Mengenal Instrumen Lampu Indikator Mobil Suzuki

52

Sadarkah Pemirsah ketika kita akan menstater mesin maka lampu indikator mobil di panel instrument akan menyala, kemudian jika mesin sudah menyala maka lampu indikator di Suzuki Karimun Estilo itu akan mati seluruhnya kecuali indkator rem jika kita masih mengaktifkan rem tangan. Walaupun lampu indikator mobil bukanlah sesuatu yang baru namun tidak semua pengemudi memahami arti dari masing-masing indikator di panel intrumen mobil tersebut. Bahkan mungkin ada diantara pemirsah yang menganggap lampu-lampu tersebut hanya sekedar pajangan panel instrumen? Hehe, padahal masing-masing dari lampu indikator tersebut memiliki makna peringatan.

Panel lampu indikator mobil Suzuki Karimun Estilo

Panel lampu indikator mobil Suzuki Karimun Estilo

Suzuki Karimun Estilo ataupun semua mobil Suzuki saat ini yang sudah injeksi memiliki banyak sensor di dalamnya. Sensor-sensor tersebut menjadi bahan masukan bagi otak komputer mobil yang biasa disebut ECU dalam operasional mobil. Contoh sensor-sensor yang terdapat di Suzuki Karimun Estilo ataupun Suzuki Wagon R adalah sensor suhu mesin, sensor ketinggian minyak rem, sensor tekanan oli, sensor kelistrikan, sensor emisi gas buang  dan lain-lain. Nah hasil bacaan dari sensor tersebut tidak akan ditampilkan jika kondisi normal, namun  akan ditampilkan sebagai peringatan dalam bentuk lampu indikator mobil di panel instrumen tadi. Dasar yang perlu diingat adalah: Lampu indikator mobil mati semua jika kondisi mobil dalam keadaan normal(kecuali lampu indikator rem ketika rem tangan diaktifkan).

Namun bagaimana jika ternyata ada indikator yang menyala terus atau lampu tersebut tidak hidup saat mesin akan dihidupkan harus juga dicurigai berarti ada hal yang tidak berjalan normal tuh. Jika mobil sedang berjalan tiba-tiba indikator menyala maka indikator tersebut mengingatkan kita sebagai pengguna untuk menepikan mobil, mengecek kondisi mobil berdasarkan bagian yang ditandai oleh indikator tersebut.

Yuk kita bahas satu persatu-satu indikator pada mobil Suzuki Karimun Estilo, dimulai dari yang paling kiri hingga ke kanan di panel instrumen:

1. Indikator Tekanan Oli
indikator tekanan oliLampu indikator ini akan menyala sebelum mesin dihidupkan dan akan mati begitu mesin menyala. Jika lampu ini menyala ketika mesin hidup menandakan tekanan oli yang lemah di dalam mesin. Bisa diakibatan oleh pompa oli yang rusak atau volume oli mesin yang berkurang. Berkuranganya cairan pelumas tersebut biasanya disebabkan karena terjadinya kebocoran oli mesin secara cepat dalam jumlah yang banyak.
Segera tepikan kendaraan anda dan periksa ketinggian oli menggunakan stick pengukur oli berwarna kuning di ruang mesin. Jangan sekali-kali menyalakan mesin mobil dalam kondisi kekurangan atau kehabisan oli karena akan merusak komponen internal mesin.

2. Indikator Charging Aki
Indikator pengisian akiLampu indikator ini akan menyala sebelum mesin dihidupkan dan akan mati begitu mesin menyala. Jika lampu ini menyala ketika mesin hidup menandakan terjadinya masalah pada pengisian arus listirk ke aki.
Bisa disebabkan alternator yang rusak atau belt alternator yang tiba-tiba putus. Ketika tidak terjadi pengisian arus listrik ke Aki mobil masih dapat hidup karena mengandalkan arus DC dari aki, namun memaksa mobil untuk terus berjalan ketika indikator ini menyala akan menyebabkan kerusakan pada aki dan mobil akan mati total, segera tepikan Karimun Estilo anda.

