Mengenal fitur Kunci Immobilizer di Mobil

30

Beberapa mobil penumpang saat ini telah dilengkapi fitur kunci immobilizer. Dari Suzuki Swift, Spalsh, Ertiga, Toyota Kijang Innova, Alphard, Daihatsu Terios dan yang lebih dahulu hadir di Karimun Estilo. Seperti sudah diketahui fitur Immobilizer adalah perangkat keamanan elektronik yang dilengkapi pada mobil untuk mencegah mesin dapat dihidupkan kecuali menggunakan anak kunci aslinya. Hal ini untuk mencegah mobil dari pencurian mobil yang biasa menggunakan kunci cadangan atau dengan mem-by pass kabel kontak.

Perbandingan Kunci Duplikat Immobilizer Mobil

Perbandingan Kunci Duplikat dan kunci Immobilizer Mobil

Perbedaan kunci mobil biasa dengan yang menggunakan immobilizer adalah terdapat chip pada anak kunci mobil dengan fitur ini. Chip tersebut berhubungan dengan ECU pada kendaraan. Sehingga ketika kendaraan coba untuk dihidupkan dengan mem-by pass kabel atau dengan kunci duplikat biasa maka mesin tidak dapat dihidupkan.

Kenapa dikatakan duplikat biasa? Karena pada kenyataannya saat ini sudah ada yang bisa duplikat kunci immobilizer. Jika tadinya duplikat kunci canggih ini hanya bisa dilakukan oleh pabrikan(bengkel resmi), maka saat ini beberapa orang sudah bisa menduplikat kunci cangghih ini dengan peralatan komputerisasi khusus yang diimport dari luar. Jangan bayangkan tempatnya di kaki lima pinggiran jalan karena biaya untuk duplikat kunci immobilizer satunya saja seharga Rp.750.000-900.000, bahkan bisa jutaan rupiah untuk kunci mobil Eropa.

Kunci Mobil Suzuki Generasi Terbaru

Kunci Mobil Suzuki Generasi Terbaru

Kembali mengenai apa itu Immobilizer, jadi teknologi ini terdapat pada kunci kontak dan ECU pada mobil. Ada modul yang terhubung dengan rumah kunci kontak yang berfungsi membaca chip pada kunci immobilizer, jika memberi sinyal yang cocok dengan modul maka ECU mengijinkan mesin untuk hidup. Tapi jika kunci tidak memiliki chip atau tidak cocok, maka dinamo stater dapat menyala tapi mesin tidak dapat hidup ketika di-stater yang kemudian pada mobil Suzuki ditandai dengan lambang gembok yang menyala pada panel instrument.

Topik: Kelistrikkan | Tagged cara mematikan gambar mobil ke kunci di indikator karimun wagon r, harga kunci immobilizer mobil, indikator immobilizer menyala, kunci mobil suzuki, kunci suzuki swift.

30 comments
  • Rahadian adji
    November 11, 2016

    Malem mas mun, gmn caranya ngilangin lampu indikator mobil tergembok pada speedometer swift ya? Dan knapa bisa muncul indikator mobil tergembok gmn cara ngilanginnya trimakasih


    • MasMun
      November 14, 2016

      Mobil bisa nyala nggak? Gembok itu muncul klo program Immobilizer nggak cocok atau nggak terbaca oleh modul di mobil.


  • Satrio
    October 11, 2016

    Mas mau tanya skr kunci utama saya ketinggalan kalo pake kunci cadangan bisa gak yaa. Apa alarmnya gak bunyi yaa. Thanks


    • MasMun
      October 15, 2016

      Bisa, kalau dikunci pakai alaram ya bunyi tapi nanti bisa direset. Kan ada remote alarm cadanga juga?


  • tyarsyah
    September 12, 2016

    sore mas mun trims responnya.. utk skg sy menggunakan kunci cadangan apa bisa d buatkan remote baru? dg cara d akalin


    • MasMun
      September 13, 2016

      Remote baru bisa dibuatkan asal masih ada remote aslinya, yang asli masih ada pak? Lokasi kami di Jakarta pak.


