Mengenal PCD dan Offset Velg Mobil

0
Ganti Offset velg mobil

Mengenal Diameter, PCD dan Offset Velg

Kebanyakan pemlik mobil hanya berpatokan dengan diameter velg saja ketika ingin mengganti velg mobilnya, padahal ada pertimbangan lain yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti ukuran velg mobil anda ke ukuran yang lebih besar, karena bukan hanya berhubungan dengan estetika eksterior mobil anda namun juga dengan keamanan berkendara.

OFFSET Velg

Offset velg atau biasa tertulis  ET adalah ukuran hitungan dari lebar velg dibagi 2 sama rata, titik tengah  tersebut adalah patokan offset bernilai 0(nol).
Jika nilai offset yang semakin besar atau positif akan membuat bagian velg yang berhubungan dengan teromol/cakram roda semakin ke luar dan akan berkibat sisi velg yang mengarah kedalam mobil akan mengenai ruang spakbor atau bahkan shockbreker, biasanya akan terjadi ketika sedang dalam posisi belok mentok (Contoh gambar tengah Offset Positif).

ukuran offset velg adalah

Ukuran offset velg – titik tengah Zero

Sebaliknya nilai offset yang semakin kecil atau negatif akan membuat  bagian velg yang berhubungan dengan teromol/cakram roda semakin ke dalam dan berkaibat velg terpasang dengan posisi lebih lebar dari body mobil, akibatnya body mobil lebih cepat kotor dan yang lebih parah ban bisa mengenai fender atau bibir luar spakbor ketika roda sedang mengayun  (Contoh gambar kanan Offset Negatif)

Semakin besar offset  maka velg akan semakin kedalam fender, semakin kecil offset maka velg akan semakin keluar fender.

Contoh, velg Suzuki karimun Estilo stokcnya menggunakan R13, lebar 5″ dan  offset 45 apabila diganti menggunakan velg R14 dan offset 25, maka jika menggunakan velg dengan lebar yang sama yaitu 5 inch posisi velg akan lebih keluar fender/body 20mm. Akibatnya ketika mobil sedang diisi muatan penuh dan mengayun maka ada kemungkinan ban mengenai fender.

Padahal jika offset yang digunakan sama dengan ukuran velg standard(45) untuk ukuran diameter 15 saja Suzuki Karimun Estilo masih aman tanpa khawatir Gesrot. Bagaimana jika offsetnya lebih besar dari 45? Maka dipastikan velg roda depan akan kena dinding spakbor bagian dalam, apalagi dalam posisi belok mentok dengan ban standard saja hanya tersisa celah tidak lebih dari dua jari dengan dinding spakbor bagian dalam atau bahkan bisa mentok dengan shock depan.

PCD Velg

Ukuran PCD (pitch circle diameter) diukur dengan mengambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda. Misalnya 4 baut yang diukur antara titik berseberangan dan satuan milimeter, sedangkan untuk velg dengan 5 baut, mengukurnya dengan cara menarik garis PCD di antara dua titik lubang baut yang ada di seberang lubang baut roda yang ditarik, jadi seperti menghitung garis panjang pada huruf “T” besar.

Cara Menghitung Ukuran PCD Velg

Cara Menghitung Ukuran PCD Velg

Untuk velg dengan 4 lubang baut ukuran PCD yang jamak dijumpai adalah 100 dan 114. Dan yang paling jarang ditemui adalah 108 yang khusus pada velg mobil Peugeot, velg Suzuki Karimun sendiri menggunakan pcd 4×100. Angka 4 diawal menunjukan jumlah lubang dan angka 100 menunjukan ukuran PCD.

Virtualisasi Penggantian Velg

Buat Pemirsah yang ragu dan masih bingung ingin mengganti velg Mobilnya ada aplikasi yang bermanfaat banget nih dari situs luar, yaitu Tire-Size-Calculator atau WillTheyFit.

Anda bisa memasukkan data spek velg ori anda dan kemudian memasukkan data spek velg incaran anda. Kemudian akan ditampilkan secara virtual bagaiaman perbandingan ukuran dan posisi diantara keduanya. Bisa juga untuk menghitung perbedaan diameter luar ban yang berdampak pada error speedometer.

Loh ganti velg kok bisa sampai bikin speedometer error? Karena speedometer mengukur kecepatan berdasarkan putaran roda dan jumlah putaran roda akan berubah jika diameter roda  berubah. Nah di Tire-Size-Calculator anda dapat dihitungkan berapa ukuran ban sisi terluar dan berapa persen error dari kondisi menggunakan ban standar.

Mau ganti velg mobil nggak bingung lagi kan? :D

Topik: Roda | Tagged , ukuran velg mobil, offset velg, ukuran lebar ban mobil ring13, offset velg mobil, et vleg.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+