Mengapa Perlu Spooring Balancing dan Berapa Biayanya

182
ban karimun GT Radial

Ban karimun Estilo GT Radial lebih hemat dan kuat

Pernahkah Pemirsah mengalami setir yang bergetar ketika memacu mobil pada kecepatan tinggi, atau permukaan ban yang habis secara tidak rata di salah satu pinggiran permukaan ban? Kalau saat ini anda sedang merasakan Karimun Estilo anda seperti itu sebaiknya segera spooring balancing kaki-kaki Karimun Estilo anda.

Mas_Mun akan bahas secara sederhana tentang apa itu Spooring dan Balancing pada mobil. Spooring adalah penyetalan kaki-kaki mobil anda agar sesuai spesifikasi pabrik. Roda mobil, khususnya bagian depan adalah komponen yang tidak fixed. Ada komponen yang perlu disetel pada roda agar roda dapat menapak sempurna, nah setelan itu yang biasanya berubah akibat pemakaian sehari-sehari dalam jangka waktu yang lama, setelan lebih cepat berubah jika Pemirsah sering melewati jalan rusak atau menghajar lubang pada kecepatan tinggi. Misal setelan yang dapat berubah adalah sudut Toe dan Chamber. Bila sudut toe dan chamber melebihi atau kurang dari angka normal maka dapat menyebabkan ban aus di bagian dalam atau tapak luarnya saja. Fungsi Spooring adalah mengembalikan setelan pada roda-roda agar sesuai dengan angka  yang dianjurkan pabrikan. Jadi pada alat spooring memiliki data base setelan kaki-kaki hampir seluruh mobil yang pernah diproduksi dan berpatokan pada data tersebut kondisi setelan pada kaki-kaki mobil dikembalikan.

Spooring Balancing mobil Agar Setabil

Spooring Balancing mobil Agar Setabil dan Ban Lebih Awet

Jika kehausan ban tidak merata maka pada kondisi yang sudah parah ban harus lebih cepat diganti, pengeluaran untuk mengganti ban akan lebih besar daripada kita rutin melakukan spooring, balancing dan rotasi ban. Walaupun anjuran pabrikan untuk melakukan spooring balancing dilakukan tiap 20.000 km, namun jika anda sering melewati jalan berlubang sebaiknya spooring balancing wajib dilakukan lebih cepat menjadi setiap 10.000 km. Tapi sebelum melakukan spooring, proses balancing pada keempat roda wajib dilakukan terlebih dulu, agar keseimbangan antara tiap roda dapat terjaga.

Proses Balancing Ban Dengan Alat Khusus Biaya Murah

Proses Balancing Ban Dengan Alat Computerized – Otomotifnet

Sedangkan balancing adalah upaya menjaga keseimbang pada titik atas-bawah atau kiri-kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Gambaran sederhananya adalah roda adalah bagian yang terus berputar nah jika ada bagian pada roda yang tidak seimbang, misal bobot velg dan ban lebih berat pada sisi tertentu, maka dapat menimbulkan getaran pada saat roda berputar kencang. Jika balancing dilakukan dengan melepas roda dan mendeteksinya di alat balacing, saat ini muncul teknologi yang lebih baru untuk menyempurnakannya, yaitu finish balance.

Finish balance adalah melakukan balancing kembali namun dalam kondisi roda terpasang pada kendaraan, jadi lebih presisi karena dalam keadaan ban terpasang dan ban diputar pada putaran tinggi. Ini mensimulasikan roda berputar pada saat mobil berjalan dalam kecepatan tinggi, namun harus dipastikan juga bahwa anda telah melakukan balancing terlebih dahulu, kemudian kembang(alur) ban mininimal 75% dan kondisi kaki mobil(misal as roda) dalam keadaan sehat agar tidak percuma melakukan finish balance.

Biaya Finish Balance Rp

Finish Balance dengan kondisi ban terpasang – Nawilis

Biaya untuk melakukan balancing antara Rp 10.000- 20.000 per ban. Sedangkan biaya spooring empat roda antara Rp 90.000-150.000. Kemudian untuk biaya finish balance antara Rp40.000 sampai 60.000 per roda. Proses spooring dan balancing biasanya hanya memakan waktu 1 jam atau kurang. Namun jika sekalian melakukan finish balance waktunya bisa satu setengah jam lebih lamanya. Harga itu untuk roda ukuran biasa, kalau pakai velg racing dengan diamter besar bisa beda harganya.

Topik: Roda | Tagged , , , , spooring, spooring balancing, spooring mobil, Spooring adalah, spooring dan balancing.

182 comments
  • Agung
    November 17, 2016

    Mas Mun mau tanya kalau shockbreaker kanan dan kiri depan tdk seimbang apa bisa stir suka membanting ke kanan atau kiri, makasih..


    • MasMun
      November 22, 2016

      Bisa saja jika salah satunya sudah ada yg bocor, tapi kalau setir lari ke satu arah misal kanan saja(ketika jalan lurus dan setir dilepas) maka sebaiknya dilakukan sprng&blncng dulu.


  • Rifki ocre
    October 23, 2016

    Mas Mun, mau nanya… mobil sy atoz 2001.. klo mobil dipacu pelan dibawah 60 km/jam stir stabil, tapi berat.. trus kalo di pacu diatas 80km/jam di tol setir suka kosong/ goyang kanan kiri.. dan ringan.. rada serem… apakah solusi di spooring/balancing bisa menghilangkan ketdkstabilan stir mobil sy? Trus apa powersteering sy bermasalah? Thanks yak


    • MasMun
      October 25, 2016

      Saya pikir untuk kasus seperti ini sprng&blncng nggak akan banyak membantu, coba perhatikan ketebalan ban depan dan cek komponen kaki-kaki depan seperti tie rod atau tack end. Oh iya, bentuk kembang/alur pada tapak ban juga sangat mempengaruhi, ada ban yang memang dirancang bukan untuk high speed sehingga begitu dipakai dikecepatan tinggi kemampuannya tidak terlalu bagus.


  • Nana jogja
    October 17, 2016

    estilo saya sering mengeluarkan suara gaduh di sekitar bawah setiran. Sy amati suara ini terjadi apabila sopir memainkan giginya ga pas. Apalagi kl abis disetirin orang lain. Sering mo sy bawa ke bengkel suzuki, tapi ga jadi karena suara gaduh itu hilang dengan sendirinya kalo udah menginap semalam di garasi. Kenapa ya?


    • MasMun
      October 25, 2016

      Kasusnya cukup jarang terjadi, suara gaduh yang dimaksud seperti apa bu?


  • ali
    October 10, 2016

    apa semua daihatsu feroza kalau ngebut limbung ya om?


    • MasMun
      October 15, 2016

      Karakter mobil tinggi memang seperti itu pak.


  • handy
    September 19, 2016

    mas mun mau nanya mobil saya kijang kapsul kemarin hbs pasang adaptor/spacer velg kok stir jadi getar kira2 knp ya?? kalo di spooring sama balancing apa getaran itu bisa hilang??


    • MasMun
      September 27, 2016

      Kemarin cuma nambah pasang spacer doank tanpa ganti velg atau ban? Kalau iya berarti ya memang spacer-nya yang nggak rata. Kalau memang spacernya yang nggak rata mau di sprng&blncng pun nggak akan ada efeknya.


  • gusno
    September 16, 2016

    Toyota Avanza 2010 bila lewat jalan keriting terasa getaran di kemudi.dan bunyi dek.dek.


    • MasMun
      September 27, 2016

      Bawa saja kebengkel, minta dicek rack steer dan coloumn setir-nya pak Gusno.


