Pilih Karimun Wagon R AGS atau Suzuki Celerio CVT

10
Exterior Suzuki Celerio VS Karimun Wagon R

Exterior Suzuki Celerio VS Karimun Wagon R

Pertama kali Suzuki Celerio resmi diluncurkan muncul sebuah kebingungan karena Celerio hadir dengan spesifikasi mesin yang sama dengan Karimun Wagon R namun dengan selisih harga yang cukup jauh. Itu artinya Celerio ikut bermain di kelas 1000 Cc namun kelasnya berbeda dengan kelas mobil LCGC 1000 Cc. Nah agar Pemirsah tidak ikutan bingung Mas_Mun mencoba ‘membedah’ perbedaan diantara keduanya berdasarkan data spesifikasi dan pengalaman mengemudikan keduanya. Jadi mana yang layak dipilih, Suzuki Karimun Wagon R AGS atau Suzuki Celerio CVT?

Mesin dan Transmisi

Jika menilik dari data spesifikasi, keduanya sama-sama menggunakan mesin K10B yang sudah terbukti kehandalan dan kehematannya, hanya saja jika melihat langsung pada ruang mesinnya Suzuki Celerio menggunakan kepala silinder dari bahan resin(orang awam menyebutnya dengan plastik) sedangkan Karimun Wagon R dan Karimun Estilo masih menggunakan bahan metal yang lebih tahan panas. Selain itu engine mounting keduanya juga berbeda. Celerio menggunakan engine mounting yang bentuknya benar-benar berbeda dari keluarga Karimun mungkin itu sebabnya getaran mesin benar-benar terasa halus ketika kita berada di dalam kabin, selain itu yang terlihat jelas  mencolok adalah terdapatnya piranti ABS yang terletak di sebelah kiri ruang mesin Celerio.

Mesin Suzuki Celerio Sama Dengan Wagon R

Mesin Suzuki Celerio Sama Dengan Wagon R

Dari sektor transmisi, Suzuki Celerio manual gear ratio-nya sama dengan yang digunakan oleh Wagon R untuk setiap tingkat percepatannya,hanya saja final gear ratio milik Celerio lebih kecil yaitu 4,294 sedangkan final gear milik Wagon R adalah 4,388. Apa artinya? Dengan spek mesin yang sama namun final gear lebih kecil maka ‘nafas’ Suzuki’ Celerio lebih panjang untuk setiap perpindahan giginya termasuk ketika digunakan pada jalan bebas hambatan maka top speednya dipastikan sedikit lebih tinggi dibandingkan wagon R.

Sedangkan untuk versi transmisi otomatis teknologi yang digunakan keduanya berbeda jauh. Suzuki Celerio menggunakan transmisi otomatis CVT yang menggunakan sabuk baja, sederhananya seperti transmisi otomatis pada skuter matik. Karena menggunakan sabuk baja dengan dua puli yang dapat membesar dan mengecil maka tidak lagi memerlukan roda gigi seperti yang digunakan pada transmisi manual atau transmisi otomatis konvensional. Efeknya adalah tidak ada lagi perpindahan gigi karena prosesnya berlangung secara continuous dengan perubahan diameter kedua puli yang membesar(4,006) dan mengecil(0,550) seiring pertambahan injajakan pedal gas dan kenaikan kecepatan.

Bentuk Suzuki Celerio terbaru di Indonesia

Bentuk Suzuki Celerio CVT terbaru di Indonesia

Sedangkan transmisi otomatis Wagon R AGS masih menggunakan roda gigi yang perpindahan giginya diatur secara otomatis berdasarkan putaran mesin, kecepatan kendaraan dan beban kendaraan. Karena masih menggunakan roda gigi layaknya transmisi manual maka perpindahan gigi pada Karimun Wagon R AGS masih terasa, namun pada transmisi otomatis Karimun Wagon R AGS anda dapat memindahkan tuas transmisi otomatisnya ke mode manual sehingga anda dapat bebas mengontrol posisi gigi semau anda layaknya mobil bertransmisi manual. Pada Suzuki Celerio CVT anda cukup duduk manis memegang setir tanpa memiliki kendali untuk mengatur transmisi karena sudah full otomatis.

Namun jangan khawatir karena Suzuki masih menyediakan pilihan sport mode melalui tombol kecil berwarna hitam di tuas transmisi untuk mendapatkan efek responsif. Ketika sport mode aktif rasio puli transmisi akan berubah lebih besar yang membuat putaran mesin akan meningkat secara otomatis. Tak hanya akselerasi, efek engine brake pun dapat diperoleh ketika mode ini aktif.

Fitur Keselamatan

Seluruh produk mobil keluarga Suzuki telah dilengkapi dengan side impact beam, yaitu konstruksi besi melintang di balik keempat pintunya untuk memenimalisir resiko tertabrak dari sisi samping mobil. Begitu pula dengan sabuk keselamatan, yang dari ‘zaman’ Suzuki Karimun Estilo sudah ada pada setiap posisi tempat duduk yang berjumlah lima.

Namun ada fitur keselamatan ekstra yang ada pada Suzuki Celerio dan tidak terdapat pada keluarga Karimun, Celerio telah dilengkapi dengan rem ABS dan dua buah air bag pada bagian depan.

