Spesifikasi Harga Kia Picanto Bekas Vs Karimun

6

Ketika sedang browsing tiba-tiba saja Mas_Mun menemukan data komparasi antara KIA Picanto (All New – 1200 cc) dengan beberapa kompetitor lainnya, yaitu mobil di kelas city car atau small MPV. Ternyata data perbandingan mobil di kelas small MPV itu dibuat pada tahun 2011 ketika KIA all New Picanto baru saja diluncurkan. Seperti pada umumnya sebelum meluncurkan produknya ke pasaran maka APM(Agen Pemegan Merek) atau pabrikan akan membandingkan keunggulan dan kelemahan spesifikasi produk mobil terbarunya dengan kompetitornya yang lebih dahulu hadir.

New Kia Picanto Tampak Depan

New Kia Picanto Tampak Depan

Data tersebut membandingkan antara produk terbaru KIA di segmen city car pada saat itu, All New Picanto dengan kompetitornya yang ada di pasaran pada tahun 2011, yaitu Suzuki Splash, Karimun Estilo, Chevrolet Spark, dan Nissan March. Persaingan antara seluruh mobil baru tersebut setara dari sisi kapasitas mesin, terkecuali Karimun Estilo. Sebenarnya agak aneh ikut menyertakan Karimun Estilo bermesin 998cc dalam persaingan di kelas small MPV 1200cc.

Pada tahun 2015 ini peta persaingan telah berubah, Karimun Estilo sudah tidak dijual dalam keadaan baru karena sudah discontinue dan Kia telah meluncurkan ‘adik’ Picanto yang berkapasitas 1000 cc yaitu Kia Morning. Karena Kia morning masih jarang yang punya dan yang ada adalah Picanto bermesin 1200cc  milik seorang teman maka jadilah kita bandingkan antara Kia All New Picanto dan Suzuki Karimun Estilo.

Lalu bagaimana jika dalam kondisi bekas KIA Picanto dan Karimun Estilo dibandingkan impresinya secara langsung, spesifikasi dan harga bekasnya? Walaupun secara spesifikasi mesin dan desain keduanya memiliki banyak perbedaan. Ya intinya sih jelas lebih unggul Kia All New Picanto. Lah terus kenapa di compare? Simak dulu donk hingga paragraf terakhir. :D :D

Mobil Kia Picanto atau Suzuki karimun Estilo

Mobil Kia Picanto atau Suzuki karimun Estilo

Interior Antara Desain Global VS Desain India

Walaupun terlihat lebih kecil namun ternyata Karimun Estilo lebih panjang dan lebih tinggi dari Kia All New Picanto walaupun hanya berselisih sedikit, tepatnya lebih panjang 5 Mm dan lebih tinggi 115 Mm. Namun jika berbicara tentang lebar maka Kia Picanto yang memiliki lebar 1595 Mm lebih lebar dari pada Karimun Estilo yang memiliki lebar 1475 Mm, selisih lebarnya adalah 120 Mm.

Dilihat dari sisi manapun harus diakui bentuk body Kia All New Picanto yang di desain untuk pasar global tentu lebih menarik dibandingkan Karimun Estilo. Terbukti di tahun 2012 produk Korea tersebut sampai meraih penghargaan Reddot Design Award, yaitu penghargaan desain produk  untuk skala global. Sedangkan Karimun Estilo? Menggunakan basis pengembangan oleh Maruti Suzuki India bukan Suzuki Jepang, sebagaimana kita tahu basis pengembangan Suzuki di India biasanya hanya untuk pasar Asia. Jadi sangat wajar jika secara desain Kia Picanto lebih menarik dari pada Karimun Estilo.

Harga Kia Picanto Bekas Lebih Tinggi

Harga Kia Picanto Bekas Lebih Tinggi

Fitur Tidak Berbeda Jauh Hanya Interior Lebih Lega

Jika menilik bagian interior yang terlihat sangat menarik dari Kia All New Picanto ini adalah bentuk dashboard-nya. Bentuknya tidak simetris dengan head unit dan panel pengaturan AC lebih condong menghadap ke arah pengemudi, istilahnya adalah driver oriented. Bentuk ini mengingatkan Mas_Mun dengan dashboard BMW 318i E30 pada periode 80-90an yang sampai hari ini masih terlihat menarik.

Selain itu pada panel instrument Kia Picanto terdapat MID yang dapat menampilkan informasi seperti jarak tempuh, konsumsi BBM, indikator gigi, dan ECO mode. Sedangkan pada Karimun Estilo konsumsi rata-rata BBM, indikator ECO mode absen, hanya terdapat 2 mode trip meter yang mengukur jarak tempuh.

Di luar kedua hal tersebut tidak banyak perbedaan yang berarti pada kedua mobil ini kecuali tilt steering untuk menyetel ketinggian posisi setir. Oh iya, head unit Kia Picanto terdapat port USB untuk memutar  musik dari USB sedangkan head unit Karimun Estilo hanya memiliki port Aux In tanpa port USB untuk memutar musik MP3 dari flash disk.