  • Eko Yulianto
    September 13, 2016

    Mas mun mobil saya kalau pada jalan lurus sering narik ke kiri padahal mobil baru 3 bulan dan jalan yang saya gunakan sehari hari jalan bagus, apa yang harus saya lakukan spooring atau balancing atau ada cara yang lainnya.Mohon sarannya mas


    • MasMun
      September 13, 2016

      Baru 3 bulan apanya mas Eko? Coba di Sprg&blncg dulu.


  • Arya
    September 8, 2016

    Mas mun.. saya mau tanya nih.. mobil innova ane kalo jalan pada kecepta tinggi skitar 80/jam stir agak belok ke kiri.. dan kalau kalau lewat jalan yang bergelombang terasa limbung.. itu apa nya yah… tolong infonya mas mun.. karena saya masih newbie..


    • MasMun
      September 10, 2016

      Halo mas Asrya coba di lakukan dulu seperti apa yg disarankan dalam artikel di atas. Mengenai limbung itu sebenarnya sangat subjektif ya, kalau menurut saya suspensi belakang Innova itu nyaman dan tidak limbung, tapi kalau terasa limbung berlebih coba cek shockbreaker belakangnya apa sudah bocor.


  • jeje
    September 4, 2016

    pak…mobil saya kalo di kecepatan 20 sd 40 terasa getar, tp diatas 40 hilang getarnya, saya sudah spooring balance tp ga hilang juga, mihon pencerahannya mas, tks


  • kewenk
    August 30, 2016

    Mas mun mobil saya grandlivina 2011 mau tanya klo pas jalan setir posisi lurus mobil koq agak lari ke kiri ya and klo mau posisi lurus setir agak d puter sedikit k kanan itu knapa ya mas mun, mohon pencerahan .


    • MasMun
      August 31, 2016

      Tinggal dibawa ke bengkel sprng-blncng aja pa, jangan lupa minta sekalian di rotasi bannya.


  • Prasetyo Adi Nugroho
    August 28, 2016

    Pak.. Mobil saya Karimun Wagon R, ketika dibawa lari diatas 60km/h, terdengar bunyi dengunan di bagian bawah di bagian roda depan. Mohon penjelasannya atas bunyi tersebut.


    • MasMun
      August 29, 2016

      Kemungkinan bisa dari bearing roda-nya pak Pras.


  • mfiq
    August 22, 2016

    masmun… boleh minta sarannya ya…
    new estilo ku singkat cerita mengalami kecelakaan yakni ban dpn kanan trperosok kdlm lubang selokan… dgn kerusakan yg timbul ban sobek dbagian pinggir dgn posisi ban sedang belok k kanan. setelah diganti ban, diketahui trdapat perbedaan jarak antara ban kiri dn kanan, dmna ban kanan lebih mundur (selisih 1jari tangan). rencana mau ke beres.. yg mau ditanyakan apakah minta dcek dulu bagian kaki yg bermasalah tersebut apa minta dspooring dulu… krn arah mobil narik k kanan. trm ksh.


    • MasMun
      August 29, 2016

      Di cek dan diperbaiki dulu mas setelah perbaikan baru finisihing-nya dengan di spooring.


  • indra
    August 20, 2016

    Mas mun…sy punya avanza 2013..tiap di pakai belok full ke kiri dan kanan..ban seperti keseret. Mohon jalan keluarnya


    • MasMun
      August 21, 2016

      Apa velg atau ban-nya sudah diganti dengan ukuran yang lebih besar? Kalau iya berarti ada kemungkinan ban bersentuhan dengan dinding ruang roda. Kalau tidak, coba di ban depan didonkrak terus diputar dalam posisi berbelok apakah seret atau tidak? kalau seret kemungkinan di rem atau bearing roda depan.


  • Suarnata
    August 18, 2016

    Saya sudah lama tidak melakukan sporing maupun balancing pada mobil saya kira2 sudah lebih dari 20rb km, tapi selama ini saya pakai tidak terasa ada gejala aneh stir juga terasa biasa saja, apa perlu dilakukan spooring dan balancing?


    • MasMun
      August 18, 2016

      Sebaiknya tetap dilakukan sambil dilakukan rotasi ban, agar ke-aus-an ban merata empat-empatnya.


  • diazry
    August 17, 2016

    Mobil saya suzuki xover 2011, klo jalanan gak rata bagian belakang mobil ada bunyi gludug2 (spt ban serep dibagasi lompat2). Kira2 knp ya?!


    • MasMun
      August 19, 2016

      Coba di cek dudukan ban serep-nya pa kendor, kemudian cek juga baut roda apa sudah kencang semua, dan yang terakhir baru cek shockbreaker belakang.


  • Candro
    August 8, 2016

    Mas Mun mau nanya, avanza saya tahun 2012 kalo ketemu jalan agak berlubang dan polisi tidur ada suara seperti kejedug di bagian depan, sudah saya ganti long tie rod dan yg pendek dan shockbreker depan kiri kana, tapi masih aja kurang nyaman kalo ketemu jalan agak berlubang dan polisi tidur, padahal kecepatan sangat lambat. Mohon pencerahan Mas Mun. Thanks


    • MasMun
      August 12, 2016

      Pak Candro kalau bunyi jeduk biasanya justru muncul di bagian belakang. Tapi kalau bagian roda depan Toyota Avanza yang bunyi coba dicek karet support shockbreaker depan-nya.


  • juskin
    August 2, 2016

    Mas Mun mau tanya mobil saya soluna Th.2001 kalau berjalan dijalan yang gak rata didalam mobil terdengar berisik sekali padahal skok depan sudah saya ganti dengan yang baru,apa perlu skok belakangnya jg diganti…? mohon saran dan infonya Trimakasi


    • MasMun
      August 12, 2016

      Bawa ke bengkel untuk di cek langsung, jangan langsung ganti sendiri khawatirnya bukan shock belakang yang rusak nanti malah keluar duit banyak.


  • Adhy laksono
    July 31, 2016

    Mas mau tanya.. Avanza 2016 saya sebelah kanan depan habis nabrak tembok sampai ban nya pecah..setelah saya ganti ban yg pecah sesuai ban standarnya dan setelah di perhatikan klo stir lurus ban sebelah kiri lurus, tp ban sebelah kanan miring ke dalam.. Itu apa nya yg kena ya mas..


    • MasMun
      July 31, 2016

      Kalau ban-nya sampai pecah kemungkinannya kecepatan ketika menabrak tembok agak tinggi, kalau seperti itu bisa sampai berdampak ke chasis atau dudukan arm roda depan yang bergeser. Coba di spooring dulu saja mas, kalau setir-nya masih belum bisa lurus ya berarti ada yg rusak atau bengkok.


  • herry
    July 24, 2016

    Selamat siang gan..mau tanya mobil ane soluna thn 2000..setiap spooring ga pernah bener selalu lari kekiri..ane sudah ganti semua kaki” nya sampai sudah pakai baut cember tapi masih seperti itu..mohon pencerahanya gan..terimakasih


    • MasMun
      July 25, 2016

      Ganti baut camber yg untuk modifikasi kemiringan camber roda depan? Kalau iya, justru malah nggak bisa disetel standar lagi mas. Gini mas, sebaiknya dipastikan dulu kaki-kaki depan sehat semua baru spooring, misalnya saja long tie rod-nya sudah ‘kena’ disetel seperti apapun tetep tidak akan maksimal.

      Nah kemungkinan kedua jika semua komponen kaki-kaki sudah sehat tapi mobi masih lari ke satu arah, bisa jadi mobil pernah mengalami kecelakaan hingga rangkanya rusak atau pernah di modifikasi extreme di bagian roda atau suspensi sehingga tidak bisa benar2 lurus lagi jalannya. Coba dicek apakah roda depan dan belakang simestris /lurus?


