Gejala Engine Mounting Rusak dan Harga Partnya

48

Engine mounting adalah komponen yang bertugas sebagai dudukan mesin pada chasis atau rangka, pada umumnya komponen ini terbuat dari bahan yang memiliki elastisitas seperti karet. Fungsi engine mounting berguna untuk menyerap/mereduksi getaran yang dihasilkan oleh mesin agar tidak merambat 100% hinga ke rangka mobil, jadi secara sederhana fungsinya adalah mengurangi getaran mesin ke rangka agar ketika mesin bergetar(terutama saat berakselarasi dan deselarasi) bodi mobil tetap anteng, tidak terpengaruh oleh getaran mesin sehingga penumpang tetap merasa nyaman.

Engine Mounting Rusak Suzuki Karimun Estilo

Engine Mounting Rusak Suzuki Karimun Estilo

Karena berbahan dasar karet yang memiliki fleksibilitas tertentu namun tetap kuat, maka karet mounting akan mengalami getas atau rusak yang berakibat terganggunya kenyamanan mengemudi, karena getaran mesin tidak tereduksi lagi ketika akan merambat ke chasis mobil. Kerusakan karet mounting membuat celah pada komponen tersebut sehingga mesin bergetar hebat(seperti mesin yang tidak seimbang), getaran tersebut bisa merembet ke sambungan pipa knalpot sehingga menyebabkan retak atau pecah.

Sebagai komponen slow moving yang frekuensi penggantiannya jarang, umur pakai engine mounting tidak didasarkan pada jarak tempuh(kilometer) namun tergantung pada gaya kita mengendarai mobil. Apakah membawa mobilnya kasar, sering akselerasi kencang tiba-tiba dan rem mendadak pun tiba-tiba, juga apakah sering melewati jalanan rusak dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Untuk penggantian biasanya yang rusak tidak semuanya, misalkan pada mobil-mobil keluarga merek Suzuki jumlah engine mounting-nya ada tiga dan untuk penggantian biasanya yang paling cepat adalah bagian depan kanan. Hal itu disebabkan bagian tersebut yang paling dekat dengan down pipe atau pipa knalpot sehingga rawan panas, selain itu engine mounting depan kanan adalah yang paling dekat dengan mesin.

Pada mobil berpenggerak roda depan seperti mobil sedan atau city car jika engine mounting kanan depan akan memegang dudukan mesin dan pada bagian kiri depan akan memegang gearbox, karena konstruksi gearbox pada mobil penggerak roda depan berada sejajar di sebelah kanan mesin.

Berikut adalah beberapa ciri atau gejala tanda-tanda Engine Mounting rusak: :

  1. Saat mesin hidup akan bergetar lebih kencang daripada biasanya dan getaran pada body mobil terasa kencang.
  2. Saat mesin distarter biasanya akan terdengar bunyi gluduk gluduk.
  3. Ketika mulai menjalankan mobil di gigi 1, saat melepas pedal kopling akan timbul bunyi dug-dug.
  4. Ketika mobil jalan melewati jalan kasar terdengar bunyi-bunyi yang tidak lazim dari ruang mesin.
  5. Saat lepas gas biasanya juga akan terdengar suara gludug dari ruang mesin dan ini tergantung dari seberapa parah tingkat kerusakan engine mounting tersebut.
Komponen Engine Mounting Bracket dan Baut

Komponen Engine Mounting, Bracket dan Baut

Daftar harga engine mounting untuk mobil keluarga Suzuki:

Engine mounting Suzuki Ertiga:
– Depan kanan: Rp 441.700
– Depan kiri: Rp 335.400
– Belakang: Rp 262900

Suzuki Karimun Estilo:
– Depan kanan: Rp 344.100
– Depan kiri: Rp 201.200
– Belakang: Rp 140.700

Suzuki New Karimun Estilo:
– Depan kanan: Rp 191.500
– Depan kiri: Rp 335.800
– MOUNTING,ENG RR: Rp 176.400

Suzuki Splash:
– Depan kanan: Rp 332.700
– Depan kiri: Rp 258.200
– Belakang: Rp 318.800

Suzuki Karimun Wagon R:
– Depan kanan: Rp 336.000
– Depan kiri: Rp 336.000
– Belakang: Rp 320.300

Topik: Mesin | Tagged , harga engine mounting, engine mounting, harga karet engine mounting, harga engine mounting karimun estilo, karet mounting.

