Fungsi Tutup Radiator Komponen Kecil Tapi Vital

0
Tutup radiator mobil Suzuki Karimun

Tutup radiator mobil Suzuki Karimun

Selama ini bagi kita yang masih awam mungkin mengira bahwa tutup radiator (radiator cap) hanya  berfungsi sebagai penutup lubang pengisian coolant atau air radiator. Tapi tahukah Pemirsah bahwa fungsi tutup radiator tidak hanya itu saja, bahkan sesungguhnya memiliki fungsi vital pada sistem pendingin mesin. Komponen tersebut juga menjalankan tugas sebagai penjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi sistem pendingin mesin dan sebagai pengatur aliran air radiator dari dan menuju tabung reservoir atau tabung cadangan.

Tutup radiator berfungsi menjaga tekanan – Presure Valve

Sistem pendingin mesin yang berisi cairan bersirkulasi dalam ruang tertutup mulai dari radiator, selang, saluran air di blok mesin(water jacket) hingga pompa air. Tutup radiator berfungsi sebagai presure valve yang menjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi air agar tetap pada tekanan yang diinginkan. Biasanya di atas tutup radiator terdapat angka 0,9 atau 1,1 atau bahkan 1,2. Pada Suzuki Karimun Estilo dan Suzuki Karimun Wagon R tertera angka 1,1 pada tutup radiatornya,  itu merupakan angka tekanan yang harus dipertahankan di dalam ruangan sirkulasi air dalam satuan Bar.

Angka Spesifiikasi tekanan pada tutup radiator

Angka Spesifiikasi tekanan pada tutup radiator

Pabrikan mobil merancang supaya tekanan tinggi tercipta di dalam ruang sirkulas, hal itu dibutuhkan agar titik didih air dapat mencapai suhu lebih tinggi. Misalnya : titik didih normal air pada tekanan udara normal(1 atmosfer) adalah 100°C , namun dengan adanya tekanan lebih tinggi di dalam ruang sirkulasi  maka temperatur titik didih  dapat mencapai angka yang lebih tinggi, sebelum akhirnya air radiator mendidih dan menguap.

Misalkan, dengan adanya tekanan 0,9 bar di dalam ruang sirkulasi sistem pendingin maka air dapat mencapai angka 120°C, hal tersebut didukung dengan digunakannya cairan radiator coolant yang titik didihnya lebih tinggi daripada air biasa(murni). Kenapa temperatur tinggi diharapkan terjadi dalam sirkulasi air sistem pendingin mesin? Karena ini sesuai dengan prinsip perpindahan kalor, yaitu dengan semakin besarnya selisih perbedaan temperatur (delta T) maka akan semakin banyak kalor/panas yang dapat dipindahkan ke udara. Jika tadi temperatur air di radiator mencapai 120°C dan temperatur udara luar adalah 30°C maka kalor yang dipindahkan dari radiator ke udara akan lebih besar dibandingkan jika air radiator hanya bertemperatur 100°C dan temperatur udara di luar radiator tetap 30°C.

Berfungsi  sebagai katup keluar masuknya air – Vacuum Valve

Tekanan ideal di dalam sirkulasi sistem pendingin telah ditentukan oleh pabrikan pembuat mobil, namun jika tekanan didalam ruangan sirkulasi air sudah melebihi tekanan ideal yang disebabkan karena suhu yang tinggi maka pegas dari pressure valve di tutup radiator akan tertekan ke atas, kemudian akan menciptakan celah yang menghubungkan antara ruang sirkulasi air pendingin mesin dengan ruang tabung reservoir yang bertekanan normal.

Jika tadinya ruang sirkulasi air tersebut tertutup rapat maka akibat tekanan berlebih kemudian akan tercipta celah yang dapat mengurangi tekanan sekaligus memindahkan volume air yang mengalami ekspansi akibat pemanasan tadi untuk dipindahkan ke tabung reservoir.

