Kondisi Rem Blong Bagaimana Menghadapinya

4

Tips menghadapi rem blong – Jalan-jalan bersama keluarga ke daerah perbukitan tentu merupakan hal yang menyenangkan. Daerah yang masih sepi di dataran tinggi menjauh dari padatnya ibu kota bersama orang-orang yang kita cintai dengan mobil harian yang dapat kita andalkan, itulah yang Mas_Mun lakukan ketika mengunjungi daerah wisata Tawangmangu kemudian ke Cemorosewu dan berlanjut hingga ke daerah Sarangan di Jawa Timur.

Jalan perbukitan memiliki potensi bahaya

Jalan perbukitan memiliki potensi bahaya

Jalur yang dilalui tentu melewati tanjakan yang cukup ekstrim. Terlebih lagi ternyata jalan menuju daerah Sarangan yang dilewati adalah jalur lama yang tanjakannya jauh lebih ekstrim dari pada jalur yang baru. Untungnya pada saat itu bukan musim liburan jadi jalanan relatif sepi. Melalui jalanan yang terus menanjak  Mas_Mun tenang saja karena tahu bahwa kemampuan Suzuki Karimun Estilo sanggup untuk melewatinya, ya tentu tidak tidak sehebat mobil dengan mesin ber-CC besar, secara kapasitas Suzuki Karimun yang hanya 1000cc. :D

Tapi hal yang tidak disangka justru terjadi ketika pulang, yaitu rem blong. Ketika berangkat jalan menanjak terus dan ketika perjalanan pulang maka sebaliknya, turunan tiada habisnya. Panik itu hal yang pertama terpikirkan dalam beberapa detik, memikirkan yang tidak-tidak. Karena selama lima belas tahun mengemudikan mobil baru kali ini mengalami rem blong.

Karimun Estilo kuat melewati perbukitan

Karimun Estilo kuat melewati perbukitan

Waspada rem blong ketika melewati daerah perbukitan

Waspada rem blong ketika melewati daerah perbukitan

Turunun panjang menuntut rem bekerja maksimal

Turunun panjang menuntut rem bekerja maksimal

Rem cakram blong bisa terjadi  karena overheat akibat rem yang bekerja terlalu keras sehingga menimbulkan panas berlebih atau bisa juga karena terjadi kebocoran minyak rem, ciri-ciri terjadinya kebocoran minyak rem pada mobil ditandai dengan pedal rem yang los atau semakin dalam ketika diinjak. Sedangkan yang terjadi pada Suzuki Karimun Estilo Mas_Mun adalah rem yang overheat karena bekerja terlalu keras pada jalanan menurun secara terus-menerus dengan kapasitas penumpang full. Biasanya hal ini terjadi pada rem cakram bagian depan karena yang bekerja dominan untuk mengurangi kecepatan adalah bagian tersebut.

Maka kemudian yang akan muncul secara otomatis adalah perasaan panik, itu wajar. Sebisa mungkin setelah panik sesat mulailah segera kontrol diri anda untuk berpikir tenang, karena masih ada upaya untuk mengendalikan kecepatan mobil dengan rem tangan dan engine brake.

Yang dilakukan ketika rem cakram blong

Hal yang perlu anda lakukan jika menghadapi kejadian rem blong adalah:

  1. Nyalakan lampu hazard(tanda hati-hati).
  2. Segera tarik rem tangan namun jangan sampai full, fungsinya hanya untuk membantu engine brake.
  3. Turunkan presneling bertahap misal dari posisi gigi 3 ke 2 lalu segera turunkan lagi ke gigi 1 jika kondisi di depan sudah terlalu mepet  presneling dapat anda turunkan ke gigi 1 dengan melepas pedal kopling secara bertahap.

Sesaat setelah berhenti tepikan kendaraan anda dan cari tahu apa penyebab rem blong pada mobil, apabila rem mobil blong terjadi karena kepanasan atau overheat maka untuk mendinginkan rem dibutuhkan waktu selama kurang lebih 30menit, jangan menyiramnya dengan air biarkan pelepasan panas pada komponen piringan dan kampas cakram dilakukan secara bertahap sambil anda mengecek apakah minyak rem juga berkurang.

Rem blong akibat overheat tepikan kendaraan

Rem blong akibat overheat segera tepikan kendaraan

Tips untuk mengemudi di dearah perbukitan, ketika menghadapi jalan menurun sebaiknya juga mengandalkan engine brake dari mesin. Caranya adalah dengan menurunkan posisi presneling 1 tingkat lebih rendah, jika Pemirsah bisa melewati turunan tajam dengan gigi 3 maka sebaiknya cukup gunakan gigi 2 agar mesin dapat menahan laju mobil. Ketika di posisi gigi tersebut rpm mobil berputar terlalu tinggi maka barulah dibantu dengan injakan pedal rem untuk memperlambat kendaraan.

Jadi ketika menempuh jalanan menurun yang cukup panjang sebaiknya kita tidak hanya  mengandalkan piranti penghenti laju kendaraan, yang akibatnya akan bekerja terlalu keras dan menciptakan panas yang tinggi akibat gesekan yang  terjadi terus menerus hingga menyebabkan rem cakram blong.

 

Topik: Mengemudi | Tagged , , rem mobil, penyebab rem blong di jalan menurun, cara mengatasi rem blong, cara mengatasi rem blong pada mobil matic, penyebab rem blong pada mobil.

4 comments
  • satrio
    July 11, 2015

    wah serem juga, untung sopirnya jempolan :-)

    saya pernah baca, bila rem panas krn terlalu sering pedal kita injak, akan menimbulkan gelembung di pipa rem. gelembung ini yang mengakibatkan kerja rem tidak optimum/pakem. mmg pada jalanan menurun hrs utamakan pakai engine brake drpd hanya andalkan rem.


    • MasMun
      July 11, 2015

      Betul Om Satrio,, ketika berhenti untuk ngademin rem saya langsung cek minyak rem tapi untungnya tidak sampai mendidih(keluar gelembung). Kemungkinan besar sih yg kepanasan adalah kampasnya,, besok sdh waktunya kuras minyak rem di BeRes tinggal 2000km lagi sekalian bersih-bersih kampas. :D


      • satrio
        July 12, 2015

        Katanya ada jenis minyak rem yang lebih tahan panas drpd umumnya, kalau nggak salah ingat minyak rem standardnya mercy. Pastinya ada juga kanvas rem yang lebih tahan panas drpd standard karimun. Boleh dong di-research :-)


        • MasMun
          July 12, 2015

          Minyak rem yg lebih tahan panas dapat diketahui dr kode “DOT”-nya om satrio. DOT(department of transportation) Amerika Serikat mengeluarkan grade untuk minyak rem. Yang paling bawah atau untuk penggunaan harian saat ini adalah DOT3(semua mobil dan motor harian pakai grade ini) kemudian di atasnya ada grade DOT4 dan DOT5. Semakin tinggi angka DOT-nya titik didihnya juga semakin tinggi.

          Tapi DOT diatas angka 4 biasanya hanya dipakai untuk keperluan balap/racing saja om Satrio. Minyak rem itu kan punya sifat menyerap kandungan air di udara, nah semakin tinggi DOT katanya semakin tinggi juga kemampuan minyak rem menyerap uap air. Kalau untuk kampas rem sy kurang tau Om,, tapi sebenarnya tertarik merek after market BENDIX(tipe Metal King) yg katanya gigitannya ke cakram lebih mantap,, tapi belum nyoba krn kampas bawaan Mumun masih tebel bgt. :D


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+