Mud Guard atau Kepet Mobil Suzuki karimun Estilo

2
Kepet Belakang Karimun Estilo Buatan Sendiri

Kepet Belakang Karimun Estilo Buatan Sendiri

Awalnya Mas_Mun  ingin beli mud guard atau kepet untuk mobil Suzuki karimun estilo dengan mencarinya di toko variasi namun tidak menemukan satu pun toko yang menjualnya, baru tau satu-satunya cara untuk mendapatkan body part ini selain di tempat variasi adalah dengan membelinya di bengkel resmi. Namun ketika ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan rutin sekalian menanyakan tentang kepet orisinil SGP(bawaan Suzuki) ternyata barangnya harus inden dulu dari Jakarta dan baru didapat setelah 1 sampai 2 minggu kemudian, walah. :(

Akhirnya terpaksa kembali lagi ke toko variasi yang jual kepet universal yang bertuliskan “Sparco”, ya jelaslah Sparco abal-abal :D . Tapi ketika datang ke toko sudah dengan ide untuk memodifikasi kepet tersebut karena jika dipasang apa adanya malah jadi terkesan seperti mobil rally, padahal mobilnya full orisinil.

Mudguard Suzuki Karimun Estilo

Mudguard Suzuki Karimun Estilo

Setelah trial and error beberapa kali maka didapatlah bentuk yang paling sesuai untuk Suzuki Karimun estilo sebagai pengganti mud guard orisinil SGP. Bentuknya memang berbeda dengan versi SGP yang berbentuk penuh lekukan mengikuti bentuk bemper belakang, yang bikinan sendiri hanya berbentuk datar dan sedikit melengkung ketika dipasang.

Mas_Mun telah bikinkan pola mudguard atau kepet mobil yang pas dengan bentuk Karimun Estilo, untuk membuatnya sendiri di rumah silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1.  Siapkan kepet universal (biasanya dilabeli Sparco, TRD, Raliart, dll) yang bisa didapatkan ditoko variasi mobil seharga antara Rp 50.000-60.000. Lepas label dari bahan aluminium tersebut dengan mencopot paku keling-nya.
  2.  Siapkan ring, baut dan mur ukuran 10mm dengan model datar sebanyak 6 set, total harganya sekitar Rp 8.000 saja.
    Pasang Kepet dengan baut mur ring 10

    Pasang Kepet dengan baut mur ring 10

  3.  Print mall atau pola mudguard yang telah Mas_Mun buat untuk Suzuki Karimun Estilo ini di kertas A4. Sebagai patokan ketika di print hasil lebar gambar pola adalah 19cm. Polanya dapat di unduh dengan mengklik tombol download di akhir artikel.
    Bentuk Mud Guard Mobil Karimun

    Bentuk Mud Guard Mobil Karimun

  4.  Gunting pola tersebut kemudian tempel pada bahan kepet Sparco, arahkan di posisi pojok yang bersisi miring sebagai patokan.
  5.  Buat garis pada kepet mengikuti pola, setelah itu potong kepet mengikuti garis tadi menggunakan pisau cutter tajam dengan cara ditekan yang keras pisaunya atau bisa juga menggunakan gergaji paralon.
  6.  Jangan lupa lubangi mudguard untuk dudukan baut.
  7.  Pasang dengan cara membautnya pada 3 lubang baut di bemper belakang dan pas-kan kemiringan mudguard.

Untuk mobil-mobil lain yang ingin memasang mud guard-nya sendiri langkah-langkahnya kurang lebih sama, hanya saja perlu membuat pola mud guard-nya terlebih dahulu. Cara membuat polanya:

  1. Gunakan kertas kalender yang didobel agar tebal atau kardus bekas sebagai bahan pola
  2. Warnai dengan warna hitam agar terkesan mudflap sesungguhnya, tujuannya adalah karena warna mempengaruhi perspektif mata manusia terhadap ukuran.
  3. Bentuk polanya dengan gunting, semua tergantung selera kita. Untuk membentuk sebaiknya digunting sedikit demi sedikit pinggiran pola jangan langsung digunting besar karena kalau terlalu kecil harus membuat pola baru lagi.

Download Pola Kepet

Lumayan daripada capek harus muter-muter nyari toko yang jual mud guard / kepet orisinil dengan harga ratusan ribu rupiah, belum lagi inden yang lama di bengkel resmi lebih baik bikin sendiri. Selamat mencoba.

Topik: Body | Tagged , harga mud guard karimun estilo, kepet karimun estilo, kepet estilo, cara membuat mud guard ban mobil, cari mudguard susuki estilo.

2 comments
  • irwan
    December 26, 2015

    mas mun punya pola mudguard depan new karimun estilo ? kalau ada tolong dishare dong biar tampilan mumun ane bisa serasi mudguard depan belakangnya. trim’s


    • MasMun
      December 30, 2015

      Pola Mudguard depan belum ada mas Irwan.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+