  • Marvel
    July 22, 2016

    mas tolong tanya mobil saya panther thn 2000 new royal, kendala jika di rem ada nyinting ke kanan tp kadang hilang alias normal, dan saya sudah cek ke bengkel untuk diganti karet keempat ban, stelah dr bengkel normal ga ada masalah bamun setelah 1 jam an pakai mulai kumat dan kadang normal. tp jika jalan lurus posisi stir stabil.


    • MasMun
      July 25, 2016

      Coba dicek dulu pak, ketebalan kampas rem depan tipis sebelah nggak?


  • Albaika
    July 20, 2016

    Mau nanya mas, mobil sya daihatsu taruna 2001 fgx 1.6, kalau ngerem di atas 80 km/jam stir bergetar keras tpi klw udah d bawah 80 km/jam tdak terjadi ap2 kok, kira2 itu knp yah?


    • MasMun
      July 21, 2016

      Salah satu penyebabnya bisa karena piringan rem(disc brake) yang sudah tidak rata lagi. Disc brake yang tidak rata memang sekilas tidak akan terlihat namun jika diukur menggunakan sigmat baru akan terlihat perbedaan ketebalannya di beberapa bagian.


  • Atik
    July 16, 2016

    Mas mun mau tanya dong mobil saya Apv Gx2010 klo saya bawa jalan,kaki depan mobil sebelah kiri kyk ada bunyi2 gitu di dalam mobil sampe dengar itu knp ya


  • Joko
    July 12, 2016

    Mau tanya Mas, apakah wajib setelah pulang mudik mobil harus di spooring balancing.
    mengungat perjalan jauh dan mengingat jalan kurang baik yang cenderung berlubang.


    • MasMun
      July 16, 2016

      Disarankan memang seperti itu pak Joko, karena setelan akan berubah jika medannya banyak jalan berlubang.


  • yan
    July 8, 2016

    Mas mun yg baik hati….mo tnya nich, kmrin ini aku kendarai mobil mazda vx1 pas d tol brexit ban sebelah kanan depan n belakang pecah n velg nya pun pecah ternyata ada lubang besar, yg aku thyakan apa asuransi bs mengcover velg n ban yg pecah n setalah d ganti ban n velg nya apa hrus d sporing n balancing trus kira2 apa lg ya mas yg hrus aku cek kalo kena kejadian seperti itu, tlg pencerahan nya mas, trims


    • MasMun
      July 16, 2016

      Kalau penggantian ban setahu saya tidak akan di ganti oleh asuransi, tapi kalau sebabnya karena accident mungkin bisa diganti kerugian akibat kejadian tersebut. Coba ditanyakan ke call center-nya saja dulu pak.

      Setelah kejadian seperti itu sebaiknya memang dilakukan Spooring Balancing, dan velg-nya kalau saran saya jangan direpair karena tidak akan balance seperti sedia kala.


  • Agung DN
    July 4, 2016

    Makasih jawabannya.. Oh ya mau tanya lagi, kaki2 mobil sudah dicek dibengkel & ga ada masalah/ tdk ada rekomendasi untuk diganti. Tetapi kalau lewat ada lubang bunyinya di dalam mobil jedok-jedok, seberapa besar pengaruh karet support shockbreker apakah bisa menyebbkan jedok-jedok? Padahal pas naik travel mobil baru ada lubang dihajar bunyi dikabin tdk jedok-kedok tp cenderung lebih pelan..


    • MasMun
      July 16, 2016

      Struktur roda depan itu banyak sekali sambungannya mas Agung, terlebih untuk mobil berpenggerak roda depan. Karet support hanya salah satu komponen saja dari keseluruhan struktur, tapi masih banyak bagian lain yang perlu untuk dicek. Seberapa besar pengaruhnya? Cukup besar, karena komponen tersebut berfungsi sebagai peredam dan penopang dudukan shockbreaker depan ke body mobil.


  • Randi
    July 2, 2016

    Maz mun,,
    Mobil saya avanza taun 2013 maz,,
    Saya mau nanya maz,, dulu saya bawa mobil lari 140km mobil saya masih mudah d kendalikan setirnya,, tpi pada saat ini saya bawa mobil lari 140km setirnya susah dkendalikan dn sedikit begetar,, serta pengeremannya jga brkurang maz,, gmna mnrut maz??
    Trma kasih


    • MasMun
      July 16, 2016

      Tidak baru ganti velg kan? Untuk getar di kecepatan tinggi bisa coba diatasi dengan balancing dan finish balance. Untuk kemampuan rem yang berkurang coba dicek ketebalan kampas rem-nya, selain itu apakah sudah pernah ganti dan kuras minyak rem?


  • Agung DN
    June 30, 2016

    Masmun.. usia mobil saya udah 15 tahun dan ganti shocbeker beberapa kali tp belum pernah ganti per, nah kalau mau ganti per diusia berapa tahun Mas..? Satu lagi untuk usia karet support shock beker berapa tahun..? Tks


    • MasMun
      July 1, 2016

      Per keong nggak ada masa penggantiannya mas Agung, selama tidak berkarat, bengkok dan tidak pernah dimodifikasi sampai puluhan tahun pun masih oke. Karet dupport tergantung cara pemakaiannya juga, kalau bawanya halus umurnya lebih panjang. Tapi biasanya lewat 5 tahun karetnya sudah mulai lebih pipih dan getas karena menahan beban terus.


  • Ziyad alvaro
    June 28, 2016

    Masmun…mobil sya Agya th 2013…brusan sya gnti ban all….cman ban sya ganti yg ukuran y GT 185/60…awal y pkai 165/60…apa pengaruh ya ke BBM ..?terus klu dibawak kejalan agak keriting….bagian sebelah kanan seperti bunyi gluduk2 bgitu….apa ya mslah y mas..?


    • MasMun
      June 29, 2016

      Jelas berpengaruh, tapi tidak signifikan karena perubahnnya hanya sedikit. Karakter Agya/Ayla kalau yg saya baca-baca di group banyak yang mengeluhkan muncul suara dari roda depan seperti mas Ziyad, solsuinya sih katanya dengan memasang karet selang di karet support shockbreaker depan.

      Intinya bunyi gluduk-gluduk gitu sama aja kayak di Suzuki Karimun(karena struktur suspensinya juga sama saja), dan kalau gejala seperti itu memang salah satu ‘tersangkanya’ di karet support shock depan. Solusinya sebenarnya ya perlu diganti tapi banyak yg mengakalinya dengan diganjal selang tadi.


  • agus
    June 25, 2016

    1. Apakah sporing dan balancing bisa d terapkan untuk semua mobil?terlebih lagi mobil lama (thn 80-90an)
    2. Saya punya charade thn 91,baru ganti shield2 d borem dan ganti knuckle krena stir nya brt dan klo belok bunyi tek tek tek..yg mau sy tanyakan,setlh service borem dan ganti knuckle memang stir sdh lebih ringan dan sdh tidk bunyi lgi ttpi knp klo belok g mulus y om,macm salah satu ban keseret jdi ban cpt aus.ap bisa d sporing dan blncing?
    Trimkasih atas jwbnnya


    • MasMun
      July 1, 2016

      1. Tergantung data di komputer bengkelnya, apa mereka punya data untuk setelan daihatsu Charade 91.

      2. Nggak mulus itu apa maksudnya putaran setir jadi lebih berat? Kalau itu tergantung setelan kekencangan baut di Steering rack plunger. Salah satu ban cepat aus itu baru opini atau memang sudah terjadi? Kalau cepat aut di salah satu sisi dalam/luar ban saja solusinya memang harus spooring.


  • abdul hakim
    June 25, 2016

    Mw tanya masmun. Kl setir aga goyang saat bw mbl. tp tdk brgetar apakah cukup di balancing aja. Atau perlu sporing balancing
    Mhon donk info nya


    • MasMun
      June 27, 2016

      Setir goyang karena mengikuti kontur jalan, misalkan karena permukaan jalan yang miring atau salah satu roda masuk ke lubang kecil. Kapan setirnya goyang perlu diperhatikan, apa ketika dijalan mulus atau dijalan yang tidak rata?