3. Indikator Mal Fungsi Mesin
Lampu Engine CheckLampu indikator ini akan menyala sebelum mesin dihidupkan dan akan mati begitu mesin menyala. Jika lampu ini menyala ketika mesin hidup menandakan terjadinya ketidakberesan mesin berdsarkan data sensor emisi gas buang.
Ketidakberesan emisi gas buang merupakan tanda dari tidak sempurnanya proses pembakaran di dalam mesin. Segera tepikan kendaraan anda, memaksakan mobil berjalan dalam indikator mal fungsi mesin menyala akan menyebabkan kerusakan parah pada mesin.

4. Indikator Immobilizer
peringatan immobilizer Suzuki KarimunLampu indikator ini akan menyala sebelum mesin dihidupkan dan akan mati begitu mesin menyala. Lampu ini akan menyala jika sistem immobilizer mendeteksi ketidakberesan, seperti mobil distater tidak menggunakan kunci aslinya. Di lain kesempatan kita akan membahas lebih dalam tentang sistem Immobilizer di mobil Suzuki Karimun Estilo.

5. Indikator Power Steering
Panel eps elektrik power steeringLampu indikator ini akan menyala sebelum mesin dihidupkan dan akan mati begitu mesin menyala. Jika lampu ini menyala ketika mesin hidup menandakan terjadinya adanya kerusakan sistem elektrik power steering pada Suzuki Karimun Estilo anda. Hampir seluruh mobil keluarga keluaran Suzuki saat ini sudah menggunakan elektronik power steering.
Kerusakan power steering yang mengakibatkan bagian ini tidak bekerja ditandai dengan putaran setir yang terasa berat, hal ini kurang terasa dalam kecepatan tinggi namun pada kecepatan di bawah 40km/jam akan sangat terasa. Fungsi setir akan tetap normal dalam keadaan seperti ini, hanya saja putaran jadi berat.

6. Indikator Rem
Peringatan rem mobilIndikator ini akan menandakan dua kondisi. Kondisi pertama adalah rem tangan anda sedang aktif atau kondisi kedua adalah ketika minyak rem Karimun Estilo anda kurang dari level yang seharusnya. Jadi jika anda tidak mengaktifkan rem tangan tapi indikator ini menyala ada masalah pada rem anda, yaitu ketinggian minyak rem di tabung kurang dari level yang seharusnya, hal ini  bisa tejadi ketika brake pad sudah menipis sehingga tinggi permukaan minyak rem turun atau adanya kebocoran minyak rem pada sistem rem Suzuki karimun anda.
Segera tepikan kendaraan anda dengan perlahan, dalam kondisi seperti ini pengereman akan tidak terasa pakem dan jarak pedal rem terasa akan lebih dalam. Jangan mengemudikan mobil dengan sistem rem yang tidak bekerja dengan baik.

7. Indikator Temperatur Suhu Mesin
Lampu indikator temperatur mesinLampu indikator ini akan menyala beberapa detik ketika kunci kontak dalam posisi on dan akan langsung mati setelah itu(sebelum mesin hidup). Jika lampu indikator berkedip ketika anda sedang mengemudi menjukkan bahwa mesin Suzuki Karimun Estilo anda terlalu panas. Yang perlu anda lakukan ketika indikator temperatur mesin berkedip:
1. Matikan AC kendaraan anda
2. Segera tepikan kendaraan
3. Biarkan mesin dalam kondisi stasioner beberapa menit
4. Periksalah tabung reservoir radiator coolant, tambahkan jika kurang.

Jika Pemirsah memaksakan mobil Suzuki Karimun-nya terus berjalan dalam kondisi lampu indikator suhu ini berkedip maka yang kemudian terjadi adalah lampu ini tidak berdip lagi tapi akan menyala terus, yang menandakan mesin telah overheat(kondisi terlalu panas). Yang perlu dilakukan ketika mesin telah overheat:
1. Pinggirkan kendaraan dan matikan mesin
2. Periksa tabung reservoir radiator coolant dan belt water pump radiator.
3. Jika belt water pump putus jangan paksa mobil berjalan segera hubungi bengkel langganan anda.

