Merawat Karet Kaca dan Pintu Mobil Agar Lebih Awet

16

Jarang sekali dari kita yang memperhatikan karet kaca mobil karena mungkin terlihat sepele. Tapi bagi yang pernah mengalami kaca mobil yang seret ketika dinaik-turunkan akhirnya baru akan peduli pada bagian yang satu ini. Bukan hanya karet kaca tapi ada bagian lain yang berdekatan yaitu karet pintu mobil, biasanya jarang dari kita yang peduli paling hanya dilap saja ketika mencuci mobil. Resiko kerusakan pada bagian karet di mobil semakin besar jika anda sering memarkirkan mobil anda dibawah terik matahari langsung, misalkan di kantor atau di garasi rumah yang tidak dilengkapi kanopi.

Hindari memarkir mobil terkena terik matahari langsung

Hindari memarkir mobil di bawah terik matahari langsung

Padahal yang namanya karet tentu ada masa pakainya, penyakit utamanya adalah getas. Jika sudah getas(tidak lentur) maka akibatnya adalah karet pintu mobil menjadi pecah dan air risakan masuk. Jika getas pada karet kaca mobil maka biasanya kaca samping menjadi baret halus dan tentu juga memperbesar kemungkinan air merembes melaui celah antara karet dan kaca. Jika getas terjadi pada karet wiper maka hasil sapuan wiper di kaca depan menjadi tidak bersih lagi.

Dari pada rusak yuk kita rawat karet kaca mobil dan karet pintu mobil dari sekarang, dengan begitu kita bisa memperpanjang usia pakainya. Alat yang dibutuhkan cukup kompresor atau vacum cleaner, lap bersih, dan Silicon Spray.

Cara Merawat Karet Kaca dan Pintu Mobil

Pertama yang kita lakukan adalah membersihkan kaca. Gunakan lap lembab untuk mengangkat kotorannya. Coba tengok pada lap, jika ada garis hitam, menandakan kaca kotor. Biasanya perlu diulang beberapa kali. Setelah itu, lap karet list kaca bagian dalam, yaitu yang bersentuhan dengan permukaan kaca. Gunakan lap lembab tadi dengan bagian ujung dibikin lancip. Jika memungkinkan bisa pakai jari yang dibalut lap. Awas jangan sampai karet tersebut justru megar karena nanti tidak bisa menempel dengan kaca.

Karet Pintu Mobil Juga Butuh Perawatan

Karet Pintu Mobil Juga Butuh Perawatan

Kemudian untuk karet yang berfungsi sebagi jalur naik turunnya kaca gunakan semprotan angin bertekanan dari kompresor atau gunakan vacum cleaner untuk membersihkannya. Gunakan ujungnya vacum cleaner yang ramping untuk menyedot sela-sela karet kaca. Lakukan berulang kali agar debu tidak tersisa. Hati-hati karena debu bisa mengenai mata. Sedangkan untuk karet pintu mobil, karet kaca depan dan wiper cukup dilap dengan lap yang agak basah.

Cairan Silicon Spray untuk karet

Cairan Silicon Spray untuk karet

Jika sudah bersih semua siapkan cairan silicone. Pikirannya jangan ngeres dulu, ini bukan cairan silicon buat memperbesar…..(Sensor). :D Yang dimaksud adalah cairan Silicon Spray khusus untuk karet, fungsinya untuk melembabkan dan melicinkan karet kaca dan pintu mobil. Bukan hanya dipermukaan, karena dirancang khusus untuk karet cairan tersebut dapat meresap ke pori-pori karet. Semprot ke bagian karet kaca, pintu dan wiper yang tadi sudah dibersihkan. Setelah disemprotkan biarkan beberapa saat agar meresap ke pori-pori karet, dan hindari agar karet tidak terkena air. Hindari melumasi karet menggunakan oli atau cairan sejenisnya yang terbuat dari bahan minyak bumi karena justru akan merusak karet dalam jangka panjang.

