Letak Kotak Sekring Mobil Suzuki Karimun Estilo

45

Sekring dalam instalalsi listrik berfungsi sebagai perangkat pengaman jika terjadi hubungan singkat atau kelebihan arus listrik. Begitu pula pada instalasi kelistrikan mobil peran komponen ini sangat penting, maka mengetahui letak kotak sekring mobil berada wajib hukumnya. Jadi apabila sewaktu-waktu ada kerusakakan pada komponen elektrik seperti, motor fan radiator mati, lampu ada yang mati, radio mati atau bahkan EPS mati langkah pertama adalah cek dulu sekringnya, bahkan pengalaman Mas_Mun dulu ketika masih menggunakan Honda, kabel wipernya konslet nyala terus tidak bisa dimatikan, kalau dibiarkan terus akan membuat kaca depan baret maka langkah pertama dan sementara adalah mencabut sekringnya.

Susunan Sekring Mobil Suzuki

Susunan Sekring Mobil Suzuki Karimun Estilo

Suzuki Karimun Estilo memiliki tiga susunan sekring, yaitu:

  1. Sekring Besar
    Sekring ini terhubung langsung ke aki.
  2. Sekring Primary
    Sekring ini terletak dalam posisi rangkain antara sekring besar dan sekring individual, masing-masing sekring primary ini bertangung jawab untuk beberapa piranti elektronik.
  3. Sekring Individual
    Sekring ini terletak dalam kotak sekring dan bertangung jawab untuk piranti elektronik tertentu.
Posisi Kotak Sekring Mobil Suzuki

Posisi Kotak Sekring Mobil Suzuki

Kotak sekring di Suzuki Karimun Estilo layakanya letak kotak sekring mobil pada umumnya, yaitu:

  1. Terletak di dalam kompartemen mesin.
  2. Posisi dibawah dashboard.

Untuk dapat mengaksesnya kotak sekring nomor 1, bukalah kap mesin Karimun Estilo anda dan lihat bagaian bawah wiper penumpang depan, di bagian ini terdapat sekring besar, primary dan individual. Di tutupnya terdapat keterangan ukuran dan susunan sekring yang digunakan. Sedangkan untuk posisi kotak sekring yang dibawah dashbaord bentuknya lebih kecil dari yang di ruang mesin, letaknya ada di bawah dashboard sebelah kanan setir. Untuk dibagian ini hanya terdapat sekring individual.

Posisi Kotak Sekring mobil bawah dashboard

Posisi Kotak Sekring mobil bawah dashboard

Jumlah sekring besar hanya satu, yaitu 80A, jumlah sekring primary ada dua, masing-masing 60A, jumlah sekring individual ada banyak hehe,,, jumlahnya kalau tidak salah ada 15 yang letaknya terbagi dua antara yang di ruang kompartemen mesin dan kotak sekring di bawah dashboard. Jika sekring besar terbakar/putus maka semua komponen elektronik tidak akan berfungsi. Jika sekring besar ini putus bawalah Karimun Estilo anda ke bengkel untuk diperiksa bukan sekedar mengganti sekringnya saja karena kemungkinan telah terjadi konsleting di rangkaian utama sistem elektronik.

Sedangkan jika sekring individual yang putus anda dapat menggantinya langsung. Namun harap diperhatikan jika anda telah mengganti sekring individual namun tidak berapa lama putus lagi maka dapat dipastikan terjadi konsleting untuk perangkat elektronik yang terhubung dengan sekring tersebut. Perhatikan juga penggantian sekring harus dengan  ampere yang sama. Untuk mempermudah mencabut sekring gunakan alat penjepit yang disertakan di dalam kotak sekring.

Mengetahui kondisi sekring bagus atau putus

Mengetahui kondisi sekring bagus atau putus

Untuk dapat mengecek kondisi sekring individual yang berjenis blade atau sekring tancap dapat dilihat dengan jelas dari posisi samping, jadi Pemirsah harus melepas sekring terlebih dahulu. Sedangkan untuk Sekring besar dan primary dapat dilihat langsung dari posisi tegak lurus.

 

Topik: Kelistrikkan | Tagged , kode sekring mobil, letak sekring mobil suzuki carry, letak sekring karimun kotak, letak eps karimun kotak, sekring karimun kotak.

45 comments
  • Yudhistira
    October 13, 2016

    Mas Mun,

    Saya punya wagon r. Bawaanya kan gak ada fog lamp, rencana mau pasang, apa jalur kelistrikannya sebenarnya sudah ada mas?kalo saya lihat yang pada pasang sendiri rata2 pasang fuse dan relay tambahan sendiri.


    • MasMun
      October 25, 2016

      Masih perlu narik jaluk kabel sendiri, tapi kalau beli Fog lamp Suzuki Karimun yang SGP biasanya sudah include kabel, saklar dan dudukan fog lamp.


