Letak Reservoir Washer Wiper Mobil Suzuki Karimun Estilo

20

Banyak yang menanyakan letak reservoir washer wiper mobil Suzuki Karimun Estilo berada di mana. Memang reservoir untuk tempat menyimpan air wiper ini tidak tampak karena lokasinya terletak di balik fender depan. Jadi kalau mau lihat ya harus bongkar fender depan telebih dahulu, untungnya kalau mau ngisi tidak perlu bongkar fender, kebayangkan repotnya kalau setiap mau ngisi ulang tabung washer wiper harus bongkar fender depan.

Letak Reservoir Washer Wiper Mobil Suzuki

Letak Reservoir Washer Wiper Mobil Suzuki

Letak tabung Washer wiper untuk Suzuki Karimun Estilo berada di sebelah kiri ruang mesin jika anda membuka bonnet dan menghadap ruang mesin, perhatikan saja yang tutupnya berwarna biru nah itu dia. Kapasitasnya jika hingga penuh 2100ml alias 2,1 liter, tapi sebaiknya cukup diisi 2 liter saja tidak perlu penuh hingga setinggi tutupnya. Perhatikan gambar di atas, lingkaran berwarna merah adalah tutup tabung yang dimaksud, jangan keliru dengan lingkaran berwarna kuning itu adalah tempat reservoir air radiator.

Kebanyakan mobil keluaran saat ini memang meletekan reservoir washer wiper-nya di balik fender atau bemper depan, jadi tidak bisa terlihat langsung, untuk warna penutupnya pun beragam ada yang berwarna putih biasa, ada yang kuning, abu-abu atau berwarna biru, walaupun memang kebanyakan menggunakan warna biru untuk tutup tabung tersebut. Satu hal yang bisa menjadi patokan disemua mobil untuk menandakan itu adalah tabung reservoir washer adalah icon timbul di tutupnya yang menggunakan logo sapuan wiper di kaca. Jadi jika anda bingung mencari letak washer wiper di mobil anda carilah logo berikut di ruang mesin.

Logo tabung washer wiper di ruang mesin

Logo tabung washer wiper di ruang mesin

Topik: lain-lain | Tagged , cara menghidupkan wiper dan lampu Karimun estilo 2007, cara menyemprotkam air wiper mobil baleno, tempat tabung wiper, kapasitas tanki cairan wiper suzuki swift, posisi pengisi air wiper mobil.

20 comments
  • Primandi
    May 3, 2016

    Mas mumun, kalau washer motor pump mati harga berapaan ya?

    Trims


    • MasMun
      May 10, 2016

      Dicek dulu mas mungkin selangnya tersumbat atau kalau tidak ada suara sama sekali mungkin soket ke motornya lepas. harga motor wasrher Karlo generasi pertama Rp 142.000.


  • Daradjat
    February 3, 2016

    Mas Mun, kalo pengen kuras/bersihin reservoir-nya bisa ga ya? Thanx…


    • MasMun
      February 5, 2016

      Bisa mas Dradjat, tapi harus buka fender kanan depan. Rata-rata semua mobil baru saat ini tabung air wipernya ketutup fender tidak seperti mobil zaman dulu seperti Toyota Kijang Super atau Suzuki Katana yang posisinya ada diruang mesin.


  • sis
    August 18, 2015

    om nanya..karlo ku th 2007 di sisi depan kiri bunyi gluduk2…sudah tak bawa ke bengkel kaki2 tapi kok belum hilang…bunyi apaan dan gimana ngilanginnya om…trim


    • MasMun
      August 19, 2015

      Ada banyak sebabnya mas Sis, bisa dari kaliper rem depan yang kendur, karet support shockbreaker depan yang koyak, atau bushing rack steer-nya sudah rusak. Kalau saran saran saya bawa aja ke bengkel resmi Suzuki, mereka sudah hafal banget tentang gejala ini. Punya saya dulu bunyi juga, ternyata baut kaliper rem depan yang kendur akhirnya cuman dikencengin saja dan Alhamdulillah sampai sekarang nggak ada gejala bunyi-bunyi di roda depan lagi.