Penting agar menjadi perhatian:

  • Jangan membuka tutup radiator dalam keadaan panas.
  • Jangan membuka kap mesin jika terlihat uap panas keluar dari depan kap mesin, matikan mesin tunggu hingga uap tidak keluar lagi.

 

Kesimpulan:
Anda tidak harus menghafal secara detail indikator-indikator di atas, namun ketika ada lampu indikator peringatan yang tiba-tiba menyala sekiranya Pemirsah dapat segera tahu bagian mana yang memerlukan pemeriksaan dan perbaikan. Tapi yang utama, langsung tepikan kendaraan jika salah satu indikator tersebut menyala.

 

Topik: Interior | Tagged , , lampu indikator mobil mati semua, lampu indikator mobil menyala terus, fungsi lampu indikator, lampu indikator mobil, lampu indikator mobil mati.

52 comments
  • Ahnis
    September 20, 2016

    Lampu indicator muncul huruf B karimun estilo thn 2012 apa maksudnya itu mas, mohon bantuannya


    • MasMun
      September 27, 2016

      Indikato huruf B? Saya malah nggak tau tuh mas kalau ada yg huruf B gitu. Coba di share fotonya via FB kalau ada mas.


  • gerald
    September 4, 2016

    Halo mas/bu subagi maaf nih kepo saya cuma mau tanya apakah isi bensinnya tidak salah (seperti terisi solar) karena dulu sya pake hyundai atoz salah isi bensin mobilnya tidak bisa distarter dan muncul suara suara aneh?


  • subagi
    September 4, 2016

    Siang MasMun, suzuki estilo 2011 saya tiba2 gak bisa distater, padahal sebelumnya normal2 saja. Ketika itu sy lagi jalan dan singgah isi bensin di SPBU, pas mo jalan lagi mobil gak bisa distater. Selain indikator aki dan oli, smua lampu indikator lainnya mati nyala mati nyala klo posisi on. Tapi gak bisa distater. Di aki juga terdegar bunyi thet thet. Ada juga bunyi yg sama dibawah stir. Kira2 masalahnya apa ya. Tolong pencerahannya MasMun?


    • MasMun
      September 4, 2016

      Kalau sepperti itu kemungkinan aki-nya tekor, tapi seharusnya tidak terdengar suara-suara aneh jika tidak di-stater. Saran saya coba aki-nya diganti.


  • gerald
    August 17, 2016

    Mas mun maaf mau tanya lagi ciri ciri thermosat yang rusak apa ya pada karlo generasi pertama soalnya belum pernah diganti mas , kalo kipas radiator ud pernah diganti . Thks sblmnya


    • MasMun
      August 18, 2016

      Biasanya terjadi overheat karena thermostat tidak mau membuka sehingga memblok sirkulasi cairan pendingin mein. Jadi kalau mobil overheat padahal kipas radiator mobil normal, air tidak berkurang, volume oli cukup kemungkinan bisa disebabkan thermostat yang sudah minta ganti.


  • gerald
    July 31, 2016

    Mas bukan itu maksudnya maksudnya tombol untuk turun atau naikin kaca untuk pintu kanan depan uda lari dari dudukannya jadi susah naik dan turun kaca pintu depan kanannya jadi masalahnya mas apa yang harus diganti dan biayanya berapa ( please) darurat soalnya uda lari dari dudukannya jadi bisa naik turun sendiri kacanya


    • MasMun
      August 2, 2016

      Yang rusak tombolnya? Ya kalau masih bisa dibetulin ya betulin, kalau nggak bisa ya tinggal di ganti. Harga switch power window dibagian supir Rp 750.000.


