Menstater Mobil Bermesin Injeksi Bagi Pemula

4

Artikel ini ditujukan untuk pembaca yang baru menggunakan Mobil dengan sistem bahan bakar Injeksi.

Hampir seluruh mobil keluaran saat ini sudah menggunakan pasokan bahan bakar injeksi untuk mesin. Kalau dulu di Indonesia mobil yang menggunakan sistem injeksi di awali dengan mobil sedan kelas atas, namun saat ini hampir seluruh mobil menggunakan sistem pasokan bahan bakar elektronik ini. Untuk mobil Suzuki saat ini semuanya sudah, bahkan mobil kategori niaga seperti Suzuki Carry Pick Up pun sudah menggunakan teknologi injeksi ini. Bagaimana cara menstater mobil bermesin injeksi, apakah sama dengan mobil yang menggunakan karburator?

Menstater menyalakan mesin mobil injeksi

Untuk mobil injeksi tunggu indikator mati baru nyalakan mesin.

Lalu apa sih bedanya mobil injeksi dan non-injeksi? Sederhananya begini, sebelum sistem injeksi muncul mesin-mesin mobil dan motor menggunakan karbuarator, yaitu cara untuk mengkabutkan bahan bakar dengan cara konvensional. Loh kok perlu di kabutkan? Iya, karena sebenarnya mesin membakar bensin atau solar dalam bentuk kabut/uap bukan dalam bentuk cair.

Nah jika karburator merupakan mekanisme pengkabutan bahan bakar dengan cara mekanis maka sistem bahan bakar injeksi adalah cara yang moderen dan ful elektronik. Sistem ini membutuhkan sensor-sensor, komputer pengontrol(ECU) dan injektor untuk mengkabutkan bahan bakar itu sendiri.

Nah bagi anda yang baru saja menggunakan mobil injeksi sedikit berbeda dengan mobil berkarburator ketika ingin menyalakan mesin. Ketika anda sudah memutar kunci kontak ke posisi “On” tunggu dahulu sekitar 3-4 detik sebelum mesin di stater. Pada Suzuki Karimun Estilo atau Suzuki Wagon R itu ditunjukkan oleh indikator temperatur mesin yang menyala kemudian mati dan muncul suara beberapa saat, ketika sudah mati anda baru boleh menstater mesin.

Untuk beberapa mobil indikator yang menyala kemudian mati berbeda, di Honda yang menunjukan adalah indikator engine check dan muncul suara, namun untuk Toyota Kijang Innova sama sekali tidak ditunjukkan dengan lampu indikator atau suara. Tapi apapun petunjukanya, untuk menstater mobil injeksi anda sebaiknya menunggu sekitar 3-4 detik terlebih dahulu setelah kunci kontak di posisi On(bukan posisi acc).

Prosedur ini sesungguhnya untuk mengijinkan ECU menerima “laporan” dari seluruh sensor dan pompa bensin memompakan bensin untuk memastikan bensin tersedia di jalur bahan bakar. Jadi walaupun jika anda langsung menstater mobil pun tetap dapat hidup, tapi sebaiknya ditunggu dulu 3-4 detik, toh bukan waktu yang lama.

Topik: Mesin | Tagged , Mobil injeksi, mesin mobil bunyi nging, cara menghidupkan mobil injeksi, Mesin injeksi mobil, cara menstarter mobil yang benar.

4 comments
  • natan
    July 12, 2016

    Pak mun, mau tanya, karimun estilo sy susah banget di starter,sudah ganti aki baru dan busi baru,tapi masih susah di starter,perlu waktu kurang lebih 10 detik mesin baru bisa hidup dan itu perlu di ulang2 baru mesin bisa nyala, kira-kira masalahny dimana y,terimakasih atas jawabanya..


    • MasMun
      July 16, 2016

      Karimun Estilo-nya yang 4 silinder atau 3 silinder pak?


  • alfa
    April 2, 2015

    Pak Mumun maaf mau tanya…
    Saya mau tanya Estillo saya th 2009 kan akinya habis tekor dan ganti aki tapi kok kemudian bunyi nging pada waktu mau distater ndk berhenti ya?normal apa ndk ya mod?
    Jadi biasanya kan bunyi nging hilang setelah penunjuk temperatur mati baru kemudian distater,tapi kok bunyi ngingnya masih terus bunyi ya?bahaya ndk ya?
    Makasih jawabannya


    • MasMun
      April 5, 2015

      Bunyi “nging..” itu biasanya bunyi pompa bensin di kolong mobil karimun Estilo bagian belakang. Dia menyala sesaat sebelum mesin di stater dan ketika mesin menyala untuk mensuplai bensin ke mesin. Jika mesin mati tapi masih berbunyi terus sebaiknya diperikasakan ke bengkel.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+