90℃ Thermostat akan membuka, tujuannya agar cairan pendingin dapat didinginkan melewati radiator.

Penggantian Komponen Sistem Pendingin Pada Mobil Suzuki Apv

Penggantian Komponen Sistem Pendingin Pada Mobil Suzuki Apv

Namun beberapa orang memiliki pemahaman yang salah tentang Termostat, dengan alasan penghematan maka ketika Thermostat rusak cukup melepas yang lama dan tidak dipasang spare part penggantinya padahal harga thermostat yang tidak seberapa. Beberapa juga beralasan toh tanpa Thermostat mesin juga dapat hidup dengan normal jadi tidak ada bedanya dipasang atau tidak. Sayangnya pendapat tersebut tidak 100% benar, melepas Thermostat pada mesin memiliki dampak dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Dampak jangka pendeknya mesin akan lebih boros. Mesin yang tidak dilengkapi Thermostat akan lebih lama mencapai suhu kerja optimal di kisaran 85-90℃. Ketika suhu mesin masih rendah maka konsumsi bahan bakar akan lebih banyak dibandingkan kita mesin sudah mencapai suhu optimal.

Dampak jangka panjangnya mesin tidak akan awet. Tanpa termostat sirkulasi cairan pendingin terlalu cepat(lancar), akibatnya air yang belum sempat didinginkan oleh radiator sudah keburu masuk ke dalam mesin. Dan sebaliknya, air yang belum mencapai suhu kerja ideal sudah keburu dialirkan ke radiator. Beberapa kasus overheat terjadi ketika mesin sedang dipacu diputaran tinggi, cairan pendingin yang belum optimal didinginkan di radiator harus sudah masuk kembali ke mesin akibat Thermostat yang dilepas sehingga sirkulasi cairan pendingin terlalu cepat.

Lubang Katup Udara Pada Thermostat

Lubang Katup Udara Pada Thermostat

Jadi jangan sampai ingin mengirit pembelian Thermostat tapi jatuhnya malah lebih boros dan ber-resiko. Berikut daftar harga Thermostat SGP mobil-mobil Suzuki:

  • Suzuki Karimun Estilo 4 silinder: Rp 186.100
  • Suzuki Karimun Estilo 3 silinder: Rp 183.100
  • Suzuki Karimun Wagon R: Rp 140.800
  • Suzuki Neo Baleno & SX4: Rp 197.600
  • Suzuki Splash: Rp 157.800
  • Suzuki New Splash: Rp 183.100
  • Suzuki Swift GL: Rp 197.600
  • Suzuki Swift ST: Rp 209.600
  • Suzuki All New Swift & Ertiga: Rp 140.800
  • Suzuki Carry 1.5 Pick up: Rp 157.800
  • Suzuki APV: Rp 156.800
  • Suzuki Escudo 2.0: Rp 197.700

Topik: Mesin | Tagged , , , , fungsi thermostat, harga thermostat mobil, cara kerja thermostat, thermostat mobil, fungsi termostat.

6 comments
  • Denie
    October 28, 2016

    Karlo saya pas 5 thn bocor . ganti radiator SGP. Baru 5 bln udah bocor lagi kenapa ya ?


    • MasMun
      October 31, 2016

      Yang bocor radiatornya lagi? Sebelum bocor lagi mesinnya overheat nggak?


  • dody
    August 2, 2016

    Kmren karlo sy overheat air di tempat penyimpanan kosobg dan skrg klo g pake ac mesin overheat. Apa yg salah dgm karlo sy


    • MasMun
      August 2, 2016

      Coba ditambah dulu air di tabung reservoir-nya dan di Radiator, kemudian cek kipas radiator juga. Apakah pada kondisi mesin panas dan AC mati kipas sempat menyala beberapa saat? Jika tidak menyala sama sekali kemungkinan bermasalah pada kipasnya.


  • arif
    July 27, 2016

    untuk karimun estilo tidak ada bar suhu ya mas mun?


    • MasMun
      July 27, 2016

      Tidak ada mas. nanti akan muncul indikator jika mesin melebihi suhu normal.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+