  • bambang
    June 20, 2016

    Mas, Honda HRV 2016 mau saya ganti velg+ban dr R17 ke R19, pertanyaannya:
    1. apakah msh nyaman dgn perubahan tsb?
    2. untuk penggantian velg+ban apa hrs spooring balancing atau balancing saja atau gmn saran nya.

    thx,


    • MasMun
      June 22, 2016

      Halo pak Bambang, HRV-nya yang tipe Prestige ya pak?
      1. Naik 2 inch dari diamter velg standard masih aman. Bagaimana dengan kenyamanannya? Pasti berkurang pak, apalagi jika profil ketebalan ban kurang dari 50. Tapi jika hanya untuk penggunaan harian di dalam kota nggak terlalu teraasa pak.
      2. Mobil baru sudah di spooring oleh pabrikan, jika selama ini tidak ada keluhan setir narik ke satu sisi setelah ganti velg cukup balancing saja.

      Semoga membantu, terima kasih.


  • Andri
    May 30, 2016

    Mas Mun, jazz idsi 2006, misalkan aku ganti velg dan ban lebar, sebaiknya yg ukuran apa ya, mohon pencerahannya, trm ksh sblmnya


    • MasMun
      June 6, 2016

      Aman dan nyamannya maksimal diamater velg naik 2 inch jadi R16 tapi kalau dipaksakan jadi R18 pun bisa konsekuensinya tentu kenyamanan berkurang. Kalau lebar bisa 185(persis seperti Jazz Vtec generasi pertama) atau lebih lebar dikit jadi 195.


  • dadan
    May 27, 2016

    mas mun saya pake kijang kapsul pik up 2003 baru pake 1 taunan,, kemari baru ganti ball join dan tierod tapi kalo jalan msh ga enak ga seimbang kaya berat sebelah ,,setir ga lurus sama roda,,kalo jalan lari kekanan mulu,,saya pake ban belakang 195/70 DEpan 185/70 RING 14 pake ban bekas ,,kira2 langkah apa yg harus sy lakukan agar mobil saya normal kembali trm kasih


    • MasMun
      May 28, 2016

      Sejarahnya pernah nabrak nggak? Sudah pernah Spooring? Kalau sudah pernah spooring coba ban depan kanan tuker ke kiri, berubah ga larinya jd ke kiri.


  • ruwandi
    May 23, 2016

    Mas Mun, Xenia Li 1000 cc velg orinya uk 13 dan ban orinya adalah 165/80/R13. Saya pengen ganti dgn velg uk 15, ban yg cocok uk brp ya…trus apa efek dari ganti velg yg lbh besar tsb.

    Salam
    Ruwandi


    • MasMun
      May 24, 2016

      Halo Pak Ruwandi bisa saja ganti Ring 15 bannya bisa pilih 185/60 R15 atau bisa kurang/lebih. Alternatifnya kalau mau praktis ganti saja dengan velg+ban bawaan punya Avanza yang Ring 15 atau 16. Efeknya mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar tentu bensin jadi lebih boros, selain itu tarikan jadi lebih berat.
      Semoga membantu.


  • darwis
    May 22, 2016

    Mas mun, nke 2010 saya setir tidak lurus, ketika jalan 40km/j setir dilepas mobil brjalan perlahan kearah kiri, ban depan br sj ganti. Perlu dispooring dan balancing ga?

    Bengkel rekomendasinya wil. Kodya jogja, Atau ke beres jl solo saja?


    • MasMun
      May 24, 2016

      Sangat dianjurkan Sprng&Blncng setiap setelah mengganti ban. Beres Suzuki Jogja belum ada alatnya mas, coba ke Setiawan atau Eko Ban mas Darwis lokasinya di jalan Magelang.


  • Etios Valco
    May 19, 2016

    Mas mun. Ban serep belum turun 3 tahun. Km 30.000. Rencana mau spooring balancing include service berkala minggu ini. Prepare mudik jg buat bln juni ini.

    Pertanyaan saya, aman kah saya melakukan rotasi ban?
    Atau biar kan ban serep ga turun sama sekali?
    Nah jika rotasi ban pilihannya, aturan rotasi ban yg benar gmn ya mas mun?

    Terima Kasih


    • MasMun
      May 21, 2016

      Sebaiknya ikut disertakan ketika rotasi supaya bannya terpakai juga. Kecuali jika ban serep memang diniatkan hanya untuk serep selamanya, jadi setelah dipakai ketika ada yang bocor langsung disimpan di bagasi lagi. Petunjuk rotasi ada di sini: Rotasi Ban Mobil.


      • Azis
        June 19, 2016

        Numpang nanya mas mun.
        Hyundai grand i10 saya sdh 30.000KM. Blm prnh ganti ban.
        Blm prnh dilakukan spooring+balancing.
        Keluhan saya,pas jalan, terdengar dr dlm kabin suara angin luar yg seperti bunyi baling-baling kipas angin, semakin cepat jln mobil,semakin cepat juga terdengar bunyinya.
        Stlh sy analisa, bunyi berasal dr putaran roda-roda mobil.
        Apakah itu pengaruh dr ban yg sdh aus? Atau bagaimana? Mohon saran nya mas mun.trm ksh.


        • MasMun
          June 22, 2016

          Kemungkinan dari Ban-nya pak, mungkin ada benjolan atau ada sesuatu yang menancap tapi tidak sampai menembus hingga dalam. Coba di dongkrak saja kemudian diperhatikan dari samping sambil diputar apakah ada benjolan atau ada yang tertancap dipermukaan ban. Kalau sudah 30.000 saran saya lakukan rotasi sekaligus spooring balancing pak Azis.


  • faisal fahmi
    May 14, 2016

    masmun mobil saya splash tahun 2008.
    knapa ya saat mobil berjalan 40 km/jam dan selebihnya terdengar suara dukduk diroda depansebelah kiri , namun saat tuas rem diinjak sedikir bunyinya hilang dan begitu seterusnya , ,
    apa ada masalah diroda depan / di rumah rem nya?


    • MasMun
      May 21, 2016

      Kemungkinannya banyak, bisa dari sistem rem, ban tdk rata atau dari suspensi depan kiri. Perlu dicek langsung mas Faisal.


  • Sugie
    May 13, 2016

    Mas mamun sy baru sj ganti sepasang ban depan kijang kapsul sy dengan ukuran yg lebih kecil 185/70/14, tapi ban belakang ukurannya 195/70/14 bawaan waktu beli seken. Hasilnya setir sy agak belok ke kanan. Sebelum ganti ban depan kondisi steer normal. Selain itu juga minyak power steering sy sering netes, setiap 3 minggu sekali sy slalu nambahin minyak power steering sebanyak 300ml. Apakah ini ada hubungannya dengan ukuran ban yg tidak sama atau karna pengaruh minyak power sterring nya yang bocor? Lantas apakah sy perlu melakukan balancing dan spooring juga mas? Sudah 10 bulan sy pake mobil ini belum pernah dilakukan balancing dan spooring. Apa yang harus sy lakukan agar mobil kembali normal terutama di bagian steer nya tadi. Mohon saran nya mas mun. Terimakasih


    • MasMun
      May 13, 2016

      Pak Sugie kalau yang diganti sepasang ban depan secara logika harusnya tidak akan berdampak pada setir kecuali yang diganti hanya sebelah. Setelan roda depan pas dengan ban lama yang sudah tipis, sehingga ketika diganti dengan ban baru yang masih tebal jadi perlu penyetelan(Spooring + akan jauh lebih baik disertai balancing) karena sudah tidak sesuai dan memang sebaiknya setiap penggantian ban diikuti dengan hal tersebut.