48 comments
  • efendi
    October 29, 2016

    yth suhu mumun. mohon pencerahannya.saya swift user gl 2007.keluhan sya adalah pada saat gigi 2 dgn rpm dibawah 2000 mbil berjalan ndut-ndutan. diatas rpm 2000 tdak ada masalah.kopling set sudah sya ganti,tune up dan juga penggantian busi tetapi gejala ndut ndutan blm ilang. apakah krn engine mountainnya sdah rusak?mohon pencerahannya.terimakasih(slam kenal fendi)


    • MasMun
      October 31, 2016

      Kalau gejala mobil ndut-ndutan atau tesendat-sendat tidak ada hubungannya dengan mounting mas fendy, Kalau sudah ditune up asumsinya throttle body sudah dibersihkan, busi sudah diganti, injector sudah dibersihkan, saringan udara sudah bersih. Jika itu semua sudah dilakukan coba kuras tangki bensin dan ganti filternya, yang terkahir bisa jadi dari coil-nya.


  • Fikar
    October 28, 2016

    MasMun,

    Saya mau tanya, saya pakai New Karimun Estilo tahun 2011 ,

    sekarang ini ada beberapa keluhan :
    1) Saat melewati ConBlok dan belok,, ban depan bunyi Gludug Gludug
    2) saat mesin idle (tidak di gas), ada bunyi deg deg deg deg dn bunyi makin keras ketika dinyalakan AC,
    Tetapi saat di gas dan mbl berjalan, bunyi hilang
    3) saat buka Kap Belakang mengapa lama lama turun yahh kap nya,,

    Mohon pencerahannya. terima kasih banyak


    • MasMun
      October 28, 2016

      1) Harus dicek langsung sumber bunyi di roda depan ada beberapa penyebabnya.
      2) Cek Engine Mountingnya.
      3) Balancer atau biasa disebut shock bagasinya sudah lemah, harga perbuahnya sekitar 200-ribu rupiah.


  • Rendra
    September 7, 2016

    Dear Mamun….
    Saya mau nanya Kalo Engine Mounting Karimun kotak ada berapa ya…??saya pemakai karimun kotak tahun 2000, sudah nganti mounting depan, belakang dan mounting perseneleng, tetapi getaran masih ada saat ac menyala, knp ya…??kupling set juga udah ganti baru tapi getaran masih ada…minta pencerahan…

    Terima kasih
    Salam


    • MasMun
      September 10, 2016

      Getaran ketika AC menyala biasanya muncul ketika kondisi idle/langsam, coba dilihat dulu putaran mesin ada pada berapa rpm ketika kompresor AC menyala? Kalau putaran mesin turun drastis ketika AC nyala maka idle Up-nya tidak bekerja, akibatnya beban mesin begitu berat diputaran rendah sehigga muncul getaran yg besar.


  • ekko
    July 23, 2016

    karimun kotak saya, pada saat mengerem ato mengurangi kecepatan selalu berbunyi kriyet-kriyet, dan ketika dibuka kap mesin dan saya coba maju mundur, mesinnya goyang-goyang mju mundur… apakah itu juga karena engine mounting aus?


    • MasMun
      July 25, 2016

      Mesinnya digoyang-goyang dengan tangan bisa maju mundur? Wah kemungkinan udah lemah banget itu mas karet montingnya.


  • daniel
    June 22, 2016

    Harus dicek langsung pak Sigit, kalau itu kemungkinan bukan dari engine mounting tapi dari komponen kaki-kaki depan. Bunyi muncul setelah pemakaian yang cukup lama biasanya karena pada bagian tersebut sudah longgar tapi masih terdapat gemuk(grease), gemuk itu akan berkurang kemampuan meredam getaran ketika suhunya semakin tinggi(semakin lama pemakaian).