  • gerald
    July 31, 2016

    Maaf mas ganggu lagi saya mau tanya kenapa tombol untuk naik turun kaca pengemudinya lari dari dudukannya jadi kalo ditarik ( menutup kaca) waktu tangan saya lepas tombolnya gak mau kembali ke posisinya lagi kalo ditekan turun turun terus tombolnya kira kira aki bisa cepat soak gak mas dan apa yang harus diganti dan berapa biayanya karlo saya 2008 4 sylinder sebelumnya makasih mas mun


  • gerald
    July 20, 2016

    Saya tau karena ac nya Sudah tidak dingin mas waktu saya pergi ke bengkel ( bukan bengkel resmi suzuki) mereka bilang kalo pipa ac nya bocor dan sekarang Sudah gak ada masalah lagi mas makasih mas atas sarannya karena ternyata kompresor acnya Sudah rusak karena belum pernah ganti selama hampir 8 tahun jadi wajarlah kalo rusak hehe


  • zaini
    July 19, 2016

    Saya punya karimun estilo thn 2008 masmun’ tiba2 spedometernya macet dan lampu control mesin multinya nyala terus, bgmana cara mengatasi ?


    • MasMun
      July 20, 2016

      Bawa ke bengkel untuk di scan penyebab errornya. Kemungkinan karena ada sensor di mobil yang bermasalah, kalau dianalisa dari keluhan mas Zaini kemungkinan speed sendornya yg bermasalah. Untuk lebih pastinya coba di scan dibengkel yang punya alatnya mas.


  • gerald
    July 18, 2016

    Mas ternyata acnya bisa gak dingin gara gara tali freon ya kalo gak salah yang bocor tapi kenapa sekarang kalo acnya dinyalakan malah muncul suara chit chit yang cukup besar pada gejala awalnya sih waktu jalan cuma kayak ada suara meraung tapi sekarang jadi makin parah cara ngatasinnya kira kira berapa mas dan apakah ada yang rusak? Karlo saya 2007 hehe


    • MasMun
      July 19, 2016

      Tali Freon? Mungkin maksudnya selang/pipa AC yang ke arah kompresor ya. Taunya Freon bocor dari mana mas Gerald? Kalau dari air yg menempel di selang itu bukan bocor, tapi kalau benar bocor biasanya salah satu tandanya AC yang mulai tidak terasa(hanya keluar angin) atau kurang dingin.

      Bunyi cit cit ketika AC dinyalakan biasanya disebabkan karena belt kompresor AC selip, kalau hanya bunyi gini biasanya cukup di Setel drive belt tension atau ganti drive belt-nya.


  • Ricad
    July 5, 2016

    Masmun, boleh tolong buatkan tutorial untuk bongkar dashboard karlo? Lumayan, supaya bisa minimal ganti lampu2 indikator AC yang mati lah..heuheu…makasih mas..


    • MasMun
      July 16, 2016

      Untuk bongkar sebagian dashboard sudah pernah diulas di artikel tentang mengganti head unti dan artikel tentang memasang tachometer, coba di search aja mas Ricad. :)


  • Iin kurniawan
    July 5, 2016

    Mas mo tanya..mobil karimun estilo 2012 saya gak bisa starter dan lampu indikator pun mati total..kenapa ya? ..soludi gmn? ..trims


    • MasMun
      July 16, 2016

      Kemungkinan Aki-nya sudah sangat lemah atau sekring utamanya putus bu Iin. Kalau ada mobil lain coba diganti pakai Aki mobil lain, apakah bisa nyala?


  • gerald
    June 19, 2016

    Maksudnya mobil nya lagi jalan tiba tiba ac nya panas tapi suhu tetap stabil dan saya pun berhenti di tepi jalan selama +-1 jam dan saat jalan acnya tetap gak dingin kalo gitu apanya yang rusak mas mun?


      • gerald
        June 23, 2016

        Uda mentok ke kiri mas mun kira kira jalan 20 menit ac uda gak dingin terus waktu karlo saya mundur perlahan terdengar suara tek tek yang kencang di bagian depan kok bisa gitu ya? Maaf ya mas saya banyak tanya


        • MasMun
          June 24, 2016

          Pertama, Kalo AC sudah nggak dingin jangan dinyalakan terus nanti malah bikin tambah parah. Dicek dulu dari kemungkinan teringan apa radiator fan mati sampai kemungkinan freon bocor. Kalau mundur muncul suara tek tek tek bisa jadi bersumber dari drive shaft-nya. Btw sudah lama pegan Suzuki Karimun nya mas?


