Pemasangan Ferrite TDK di Suzuki Karimun Estilo

8

Pemasangan Ferrite TDK sudah ramai sejak tahun 2013 yang dipelopori oleh klub-klub mobil yang membuat anggotanya ramai-ramai memasang pada kendaraannnya. Klaim bahan bakar lebih irit hingga 20%  dan tarikan yang lebih ringan digembor-gemborkan sebagai upaya promosi. Hmm, benarkah?

Ferrite Adalah Magnet Penstabil Arus Listrik

Ferrite Adalah Magnet Penstabil Arus Listrik

Mas_Mun yang awam ini menyimpulkan Ferrite adalah magnet berbentuk silinder yang berfungsi sebagai penstabil arus listrik sedangkan TDk adalah salah satu merek dari magnet tersebut. Aplikasi ini jamak dijumpai pada kabel charger laptop, kabel monitor PC, Stick PS, dan lain-lain. Lalu kemudian entah siapa yang memulai, di Indonesia ferrite mulai dipasangkan pada kabel busi yang dikatakan memiliki manfaat untuk menghemat konsumsi bahan bakar dan memperingan tarikan karena arus listrik yang disalurkan ke busi lebih setabil.

Dari dulu alat penghemat bahan bakar di pasaran beraneka macam(salah satunya Ferrite bead ini) tapi tidak ada bukti otentik yang menunjukan hasilnya. Makanya  Mas_Mun tidak percaya saja claim dari bakul-bakul alat tersebut. Banyak testimoni dari pengguna alat tersebut yang terkadang hanya sugesti dari si pedagang dan tentu karena si pemasang sudah mengeluarkan uang maka berharap ada hasilnya dan kemudian diminta memberikan testimoni dalam short term test. Jadilah testimoni yang subjektif tanpa pengetesan menggunakan alat.

Nah singkat cerita akhirnya Mas_Mun pasang ferrite bead merek TDK seri ZCAT 2035-0930 (diameter 9-11 mm) pada Suzuki Karimun Estilo. Lah kok bisa katanya banyak alat penghemat yang tidak terbukti? Hehe,, untuk alat penghemat bahan bakar ferrite TDK ini akhirnya berani pasang karena sudah di test oleh Otomotifnet selain itu harganya cuma Rp 12.000 perbuah dan di New Karimun Estilo cukup butuh 3 buah. Dalam artikel tentang pengujian ferrite di Suzuki Ertiga. Pada pengujian tersebut dikatakan bahwa hasil test test MID menunjukan bahwa pengaplikasian ferrite pada Suzuki Ertiga dapat menempuh jarak 0,7 km lebih jauh untuk tiap liter bahan bakar. Artinya hasil yang diperoleh cukup masuk akal, penghematannya tidak terlalu signifikan untuk alat sederhana yang dipasangkan pada kabel busi. Jadi ketauan kan bagaimana klaim pedagang yang mengatakan dapat menghemat bahan bakar hingga 20% itu benar atau tidak. :D

Setelah Mas_Mun pasang Ferrite pada Suzuki Karimun Estilo hasilnya tidak ada perubahan pada tarikan. Sama persis seperti hasil test kru Otomotifnet yang mengatakan hal serupa. Lagi-lagi klaim yang mengatakan tarikan lebih ringan terbantahkan. Bagaimana hasil test kehematan bahan bakar? Belum ngetest sih, percaya aja sama hasil test Otomotifnet yg mengatakan lebih irit 0,7km/liter.

Berikut cara pasang penghemat bakar Ferrite TDK pada mobil Suzuki Karimun Estilo:

  1. Lepas kotak saringan udara. Lepas 2 klem dengan cara menariknya ke atas dan saluran udara yang menuju grill depan.
    Cara Pasang Ferrite TDK Penghemat Bahan Bakar

    Cara Pasang Ferrite TDK Penghemat Bahan Bakar

  2. Lepaskan soket kabel busi dengan koil dengan cara menekan kunciannya kemudan tarik perlahan.
  3. Lepas pengikat kabel busi dengan blok mesin, dan geser menjauh dari blok mesin karena posisi nya terlalu dekat dengan soket kabel busi silinder paling kanan.
    Lepaskan Pengikat Kabel Busi Dari Dudukan