      Kebocoran minyak power steering nggak ada hubungannya dengan penggantian ban pak Sugie. Kebocoran minyak power steering pada Toyota Kijang Kapsul bisa dari selang, pompa atau seal di racksteer-nya. Saran saya perbaiki dulu kebocoran power steering-nya baru dilakuakn spooring balancing.


  • Galih
    May 12, 2016

    Om mau tanya dong, kemarin saya baru ganti kampas rem di beres, tapi sekarang kalo setiap jalan malah seperti ada yang tersendat, ditambah suspensi depan jadi agak keras. Kenapa ya om? Trims


    • MasMun
      May 13, 2016

      Kalau kampas baru diganti kemudian agak seret itu wajar, dipakai saja sampai puluhan KM nanti juga normal dengan sendirinya. Nggak ada hubungannya ganti kampas rem dengan suspensi depan yang kemudian jadi keras.


  • Harsan
    May 10, 2016

    Mas saya mau tanya. Saya pake avanza mslahnya ada di stir kalau di rem di atas kcptan 60km stir nya bergetar tangan pun ikut bergetar & kalau di bawa ke jalan batu ada suara glodak” dari stirnya.


    • MasMun
      May 13, 2016

      Avanza-nya tahun berapa pak Harsan? Kalau setir mobil bergetar ketika di rem kemungkinan penyebabnya adalah piringan cakram yang bergelombang solusinya jika masih dalam toleransi ketebalan dapat di bubut atau diganti. Kalau lewat jalan rusak keluar suara kemungkinan sumber masalah dari rack steer. Tapi ini hanya analisa awal, untuk pastinya harus dicek langsung pak Harsan.


  • tiyo
    May 10, 2016

    Mas mun, mobil saya ketika pindah gigi 2-3 kok sulit masuknya ya, dan ketika sudah masuk giginya lepas netral lagi itu apanya mas mun?


    • MasMun
      May 14, 2016

      Perlu dicek dulu mekanisme shift select cable transmisi, apa ada problem pada bagian itu atau nggak?
      Kalau OK nggak ada masalah, berarti harus dicek transmisinya(gear box) kemungkinan ada masalah hub set high speed gear(bs ring synchromesh, giginya atau hub-nya) & cek juga lock system di shifting shaft.


  • Pandi
    April 19, 2016

    Saya punya mazda elite 323 stir nya berat klo sudah belok susah balik lagi apa perlu di spooring balancing


    • MasMun
      April 24, 2016

      Nggak akan berpengaruh, kondisi roda depannya sendiri bagaimana apakah msh dlm kondsi normal?


      • muhamad arifin
        April 25, 2016

        Comment mas mun mobil saya abis nabrak trotoar bgian ban depan kiri abis tuh ban depan sblah kiri gak center sedangkan ban kanan nya center…nah kira2 knpa ya mas ??? tolong pencarahan nya soal nya saya msh amatir .hehe


        • MasMun
          April 27, 2016

          Akibat dari mobil menabrak trotoar dari kemungkinan yang kecil bisa Balljoint(jadi satu dengan arm-nya) yang kena, bisa juga Knuckle-nya, dan yang paling parah jika terlalu kencang ketika menabraknya adalah dudukan arm yang ke chasis bisa bengkok. Mana pastinya yang kena? Nggak ada cara lain harus di cek langsung mas Arifin.


  • Ikhwan
    April 19, 2016

    MAs mau tanya…kemarin sempat ke bengkel katanya racksteer honda city saya sudah kena tapi masih bisa digunakan untuk sehari-hari. Nah pertanyaan saya adalah, Jika memang saya belum servis atau ganti racksteer tapi saya mau spooring dahulu apakah itu aman ? karena kondisi saat ini setir tidak lurus dan posisinya harus dimiringkan sedikit setirnya agar jalannya lurus jadi saya asumsi mau spooring saja dulu…thx


    • MasMun
      April 19, 2016

      Nggak papa pak kalau hanya untuk meluruskan setir saja, tapi kalau begitu nanti biasanya hasil sprng-nya tidak bisa maksimal. Nah nanti ketika sudah ganti rack steer perlu di spooring lagi karena setelah “kaki-kaki” depan dibongkar setelannya tentu jadi berubah.


  • yadi
    April 11, 2016

    Om mau tanya kmaren saya abis ganti velg kijang kapsul ku apa harus d spooring dan balncing? Terus ketika ada polisi tidur bagian kolong blkang mobil ada suara kayak bnturan kaleng (BLENTRANGG) kira2 yg masalah apanya ya om? Makasih sbelumnya…


    • MasMun
      April 18, 2016

      Sangat disarankan sekalian spooring dan balcning. Suara dari belakang ketika lewat polisi tidur coba periksa ban serep dikolong apa kendor, lalau kalau muatan kosong dan jalan pelan masih bunyi kemungkinan sumber bunyi dari per daun-nya.


  • andot
    April 10, 2016

    Mas tanya mobil saya escudo 20 klo belok dengan kecepatan lambat itu seperti ban nya melindas sesuatu atau ban nya kayak kelipet padahal tdk ada apa2 itu kenapa ya, terma ksih


    • MasMun
      April 18, 2016

      Itu normal karena tapak ban lebar. Yang penting dipastikan saja tekanan angin ban-nya tidak kurang.


  • Karmen
    April 8, 2016

    Hallo mas…
    Mau tny sdikit neh… Kenapa abis gnti velg baru kcpatan 120km mobil goyang ,? Apa perlu d balance ? sdgkan sblumny velg bks mlh tenang


    • MasMun
      April 9, 2016

      Setiap penggantian velg sebaiknya diikuti dengan balancing, bahkan jika perlu dilakukan pula finished balance.


  • opang
    March 29, 2016

    Mas Mun…mobil saya Toyota Vios 2004 . pada saat kopling nya berat di injak maka saya ganti baru matahari nya satu set tapi perubahan nya kecil. Kenapa ya ?


    • MasMun
      March 30, 2016

      Yang diganti rumah matahri-nya saja atau sama bearing/laher dan kampasnya?


  • Ahmad
    March 29, 2016

    Pak mau nanya kenapa. Mobil panther saya kok lari ke kiri klo ketemu jalan miring kiri dan lari ke kanan klo ketemu jalan miring kanan tolong pencerahannya ya.


    • MasMun
      March 30, 2016

      Sepengetahuan saya kondisi tersebut normal.


  • suyoso
    February 25, 2016

    Mohon info terkait ban. Sedikit cerita : saya punya mobil avanza tahun 2010 . KM mencapai 43.000 kondisi ban masih cukup baik , yg saya tanyakan dengan kurun waktu hampir 6 tahun apa ada recomendasi wajib ban diganti baru. Demikian terima kasih infonya .


    • MasMun
      February 26, 2016

      Kondisinya persis ban mobil Toyota saya dulu. Dulu ban-nya juga sampai berusia 6 tahun masih tebal dan tidak ada masalah. Tapi sifat karet akan getas pak Suyoso seiring bertambahnya usia, jadi yang utama perhatikan tekanan ban-nya saja. Jika mobil lebih banyak diparkir tekanan ban bisa dilebihkan sedikit dan sebaiknya seminggu sekali mobil dibawa jalan.

      Jadi kalau bannya masih bagus dan hanya untuk rute normal tidak perlu diganti, kecuali jika pak Suyoso sering sekali melalui jalan tol dengan kecepetan tinggi(>> 100km/jam) kalau kondisinya seperti ini saya sangat sarankan ganti.


