Lebih Detail Tentang Sistem Immobilzer Key Pada Mobil

4
Sistem ICM pada Mobil

Sistem ICM pada Mobil

Sistem Immobilizer merupakan perangkat untuk meminimalisir pencurian kendaraan, perangkat ini bertugas untuk memastikan bahwa kendaraan hanya dapat di hidupkan dengan kunci kontak original jadi kendaraan tidak dapat dihidupkan meski menggunakan kunci kontak duplikat biasa(kunci pintu masih tetap dapat dibuka menggunakan kunci duplikat). Nah kalau sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai anak kunci immobilizer key, kali ini Mas_Mun akan membahas mengenai sistem tersebut pada sisi kendaraan.

Mengapa mesin mobil tidak dapat dihidupkan jika menggunakan kunci duplikat biasa? Hal tersebut dimungkinkan karena didalam kunci kontak original telah ditanam transponder/chip yang telah di register dengan ICM/Immobilizer control Modul.

Immobilizer Key Terdapat Chip Di dalamnya

Immobilizer Key Terdapat Chip Di dalamnya

Sistem Immobilizer akan mendeteksi transponder yang telah ditanam pada kunci kontak dan ICM akan mengirimkan ID code ke ECM(electronic Control Modul). Apabila ID code tersebut terverifikasi benar maka ECM sebagai pusat komando kelistrikan di mobil “mengijinkan” mesin kendaraan untuk dapat di hidupkan, sebaliknya apabila code tersebut tidak dapat diverivikasi karena menggunakna kunci tanpa chip atau chip yang tidak sesuai maka kendaraan tidak dapat dihidupkan dan ECM akan mengirimkan output ke combination meter(panel instrument) untuk menyalakan lampu peringatan immobilizer warning lamp agar berkedip.

Skema Proses Verifikasi Kode Chip Immobilizer

Skema Proses Verifikasi Kode Chip Immobilizer

Lalu bagaimana jika kunci kontak original mobil yang terdapat transponder/chip immobilizer di dalamnya sewaktu-waktu hilang? Berikut ini prosedur standar Suzuki yang perlu dilakukan apabila Kunci Kontak original hilang:

Pastikan kunci cadangan original dapat digunakan untuk menghidupkan kendaraan dan segera hubungi bengkel resmi Suzuki untuk melakukan pemesanan kunci kontak original yang baru. Opsi penggantian ada 2 yaitu;
1. Memesan Lock set (Lock set berisi; kunci kontak, cylinder kunci kontak & seluruh kunci pintu).
2. Memesan Anak Kunci kontak original-nya saja(jauh lebih ekonomis).

Apabila melakukan penggantian Lock Set maka saat parts tersebut sudah ada, tinggal lakukan penggantian cylinder kunci kontak, seluruh kunci pintu & lakukan registrasi Immobilizer menggunakan SDT(Suzuki Diagnostic Tool) di bengkel resmi Suzuki. Kode Immobilizer kunci kontak akan diperbaharui dan yang lama akan di hapus, sehingga jika kunci kontak ditemukan orang lain sudah tidak dapat digunakan lagi untuk menghidupkan mesin mobil.

Contoh Berbagai Anak Kunci Mobil Suzuki

Contoh Berbagai Anak Kunci Mobil Suzuki

Namun apabila hanya melakukan penggantian anak kuncinya saja maka setelah part anak kunci sudah ada maka akan dilakukan registrasi kunci kontak baru tersebut. Registrasi ini hanya dapat dilakukan di bengkel resmi dikarenakan harus menggunakan scan tool SDT dan web base password yang diperoleh dari prinsipal SMC(Suzuki Motor Corporation) Jepang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan apabila memilih opsi kedua yaitu:

Sebelum memperoleh kunci kontak yang baru ada baiknya Pemirsah lebih berhati-hati saat parkir di pinggir jalan(kecuali anda parkir ditempat yang aman seperti di mall), bisa jadi ada orang lain yang menemukan kunci yang hilang dapat digunakan untuk mencuri kendaraan tersebut.

Topik: Kelistrikkan | Tagged , Cara Kunci kontak karimun estilo, proses penggantian kunci key imobilizer, kunci dengan chip agar tidak hilang, kunci key sylinder yang tidak bisa diduplikat, kunci kontak mobil karimun.

4 comments
  • Bambang s
    May 23, 2016

    Mas mun kunci imobilezer saya macet,waktu saya mau buka pintu nggk ad bunyi ky biasanya dn pintu nggk bisa dibuka.tolong solusinya


    • MasMun
      May 24, 2016

      Itu mekanis di rumah kunci pintu mobilnya pak yang bermasalah. Bisa jadi pengaitnya lepas atau rumah kuncinya yang rusak, harus lepas door trim dan dilihat langsung pak.


  • Arman
    December 4, 2015

    kira kira berapa harga penggantian anak kunci di Beres?.. seumpama kunci kontak hilang ketika kita berada di luar kota yg jauh dari Beres. sementara kunci cadanganpun sdh tidak ada, apa langkah yg bisa dilakukan untuk menghidupkan mobil agar bisa dapat menuju ke bengkel resmi? tks MasMun..salam


    • MasMun
      December 10, 2015

      Kalau hilang tidak ada cadangannya harus ganti semua mas, termasuk rumah kuncinya dan akan jauh lebih mahal. Karena itu sebelum hilang sebaiknya dibuatkan dulu kunci cadangannnya, untuk bikin kunci immobilizer cadangan sekitar 800rb-1jt.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+