  • Budi
    September 5, 2016

    Mas Mumun yang baik hati.
    Saya mau bertanya.. Alhamdulillah saya baru punya Karimun kotak th.2005. Pas dicek kotak sekring, yang 80A gak ada dan yg 15A ada 2 yg gak ada.
    Permasalahan saat ini:
    Fog lamp mati
    Jam digital mati, pernah beberapa kali nyala, tapi mati lagi
    Lampu penerang panel ac mati, sebelumnya nyala

    Newbie mohon penjelasannya
    Terimakasih


    • MasMun
      September 6, 2016

      Halo pak Budi, beli Karimun Kotak-nya baru saja pak?
      Sebelumnya peru diketahui skema sekring Karimun Kotak dan Estilo berbeda, dan sayangnya pak Budi tidak menyebutkan itu kotak sekring yang di bagian mana? Tapi berdasarkan besar ampere-nya sepertinya yang dimaksud kotak yagn berada di kompartemen ruang mesin ya.

      80A sebagai main fuse harusnya ada pak, jika tidak ada kemungkinan sudah di by pass dan itu berbahaya. 15 Ampere di kotak sekring depan Karimun Kotak untuk lampu utama depan kanan dan kiri.

      Kalau sikring tidak ada dari awal harusnya bagian-bagian yang disebutkan mati sejak awal pak. Fog lamp coba dicek dulu bohlamnya putus atau tidak, kalau masih bagus coba dicek ada tegangan yang keluar dari kabel atau tidak. Jam digital mati memang biasanya terjadi di Karimun Kotak yang sudah lama pak, Lampu penerangan AC kemungkinan hanya putus dan dapat diganti sendiri pak.


  • B. Anwar
    September 2, 2016

    Mas Mun, mau tanya, lampu dekat suzuki estilo ( th 2010 ) mati dua2nya, saya sudah cek sekring, relay & bohlam tidak ada masalah, kira2 bagaimana solusinya
    ya.. ?


    • MasMun
      September 2, 2016

      Berarti di kabelnya pak.


  • Densu
    August 22, 2016

    Mas mun, mau tanya. kalo ganti soket lampu H4 trus kabel sambungannya kebalik (sembarang) ada pengaruhnya gak?


    • MasMun
      August 22, 2016

      Kalau kebalik yang dua kutub atasnya jadinya lampu jauh jadi lampu dekat dan sebaliknya, tapi kalua ketuker yang bawahnya(kabel minus) ya bisa konslet sekringnya jadi putus.


  • Galih chandra
    August 15, 2016

    Mas. Saya ingn bertanya. Lampu bawah estilo yg bunder kecil itu kok sering mati ya mas… mohon penjelasanya. Mtrsuwun mas.


    • MasMun
      August 18, 2016

      Lampu dibemper depan bagian bawah mungkin yang maksudnya ya Pak? Kalau betul berarti itu fog lamp, sering mati itu maksudnya sering putus bohlam-nya?


  • redy
    May 30, 2016

    mas mun, mau tanya.. box sekring estilo 2007 yang dibawah dashboard itu cara bukanya bagaimana ya? letaknya sama dengan yang NKE ngga ya?


    • MasMun
      May 30, 2016

      Letaknya sama persis, bukanya tinggal ditekan dua sisi yang ada pengaitnya terus ditarik.


  • Sumardi
    May 28, 2016

    Selamat Pagi Mas Mun, Bagaimana cara melepas motor power window estilo dan cek speaker kiri mati padahal speaker masih baik terima kasih.


    • MasMun
      May 28, 2016

      Buka door trim
      Buka baut pengikat kaca & lepas kaca
      Buka baut regulator p/window blkg
      Bru bisa lepas motor p/window.

      Hati-hati kaca pecah.


  • andjar
    May 12, 2016

    Mas mun yang terhotmat,
    estilo 08 saya lampu utamanya kiri mati, tapi kalo di pake lampu jauh hidup.bohlam lampu sudah saya ganti dan sekring juga sudah di ganti.tapi msh seperti itu mungkin apanya apa kabel nya ada yang putus ? mohon pencerahan Thx


    • MasMun
      May 13, 2016

      Dipastikan dulu bohlam yang baru juga tidak putus mas Andjar, kalau memang mati kemungkinan di kabel atau fiting(dudukan) lampunya. Yang kanan nggak masalah kan?


  • ganang arytra
    April 3, 2016

    mas mun, karlo 2007 saya ko klo dlm keadaan diam atau parkir setirnya berat bgt apa yg perlu dicek pertama ya? cara cek kinerja EPSnya gmn? mohon pencerahannya


  • ardi
    March 20, 2016

    gan mau tanya sekering suzuki splash buat pemantik rokok ada di sebelah mana yah . punya saya tidak kerja .makasih sebelomnya


    • MasMun
      March 21, 2016

      Saya untuk splash sy tidak hafal mas, coba di dilihat saja satu persatu(sambil di-senter) kotak sekring yg di bawah dashboard apa ada yg putus. Kalau ngak ada yg putus satu pun, kemungkinannya di kabel atau lighternya itu sendiri.


  • Abdul Kholiq Anwar
    March 8, 2016

    Mas Mun numpang nanya kalo sekring untuk cermin estillo 2011 sebelah mana. Mohon pencerahannya suwun.