        • gerald
          June 27, 2016

          Sekitar 7 tahunan mas


  • surawan
    June 18, 2016

    Mohon pencerahan mas mun. Masih awam soal mobil. Saya punya aerio 2005, pas jalanan menurun ada suara gluduk gluduk dari depan, waktu di pijak gas nya suara nya ilang, suara kedenger lagi pas gas dilepas. Kira kira apanya ya mas?


  • gerald
    June 17, 2016

    Mas mun saya punya karimun estilo yg 2007 kalo acnya tiba tiba panas tapi suhu tetap normal kalo itu apa masalahnya?


    • MasMun
      June 18, 2016

      AC panas tapi suhu normal itu maksudnya bagimana mas?


  • Syahbani
    May 31, 2016

    makasih pencerahannya saya share ya biar bermanfaat juga bagi yang lain….


    • MasMun
      May 31, 2016

      Sama-sama, silahkan di share pak Syahbani.


  • Lily
    April 20, 2016

    Mas mau nanya.. tadi sy pas dijalan tiba2 Ac mobil (karimunestilo) jadi panas dan gak lama indikator yg no 7 berkedip. Krn sy tdk paham tetap sy bawa jln tp ac dimatiin. Smp akhirnya lampu indikatornya menyala trs… untung sy smp juga dirumah. Itu bermasalah dimananya yah mas? Dan apakah bisa merusak mesin? Mohon infonya… tq


    • MasMun
      April 20, 2016

      Itu tanda kalau mesin overheat, kalau dipaksakan tentu mesin bisa rusak. Sumber masalahnya bisa dari radiator, thermostat atau kipas radiatornya yg tidak bekerja. Namun jika ac jadi tidak dingin juga kemungkinan besar kipas radiatornya yg bermasalah.


  • Visa
    December 10, 2015

    Masmun mau tanya lampu utama swift saya kadang2 mati n kdang2 hidup sndiri
    Itu biasanya apanya? Mohon infonya. Trimakasih


    • MasMun
      December 11, 2015

      Kemungkinannya bisa sakelar lampu yang dibalik setir atau kabelnya konslet. Jika dibawa ke bengkel lalu diminta ganti, pastikan ke orang bengkelnya bahwa bukan kabelnya yg konslet. Jadi jangan sampai sudah ganti sakelar tapi ternyata kabelnya yang konslet.


  • Enjang
    December 6, 2015

    Maaf mas, kendaraan saya baleno th2000, pas abis pasang tip mobil, lamp spidometer saya mati tp lampu engine malah nyala terus setelah mesin nyala, tapi lampu yg lain normal nyala semua, kira kira apa yah mas mohon bantuan nya…


    • MasMun
      December 10, 2015

      Di Standarin lagi aja dulu mas Enjang tape-nya. Yang masang kurang ahli mungkin.


  • Agungwija
    November 22, 2015

    Pagi masmun, kalau posisi normal langsam nke2011 brp rpm ya?apakah 900 rpm normal? Dan jika ac menyala posisi tetap 900rpm? Apakah kondisi ini normal? Thanks masmun


    • MasMun
      November 22, 2015

      Normal mas Agung, yang tidak normal itu justru ketika AC menyala rpm mesin malah ngedrop(turun).


  • rahmat
    November 4, 2015

    Hallo mas saya mau tnya.
    Klu mobil x over speedometer nya bisa nyala padah dlm pusisi off/kunci nya saya lepas tpi tetep nyala.masalah nya ap ya n bahaya ga..


    • MasMun
      November 9, 2015

      Yang dimaksud nyala itu maksudnya jarum speedometer-nya naik/gerak pak?