    Lepaskan Pengikat Kabel Busi Dari Dudukan

  4. Kupas pembungkus kabel busi sepanjang ferrite, kira-kira 3 Cm. Oh iya coba perhatikan kabel busi Suzuki New Karimun Estilo 3 silinder ini, kabel businya berdiamter kecil dan berjumlah tiga untuk masing-masing busi. Berbeda dengan Karimun Kotak generasi pertama, karena kabel busi New Karimun Estilo menyalurkan listrik tegangan rendah menuju Koil. Sedangkan pada mesin jaman dulu(termasuk Karimun Kotak) kabel busi berdiamter lebih besar karena berfungsi untuk menyalurkan listrik tegangan tinggi dari koil.
    Potong Pembungkus Kabel Busi Untuk Pasang Ferrite TDK

    Potong Pembungkus Kabel Busi Untuk Pasang Ferrite TDK

  5. Pasang ferite pada masing-masing kabel busi, pasang dekat soket koil. Oh iya, jangan lupa pengikat kabel busi dengan blok mesin yang telah digeser tadi dapat diikatkan dengan pengikat kabel tambahan.
    Magnet Ferrite Core Pada Mesin Mobil Suzuki Karimun

    Magnet Ferrite Core Pada Mesin Mobil Suzuki Karimun

Topik: Mesin | Tagged , , testimoni ferrite kabel busi, magnet tdk, ferrite adalah, fungsi ferit pada kabel busi, batang ferit untuk kabel busi.

8 comments
  • gerald
    September 29, 2016

    Mas mun , maaf nih nanya terus hehe. Saya mau tanya kenapa karlo saya ( akhir tahun 2008) cukup boros hanya bisa mentok di 9km/l padahal tekanan angin tidak kurang ( ukuran ban semua 165/65ri3) , sangat jarang rem / gas secara tiba2 , dan rpm tdk pernh diatas 3000 rpm . Padahal saya Sudah semprot injector cleaner merek berkali kali tapi masih boros kalo tidak semprot injctr hanya bisa mentok di6km/l . Jalananya macetnya cuma dikit aja kok mas mun. Cuma penunjuk bahan bakar karlo saya Sudah kurang akurat lagi. Mis di penunjuk masih tersisa 1/4 minyak padahal waktu ke spbu hanya tersisa 1,5 liter. Jadi apakah penunujuk bahan bakar yg tdk akurat bisa menyebabkan boros bahan bakar? Thx mas mun.


    • MasMun
      September 30, 2016

      Gini deh, coba di isi full hinggga hampir luber di SPBU kemudian bawa jalan jauh muter-muterlah sampai jarak diatas 50 kilometer, jangan lupa catat jarak tempuhnya. Habis itu balik ke SPBU yang sama dan isi lagi hingga luber.

      Bagi hasil jarak tempuh tadi dan jumlah bensin yang diisikan pada waktu diisi ulang yang kedua kali, disitu didapat konsumsi BBM rata-rata.


  • Djoko
    August 30, 2016

    Mas Mun, saya pemakai wagon R. Saya coba aplikasikan vortex/cyclone system di dalam air filter ternyata ada pengaruhnya pada tenaga yg berimbas pada efisien bbm. Rata2 dalkot 16-18km/ltr. Lukot lebih luar biasa tangerang-magelang tembus 35km/l full ac dg jalan normal 60-70km/h


    • MasMun
      August 31, 2016

      Yang bener pak Djoko? Kalau domisili di jakarta boleh donk kami test drive dan cek pakai scan tool suapay hasilnya akurat.


  • Jaller Abiad
    August 18, 2016

    Pertanyaan lebih lanjut, karena saya blom pernah beli dan blom pernah pasang alat ini. Bagaimana kita yg mau pasang dapat mengetahui arah kutub magnet? Apa di casing ada tanda khusus (tanda panah misalnya) untuk petunjuk arah kutub magnet? Seperti di merk 9POWER yg menyertakan tanda panah sebagai arah ke busi.
    Thanks, gan.


    • MasMun
      August 19, 2016

      Nggak ada tanda arahnya Mas, perbedaan kutub antara sisi dalam dan luarnya saja. Terima kasih.


  • Agw
    September 27, 2015

    Mas mun kalo alat peredam suara mesin, blm ada artikelnya ya? Trims b4


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+