    • MasMun
      March 30, 2016

      Di bawah dashbord, sekring 15 ampere pojok kanan bawah.


  • Cilla
    February 26, 2016

    Radio dan pemantik api karimun estillo saya tiba-tiba mati, sudah coba ganti sekring baru dengan sekring cadangan yg ada di kotak sekring tapi keduanya tetap tidak bisa menyala. Kira-kira kenapa ya?


    • MasMun
      February 29, 2016

      Kalau seperti itu kemungkinan utamanya tetap di sekring, coba di cek benar sekring yang diganti benar yg jalur radio bukan atau apakah skering lamanya sampai meleleh? Kemungkinan lainnya masalah di perkabelan.


  • riko
    November 24, 2015

    Haloo Mas,

    Karimun wagon R GL saya, ada masalah di central lock nya. saat saya lock / unlock yang jalan cuma di pintu sopir saja. Kira-kira masalahnya dimana ya?


    • MasMun
      November 25, 2015

      Karimun Wagon R GL-nya standard atau dipasangi alaram variasi mas Riko? Lock / unlock-nya yang hanya bisa di pintu supir saja ketika mengunci/membuka dari remote, dari masukin anak kunci atau ketika dari dalam kabin?


  • Mahendra Laksita
    November 13, 2015

    Mas Mun,mau tanya,estilo saya pas au dinyalain mati total,terus saya check di sekring 80a dan saya goyang-goyang,hidup lagi mesinnya.tp ga konsisten pas nyalain ac dan tape dan mau mati lagi mesinnya.apakah memang sekring 80a yang harus diganti ?cara gantinya gimana ya?mohon pencerahannya


    • MasMun
      November 14, 2015

      Halo mas Mahendra, sekringnya 80 ampere agak meleleh tidak atau masih utuh? Untuk penggantian sekring tinggal di cabut tegak lurus saja.


      • Mahendra Laksita
        November 14, 2015

        Masih utuh MasMun,cuman sekring ga presisi dan agak goyang atau longgar dari dudukannya dan saya coba kencangkan dengan isolasi,jadi sekeringnya tanpa baut ya masmun..saya coba dulu ya..terima kasih infonya.


  • Aji
    November 9, 2015

    MasMun, harga sekring yang 15A berapa ya? Saya kemarin baru ganti di bengkel resmi habis 98 ribu. Ga ada perangkat elektronik yang rusak, hanya ganti sekring saja.


    • MasMun
      November 12, 2015

      Kok mahal banget mas, memangnya sekringnya yang putus ada berapa? Harga sekring mobil 15 Ampere itu cuman Rp 5300 mas perbuahnya, Itu harga part resmi Suzuki loh ya. Itu belinya yang satu wadah isi banyak ya?


  • Supriyono
    October 21, 2015

    bagaimana cara mengecek soket kabel yang lepas? posisi sebelah mana ya?


    • MasMun
      October 27, 2015

      Buka doortrim-nya, plastik di balik door trim juga dibuka sedikit. Liat kabel di motor power windownya, sekalian di cek motor power windownya.


  • teguh
    October 2, 2015

    Kalo letak relay kipas radiator sebelah mana ya mas? punya saya karlo 2007 kadang fan radiator ga mau mati walau mesin udah mati


    • MasMun
      October 5, 2015

      Relay kipas radiator Suzuki ada di kotak sekring yang di ruang mesin. Dalam kasus mas Teguh Kipas radiator nyala terus ada kemungkinan relay-nya atau ECT sensornya rusak/kotor.


  • anton
    August 12, 2015

    Letak skring pemantik rokok..karimun 11…kodenya apa ya..padahal semua sekring yg dibawah kmudi sdah saya cek dan bagus..
    Untuk kumparan koreknya masih baik karena dicolokin ke mbil sebelah ..panas..
    Trims mas mun…


    • MasMun
      August 13, 2015

      Mungkin jadi satu sama radio ya, yang nomor 8.


  • Slamet Haryadi
    June 14, 2015

    Hallo Mas Mun, maaf dah ketemu ternyata fuse relay tambahannya yg putus. TQ. Sukses selalu.


  • Slamet Haryadi
    June 14, 2015

    Hallo mas Mun. Salam kenal
    Mo tanya lampu besar jarak dekat tidak nyala, padahal bolam dan sekering tidak putus tu. Kasih solusi ya. TQ.


  • Dodo
    June 11, 2015

    Mas Mun, mau tanya. Kalo power window tidak jalan penyebabnya apa ya?


    • MasMun
      June 12, 2015

      Kemungkinan motornya sudah lemah atau ada soket kabel yg lepas. Power window yang mati biasanya sih dibagian pintu belakang karena jarang dioperasikan.


  • Eko Purwanto
    April 29, 2015

    Mas Mun..kira2 penyebab foglamp tiba2 mati sebelah apa ya ? pdhal br sj ganti relay & fuse..tks


  • Andra
    April 6, 2015

    Mas Mun, mau tanya posisi Air sabun untuk wiper depan sebelah mana ya?

    Thanks


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+