  • Fahmi
    October 25, 2015

    Mas MUn
    Indikator malfungsi mesin saya tiba-tiba nyala terus. Padahal sebelumnya tidak pernah terjadi masalah. Kalo saya bawa ke bengkel,jaraknya jauh (12 km). Apakah tidak ada masalah jika dipake jalan?Ato ada penanganan darurat sementara yang bisa saya lakukan?


    • MasMun
      October 25, 2015

      Sebelum dibawa jalan ke bengkel coba di cek olinya kurang nggak, kalau normal dibawa jalan aja nggak papa. Bawanya santai aja, nanti di bengkel bilang aja tolong di scan.


      • Fahmi
        November 3, 2015

        ternyata cuman perlu di restart akinya doank mas mun -_-


  • eko wahyu
    September 27, 2015

    Mas mun mau tanya….knp lmpu indikator oli dan aki berwarna merah pdhl oli dan aki baru di gani semua?


    • MasMun
      September 28, 2015

      Halo mas Eko Wahyu, begini mas normalnya jika indikator oli menyala ada kemungkinan jumlah oli di mesin kurang (karena terjadi kebocoran) atau tekanan oli yang lemah(karena pompa oli rusak). Dan jika indikator aki menyala kemungkinannya alternator sebagai penyuplai listrik ke aki tidak bekerja maksimal atau bahkan belt(atau biasa disebut tali kipas) alternatornya putus.

      Namun ada baiknya dibawa ke bengkel resmi Suzuki untuk di scan menggunakan scaner, jika ternyata ada masalah lainnya.


  • jaka
    September 17, 2015

    pagi mas mun,, lampu indikator mesin saya karimun estilo vxi 2007 nyala terus mas… untuk kendala nya apa ya dan jika di benahi kena biaya kisaran brp ya mas, lalu kalo untuk service karimun di jakarta bengkel resmi biaya kotor nya habis brp ya mas mun, tks


    • MasMun
      September 28, 2015

      Harga Service berkala dan ganti Oli mobil Suzuki Karimun sekitar Rp 700.000, belum penggantian komponen lainnya. Untuk lampu indikator yang menyala bisa minta di scan dibengkel resmi, untuk biayanya saya kurang tau tapi kalau hanya untuk scaning tanpa penggantian part kemungkina tidak mahal. Setelah scanning tersebut nanti akan direkomendasikan tindakan perbaikan yang perlu diambil apa saja.


  • Dharma ali lubis
    August 29, 2015

    Kenapa indikator bergambar kunci di suzuki swift kadang2 menyala


    • MasMun
      August 29, 2015

      Sebaiknya di bawa ke bengkel resmi Suzuki mas, nanti akan di Scan oleh mereka apakah perlu program ulang immobilizer atau tidak. Saran saya coba pakai kunci cadangannya apakah setelah pakai kunci cadangan masih akan suka menyala?


  • Efrinda Purwanto
    March 15, 2015

    Halo Mas Mun..sy mau tny..sy bl karlo vxi 2007 second thn lalu,sjk awal sy perhatikan hny ada 5 led indikator panel yg muncul yakni malfungsi mesin, tekanan oli, charging aki, rem tangan & lampu sorot jauh..sdgkn indikator power steering & immobilizer-nya tdk muncul..apakh memang spt itu pada karlo versi vxi 2007 non tacho ato ada led yg mati ? mhn infonya..trims


    • MasMun
      March 16, 2015

      Iya betul mas Efrinda untuk Karimun Estilo generasi pertama indikator power steeringnya memang tidak aktif.

      Jadi di sistem eletrik power steering(EPS) terdapat bagian yang namanya control module yang berfungsi untuk mendiagnosis sistem EPS itu sendiri, nah ketika di deteksi ada masalah pada EPS maka akan tersimpan pada control module memory, karena di sistim ini tidak dilengkapi lampu indikator yang mengingatkan pengemudi ketika ada masalah. Nah untuk membaca masalah dari hasil diagnosis itu dibaca menggunakan voltmeter.

      Untuk Immobilizernya saya kurang tau Mas, mungkin bisa ditanyakan ke bengkel resmi.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+