Melepas dan Memasang Tape Mobil Suzuki Karimun

14

Rasa tidak puas selalu ada dalam pribadi manusia, termasuk dalam hal tape mobil. Beberapa dari pengguna Suzuki Karimun Estilo mungkin ada yang belum puas dengan head unit atau tape mobil standard, wajar saja karena mengusung teknologi lebih dari 5 tahun yang lalu. Di saat head unit kendaraan baru saat ini sudah dapat memutar musik dari usb, menampilkan grafik equalizer, dan memiliki screen yang lebar hal tersebut belum didukung oleh head unit bawaan miliki Karimun Estilo.

Panel Tengah Dashboard Suzuki Karimun

Panel Tengah Dashboard Suzuki Karimun

Salah satu solusinya jika Pemirsah memiliki dana lebih dapat menggantinya dengan head unit double din atau bahkan yang model layar sentuh. Anda dapat membeli dalam kondisi baru atau membeli head unit copotan dari mobil yang lebih muda, seperti milik Honda Brio, Jazz atau tape mobil milik Karimun Wagon R yang sudah berbentuk double din.

Jika Pemirsah telah memiliki head unit baru, sekarang tinggal bagaimana melepas dan memasang tape mobil pada bagian dashboard tengah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Lepas cover dashboard bagian tengah yang berwarna silver. Karena tidak ada baut satupun pada cover dashboard bagian tengah ini makanya caranya cukup menariknya dari bagian pinggir. Pada bagian atas terdapat 4 pengait, bagian samping kiri-kanan masing-masing 1 dan bagian bawah terdapat 5 pengait.
    Bongkar Cover Dashboard Dudukan Tape Mobil

    Bongkar Cover Dashboard Dudukan Tape Mobil

  2. Jika cover tengah telah terlepas jangan langsung ditarik menjauh dulu, karena masih ada kabel menuju tombol lampu hazard yang menempel. Lepaskan soket dari tombol yang menempel pada cover.
  3. Setelah itu anda akan melihat 4 buah baut (+) yang berwarna mengkilap, lepaskan keempat baut tersebut agar besi pegangan head unit dapat di tarik keluar.
    Ganti head unit double din Mobil

    Ganti head unit double din Mobil

  4. Lepaskan 4 buah baut yang disisi samping kanan – kiri head unit, beserta baut pegangan laci di bawahnya yang berwarna hitam(juga dari sisi samping).
    Lepas Tape Mobil JVC Dari Dudukannya

    Lepas Tape Mobil JVC Dari Dudukannya

  5. Jika semua sudah terlepas maka Pemirsah tinggal memasangkan head unit double din yang baru pada besi pegangan tadi.
  6. Untuk pengkabelan biasanya terdapat petunjuk berupa stiker diagram kabel di bagian atas tape mobil atau dari petunjuk manual yang dilampirkan dalam kardusnya. Namun untuk keterangan soket kabel audio dan warna kabel bawaan Karimun Estilo dapat dilihat pada gambar berikut.
    Skema Pengkabelan Head Unit JVC

    Skema Pengkabelan Head Unit JVC

Setelah mengganti tape mobil dengan head unit double din maka tampilan dashboard jadi lebih terlihat padat karena tidak ada lagi laci kecil di bawahnya. Bagi yang terbiasa meletakkan uang parkir di bawah head unit maka akan sedikit repot karena uang parkir atau pun kartu tol sekarang jadi diletekan pada tempat penyimpan uang di sebelah kanan setir bagian bawah.

Tape Mobil Kenwood Terpasang Pada Mobil Suzuki

Tape Mobil Kenwood Terpasang Pada Mobil Suzuki

Saat mengganti tape mobil Suzuki Karimun Estilo karena sudah susah-susah membuka cover dashboard depan maka sebaiknya sekalian membersihkan saluran AC bagian tengah yang terbuka lebar pada saat cover dilepas diikuti dengan membersihkan kisi-kisi AC yang menjadi satu dengan cover dashboard menggunakan lap yang agak basah.

Topik: Interior | Tagged , soket tape mobil jvc, cara melepas tape mobil, cara pasang kabel tape mobil jvc, tape mobil karimun estilo, cara buka tape mobil.

14 comments
  • risky
    May 29, 2016

    Masmun, Kl mau lepas laci bawah head unit itu harus dipotong ato Ada baut pasangan nya? Artinya setelah laci dilepas APA bisa di kembalikan seperti semula lg?makasih masmun..


    • MasMun
      May 30, 2016

      Ada bautnya ke rangka besinya. Kalau sdh dicopot misal karena mau pasang head unit double din, kemudian suatu saat mau dikembalikan ke single din tinggal dipasang lg aja lacinya dan jngan lupa di baut.


  • Asep
    December 30, 2015

    Halo mas Mun, kalo mengganti head unit dengan Tablet android bisa gak??
    Kayaknya kalo Android fiturnya lebih lengkap.
    Terakhir Estilo saya pake headunit double din lcd, hanya sayang tidak dapat memutar semua file film.
    Rencana pengen ganti pake android tablet, kebetulan punya Lenovo yg 7 inch.


    • MasMun
      December 31, 2015

      Bisa saja tapi perlu perlu diakalin :)


  • Eddy
    October 26, 2015

    MasMun, melepas cover dashboard bagian tengah yang berwarna silver itu pakai alat bantu atau tidak? saya sdh coba tapi belum berhasil, Suwun


    • MasMun
      October 27, 2015

      Tidak tinggal ditarik sambil ditekan pakai ujung jari. Kalau susah coba di congkel pakai obeng minus yang dilapisi kain supaya dashboard tidak bocel. Bagian yang dicongkel untuk melepas panel tengah dashboard coba lihat gambar pertama yang dilingkari.

      Semoga membantu :)


      • Eddy
        October 30, 2015

        Terima kasih MasMun atas infonya


        • MasMun
          October 30, 2015

          Sama-sama Mas Eddy, senang bisa berbagi. :)


  • Budhiarjo
    October 10, 2015

    Terima kasih Mas Mun, sangat membantu sekali tutorialnya…


    • MasMun
      October 11, 2015

      Sama-sama Mas, senang bisa berbagi. :)


  • Arman
    October 5, 2015

    Peredam yang MasMun mksd tsb posisi dan letaknya sebaiknya dimana?..Dengan keterbatasan dana apakah peredam lembaran (meteran) bisa diaplikasikan?? tks


    • MasMun
      October 8, 2015

      Peredam bisa yang menggunakan cairan sejenis aspal yang disemprotkan di seluruh kolong mobil, ruang roda dan di balik pintu. Pereddam kabin yang lembaran juga bisa untuk ditaruh di lantai kabin tapi perlu melepas semua jok dan karpet dasar dulu untuk memasangnya.


  • Arman
    September 17, 2015

    Untuk meningkatkan kwalitas suara dengan menambah perangkat amplifier cocoknya type dan model apa? penempatannya dimana? dengan hanya pemakaian speaker standart yang melekat di ke empat pintu..tks


    • MasMun
      September 28, 2015

      Hal mas Arman,, Speaker Karimun estilo hanya ada di kedua pintu depannya. Kalau mau meningkatkan kualitas suara audio mobil saran saya tambah speaker belakang dulu di kedua pintunya lalu pasang peredam agar kabin lebih senyap. Kalau itu sudah dan masih mau upgrade audio mobil, baru bisa pasang ampli, ganti speaker sekalian ganti head unitnya.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+