  • tyarsyah
    September 12, 2016

    trims masmun sudah d respon sgt cpt.. kunci cadamganny tidak dg remote mas mun.. apa bisa kita mengakali dg mengganti remote baru? thx


  • algifirdaus
    August 17, 2016

    Selamat pagi mas mun nih gimana caranya ngebuka pintu mobil karimun wagonr 2016 kuncinya ketinggalan di dalam mobil gimana ini?


    • MasMun
      August 18, 2016

      Pakai kunci cadangan,, beres. :D


  • deddy
    May 28, 2016

    Mas sy mau tanya central lock mobil karimun esrilo saya kalo di kunci pake remote bisa, tp kalo di buks g bisa harus di buka secara manual dr pintu kiri depan ,kalo dr kanan depan harus dibantu dg mencabut tombol pengunci yg ad pd pintu, mohon solusiny dong


    • MasMun
      May 29, 2016

      Saya kurang paham maksudnya mas Deddy, central lock di Suzuki Karimun kan memang di buka/dikunci dari knob yang ada di pintu pengemudi.


  • Joni
    April 25, 2016

    Malam MasMun, sya punya swift 2008 yg ingin sy tanyakan untuk immobilizer terletak di anak kunci yg ada tombolnya apa di bagian kuncinya,,maslahnya anak kunci saya buka yg ada tombolnya saya pisahkan dengan kuncinya, saya coba ke mobil saya dan mau menyala, apakah mobil saya immobilizernya sudah tidak aktif,? Terimakasih


    • MasMun
      May 10, 2016

      Tomobol itu hanya untuk keyless/buka pintu saja pak, chip Immo ada di pangkal anak kunci.


  • yadi
    April 19, 2016

    Selamat sore masmun
    Saya baru punya karimun model tahun 2011.
    Kunci hanya dapat satu buah,berapa biaya untuk duplikat kunci ya? Dan untuk tempat servis rutin yg bagus dimana ya? Posisi saya dijakarta timur
    Terimakasih


    • MasMun
      April 20, 2016

      Biaya bikin Kunci duplikat Immobilizer bisa melalui kami, harganya untuk Karimun Estilo Rp 600.000. Untuk service rutin bisa di bengkel resmi Suzuki, atau kalau mau kami juga menyediakan layana Home Service mas Yadi.


  • Yogi
    April 2, 2016

    Siang masmun,
    Saya pake Karimun estilo 2010, Mohon saran, kalo mobil tiba2 mati sewaktu jalan, sebelumnya tidak ada gejala apa2..lampu indikator sebelymnya normal..sewaktu telah jalan beberapa ratus meter..tiba2 mati, ketika mesin mati (kontak on) indikator mesin dan immobilizernya mati..sedangkan oli.aki.dan powersteering nyala..indikator temp jg mati..kira2 apanya yah ?


    • MasMun
      April 6, 2016

      Coba dicek dulu idling system(bersihkan throttle body+IAC )kalau bersih dan tidak bermasalah kemudian cek fuel system-nya(bersihkan filter bensin, bila perlu kuras tangki bensin).


  • Joufy
    April 2, 2016

    Sore, saya punya masalah pada mobil splash. Ga sengaja saya mencabut soket immobilizernya,dan sekarang mobil ga mau nyala,lampu engine dan charger ga menyala. Kira2 solusinya gimana ya pak. Sebelumnya terimakasih.


    • MasMun
      April 6, 2016

      Taunya itu soket immobiliser dari mana? Soket lainnya mungkin yg dimaksud pak, lokasinya yg dimana?