  • aan
    February 16, 2016

    om, velg brio kl dipasang ke karimun wagon apa perlu center ring di roda depannya?
    roda blakang karimun wagon cuma bertumpu pd baut apa cukup kokoh om?
    terima kasih om


    • MasMun
      February 18, 2016

      Untuk perlu center ring atau tidak sy kurang tau juga mas Aan karena belum pernah nyoba. Tapi dr pengalaman kalau dipakein velg Mitsubishi yg PCD-nya sama nggak perlu center ring. Memang roda/velg hanya bertumpu di baut desain dari pabriknya memang seperti itu, selama ini nggak masalah tuh bawa bebean berat aman aja.


  • Widia
    February 14, 2016

    Menurut buku manual Karimun Wagon ganti oli (mesin)tiap 10.000 km, tapi bengkel resmi menyarankan untuk ganti tiap 5.000 km. Fyi mobil dipakai sehari-hari dalam kota untuk keperluan rutin kantor-rumah pp saja. Yang benar tiap berapa km oli harus diganti? Mohon pencerahan? Terima kasih.


    • MasMun
      February 18, 2016

      Sebaiknya penggantian oli setiap 5000km bu Widia, setiap penggantian oli diikuti penggantian filter oli.


  • Rama
    February 10, 2016

    Mobil nya honda jazz idsi thn 2006, gerak roda depan mas


    • MasMun
      February 11, 2016

      Honda Jazz kan gerak roda depan, jadi kalau yg di finish balance roda belakangnya tuas presneling masuk di P nggak masalah. Yang masalah kalau finish balance roda depan tuas preseneling di posisi “P”, nggak bisa muter nanti rodanya.


  • Rama
    February 10, 2016

    Tapi benar mas bisa mutar saya lihat langsung, mobil didongkrak dan di kasih ganjelan tiap bannya. Alat ganjelannya seperti ada ban kecil dibawahnya.


    • MasMun
      February 10, 2016

      Mobilnya apa, Gerak roda depan atau belakang? Memang finis balanced itu memutar roda dengan cepat pada posisi terpasang di mobil, itu mensimulasikan mobil berjalan dalam kecepatan tinggi.


  • Rama
    February 9, 2016

    Malam mas, mau tanya nih. Sya abis spoorinh balancing dan finish balancing. Yang mau saya tanyakan, kenapa saat di finish balancing posisi persneling mobil di P ya? Saya tanya ke mekanik yang mengerjakan katanya tdk apa2. Yang membuat saya was2 aman tidak ya gearbox matic saya di finish balancing pada posisi persneling P?terimakasi


    • MasMun
      February 10, 2016

      Kalau finish balance presneling di posisi P roda nggak bisa berputar dong? Kalau roda nggak bisa berputar mau finish balance-nya bagaimana.


  • Risman Subandi
    February 5, 2016

    MasMun, saya punya careta 1000 kalo dibawa nanjak pegunungan radiatornya cepet mendidih, terus setir tidak lurus, ukuran ban lebih besar, solusi gimana?


    • MasMun
      February 5, 2016

      Taunya radiator mendidih dari mana pak Risman? Coba cek tutup radiator-nya saja dulu. Kalau panas mesin berlebih ketika sedang digeber kemungkinannnya ada dua, di internal mesinnya atau kipas radiatornya. Internal mesin bisa akibat ada metal yang sudah aus, pelumasan(oli) mesin yang kurang atau pompa oli-nya lemah, thermostat sudah tidak optimal kerjanya. Langkah pertama pastikan dulu saja kipas dan tutup radiator bekerja dengan baik.

      Untuk awalnya pastikan tekanan ban sudah sesuai rekomendasi pabrik dan disamakan saja semuanya, kalau sudah dan masih miring coba di spooring balancing. Dari spooring + balancing itu nanti bisa didapat hasilnya, kalau masih dalam batas toleransi nanti bisa disetel kembali seperti semula. Kalau tidak(sudah diluar batas toleransi) nanti bisa ketahuan dan apa yang perlu diganti/perbaiki, misal tie-road ternyata sudah oblak(rusak) dan perlu diganti.

      Semoga membantu.


  • dian
    February 3, 2016

    Mantap info nya om…terimakasih sudah berbagi.


  • Henry
    January 31, 2016

    Mas mun, mobil saya Jazz RS – klo kec. saya tahan dikec.40kmph bagian mobil depan terdengar bunyi ‘ngung2′, kira2 kenapa y ? thanks


    • MasMun
      February 5, 2016

      Halo pak Henry karena tidak mendengar langsung agak sulit ya memastikan sumber suaranya dari mana. Coba dikecepatan 40km/jam gigi diturunin ke posisi tiga, kalau ternyata tidak adan perubahan suara berarti dipastikan suara muncul dari seputar roda.

      Suara muncul bisa dari kontak ban dan aspal atau dari bearing roda. Yang paling mudah coba cek tekanan ban terlebih dahulu, pastikan tidak kurang dan tidak berlebihan sekitar 32-34psi. Tapi setahu saya karakter mobil Honda memang suara deru ban terdengar jelas dikecepatan rendah pak Henry apalagi kalau kontur aspalnya kasar.


  • achmad
    January 28, 2016

    MasMun kalo honda brio ciri2 harus di balancing atau spooring bemana yah? Kalo saya bawa dia serasa kempes tp tdk kempes bannya dan setirnya ringan banget kalo mau dibelokin. Mohon bantuannya masmun dan juga kalo misalkan di balancing atau spooring biayanya brapa yah? Terima kasih masmun.


    • MasMun
      February 5, 2016

      Halo mas Achmad, maksudnya terasa kempes bagaimana? Posisi mengemudi atau kursi Honda Brio kan memang rendah, mungkin sebelumnya biasa bawa mobil MPV yang lebih tinggi jadi bawa Honda Brio jadi seperti terasa kempes?

      Ciri-ciri mobil sudah perlu spooring balancing kalau setir dilepas di jalan lurus mobil mengarah ke satu sisi atau ketika dalam kecepatan tinggi roda bergetar. Harga spooring balancing sudah tertulis jelas di atas, silahkan di baca kembali. Untuk harga juga tergantung lokasi dan bengkel. Di kota besar seperti Jakarta biasanya lebih mahal, terlebih untuk bengkel yang sudah punya nama seperti Nawilis.


  • Rifki
    January 25, 2016

    Mas mun. Mobil avansa d kasih oli castrol efekny apa?. Biasany oli resmi avansa. Pngaruh sama mesin gk?


    • MasMun
      February 5, 2016

      Nggak akan ada pengaruhnya, tapi pastikan yang dibeli Oli asli mas Rifki.


  • faisal
    December 29, 2015

    mas mun, grand livina ku klo belok, setir nya lambat (lemah) bwt kembali lurus. itu kenapa y? & spooring balancing bisa benerin lagi nggak y?

    thank’s


    • MasMun
      December 30, 2015

      Grand Livina itu sudah menggunakan Electric Power Steering(EPS) atau belum ya mas Faisal? Kalau sudah EPS memang karakter setirnya lambat untuk kembali lurus jika dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan Hydraulic Power Steering.


  • Widodo
    December 28, 2015

    Mas saya punya mobil luxio,tapi kalau saya buat belok ada suara kretek gitu


    • MasMun
      January 5, 2016

      Untuk mobil gerak roda belakang(sperti Daihatsu Luxio) kalau sedang belok/setir dibelokkan muncul suara-suara aneh gitu kemungkinannya rack-steernya bermasalah.


  • alee
    December 17, 2015

    Mas mun, mobil saya setirnya memang suka lari ke kiri, walau sedikit tapi kalau dilepas mau jauh lari mobilnya ke kiri kalau lama2. Saya rencana mau ganti ke4 ban drngan yang baru. Nanti apakah perlu spooring lagi atau sudah otomatis dispooring langsung sama orang bengkel? Trims mas mun…


    • MasMun
      December 22, 2015

      Jika penggantian ke-empat ban sebaiknya spooring dan balancing juga. Tergantung bengkelnya, ada yang memberikan kedua layanan itu sebagai bonus untuk penggantian 4 ban ada juga yang belum.


