Membaca Warna Busi Mobil Sebagai Indikator

0
Fungsi Busi Vital Pada Mesin Bensin

Fungsi Busi Vital Pada Mesin Bensin

Pada mesin berbahan bakar bensin terdapat komponen busi yang berfungsi sebagai pemantik api pada proses pembakaran campuran bensin dan udara. Proses pembakaran didalam mesin itulah yang menghasilkan tenaga untuk dapat menggerakkan roda dan membuat mobil dapat bergerak, sehingga busi merupakan komponen yang sangat vital dalam proses kerja mesin mobil.

Salah satu ujung busi yang digunakan pada mesin modern seperti mesin seri-K milik Suzuki langsung terhubung dengan  koil(berfungsi sebagai pembangkit tegangan), sementara ujung busi di sisi lain berupa elektroda yang dipasang hingga menembus ruang bakar di dalam mesin. Karena terpasang hingga ke ruang pembakaran di dalam mesin maka busi bisa menjadi indikator akan kondisi pembakaran pada suatu mesin. Kalau mau tau bagaimana kondisi pembakaran di dalam mesin, apakah kekurangan bahan bakar atau terlalu kaya campuran bahan bakar cara yang termudah tanpa membongkar mesin adalah cukup dengan melepas busi dan melihat warna dari ujung busi yang tertanam ke mesin.

Baca Juga: Cara mengganti Busi Karimun Estilo

Busi pada mesin normal idealnya ditandai dengan warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda sampai selongsong besinya. Jika ujung elektroda berwarna abu-abu muda(terang) maka campuran bahan bakara dan udara terlalu miskin(kurang bensin). Sedangkan jika berwarna gelap dan hitam pekat menandakan campuran bahan bakar terlalu boros bensin. Pada mesin-mesin mobil modern saat ini jumlah campuran bahan bakar dan udara sudah diatur secara computerized sehingga perbandingannya lebih ideal. Walau begitu jika sehari-hari anda akrab dengan lalulintas ibukota yang padat merayap maka warna busi ideal akan sulit terbentuk.

Tips Membaca Warna Busi Mobil

Tips Membaca Warna Busi Mobil

Namun jika anda melihat ujung busi mobil berwarna hitam basah bisa mengindikasikan kemungkinan terjadi kebocoran oli mesin yang ikut terbakar(masuk kedalam ruang silinder mesin). Bisa disebabkan oleh beberapa bagian yang telah aus seperti ring piston, bos klep atau atau dining silinder yang baret/tergores. Jika ujung busi cacat atau rusak, artinya bensin yang digunakan berkualitas jelek sehingga menyebabkan gejala detonasi (nglitik) atau jarak elektroda busi yang terlalu jauh.

Suzuki Karimun Estilo yang menggunakan mesin modern bertipe K10B atau mesin-mesin mobil lainnya yang telah menggunakan teknologi injeksi rasio pencampuran bahan bakar dan udara maupun timming pengapian sudah benar-benar diatur secara ideal sehingga kemungkinan menghasilkan warna busi mobil yang tidak normal semakin kecil. Namun anda tetap dapat menjadikan warna busi sebagai indikator kesehatan mesin dan indikator kualitas bensin yang anda gunakan.

Topik: Mesin | Tagged , penyebab busi mobil hitam pekat, warna busi, penyebab busi mobil hitam, busi mobil hitam, busi mobil hitam pekat.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+