    Menanggapi yg di tanya pak sigit di atas dan di jawab masmun…kejadiannya sama kyk estiilo new 2010 saya klo lama jalan pasti d jalan tidak rata gluduk2 sebelah kiri tp pas awal2 ngak ada bunyi tp bs ada bunyi jg pas waktu mo jalan kita banting ke kiri atau kanan hbz…nah solusi ganti part apa namany ya mas? soalny saya awam soal mobil dan istilahnya….kemarin pas turun kopling sih ada liat yg bunyi yang itu loh yang sambung ke roda yg besi panjang tu kan ada ke roda kiri dan kanan pas d hentak2 bunyi drsana..thx


    • MasMun
      June 23, 2016

      Besi panjang yang ke roda itu namanya Drive shaft atau biasa disebut juga dengan CV Joint. Sebaiknya bapak cek secara langsung ke bengkel yg kompeten, kalau bapak ganti langsung ternyata bukan itu penyebabnya bisa repot karena drive shaft itu harga part-nya cukup mahal.


      • daniel
        June 24, 2016

        (ini comment dari blooger karimun tetangga ) >>>> Kemungkinan ada masalah di kaki2nya terutama balljoint dan karet
        support shock absorbernya. Silahkan dicheck terlebih dahulu.

        gmn menurut suhu mumun? bunyi sh gk gt ganggu cm krg nyaman aja mas mun, dan aneh klo jalan 2 jam gt baru terasa apalg d jalan gk rata..klo jalan rata mala gk gt terasa sih..ya mgkn ada part yg aus…apakah ini bs d perbaiki atau mesti di ganti ya mas mun? mengingat klo ganti2 part cost mahal bgt…karna part suzuki beli nya d bengkel resmi suzuki…T_T


        • MasMun
          June 24, 2016

          Ball joint, karet support, Shock, drive shaft, rcksteer dkk itu komponen yang menyusun roda depan agar dapat berputar. Karena saking banyaknya sambungan di struktur roda depan hampir pasti kok mobil yang sudah mulai bertambah umurnya pasti akan muncul masalah di situ. Apalagi jalanan di Indonesia nggak semuanya mulus dan diperparah kalau bawanya nggak halus(jalan rusak main trabas).

          Nah bagian tersebut kan banyak banget komponennya yang saling berhubungan jadi nggak bisa mas memprediksi dengan pasti mana salah satu(atau salah dua) komponen yang aus kalau tidak di cek langsung, bisanya ya hanya diprediksi dengan menyebutkan beberapa kemungkinan penyebabnya. Boleh dicoba deh, tanya ke bengkel mana aja via tlpn kalau ada yang bisa nyebut dengan langsung dan tepat bagian mana yang rusak tanpa perlu dicek.

          Tentang penggantian, dari pengalaman kalau sudah ada yang bunyi seperti itu biasanya akan ada yang perlu diganti. Beli spare part Suzuki cuman ada di bengkel resmi? Kata siapa ah, coba main-main ke sentra atau toko onderdil nanti kalau ada yang majang plang SGP pasti ada spare part Suzuki di sana(harganya biasanya lebih murah dikit dibanding bengkel resmi).


        • daniel
          June 29, 2016

          owh gt ok2 mantap nh suhu mumun..berarti saya bisa kira2 d antara komponen itu…betul banget mas mumun di karenakan saya tinggal d pontianak dan kebtulan ambil perumahan agak dalam jalanan rusak bgt dan batu ny segede2 batu karang pantai…haha dah gt ada 2km jalanny kyk gt…jd gk heran 3 tahun pake jadi kyk gt…cuma d pontianak gk ada sparepart yg KW2 suzuki / SGP gk tau dh klo d daerah kota besar d jkt pasti mgkn ada…thx bgt mas mumun…mas mumun is the best ^^ master of karimun hehe


  • sigit
    June 8, 2016

    mas mumun, kenapa karimun estilo saya th ’11 setelah pemakaian +- 2 jam jika lewat jalan rusak kok ada suara klek klek klek di bawah setir dan sekitar roda depan ya? apakah ini wajar?


    • MasMun
      June 16, 2016

      Harus dicek langsung pak Sigit, kalau itu kemungkinan bukan dari engine mounting tapi dari komponen kaki-kaki depan. Bunyi muncul setelah pemakaian yang cukup lama biasanya karena pada bagian tersebut sudah longgar tapi masih terdapat gemuk(grease), gemuk itu akan berkurang kemampuan meredam getaran ketika suhunya semakin tinggi(semakin lama pemakaian).