Mesin Kappa Dual CVVT 1.248 cc

Perbedaan mesin Kia All New Picanto dengan Karimu Estilo cukup signifikan. Kia Picanto menggunakan mesin Kappa Dual CVVT 1.248 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 87 ps dan torsi 12.3Kgm untuk menggerakkan mobil dengan bobot kosong 1030 kg. Sedangkan Karimun Estilo menggunakan mesin seri K, yaitu K10B 998cc 3 silinder yang menghasilkan tenaga 68 ps dan torsi 9,2kg-m dengan bobot kosong mobil yang hanya 850kg.

Lalu bagaimana dengan tenaganya yang terpaut hingga 19ps? Sebenarnya perbedaan tenaga 19ps tidak terlalu terasa diantara kedunya karena dengan tenaga yang lebih besar namun Kia Picanto memiliki bobot yang lebih besar juga yaitu 1030 kg, sedangkan Karimun Estilo hanya memiliki bobot 850 kg karena mesin K10B yang digunakannya telah menggunakan material berbahan aluminium.

Dalam teknik ada istilah Weight-to-Power Ratio. Tenaga hanyalah menunujukkan besaran angka, untuk mengetahui seberapa cepat seseungguhnya sebuah kendaraan adalah dilihat dari weight-to-power ratio. Jika Kia picanto memiliki bobot 1030 kg dengan tenaga 87ps maka setiap tenaga sebesar 1ps untuk menggerakkan 11,8 Kg bobot mobil. Sedangkan Karimun Estilo dengan bobot 850 dan tenaga 68ps maka setiap tenaga 1 ps untuk menggerakkan bobot 12.5 kilogram. Sehingga secara teori kemampuan keduanya dalam “berlari” tidak terpaut jauh, begitu pula ketika membandingkan keduanya di balik kemudi akselerasinya tidak terasa berbeda.

Kia All New Picanto 1200cc tampak samping

Kia All New Picanto 1200cc tampak samping

Untuk konsumsi bahan bakar kelemahan Kia Picanto tentu lebih boros dengan mesin 1200 cc-nya. Walaupun Kia All New Picanto telah menggunakan teknologi dual CVVT pada mesinnya, namun teknologi tersebut tidak bisa mengalahkan keiritan  Karimun estilo dengan kapasitas mesinnya yang lebih lebih kecil. Mas_Mun memang tidak sempat menghitung langsung, namun hal tersebut terbukti ketika Uji Irit 2014 yang dilakukan oleh majalah Autobild. Suzuki Karimun Wagon R yang menggunkan mesin yang sama persis dengan Karimun Estilo dapat mengungguli konsumsi bensin Kia All New Picanto kala itu. Hasil test ada di sini.

Harga Kia Picanto Bekas vs Karimun Estilo

Harga Kia Picanto bekas lebih tinggi jika dibandingkan dengan Karimun Estilo. Selisih harga keduanya berada direntang Rp 20 juta hingga Rp 30 juta untuk tahun yang sama. Misalkan Kia Picanto tahun 2011 transmisi manual berada di range harga dari 90 juta hingga 100juta, sedangkan karimun Estilo 70-75 juta. Selisihnya mencapai 25 jutaan.

Tidak percaya? Silahkan dibandingkan harga Kia Picanto bekas untuk tahun 2012 atau 2013 selisihnya juga serupa. Sekedar informasi untuk Suzuki Karimun Estilo bekas tahun terkahir yaitu 2013 biasanya adalah sisa stok tahun produksi 2012.

Spesifikasi Kia Picanto vs Karimun

Spesifikasi Kia Picanto vs Karimun

Kesimpulan Spesifikasi Kia Picanto vs Karimun Estilo

Secara spesifikasi Kia Picanto bekas memang berada di atas Suzuki Karimun Estilo, begitu pula dari sisi desain dan kapasitas mesin. Namun jika berbicara tentang keekonomisan, yaitu dari segi harga bekas dan konsumsi bahan bakar tentu Karimun Estilo lebih unggul jika dibandingkan dengan Kia Picanto.

Jadi jika anda menginginkan mobil yang lebih menarik dari sisi body dan interior yang lebih moderen anda dapat memilih Kia All New Picanto yang memiliki kapasitas mesin lebih besar. Namun jika selisih harga bekas hingga 20 hinga 30 juta rupiah merupakan pertimbangan anda memilih mobil bekas di kategori entry level, maka Suzuki Karimun Estilo adalah pilihan yang lebih terjangkau dengan fitur, kenyamanan dan akselerasi yang tidak banyak berbeda dengan Kia Picanto 1200 cc.

Topik: Mobkas | Tagged , , , harga karimun estilo 2015, kia picanto vs karimun estilo, karimun estilo vs picanto, picanto vs karimun estilo, kia picanto cosmo vs karimun estilo.