Diagram cara kerja Radiator Cap

Diagram cara kerja Radiator Cap – Sumber:asecertificationtraining.com

Hal sebaliknya pun juga terjadi, ketika mesin mulai mengalami pendingian(ketika mesin dimatikan) maka begitu pula dengan air radiator akan mengalami pendinginan, akibatnya volume air di dalam sistem pendingin akan mengalami penyusutan. Efek samping dari adanya penyusutan volume air maka akan terjadi kevakuman di dalam ruang sirkulasi air yang tertutup rapat. Ketika terjadi kevakuuman di ruang sirkulasi air maka klep tutup radiator bagian tengah yang kecil akan membuka sehingga ruang sirkulasi air dan reservoir akan terhubung kembali, karena adanya kevakuman di ruang sirkulasi sistem pendingin maka akan menyedot kembali air dari tabung reservoir masuk ke ruang sirkulasi. Klep kecil ditengah tutup radiator ini di sebut vacuum valve karena bekerja pada saat ke-vakuman berlangsung di ruang sirkulasi air pendingin mesin.

Itulah mengapa biasanya jika kita melihat tabung reservoir air radiator ketika mesin mobil masih panas terlihat air melebihi batas maksimal, namun jika mesin sudah menjadi dingin maka air di tabung reservoir akan berkurang dengan sendirinya karena akan tersedot kembali masuk ke dalam radiator.

Kegagalan tutup radiator dalam menjalankan fungsinya bisa diakibatkan usia tutup radiator yang sudah cukup tua sehingga per yang berfungsi sebagai pengatur fungsi valve sudah lemah dan tidak bisa menjaga tekanan ideal di dalam sistem pendingin mesin. Kemungkinan lainnya bisa diakibatkan endapan korosi air radiator yang menumpuk pada radiator cap sehingga menghambat kerja pegas dan celah klep-nya.

Bagaimana jika tutup radiator pada mobil anda gagal bekerja melaksanakan fungsinya sebagai pressure valve atau vacuum valve :

  • Fungsi Pressure Valve tutup radiator: Jika terjadi kegagalan fungsi ini maka tutup radiator tidak dapat menjaga tekanan tinggi didalam ruang sirkulasi, akibatnya air di ruang sirkulasi akan cepat mendidih dan berubah menjadi uap air yang dapat dengan mudah lolos dari ruang sirkulasi air sehingga air radiator kerap berkurang. Atau bisa juga sebaliknya, jika tekanan yang berlebih di dalam ruang sirkulasi tidak dapat di lepas ke udara melalui tabung reservoir maka di dalam ruang sirkulasi air akan terjadi tekanan yang terlalu tinggi hingga akhirnya komponen seperti radiator, selang radiator dan seal waterpump akan mengembang dan akhirnya akan pecah atau bocor.
  • Fungsi Vacuum Valve tutup radiator: Jika terjadi kegagalan fungsi ini maka tutup radiator tidak dapat membuka ketika terjadi pendinginan di dalam ruang sirkulasi air, hal ini mengakibatkan air dari tabung reservoir tidak dapat masuk kembali ke ruang sirkulasi sistme pendingin. Ketika dalam kondisi mesin dingin dan kita cek volume air di dalam radiator akan terlihat berkurang padahal volume air di tabung reservoir dalam kondisi penuh.
Katup pada tutup tekan untuk mengecek

Tekan katup pada tutup tekan untuk mengecek

Jika dicermati dari fungsi-fungsi di atas maka tutup radiator memegang peranan penting dalam hal pendinginan mesin. Tentu jika dilihat bentuknya yang kecil dan cukup sederhana maka kita tidak akan menyadarinya. Oleh karena itu agar tutup radiator dapat berfungsi normal sebaiknya Pemirsah memastikan hal berikut ini:

  1. Menjaga kebersihan air radiator mobil dengan mengurasnya sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  2. Menggunakan Radiator Coolant bukan hanya menggunakan air keran biasa untuk mengisi radiator tujuannya agar meminimalisir endapan korosi.
  3. Tidak mengganti tutup radiator mobil dengan tipe racing yang biasanya memiliki standar tekanan lebih besar dari yang versi orisinal bawaan mobil. Gantilah sesuai dengan spesifikasi standard mobil anda.

Daftar Harga tutup radiator original Suzuki – SGP:

  • Suzuki Karimun Estilo= Rp 132.000
  • Suzuki Karimun Wagon= Rp 60.400

Topik: Mesin | Tagged fungsi tutup radiator, Tutup radiator, fungsi radiator cap, fungsi katup pada tutup radiator, komponen tutup radiator.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+