Tambahan Kabel Ground Mobil Masihkah Diperlukan?

0

Saat ini banyak sekali yang menjual aksesoris kabel ground mobil yang dipasang pada terminal kutub negatif aki. Secara ilmu kelistrikkan hal tersebut memang benar dan tidak ada salahnya. Namun memasang aksesoris kabel grounding mobil hingga ke beberapa titik di ruang mesin apakah benar-benar dibutuhkan?

Fungsil Kabel Ground Mobil Injeksi

Fungsil Kabel Ground Mobil Injeksi

Mobil bermesin bensin saat ini yang sudah menerapkan teknologi injekasi bahan bakar dan sistem pengapian yang sudah full elekrik(tanpa platina lagi) benar-benar mengandalkan arus listrik. Sehingga berbicara tentang kelistrikan akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin mobil. Untungnya hal tersebut sudah dipikirkan oleh pabrikan mobil terlebih dahulu. Titik ground mobil sudah dirancang  oleh pabrikan. Sebagai contoh pada karimun estilo terdapat banyak sekali titik kabel grounding pada mobil, dari ruang mesin hingga ke bagasi.

Jumlahnya titik ground di seluruh body Suzuki Karimun Estilo ada 10, dari bagian mesin titik grounding mobil ada 5, kemudian dibagian kabin ada 2 titik dan di bagasi ada terdapat 3 titik ground hingga ke bagasi. Lalu apakah masih perlu menambah kabel ground lagi?

Keuntungan dari penambahan kabel ground ke terminal atau kutub negatif aki adalah arus listrik akan lebih cepat mengalir ke kutub negatif aki daripada merambat melewati rangka mobil, terlebih jika kabel ground yang digunakan berpenampang lebar dan menggunakan bahan dengan hambatan yang rendah seperti tembaga.

Titik Grounding Mobil Suzuki Karimun

Titik Grounding Mobil Suzuki Karimun

Kalau menurut Mas_Mun penambahan kabel ground ada manfaatnya, tapi jangan terlalu berharap banyak untuk efisiensi dan performa karena mobil-mobil injeksi terkini sesungguhnya sudah terdapat titik ground yang tersebar diseluruh body mobil(bukan hanya di ruang mesin).

Kemudian bagaimana mengenai claim beberapa orang yang mengatakan setelah pemakaian kabel ground akan terjadi penghematan bahan bakar? Secara logika arus listrik yang lebih stabil dan tanpa banyak hambatan tentu akan semakin baik bagi mesin mobil yang berakibat pada efisiensi konsumsi bahan bakar walaupun tidak signifikan, tapi seberapa banyak penghematannya perlu dilakukan test secara nyata.

Baca juga: Bagaimana claim penjual magnet Ferite TDK terbantahkan setelah uji test.

Topik: Kelistrikkan | Tagged kabel grounding mobil, kabel ground mobil, kabel ground, grounding mobil, kabel ground mobil yang bagus.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+