 

Topik: Body | Tagged , silicon spray untuk kaca mobil, cara membersihkan karet kaca mobil, silicon spray untuk karet mobil, cara merawat karet pintu mobil, cara merawat karet kaca mobil.

16 comments
  • gerald
    October 28, 2016

    MasMun pertanyaan saya yg atas belum di jawab nih ^_^ .


  • gerald
    October 1, 2016

    Hehe mas mun pertanyaan saya yg pertama bukan begitu mksdnya . Mungkin saya ngomongnya krg jelas . Mksd saya di pintu bagasi bagian dalam yang plastik kalo mas mun perhatikan ada tanda panah ke bawah dan bawahnya ada gambar bulat . Yang mau saya tanya itu utk apa mas? Karena saya tebak saja itu tombol utk buka bagasi. Hehehe. Seharusnya mobil mas mun juga ada tanda sprt it . Thx dan mas tadi sy baru ganti spion 1 dihitungnya 250 rb plus ongkos kemahalan gak? Spion nya sama persis memang . Sy tngl di medan sumut.


  • gerald
    September 20, 2016

    Mas mun , mau tanya lagi hehe cara membuka pintu bagasi karlo dari dalam kabin apakah bisa dan kalo bisa gimana caranya? Hehe terus masmun harga spion karlo depan bagian kiri tahun 08 (4cylinder) berapa? Punya saya bawahnya uda retak . Makasih ya mas ditungu jawabannya.


    • MasMun
      September 27, 2016

      Orang-orang malah milih supaya Pintu bagasi bisa dibuka dari luar lah ini kok malah mau dibuka dari dalam kaya mobil LCGC, ada-ada aja to mas?

      Harga spion Karlo 4cyl Rp 170.000 per buah-nya.


  • Trio
    July 28, 2016

    Mas_Mun mau nanya, klo kaca yg deket supir itu otomatis buat naik nya kok ga bisa ya? kira2 apa nya ya yang rusak, soalnya klo untuk nurunin kaca nya bisa otomatis langsung turun sampe mentok tapi klo untuk naik nya hrs di tekan lama sampe mentok. mohon pencerahan nya..


  • Joe fery
    March 16, 2016

    Mas_mun ,saya bnyak sekali terinsfirasi penjelasan2 yg d sampaikan mas_mun seputar mobil suzuki karimun.. trima ksih mas mun.. update trus y om… hehee


  • eko
    February 29, 2016

    Mas Mun mau tanya harga kaca depan mobil Karimun estillo brp ya kira-kira?


    • MasMun
      March 2, 2016

      Harga Kaca depannya saja sekitar Rp 1,9 juta.


  • Wendy
    January 18, 2016

    Mas, Silicon Spray khusus untuk karet diatas harganya berapa ya?
    thanks

    Btw, info-infonya keren2 … sangat bermanfaat :)


    • MasMun
      January 19, 2016

      Harga silikon spray merek Penray sekitar Rp 60.000 mas Wendy. Terima kasih, akan kami usahakan update terus mas. :)


  • agunx
    August 20, 2015

    Pak, mau tanya dimana beli karet kaca pintu depan karimun estilo 2012 dan berapa harganya? soalnya kemarin karety dirusak oleh tukang kunci krn pintu kekunci dan anak kunci msh didalam. sekarang karety jd jelek dan sobek-sobek. mohon infonya pak, tks


    • MasMun
      August 20, 2015

      Karet kaca pintu bagian luar harganya Rp 136.000 Pak, bisa di dapat di bengkel resmi Suzuki atau toko spare part kendaraan.


      • agunx
        August 21, 2015

        iya makasi pak, oya pak selama ini karimun MASMUN pake oli merk apa??? dan shampo yang digunakan untuk mencuci yg bagus apa ya pak??? tks


        • MasMun
          August 22, 2015

          Saya pakai oli bawaan Suzuki(SGO). Untuk shampo cuci mobil sm pakai KIT.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+