  • rahmat
    June 4, 2016

    ini masmun saya mau tanya. saya kemarin habis ganti kampas kopling kijang kriasta tahun 2003. tetapi setelah diganti kok mobilnya saya buat jalan ganti perseneleng dari 1 ke dua, perseneleng dua mau saya lepas pedal koplingnys kok bergetar getar yam apa mungkin karena kampas koplingnya yg tidak pas atau karena memang engine mountingnyavygvharus diganti.padahak sebelumvsaya bawa ke bengkel tu jalan.nya normal2 saja


    • MasMun
      June 7, 2016

      Bisa jadi ketika pasang Matahari(clutch cover) nggak bener. Proses pemasangan matahari harus pke kunci momen 3kg utk memastikan rata permukaan mataharinya.


  • ade sudrajat
    May 23, 2016

    masmun mau tanya, untuk suzuki aerio pada engine mounting apakah bisa diganti dengan merk suzuki lain, seperti misalnya ertiga atau estilo ?


    • MasMun
      May 24, 2016

      Tidak bisa pak, bentuknya berbeda.


  • Jalal
    April 26, 2016

    Mau tanya Mas Bro. Mobil ertigA sy baru ganti sockbleker depan barangnya original. Setelah ganti ko jadi ga empuk malah kalau ada gajlugan ada bunyi dug dug. Sy tanya ke bengkel sock katanya itu karena socknyA bukan oli tapi gas. Apa ada pengaruh Mas? Kalau bawaan ertiga ny dari pabrik apa socknya oli ya?


    • MasMun
      May 10, 2016

      Shockbreaker Suzuki Ertiga yang ori tipe gas, kalau ada bunyi ketika polisi tidur memang kemungkinannya bisa karena shock tapi bukan hanya itu bisa juga bagian lainnya.


  • Irvan
    April 13, 2016

    Sy punya kijang lgx matic 2001 setiap perpindahan gigi misal dari P ke D dst bodi mobil goyang katax itu normal sj cuman gak enak aja klo goyang gitu mas.


    • MasMun
      April 18, 2016

      Hentakan ketika ganti poisi presneling di Matic itu normal pak(karena itu perlu injak rem dari posisi P). Kalau hentaknanya terlalu kuat karena Kijang kapsul LGX matic-nya masih pakai manual valve yang ngikut kabel gas, bisa jadi kerusakan dari solenoid abnormal, accumuloator seal bocor atau beberapa sebab lainnya. Penyebabnya lebih dari satu faktor, untuk pastinya harus dicek langsung.


  • Arianto
    March 19, 2016

    Mas mun, lum lama saya tanya harga engine mounting new karlo d beres suzuki. Sekitar 1,4 jt jika diganti ketiga2nya. Harga parts yg mas mun cantumkan apakah harga parts ori dari beres suzuki?


    • MasMun
      March 21, 2016

      Yup, betul mas Arianto itu harga ori di Beres Suzuki.


  • agus ariyanto
    March 3, 2016

    Mau nanya, mobil saya karimun kotak 2003, kalau mobil stasioner dasboard bunyi, trus ganti 3 engin mounting, getaran didasboard hilaqng, tp sekarang ada bunyi dug-dug di mesin, belok dan ngerem juga bunyi….thanks


    • MasMun
      March 21, 2016

      Halo mas Agus kalau ngerem juga bunyi kemungkinan bisa jadi ada masalah juga di sekitar suspensi depan. Bisa jadi karet support shock depannya sudah koyak.


  • Angga
    January 21, 2016

    Mahal juga ya engine mountingnya. padahal cuman karet :) mungkin yang bikin mahal kualitas karetnya itu sendiri ya..


    • MasMun
      February 5, 2016

      Betul, selain itu kan bukan hanya karet saja termasuk besi dudukannya juga.


  • bobby
    January 12, 2016

    Mas mun mau tanya harga ganti pulley dinamo amper berapa yaa?


    • MasMun
      January 13, 2016

      Puley Alternator mungkin maksudnya ya mas Bobby? Harga Pulley alternator Suzuki Karimun Estilo New(3silinder) Rp 215.000 mas.


  • Hariono
    September 10, 2015

    mantab mas..