  • deden
    February 24, 2016

    Permisi MasMun,,memang pd dasar ny sistem kunci immobilizer berguna utk keamanan mobil kita dari pencurian tpi kdg2 bikin kita ribet juga,, apa bila kunci hilang atau kita ingin membuat kunci duplikat kita harus inden dulu ke dealer resmi dgn waktu yg lama pula,,seandainya sistem kunci immobilizer ini kita tanggalkan dan ganti yg aftermarket aja bisa gak Masmun?


    • MasMun
      February 25, 2016

      Sistem immobilizer mau ditanggalkan? Susah karena terhubung dengan komputer mobil. Kalau mau sih bisa aja, copot semua piranti injeksi ganti pakai karburator tapi ya nggak logis. Dari pada nyopot immobilizer mending bikin kunci duplikatnya, toh harganya kurang lebih hanya 1 juta.


  • vian
    January 30, 2016

    Mas momod.. Suzuki estilo 2007 punya saya bermasalah pada pintu belakang bagian kanan tidak bisa dibuka dari dalam, tapi kalau dari luar bisa. Terus kenapa ya kalau estilo pada bagian depan kanan apabila jalanan sedikit jelek timbul suara gluduk gluduk, padahal sudah diganti karet supportnya. Apakah masalahnya bukan pada karet support scokbreker tapi di bagian stir. Trims dan mohon bantuanya


    • MasMun
      February 5, 2016

      Halo mbak Vian pintu belakang tidak bisa terbuka dari dalam mungkin karena child safety lock-nya aktif, kami sudah pernah mengulas bagaimana cara menonaktifkannya(cek tautan di atas).

      Suara gluduk-gluduk selain dari karet support yang sudah koyak, bisa juga dari racksteer atau kaliper rem depan yang kendor.


  • yunus
    September 9, 2015

    Permisi gan. Konsultasi remot dan central lock splash gl 2010. Bila remote lock pintu kiri gak mau terkunci. Dan bila remot unlock hanya pintu kanan belakang yg terbuka. Bagaimana cara perbaikannya. Trims sebelumnya.


    • MasMun
      September 29, 2015

      Kemungkinan motor door locknya sudah lemah mas. Cara sederhana, coba di lock – unlock tanpa remote? Tekan switch door lock di pintu dpan kanan, apakah keluhannya sama?


  • ALFA
    June 27, 2015

    sore mas Mun,
    mohon maaf nih mengganggu lagi,saya mau konsultasi mengenai system central lock di Karimun Estillo.

    Kebetulan di kendaraan saya ada masalah,yaitu ketika alarm diaktifkan,central lock tidak otomatis mengunci namun harus dikunci manual. begitu juga ketika alarm dideaktivasi maka kunci dibuka secara manual. Yang saya heran adalah alarm masih berfungsi normal, jadi ketika alarm diaktifkan dan pintu dibuka maka akan bunyi.

    kira-kira penyebabnya dimana ya?karena central lock juga normal semua,jadi ketika dikunci dari sisi kanan depan maka yang lain ikut mengunci.
    Kira-kira apa yang perlu diganti dan berapa biayanya,dan apakah di bengkel alarm dan central bisa atau harus di bengkel resmi.

    matur nuwun dan salam sukses selalu


    • MasMun
      June 28, 2015

      Saya curiga kabel/soket dari modul alaram ke motor sentral locknya ya yg bermasalah, coba ngolong dulu mas ke bawah dashboard apa ada kabel yg lepas, cek juga sekring door lock controler tidak putus(letak kotak sekring Suzuki dibawah setir sebelah kanan), atau door lock controler-nya yang rusak.


      • tyarsyah
        September 11, 2016

        permisi gan masmun sy brsn kejadian kunci yg asli hilang.. dan td sy pke kunci cadangan alhamdulilah bisa hidup ya???.. nah yg sy tnykan utk central locknya bisa d akalin ga klo d bikin remote yg baru masmun


        • MasMun
          September 11, 2016

          Remote kalau yang aslinya masih ada bisa juga dibuatkan duplikatnya, asalkan jenis remotenya yang sama tersedia namun harus dengan alat khusus.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+