  • hadi pratikno
    June 8, 2015

    Mas Nun,
    Mau tanya, karimun estilo saya th 2007, sudah sebulan ini akinya ngedrop terus, aki baru dibeli 6 bulan yang lalu, seingat saya setelah di cuci (di car wash), kap mesin dibuka, setelah itu aki ngedrop terus, bagaimana mengecek dan ngebetulinnya.

    Terima kasih
    Hadi,


    • MasMun
      June 8, 2015

      Coba aki mobil mas Hadi di charge dulu di tempat penjual aki, kalau tidak lama arus listriknya sudah lemah lagi berarti sel aki-nya memang sudah rusah.. Sebaiknya ruang mesin jangan di cuci, kalau saya hanya biasanya walaupun dibawa ke car wash ruang mesin hanya di lap saja.


  • Andra
    May 12, 2015

    Mas Mun, belum ketemu juga nih reservoir nya. Saya udah ikutin nozzle and selang yang mengarah ke washer nya, dan sepertinya mengarah ke fender kiri depan (kalo kita mengahadap ke bonnet mesin)
    Tapi masalahnya tidak bisa saya lihat, dan tidak bisa saya isi karena tertutup fender
    Gmn caranya ya Mas?


    • MasMun
      May 14, 2015

      Waduh om Andra belum ketemu juga tabung air wipernya. Saya curiga corong putih tabung reservoir di Karimunnya lepas itu om. Jadi corong dan tutupnya yang menuju tabung di balik fender memang bisa dilepas, nah kemungkinan corongnya hilang.

      Coba cari didinding ruang mesin sebelah kiri lubang bulet kira-kira diameternya sebesar koin Rp100 yang lawas. Dan didalam lubgan itu warnanya putih, kalau ketemu lubangnya tinggal belikan corong bawaan dan tutup tabungnya aja di Bengkel Resmi Suzuki Om.


      • Andra
        May 15, 2015

        Saya juga curiga corong dan tutupnya lepas/hilang Mas, makanya tidak ada.
        Kalo lubang bulat memang ada Mas
        Corong bawaan ori dan tutup tabung kena berapa ya Mas?
        Ato kalo pake pengganti kira2 pake punya apa, yang murah2 saja Mas


        • MasMun
          May 15, 2015

          Belikan saja di Ber-Res om,, 3 komponen(Corong, tutup dan O ring) Total Rp50.000


  • Andra
    April 25, 2015

    Saya ga punya facebook mas mun, email aja gmn?
    Alamat emailnya apa mas?


  • Andra
    April 24, 2015

    Mas Mun ada Whatsapp atau BBM? Mau saya kasi liat kondisi ruang mesin estilo saya Mas.


    • MasMun
      April 24, 2015

      Lewat Facebook aja Om Andra, nanti langsung Saya buka :)


  • Andra
    April 23, 2015

    Tahun 2009 Mas. Udah dicek beneran ga ada tuh tutup washer warna biru seperti di gambar.
    Ada dimana yah kira2?
    Terus kalo sprayer washer nya arahnya ngaco, benerinnya gmn mas?
    sprayer kanan yang lobang kiri ngaco arahnya jadi ga ke arah kaca depan malah mencong ke fender kiri, kadang2 kalo ada motor di samping bisa kesemprot juga Mas

    Thanks


    • MasMun
      April 23, 2015

      Mungkin tutup Washernya bukan warna biru lagi mas Andra, tapi posisi corongnya tetap di dinding sebelah kiri ruang mesin(jika kita menghadap mesin dari depan mobil).
      Jika arah nozle sparyernya ngaco bisa diarahkan pakai peniti yang besar. Masukkan peniti ke lubang nozle kemudian atur arahnya sesuai yang diinginkan, kalau susah gerakinnnya, lubang nozle disemprot dulu dengan WD40, tunggu sebentra kemudian coba diarahkan lagi pakai peniti.

      Semoga membantu :)


  • Andra
    April 20, 2015

    Mas Mun, di Estilo saya ga ketemu yah. Kenapa bisa ga ada ya itu reservoir?

    Thanks


    • MasMun
      April 22, 2015

      Nahlo, kok bisa gitu.. Karimun Estilo-nya tahun berapa mas Andra?


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+