  • agw
    September 1, 2015

    Mas mun, estilo saya tahun2011, getaran yg disebabkan oleh rusaknya mounting, seperti apa ya? Saya bawa ke bengkel, katanya kalau mesin estilo memang getar seperti ITU,mohon prncerahannya masmun, trims b4


    • MasMun
      September 28, 2015

      Getaran mesin 3 silinder new Karimun Estilo memang cukup bergetar jika dilihat langsung, tapi getaran itu teredam oleh engine mounting shingga ketika sampai ke chasis getaran yang merambat sudah jauh berkurang. Nah ketika engine mounting sudah rusak karena usia maka getaran dari mesin itu tidak teredam dengan baik, hal tersebut ditandai dengan getaran di body yang lebih bergetar dari biasanya atau suara berisik dari ruang mesin ketika dalam kondisi langsam dan ketika mesin baru di stater.


  • Arman
    August 11, 2015

    Selamat pagi MaMun, Selain gejala kerusakan yang disebutkan diatas, apakah kerusakan Engine Mounting dapat terlihat dengan kasat mata? pada new karlo engine mountingnya ada berapa banyak? haruskah penggantiannya sekaligus? terima kasih atas penjelasannya.


    • MasMun
      August 13, 2015

      Kalau sudah parah, biasanya karet engine mounting terlihat pecah. Pada New Karlo engine mounting-nya ada 3, jika ada satu yg rusak ganti yg rusak saja tidak perlu ganti semua.


    • Arman
      August 14, 2015

      Ok..tks atas penjelasannya MasMun…, setelah sy cek ke bengkel ternyata karet penutup as tarik sebelah kiri yg arah ke mesin robek dan minyak gemuknya meluber keluar,part asli harus inden dulu sementara satu set as tarik sebelah kiri seharga 2,2jt,,. batang as tarik tsb apabila di genggam dan di goyang2kan mengeluarkan bunyi kletek..kletek…. apakah batang as tarik tsb harus mmng di ganti satu set? apakah suara tsb akan hilang hanya dg mngganti karet dan diberi pelumas minyak gemuk yg baru? bagimana mngatasi agar dana seminim mungkin?..tks Mas..


      • MasMun
        August 16, 2015

        As tarik itu maksudnya As kopel/drive shaft yang dari gearbox ke roda ya? Fungsi karet boot yang sobek itu fungsinya hanya sebagai penutup as agar tidak terkena air dan kotoran dari luar. Kalau mau diganti karetnya saja ada kok yg jual partnya yg non-ori.


  • Erci
    July 21, 2015

    Gan. Apakah ada bengkel referensi buat estilo 2010?


    • MasMun
      July 23, 2015

      Kalau saya selama ini di bengkel resmi Suzuki mas Erci.


  • Anif
    July 16, 2015

    Mas mun mau tanya masalah getaran mesin.
    karimun estilo 2007 saya kemarin baru service sebelum di service getaran mesin gak sampai kekabin,tetapi setelah service (ganti oli dan busi) kenapa getarannya sampai ke kabin apalagi pada saat AC hidup,kerasa banget itu pada saat mobil berhenti.
    Apakah ini gejala engine mounting yg bermasalah atau setelan mesin yg masalah.thanks mas mun sebelumnya.


    • MasMun
      July 18, 2015

      Coba dikomplain dulu ke bengkelnya om, mosok habis service malah jadi nggak enak mobilnya. Mungkin celah businya belum disetel.

      Kalau ac hidup memang biasanya getaran lebih terasa pada saat mesin idle/langsam.


  • Galih
    July 15, 2015

    BP = Biaya Pasang Mungkin Om, Klo Di Kaltim Musti Indent Dulu Mau Ganti Full Set Engine Mounting.


    • MasMun
      July 15, 2015

      Om Galih,, itu si Miun ganti kompresor AC Xenia bener jadi lebih enteng? Beda diameter pully-nya sama yg ori punya karimmun jauh nggak?

      Kompresor sampai diganti apa nggak dicoba ganti oli-nya dulu? Gejala ngorok-nya selama AC-nyala atau hanya ketika baru dinyalakan om?


  • RIKY
    July 13, 2015

    MasMun yg budiman, apakah engine mounting Wagon R dpt dipasang ke New Karimun Estilo? Mengingat fungsi peredam getarnya lebih baik.


    • MasMun
      July 18, 2015

      Kemungkinan besar tidak bisa mas, Memang mesinnya sama tapi posisi dudukan di sasis mobilnya berbeda, kecuali ikut memodifikasi dudukan di sasis Karimun Estilo-nya tapi sayang sekali.


  • JAYA DINATA
    July 9, 2015

    ongkos BP dikisaran brp om?


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+