Fitur Suzuki Celerio tilt steering

Fitur Suzuki Celerio tilt steering

Fitur Pelengkap

Fitur pelengkap yang juga terdapat pada Celerio adalah head unit yang terintegrasi dengan dashboard, tilt steering untuk mengatur ketinggian lingkar kemudi(setir), pilihan setelan arah hembusan AC, wiper belakang dan desain dasboard yang lebih manis karena menyambung hingga konsol tengah layaknya Suzuki Swift.

Pilih Karimun Wagon R Atau Suzuki Celerio

Daftar Harga Suzuki Celerio Karimun Wagon R Jakarta

Daftar Harga Suzuki Celerio Karimun Wagon R Jakarta

Jika pertimbangan anda adalah fungsionalitas, yaitu mobil yang irit untuk digunakan kegiatan sehari-hari untuk menembus kemacetan di dalam kota maka Suzuki Karimun Wagon R AGS sudah lebih dari cukup. Tranmsisi otomatis yang perpindahan giginya masih terasa tapi dapat anda pindahkan ke mode manual ketika menghadapi jalanan lengang atau jalan berbukit, peredaman kabinnya yang sudah termasuk baik dengan bentuk body yang tinggi sehingga ruang kepala lebih lega.

Namun jika anda mementingkan tampilan yang lebih trendy dengan bentuk mobil yang tidak terlalu terlihat tinggi dan ruang kabin lebih lebar, tidak ingin sama dengan mobil 1000 cc di kelas LCGC, mobil yang lebih hening dan suspensi yang lebih nyaman, dengan fitur keselamatan air bag dan ABS dan transmisi otomatis yang sangat halus maka anda dapat memilih Suzuki Celerio CVT. Tentu imbalan tersebut harus anda bayar dengan merogoh kocek lebih dalam yaitu Rp 34juta lebih banyak daripada Karimun Wagon R AGS. Pilihan ada di tangan anda, kalau Mas_Mun masih setia dengan Karimun Estilo. :D

Topik: lain-lain | Tagged , , pengalaman menggunakan suzuki karimun wagon r gs, karimun wagon r gs dengan rem abs, suzuki celerio vs karimun wagon r bagus mana?, suzuki karimun estilo vs karimun wagon r lebar mana, suzuki karimun wagon rgx vs.

10 comments
  • hardy
    October 10, 2016

    bro masmun.
    kalau wagon keluaran taun 2015 dengan 2016, sama ga isi dalam mobilnya?
    apa wagon r gs dengan ags sama2 tidak punya abs ya?
    klu ga pake abs , apa rem mendadak bisa berhenti sampe jarak 1 meter ya?
    thx..


    • MasMun
      October 25, 2016

      Sama saja nggak ada bedanya, yang membedakan tipenya. Memang kalau sudah pakai ABS bisa berhenti dengan jarak pengereman 1 meter? ABS sesuai namanya berfungsi untuk mencegah roda mengunci(lock) jika pedal rem mobil ditekan terlalu dalam(biasanya terjadi pada saat panic braking).


  • Djoko Madurianto Sunarto
    October 19, 2015

    Mas Mun,

    Berarti Celerio CVT kalau melewati jalan yang menurun hanya mengandalkan rem sebagai peredam kecepatannya?
    Kalau AGS atau kendaraan matic biasa atau kendaraan manual dapat menggunakan pergantian gigi ke gigi rendah,sehingga peredam kecepatannya juga dibantu oleh mesin selain menggunakan rem.
    nuwun mas Mun.


    • MasMun
      October 20, 2015

      Tuas transmisi otomoatis CVT milik celerio terdapat pilhan mode “L” Low pak Djoko, jadi ketika di daerah perbukitan gunakan mode ini agar menciptakan perbandingan “gigi”(sebenarnya menggunakan puley) yang besar untuk jalan menanjak sekaligus menciptakan efek engine brake lebih besar dari mesin pak.


  • Djoko Madurianto Sunarto
    October 18, 2015

    Mas Mun,
    fitur O/D atau Over Drive diaktifkan pada saat jalan di perkotaan atau untuk dijalan tol?
    fungsinya sebagai apa ya?
    Nuwun


  • satrio
    August 7, 2015

    Celerio CVT klaim konsumsi bbm nya berapa ya? Sepertinya lebih boros drpd AGS…


    • MasMun
      August 7, 2015

      Dikutip dari situs tetangga sebelah: Dony Saputra selaku Kepala Pengembangan Produk Roda 4 SIS mengatakan, pihak internal sudah melakukan uji coba sendiri memanfaatkan alat dyno test. “Dari hasil pengetesan internal dengan dyno test, Celerio manual menghasilkan konsumsi 21,3 kpl, sedangkan untuk trnasmisi CVT mencapai 19,8 kpl,”

      Btw di India Suzuki Celerio yg versi matic malah pakai transmisi AGS lho :D


      • iwan
        September 22, 2016

        Mas Mun berarti CVT nya Celerio bisa dipasang di Karimun Wagon R ya?


        • MasMun
          September 23, 2016

          Bisa aja,, karena blok mesin yg digunakan sama. Tapi jangan lupa, ECU-nya juga pasti berbeda jauh antara transmisi CVT dan AGS.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+