  • dicky
    December 17, 2015

    Mas mun saya punya mobil daihatsu charade 92 kalau dibawa laju ban nya lari kekanan dan kekiri terus bunyi2 ban nya nyit.nyit gitu.kira2 apa nya yg rusak mas mun.tq


    • MasMun
      December 22, 2015

      Halo mas Dicky coba dicek tie-rod, karet support shockbreaker, bearing roda dan kondisi ban. Itu semua faktor yang mempengaruhi kaki-kaki depan. Kalau sudah ditemukan penyakitnya dan dilakukan perbaikan jangan lupa lakukan spooring untuk menyetel toe-in & toe-out, camber dan caster sesuai anjuran pabrik.


  • yogi
    December 13, 2015

    masmun kalo ada suara ketika stir belok kanan itu penyebabnya apa? dan stir nya tidak lurus kalau stirnya lurus malah belok kiri…


    • MasMun
      December 14, 2015

      Halo mas Yogi,
      1. Ketika berbelok kanan berbunyi: Silahkan diperiksa dirve shaft atau lebih familier disebut kopel yang ke roda kanan depan.
      2. Setir tidak lurus: Lakukan spooring sangat direkomendasikan sekalian melakukan rotasi roda dan balancing.


  • Eva
    December 3, 2015

    Mas Mun
    Mau tanya dong, apakah mobil baru harus di spooring & balancing ??


    • MasMun
      December 12, 2015

      Tidak perlu mbak, pabrikan sudah melakukannya sebelum mobil keluar pabrik. Kalau mobil baru ternyata setirnya lari ke kanan atau kiri, justru bisa langsung complain ke bengkel resmi.


    • MasMun
      December 12, 2015

      Tidak perlu mbak, Produsensudah melakukannya sebelum mobil keluar pabrik. Kalau mobil baru ternyata setirnya lari ke kanan atau kiri, justru bisa langsung complain ke bengkel resmi.


  • oduy
    November 30, 2015

    Masmun kenapa bagian depan body mobil goyang setiap tekan pedal gas di kecepatan 30 – 40 km/jam dan sesudah kecepatan itu getaran tidak ada. Untuk catatan engine mounting masih baru dan kaki-kaki sudah diperbaiki


    • MasMun
      December 10, 2015

      Kecepatan 30-40km/jam pakai gigi berapa pak?


  • Ganang
    November 19, 2015

    mas mun, karimun estilo saya belakangan ini di bagian kaki2 depan bunyi duk duk duk duk, tapi klo dibawa kenceng ga kedengeran, klo dibaea antara 40-60 baru terasa, saya cek karet support shocknya emang udah ada celah lumayan gede sih, tapi apa ada kemungkinan lain? saya rencana mau ganti karet support weekend ini


    • MasMun
      November 21, 2015

      Kemungkinan karet support yg pertama, kalau masih bunyi ada kemunginan bushing rack steernya.


  • stevane
    November 18, 2015

    mas mun…klo ada oli netes di bagian depan dekat ban seblah kanan…kira2 oli apa yang bocor?…oli mesin ato gardan??


    • MasMun
      November 20, 2015

      Karimun Estilo nggak ada nggak ada gardan mbak. Tolong difotokan dulu saja bagian mobil yang ada tetesan olinya mbak.


  • Harri
    November 15, 2015

    Mas Mun, rotasi ban mobil, sebaiknya tiap berapa KM ?. Terimakasih.


    • MasMun
      November 17, 2015

      Tiap 10.000 Kilometer mas Harri atau kalau pakai patokan waktu sih setahun sekali. Terlebih untuk mobil gerak roda depan(sedan, citycar) kalau bertahun-tahun nggak dirotasi pasti ban depan lebih cepat habisnya sedangkan ban belakang masih tebal, sayang bannya.


  • barkat
    October 22, 2015

    Mas mun, saya punya karimun th 2007, apakah emang kap depan selalu panas setiap mobil habis di pakai


    • MasMun
      October 27, 2015

      Iya memang semua mobil seperti itu mas Barkat, apalagi mesinnya pasti lebih panas.


  • agustine
    October 16, 2015

    Mas mun….

    Saya punya mobil gran livina
    kl saya ganti ban yg lebih besar dr standart sekaran…apakah mempengaruhi pemakaian bensinnya?


    • MasMun
      October 17, 2015

      Betul sekali mbak Agustine, pertama jika ban yang digunakan lebih lebar dari ban standard maka permukaan gesekan dengan permukaan jalan semakin luas sehingga perputaran juga semakin berat. Kedua semakin besar diameter velg biasanya bobotnya juga lebih besar maka perlu tenaga lebih dari mesin untuk bisa memutar roda dengan begitu tentu konsumsi bensin jadi butuh lebih.


  • Iwan
    October 7, 2015

    Om. Saya punya livina xr dah ganti velg ukuran 17 rencana mau tambah spacer biar nongol keluar maklum anak muda om yg pengen sya tnyakan apa perlu spooring n balancing atau balancing ajah?

    Makasih


    • MasMun
      October 7, 2015

      Kalau sebelumnya sudah spooring & balancing ya nggak usah mas, sayang uangnnya hehe. Yang penting dalam memilih spacer velg sih pastikan aja ketebalan spacer-nya benar-benar rata semua dan jangan terlalu tebal juga.


  • rahyono
    September 30, 2015

    Bang mobilku xenia new ,sebelum ganti kampas rem depan ga bunyi tapi sehabis ganti kampas bunyi ngung tapi kalau di rem dikit nggak bunyi kenapa ya bang apa perlu balncing maksh bang..


    • MasMun
      October 8, 2015

      Masalah rem nggak ada hubunganya sama balancing Om. Coba diinget-inget lagi hayo kemarin ganti kampas rem-nya Ori atau nggak? :)


  • bani
    September 22, 2015

    saya py agya 2014 type G..mau saya ganti pake R15 kira2 bagusnya pake ban yg ukuran brapa?


    • MasMun
      September 28, 2015

      Toyota Agya dengan velg ring 15 bisa pakai ban ukuran 185/55 R15 pak Bani. Untuk ban-nya kalau mau yang bagus dan relatif terjangkau harganya bisa pakai GT Radial CHAMPIRO.


  • Ahmad
    September 19, 2015

    Salam kenal Bang Mun, mohon pencerahannya ya..
    Estilo saya pakai ban belakang kiri yg drip/kembangan-nya berbeda tetapi ukuran spek-nya sama. Apakah itu mempengaruhi laju kenyamanan kendaraan & kira membahayakan apa tidak??
    Terimakasih atas pencerahannya


    • MasMun
      September 28, 2015

      Tidak papa, asalkan ketebalannya masih sama(belum ada yg gundul) toh Karimun Estilo kan juga jarang dipakai untuk kecepatan tinggi jadi masih aman saja. Sebaiknya besok kalua ada yg gundul diganti secara bersamaan dengan merek dan ukuran yang sama, dan rutin di rotasi setiap tahun, dengan begitu umur setiap ban lebih panjang dan habisnya juga rata semua.


  • Erawan
    September 16, 2015

    Mas ,

    Apabila saya mau ganti ban 4 ( all ) Apakah perlu dilakukan proses balancing dan spooring ? atau tidak perlu.. ukuran ban 195/55 R15.