6 comments
  • Djoko Madurianto Sunarto
    October 19, 2015

    Mas Mun,

    Kalau di atas tertulis:

    “Sedangkan Karimun Estilo menggunakan mesin seri K, yaitu K10B 998cc 3 silinder yang menghasilkan tenaga 68 ps dan torsi 9,2kg-m dengan bobot kosong mobil yang hanya 850kg.”

    Bagaimana dengan mobil saya Karimun Estilo generasi pertama, 2007, 1100cc, 4 silinder?
    Saya pakai menanjak di jalan Kaliurang hingga puncak, bisa nyalip mobil lainnya yang cc-nya lebih besar.

    Nuwun mas


    • MasMun
      October 20, 2015

      Halo Pak Djoko, saya cerita sedikit dulu ya bagaimana saya mengenal Kar-Lo. Dulu pertama kali kenal waktu sewa mobil rental Karimun Estilo generasi pertama, tepatnya sekitar tahun 2009. Dulu saya bawa untuk jalan-jalan ke candi Borobudur sekaligus untuk mengangkut umpak(pondasi dari batu untuk rumah tradisional jawa). Nggak tanggung-tanggung dulu sampai mengangkut 4 umpak besar dan 4 umpak kecil, saya cuek aja karena pikir saya waktu itu cuman mobil sewaan milik rental di Jogja.

      Dan saya bawa dari Muntilan ke Sleman pakai Karimun Estilo generasi pertama seperti milik pak Djoko, kebayangkan pak gimana beratnya bobot yang harus diangkut dengan muatan di bagian belakang yang penuh dengan batu seberat itu(kursi belakang di lipat) ditambah beban dua orang di depan? Dan syukur kuat-kuat aja nggak ada kendala :D

      Nah untuk tenaga Suzuki Karimun Estilo generasi pertama bermesin 4 silinder(seri F10D), tenaganya mecapai 65ps dan torsi sebesar 8.5kg-m.


  • Djoko Madurianto Sunarto
    October 18, 2015

    Salam kenal Mas Mun,

    Karimun Estilo 2007 saya bermasalah pada EPS-nya. EPS-nya secara fungsional masih bekerja, namun efek suara ketika melewati jalan berlubang atau bergelombang, yakni muncul bunyi bleduk-bleduk.

    Ketika saya mengecek dan servis kaki-kaki mobil di bengkel kali-kali mobil, montirnya bilang bahwa EPS agak kocak sehingga walaupun sudah saya ganti dengan shock absorber depan yang baru, masih aja muncul suara itu.

    Ketika saya servis di dealer Suzuki resmi, dikatakan memang ini kelemahan sistem EPS yang juga sama pada EPS di X-over dan swift. Untuk itu perlu di rawat inap 2 hari untuk membongkar dan diakali dan di ganti partnya dengan material dari Polyurethane (???) Saya tidak tahu part yang mana? dan biayanya Rp. 1,5 jutaan.

    Sampai sekarang saya belum memperbaikinya karena secara fungsional tidak ada masalah.

    Pertanyaan saya, part apakah itu yang menyebabkan kocaknya EPS?

    nuwun mas.


    • MasMun
      October 20, 2015

      Halo pak Djoko, salut saya sama jenengan total semua ada 5 pertanyaan. Bener-bener antusias sama Karimun Estilo ya, hehehe. :D
      Pak Djoko dari deskripsi bapak sebetulnya bagian yang diindikasikan rusak itu bukan EPS(elektrik power steering) melainkan bushing rack steer. Itu memang kelemahan semua mobil yang pakai EPS lebih lemah dibandingkan yang menggunakan hydraulic power steering.

      Pak Djoko domisili di Jogja kan? Ke bengkel resmi Suzuki yang di Jalan solo saja(timur jembatan Janti) minta ditanganin sama mekanik namanya Pak Nardi, beliau dah berpengalaman nanganin yang seperti ini selain itu diajak ngobrol juga enak.


  • Edwin
    September 29, 2015

    salam kenal MasMun,

    saya mau tanya, antara picanto dengan estilo, leg room 2nd row nya lebih lega mana? trus, antara wagon R dengan estilo apakah kelegaan leg room 2nd row nya beda jauh?


    • MasMun
      September 29, 2015

      Salam kenal Mas Edwin, kami buat perbandingannya antara 3 kendaraan tsb ya:
      – Leg room baris kedua All New Picanto VS Karimun Estilo: Lebih lega Karimun Estilo sedikit, karena busa jok depan Picanto lebih tebal.
      – Leg room baris kedua Karimun Estilo vs Wagon R: jauh lebih lega Wagon R, karena posisi jok belakang Wagon R lebih mundur.

      Kalau ditanya mana bagasinya yang paling luas, jawabannya Karimun Estilo.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+