    Dan apa pengaruh apabila ban depan dan belakang tidak sama ukurannya ?
    misal ban depan menggunakan 195/65/R15 dan ban belakang menggunakan 195/55 R15

    Mohon advice. Salam /Erawan


    • MasMun
      September 16, 2015

      Halo mas Erawan, Balancing dan Spooring sangat perlu untuk penggantian ban baru pada mobil. Penggunaan ban belang saat ini jamak dijumpai pada mobil yang sudah dimodifikasi ukuran velgnya, biasanya ban belakang lebih lebar dari pada ban depan. Tapi penggunaan ukuran ban yang berbeda antara depan-belakang untuk mobil harian sebaiknya dipikirkan kembali, karena ketika perlu dilakukan rotasi ban(depan-belakang) justru malah terbalik ukurannya dan malah jadi nggak bisa dirotasi, akibatanya tentu ban depan jadi lebih ceepat habis.

      Tapi kalau konsekuensi tersebut tidak jadi kendala, ya silahkan saja. Oh iya, biasanya ban belakang justru lebih tebal dan lebar dibanding ban depan.


      • Erawan
        September 17, 2015

        Mas Mun,

        Terimakasih Informasinya.
        Jadi sangat perlu dilakukan spooring dan balancing untuk pergantian 4X ban baru ya, walaupun baru 1 tahun yang lalu sudah di lakukan spooring.

        Salam,
        Erawan.


        • MasMun
          September 28, 2015

          Iya pengganti ban seharusnya juga diikuti dengan balancing, dan karena sudah 1 tahun lebih sebaiknya juga di Spooring.


  • andri
    August 19, 2015

    Om mohon ijin kalo kecepatan diatas 80 kpj stir suka goyang kiri kanan/stirnya lari. mohon pencerahannya.


    • MasMun
      August 20, 2015

      Goyang atau hanya getar saja mas Andri? Coba di spooring balancing dulu mas, sekalian minta tolong mekaniknya cek permukaan ban depannya.


  • setyawan
    August 9, 2015

    Ukuran ban & velg bawaan karimun wagon R GS; 175/65 R14.

    Kalau pakai ukuran ban 195/60 atau 195/55 apakah masih bisa dipasang di velg uk.14 bawaan karimunnya mas?

    Utk modifikasi kecil, ban depan pakai 185/60 & ban belakang 195/60 apakah ini bisa diterapkan & tidak mengganggu laju mobil mas?

    Terima kasih.


    • MasMun
      August 14, 2015

      Jadi niatnya mau pakai ban yg lebarnya belang ya antara depan dan belakang? Kalau saran saya jangan pakai 195 deh, bikin boros bbm karena kelebaran. Tapi kalau mau dipaksakan ban 185/60 dan 195/60 masih bisa masuk.

      Kalau pakai 195/60 diameter luar ban jadi lebih besar 5,5mm dari ukuran ban ori-nya. Kalau pakai 195/55 diameter luar ban jadi lebih kecil 13mm dari ukuran ban aslinya. Keduanya masih aman, jadi bebas pilih yang mana.


  • Denny Gultom
    August 3, 2015

    Mas, mobil saya kalo kecepatan 80-100 km/jam setir nya getar.Tapi kalau di pacu lebh dari 110 km/jam baru terasa.

    Itu kenapa ya mas?


    • MasMun
      August 4, 2015

      Coba ban-nya di balancing Om, kalau perlu dilakukan finish balance sekalian. Terkadang balancing di suatu bengkel kurang bagus kerjaannya, jadi perlu dicoba di bengkel lainnya kalau ternyata hasilnya masih getar.


  • Yusuf
    July 21, 2015

    Om klu sbelah kanan bunyi gluduk2 ketika kecepatan 40 s.d. 80 km/jam terutama sewaktu mobil tdk digas (dibiarkan ngeloyor, baik gigi netral ataupun tidak) kenapa ya om? Tp klu kecepatan dia atas 80 tdk berbunyi..mhn jwbnnya tks.


    • MasMun
      July 23, 2015

      Coba periksa permukaan ban apakah terdapat benjolan? jika masih bunyi coba cek engine mountingnya.


  • ilham fadhillah
    June 28, 2015

    Ohhh sip om makasih semua informasinya ya


  • ilham fadhillah
    June 28, 2015

    Om setir saya kerasa berat,uda ga kaya dulu,kalo dulu biasanya setir berat gara gara ban kurang angin atau kempes,nah kalo skrg ban ga kempes tapi aga berat,saya karimun estilo 2012,belum pernah ganti atau ngisi minyak power steering,saya harus gimana ya sebelu ke bengkel?


    • MasMun
      June 28, 2015

      Karimun Estilo dan Karimun Wagon R sudah tidak pakai minyak power steering lagi, karena sudah pakai electric power steering, artikel di sini. Coba dicek saja dulu ke bengkel, mungkin ada bagian steering rack atau column steer yg perlu dilumasi.


  • ilham fadhillah
    June 28, 2015

    Kalo ukuran bannya 175/60 gimana om?


    • MasMun
      June 28, 2015

      Sebaiknya sih kalau lebar 175 pakai yg 175/55, karena semakin lebar rasio ketebalannya juga berubah. 165/60 dan 175/60 lebih tebal yang terakhir loh.


  • ilham fadhillah
    June 27, 2015

    Om saya baru ganti velg racing,nah pas baru ganti banget saya ngerasa ada yang aneh sama mobil saya,kalo di jalan toll biasanya saya 120 masih enak,tapi sekarang baru mau naik ke 90 uda bergetar mobil saya,terus kalo ada jalan rusak ada suara grekk grekk,emang ban dan velgnya aga besar sedikit saya pake r 14,bannya 165/60 kalo gasalah mohon pencerahannya ya tolong


    • MasMun
      June 27, 2015

      Masalah getar ketika dikecepatan tinggi biasanya disebabkan roda yang tidak balance, jika masih dalam toleransi biasanya beres dengan melakukan balancing. Kalau setelah balancing masih getar, coba balancing sekali lagi di bengkel berbeda, kadang kualitas pengerjaan dan alat suaut bengkel ada yang dibawah standard. Kalau sudah dua kali balancing masih getar ada kemungkinan memang Velg-nya yang sudah tidak normal. Dulu mas ilham beli baru atau bekas?

      Kalau pofil ban 165/60 R14 wajarnya nggak gesrot, mungkin profill offset velg-nya beda jauh dari standard Karimun ya? Offset velg Suzuki Karimun kan 45, apa ukuran offset velg-nya yang sekarang lebih kecil jadi ban mudah gesrot ke bibir fender?


  • yassin
    June 10, 2015

    Klo setir klo stater d putar bunyi itu apa harus d sopring? Apa gmn


    • MasMun
      June 11, 2015

      Pertanyaanya kurang jelas mas.


  • Wahyu Rifani
    May 16, 2015

    Om, kalau NKE saat kecepatan melebihi 50 lpj terdengar bunyi dengungan di daerah as roda itu kenapa ya?Mohon pencerahan om, maklum ane newbie


    • MasMun
      May 18, 2015

      Bisa jadi profile ban-nya yang memang berisik atau coba di cek laher roda depan.


  • catur
    April 25, 2015

    area ban depan posisi yg bunyi..


  • catur
    April 25, 2015

    kalo saat lewat jalan bergelombang atau jelek bunyi “gradak gradak” itu kenapa?shockbeaker atau apanya ya?

    mohon pencerahanya..trim..:-)


    • MasMun
      April 26, 2015

      Ada beberapa kemungkinan dari yang paling ringan sampai yg paling berat:
      1. Kaliper rem depan kendor.
      2. Karret support shockbreaker depan(bagian atas) aus.
      3. Steering rack bermasalah.

      Cobe kebengkel minta cek bagian-bagian tersebut. Semoga membantu :)


      • irawan
        November 16, 2015

        mas mun kenapa ya karimun estilo saya tu sering hilang2 gasnya.?tp mesin tetap hudup.


        • MasMun
          November 17, 2015

          Gasnya hilang gimana? Pedal gasnya hilang gitu? hehehe…

          Apa yang dimaksud tenaganya yang ngedrop?


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+